Merchant dengan fitur Pesanan Langsung dapat mengajukan kompensasi atas transaksi pesanan yang sudah dipersiapkan namun dibatalkan sebelum Mitra Pengemudi Shopee mengambil pesanan.
Cara mengajukan kompensasi:
- Download dan lengkapi data pesanan yang ingin diajukan pada formulir pengajuan kompensasi. Pastikan data pada formulir tersebut sesuai dengan yang tersedia di laporan penyelesaian (settlement) harian Anda.
- Hubungi Customer Service Shopee melalui Live Chat di Aplikasi Shopee dan lampirkan formulir yang sudah Anda download sebelumnya.
Tim ShopeeFood akan melakukan pengecekan dan menginformasikan hasil pengajuan Anda. Jika pengajuan sudah sesuai dengan ketentuan ShopeeFood, kompensasi akan diproses dan Anda akan mendapat laporan kompensasi tersebut.
⚠️ Ketentuan pengajuan kompensasi:
- Pengajuan kompensasi WAJIB diajukan secara tertulis dalam jangka waktu 60 hari sejak laporan penyelesaian (settlement) diberikan.
- Apabila Merchant tidak mengajukan kompensasi dalam jangka waktu 60 hari, maka proses transaksi akan dianggap selesai.
- Untuk pengajuan kompensasi, Merchant diharapkan untuk mengirimkan pengajuan sebulan sekali.
- Resolusi pengajuan kompensasi adalah 14 hari kerja setelah pengajuan kompensasi diterima oleh Customer Service Shopee (di luar waktu yang dibutuhkan untuk transfer bank).
- Semua pengajuan kompensasi akan diselidiki terlebih dahulu. Tim ShopeeFood akan memutuskan apakah pengajuan diterima atau ditolak.
- Merchant akan menerima laporan kompensasi yang dikirimkan ke email Merchant yang terdaftar (laporan terpisah dari laporan settlement).
Proses banding apabila pengajuan kompensasi ditolak:
Merchant dapat mengajukan pemberitahuan keberatan dan mengajukan klarifikasi secara tertulis dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima pemberitahuan penolakan atas pengajuan kompensasi.
Bila Merchant tidak mengajukan banding dalam jangka waktu yang ditentukan, proses kompensasi atas transaksi tersebut akan dianggap selesai.