Hai, ada yang bisa kami bantu?

Informasi Umum

Akun Shopee
Situs Shopee
Panduan
Bantuan
Layanan Lainnya
Kebijakan
Aplikasi Shopee (Android/iOS)
Keamanan dalam Bertransaksi
Shopee Partner

Persyaratan Layanan ShopeePay untuk Merchant dari Merchant Aggregator

1. PENGANTAR


1.1 Kami, PT AirPay International Indonesia beserta afiliasi kami (secara bersama-sama, “AirPay”), merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia jasa pembayaran yang produknya diterbitkan dalam bentuk uang elektronik bernama “ShopeePay”.


1.2 Anda merupakan merchant (“Merchant”) yang baru dan/atau yang telah mengikatkan diri dengan suatu Merchant Aggregator (“Aggregator”) yang memberikan layanan penyediaan berbagai penerimaan pembayaran kepada Anda, termasuk salah satu di antaranya, ShopeePay (“Layanan”). Aggregator merupakan pihak yang bekerja sama dengan AirPay untuk melakukan fungsi akuisisi Merchant dan bertanggungjawab dalam pelaksanaan penyelesaian dana hasil transaksi kepada Merchant sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati antara AirPay dan Aggregator.


1.3 Persyaratan Layanan ShopeePay ini merupakan perjanjian antara Anda dan AirPay dan mengatur penggunaan seluruh layanan pembayaran berbasis uang elektronik ShopeePay oleh Anda pada gerai-gerai, situs web dan/atau aplikasi Anda (“Platform Merchant”).


1.4 DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN, ANDA MENYATAKAN PERSETUJUAN YANG TIDAK DAPAT DICABUT ATAS PERSYARATAN LAYANAN INI, TERMASUK NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, SYARAT DAN KETENTUAN TAMBAHAN SERTA KEBIJAKAN YANG DISEBUTKAN DI SINI DAN/ATAU TERKAIT DI SINI. JIKA ANDA TIDAK MENYETUJUI PERSYARATAN INI, MOHON TIDAK MENGGUNAKAN LAYANAN. JIKA ANDA BERUSIA DI BAWAH 21 TAHUN ATAU BELUM MENIKAH DAN BERADA DI BAWAH PENGAMPUAN, ANDA HARUS DAN KAMI ANGGAP TELAH MENDAPATKAN IZIN DARI SALAH SATU ORANG TUA ATAU WALI SAH UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN DAN TERIKAT PADA PERSYARATAN LAYANAN INI, DAN ORANG TUA ATAU WALI YANG SAH TERSEBUT HARUS MENYETUJUI PERSYARATAN LAYANAN INI. JIKA ANDA TIDAK MEMAHAMI KETENTUAN BAGIAN 1.4 INI, MOHON TIDAK MENGGUNAKAN LAYANAN SAMPAI ANDA TELAH MEMINTA BANTUAN ORANG TUA ATAU WALI SAH ANDA. JIKA ANDA ADALAH ORANG TUA ATAU WALI SAH ANAK DI BAWAH UMUR YANG HENDAK MENGGUNAKAN LAYANAN, ANDA HARUS MENYETUJUI PERSYARATAN LAYANAN INI ATAS NAMA ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT, DAN ANDA AKAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS SELURUH PENGGUNAAN LAYANAN, TERMASUK SETIAP INSTRUKSI DAN/ATAU TRANSAKSI YANG DIBUAT OLEH ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT, TERLEPAS DARI APAKAH ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT BERADA ATAU TIDAK BERADA DI BAWAH PENGAWASAN ANDA SELAMA IA MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI.


1.5 Kami berhak melakukan perubahan atas Persyaratan Layanan ini sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan atau persetujuan sebelumnya. Penggunaan Layanan secara terus menerus oleh Anda, akan dianggap sebagai persetujuan yang tidak dapat dicabut terhadap perubahan yang ada tersebut.


1.6 Selanjutnya, kami berhak pada setiap saat, atas kebijakan kami sepenuhnya, mengganti, mengubah, menangguhkan atau menghentikan bagian mana pun dari Layanan, baik untuk sementara maupun selama-lamanya, tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda. Kami juga dapat menentukan batasan pada beberapa fitur atau membatasi akses Layanan Anda berdasarkan kebijakan kami sepenuhnya, dan tanpa pemberitahuan atau kewajiban untuk menyampaikan pemberitahuan.


