Anda dapat mengirimkan paket yang akan dikembalikan langsung ke alamat pengembalian Penjual menggunakan opsi pengiriman Dijemput Kurir, Antar ke Jasa Kirim Pilihan, atau Atur Pengiriman Mandiri sesuai dengan opsi yang tersedia.
Pastikan Anda:
- Mengirimkan paket dalam waktu 5 (lima) hari sejak pengajuan pengembalian barang disetujui.
- Mengemas paket yang akan dikembalikan dengan aman dalam kemasan aslinya dan menyimpan video saat mengemas paket yang akan dikembalikan. Jika kemasan asli rusak, Anda dapat menggunakan kemasan Anda sendiri untuk pengembalian paket.
Opsi Dijemput Kurir/Antar ke Jasa Kirim Pilihan
Jika Anda menggunakan opsi pengiriman Dijemput Kurir atau Antar ke Jasa Kirim Pilihan, perhatikan hal-hal berikut ini:
Pastikan berat dan ukuran paket tidak melebihi batas berikut:
Opsi Atur Pengiriman Mandiri
Jika Anda menggunakan opsi Atur Pengiriman Mandiri, pastikan jasa kirim yang Anda pilih bisa dilacak melalui nomor resi pengiriman. Kemudian, pilih Masukkan Bukti Pengiriman dan upload informasi pengiriman (no. resi, dokumen pengiriman, dan/atau kuitansi). Biaya pengiriman untuk opsi Atur Pengiriman Mandiri ditanggung Pembeli.
Setelah paket dikirim, pengajuan pengembalian barang Anda akan diproses dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja. Anda akan diinformasikan mengenai hasil pengajuan tersebut melalui notifikasi pada aplikasi Shopee dan email yang terdaftar.
Mengubah Opsi Pengiriman
Untuk mengubah opsi pengiriman atau jasa kirim, pilih Ubah pada halaman Rincian Pengembalian Barang/Dana > pilih opsi pengiriman atau jasa kirim yang diinginkan > pilih Konfirmasi.
⚠️️Catatan
- Jika kurir gagal mengambil paket, Anda dapat menjadwalkan ulang waktu penjemputan atau mengantar paket ke jasa kirim. Pilih Ubah pada halaman Rincian Pengembalian Barang/Dana, lalu pilih jadwal penjemputan baru yang diinginkan.
- Produk yang dikembalikan akan diperiksa kondisinya oleh tim Penjual dalam waktu 3-5 hari kerja.
- Anda masih dapat mengubah opsi pengiriman atau jasa kirim selama masih dalam status Menunggu Pengembalian Barang.
- Jika pada saat pembelian barang dikirim menggunakan Kargo, maka pada saat pengembalian hanya tersedia Jasa Kirim JNE Kargo
- Pelajari lebih lanjut mengenai [FAQ] Pengembalian Barang/Dana untuk mengetahui langkah-langkah pengajuan pengembalian barang.
- Jika paket pengembalian Anda ditolak jasa kirim karena berisikan barang berbahaya (sesuai artikel Pengiriman Produk Berbahaya) atau melebihi ketentuan batas maks. ukuran dan berat paket sesuai ketentuan di atas, mohon untuk mengatur pengiriman dengan jasa kirim lain dengan cara:
- Klik “Batalkan Pengajuan” pada halaman Rincian Pengembalian Barang/Dana
- Ajukan ulang Pengembalian Barang dan Dana
- Pilih opsi “Atur Pengiriman Mandiri”