1.7 Kami berhak menolak memberikan Layanan kepada Anda, karena alasan apa pun.


2. LAYANAN


2.1 Layanan tunduk pada Persyaratan Layanan ini, setiap kebijakan yang diterbitkan oleh kami terkait dengan Layanan dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku. Setiap fitur baru yang ditambahkan ke, atau yang memperbanyak Layanan juga tunduk pada Persyaratan Layanan ini, kebijakan AirPay dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku. Persyaratan Layanan ini mencakup, namun tidak terbatas pada: (i) penerimaan pembayaran menggunakan ShopeePay pada Platform Merchant, dan (ii) layanan lain yang dapat kami tambahkan dari waktu ke waktu sebagaimana disetujui oleh Bank Indonesia dan/atau instansi pemerintah terkait (apabila ada).


2.2 Kami berhak untuk mengganti, meningkatkan, mengubah, membatasi atau menangguhkan Layanan atau fungsi atau aplikasi terkait pada setiap saat, baik untuk sementara maupun selama-lamanya, tanpa pemberitahuan sebelumnya. Kami juga berhak memperkenalkan fitur, fungsi atau aplikasi baru Layanan atau versi Layanan yang akan datang. Seluruh fitur, fungsi, aplikasi baru, modifikasi, penggantian ke versi yang lebih baru (upgrade) dan perubahan diatur oleh Persyaratan Layanan ini, kecuali ditentukan lain.


2.2.1   Penerimaan Pembayaran dan Penyelesaian Dana


AirPay akan menerima dana hasil transaksi pembayaran pelanggan Anda pada Platform Merchant dan menyelesaikan dana hasil transaksi pembayaran pelanggan Anda yang menjadi hak Anda kepada Aggregator dan Aggregator akan bertanggungjawab dalam menyelesaikan dana tersebut kepada Anda sesuai dengan kesepakatan Anda dengan Aggregator.


Untuk dana hasil transaksi pembayaran pelanggan Anda pada Platform Merchant yang telah AirPay selesaikan dengan Aggregator, apabila AirPay (berdasarkan kebijakan dan/atau penilaian kami sendiri sepenuhnya) kemudian meyakini bahwa Anda dan/atau Aggregator telah melakukan atau terlibat kegiatan-kegiatan terlarang sebagaimana disebutkan di Persyaratan Layanan ini (termasuk tetapi tidak terbatas kepada adanya penipuan atau aktivitas dan/atau transaksi mencurigakan) untuk satu transaksi atau lebih, maka kami berwenang untuk mengambil kembali dana dari Anda dan/atau Aggregator (termasuk tetapi tidak terbatas dengan cara mendebet rekening Aggregator) dengan segera sesuai dengan jumlah dana yang kami tentukan (berdasarkan kebijakan dan/atau penilaian kami sendiri sepenuhnya) untuk transaksi atau transaksi-transaksi yang telah terjadi sehubungan dengan kegiatan-kegiatan terlarang tersebut. Hal ini kami lakukan dengan dengan pemberitahuan tertulis kepada Anda dan Aggregator.



2.2.2    Biaya Layanan

Merchant Discount Rate (MDR), yang mana untuk Merchant di bawah Aggregator, jumlah dan periode penyelesaiannya akan ditentukan secara terpisah antara Aggregator dan Anda, akan dibebankan kepada Anda oleh Aggregator untuk setiap transaksi yang menggunakan Layanan.


2.2.3   Tidak Adanya Tanggung Jawab


Dengan menggunakan Layanan kami, Anda setuju bahwa kami dapat menggunakan seluruh informasi dan/atau instruksi yang diberikan oleh Anda atau Aggregator kepada kami untuk penggunaan Layanan (“Instruksi”).


Anda mengakui dan setuju bahwa kami tidak memikul tanggung jawab, seandainya kami tidak dapat menyelesaikan Instruksi, karena alasan apa pun yang berada di luar kendali kami, yang termasuk, namun tidak terbatas pada:


i. Pusat pemrosesan kami tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya, dan telah diberitahukan oleh kami mengenai terjadinya malfungsi tersebut kepada Aggregator;


ii. Anda tidak memberikan informasi yang benar kepada kami atau Aggregator, atau informasi yang Anda berikan menjadi tidak benar;


iii. Kami menemukan atau memiliki alasan yang wajar untuk mempercayai bahwa suatu tindakan penipuan, ilegal, terlarang atau kejahatan telah atau akan dilakukan; dan/atau


iv. Keadaan-keadaan yang berada di luar kendali kami (seperti, namun tidak terbatas pada kebakaran, banjir, atau gangguan yang disebabkan oleh kekuatan dari luar), sekalipun keadaan-keadaan tersebut dapat diduga atau diprediksi, yang mencegah pelaksanaan Instruksi dengan sebagaimana mestinya, dan kami telah mengambil langkah-langkah pencegahan yang wajar untuk menghindari keadaan-keadaan tersebut.


Dengan tunduk pada Bagian 8, dan dengan ketentuan bahwa tidak satupun pengecualian-pengecualian yang disebutkan sebelumnya dapat diberlakukan, jika kami menyebabkan berpindahnya dana hasil transaksi menggunakan Layanan pada Platform Merchant kepada Aggregator dalam jumlah yang tidak tepat, atau menyebabkan dana tersebut dipindahkan dengan cara yang tidak sesuai dengan Instruksi yang Anda atau Aggregator berikan, Anda setuju bahwa satu-satunya upaya perbaikan yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan pengembalian atas jumlah yang dipotong secara keliru tersebut adalah hanya melalui Aggregator yang akan diteruskan atau langsung dilakukan pengecekan berdasarkan sistem yang ada.


Kami berwenang untuk melakukan entri debet atau kredit atas dana hasil transaksi menggunakan Layanan pada Platform Merchant melalui Aggregator bagi Merchant di bawah Aggregator setiap saat dengan pemberitahuan tertulis kepada Anda atau Aggregator, kecuali diatur sebaliknya oleh hukum yang berlaku, berdasarkan alasan-alasan sebagai berikut:


i. untuk memperbaiki kesalahan ketika memproses suatu Instruksi atau transaksi, termasuk namun tidak terbatas pada pembayaran ganda;


ii. di mana AirPay telah menentukan bahwa Anda atau Aggregator telah terlibat dalam penipuan atau aktivitas dan/atau transaksi mencurigakan;


iii. sehubungan dengan hadiah atau potongan harga (apabila ada);


iv. sehubungan dengan biaya yang belum terbayar (apabila ada);


v. sehubungan dengan penyelesaian perselisihan transaksi, termasuk kompensasi yang harus dibayarkan kepada, atau dari, Anda; dan


vi. alasan lain yang relevan dengan Instruksi atau transaksi apa pun yang ditentukan oleh AirPay di masa mendatang.


Anda setuju dan mengakui untuk melepaskan dan mengganti rugi kami dari segala tanggung jawab, kerusakan, kerugian dan/atau klaim dari pihak ketiga lainnya yang mungkin atau akan timbul sehubungan dengan hal yang tersebut di atas.


2.3 Kami dapat membatasi setiap atau seluruh Layanan yang tersedia, sesuai dengan Persyaratan Layanan ini, kebijakan AirPay dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku. Jenis Instruksi berikut manfaat, fitur, dan fungsi lain dari Layanan yang tersedia bagi Anda mungkin berbeda-beda untuk berbagai profil risiko yang ada. Kami tidak memberikan jaminan atau pernyataan bahwa jenis dan lingkup transaksi, manfaat, fitur dan fungsi yang sama akan tersedia bagi seluruh Merchant.


2.4 Kami berhak menolak atau membatalkan Instruksi karena alasan apa pun, berdasarkan kebijakan kami sepenuhnya. Situasi yang dapat mengakibatkan ditolak atau dibatalkannya suatu Instruksi adalah termasuk, namun tidak terbatas pada masalah-masalah yang telah diidentifikasi oleh departemen pengendalian penipuan kami, transaksi mencurigakan yang telah diidentifikasi oleh departemen kepatuhan kami, di mana kami memiliki alasan untuk meyakini bahwa Instruksi tersebut tidak sah, melanggar undang-undang, aturan, peraturan, Persyaratan Layanan ini atau esensi dari Persyaratan Layanan ini, atau mungkin mengakibatkan kami atau afiliasi kami harus memikul tanggung jawab. Kami mungkin juga memerlukan verifikasi atau informasi tambahan sebelum menjalankan Instruksi.


2.5 Kami dapat menerapkan aturan, pembatasan, larangan, atau langkah-langkah tambahan lain yang, menurut kebijakan kami sepenuhnya, perlu atau wajar dalam setiap Instruksi.


2.6 Anda wajib memastikan bahwa Uniform Resource Locator (“URL”), sebagaimana berlaku, yang didaftarkan kepada kami dapat diakses dan bahwa URL tersebut tidak berasal atau didapatkan dari platform e-commerce manapun.


2.7 Anda wajib memastikan bahwa produk dan/atau jasa yang Anda jual merupakan produk nyata yang terdapat dan diberikan pada toko/gerai/platform Anda.


2.8 Bagi Anda yang telah melakukan aktivasi atas fitur top-up ShopeePay pada toko/gerai/ platform Anda, Anda sepenuhnya memahami dan menerima bahwa kami atas kebijakan kami sendiri akan mematikan dan/atau menon-aktifkan promosi cashback langsung dalam bentuk apapun yang terdapat pada platform Anda, termasuk namun tidak terbatas dalam hal adanya indikasi penipuan/kecurangan atau aktivitas dan/atau transaksi mencurigakan.


2.9 "SPayLater", yang disediakan oleh PT Commerce Finance, suatu perusahaan yang bekerja sama dengan kami, adalah layanan dan fitur pembayaran dalam platform Shopee yang memberikan limit kredit untuk fasilitas pinjaman dan pemberian fasilitas pinjaman itu sendiri kepada pengguna platform Shopee untuk membeli barang atau jasa melalui platform Shopee, di mana fasilitas pinjaman diberikan oleh pemberi pinjaman dengan produk dan/atau tenor angsuran fasilitas pinjaman sebagaimana dijelaskan dalam Pertanyaan Yang Sering Diajukan (FAQ) layanan pada platform Shopee di tautan berikut: https://help.shopee.co.id/portal/article/72618-SPayLater. Layanan SPayLater itu sendiri dapat diakses melalui layanan ShopeePay dengan menggunakan metode Quick Response Code Indonesian Standard ("QRIS") di beberapa Merchant yang terpilih.


3. PERPAJAKAN


3.1 Para Pihak memahami dan sepakat akan bertanggung jawab untuk pembayaran pajak masing-masing yang timbul dari pelaksanaan Perjanjian ini dan untuk persyaratan administratif yang berkaitan dengan pajak tersebut berdasarkan hukum yang berlaku di Republik Indonesia. Dalam hal terdapat perubahan ketentuan hukum yang berlaku berkaitan dengan pajak, maka Para Pihak sepakat untuk mengikuti perubahan ketentuan hukum tersebut.


3.2 Anda setuju untuk membebaskan kami dari dan atas seluruh klaim, tindakan, proses peradilan, atau tuntuntan ganti rugi dari pihak manapun dan dalam bentuk apapun yang mungkin timbul atas perpajakan terkait MDR yang merupakan pembayaran dari Merchant kepada Merchant Aggregator.


4. PRIVASI


4.1 Privasi Anda sangatlah penting bagi kami. Untuk melindungi hak Anda secara lebih baik, kami telah menetapkan Kebijakan Privasi AirPay untuk menjelaskan praktik privasi kami secara rinci. Kami persilakan Anda untuk menelaah Kebijakan Privasi tersebut, untuk memahami bagaimana kami mengumpulkan dan menggunakan informasi yang terkait dengan penggunaan Layanan oleh Anda. Dengan menggunakan Layanan atau menyetujui Persyaratan Layanan ini, Anda berarti telah menyetujui pengumpulan, penggunaan, pengungkapan, dan/atau pemrosesan data pribadi atau data perusahaan Anda oleh kami, sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi.


5. LISENSI TERBATAS


Kami memberikan lisensi terbatas kepada Anda untuk mengakses dan menggunakan Layanan, dengan tunduk pada syarat dan ketentuan yang tercantum dalam Persyaratan Layanan ini, kebijakan AirPay dan setiap hukum dan peraturan yang berlaku. Kecuali jika kami memberikan persetujuan kepada Anda, lisensi ini tidak memungkinkan Anda untuk menggunakan Layanan untuk kepentingan komersial atau derivatif. Segala konten terkait kepemilikan, merek dagang, merek layanan, nama merek, logo dan kekayaan intelektual lainnya terkait dengan Layanan merupakan milik AirPay, dan jika ada, pemilik pihak ketiga lainnya. Kami tidak memberikan hak atau lisensi secara langsung atau tidak langsung kepada pihak manapun terkait dengan Layanan terkait kepemilikan, merek dagang, merek layanan, nama merek, logo dan kekayaan intelektual lainnya, dan tidak satupun pihak yang menggunakan Layanan dapat mengklaim hak, kepemilikan atau kepentingan apa pun atasnya. Dengan menggunakan atau mengakses Layanan, Anda setuju untuk mematuhi hak cipta, merek dagang, merek layanan, dan undang-undang yang berlaku yang melindungi Layanan. Anda setuju untuk tidak meniru, mendistribusikan, mempublikasi ulang, menyebarkan, memamerkan secara terbuka, mempertontonkan secara terbuka, mengubah, mengadaptasi, menyewakan, menjual, atau menciptakan karya turunan dari bagian manapun dari Layanan.


6. PIRANTI LUNAK


Kecuali disertai dengan perjanjian lisensi tersendiri, setiap piranti lunak yang disediakan oleh kami kepada Anda secara langsung maupun melalui Aggregator sebagai bagian dari Layanan, tunduk pada ketentuan Persyaratan Layanan ini. Piranti Lunak tersebut memiliki lisensi, tidak dijual, dan kami mencadangkan seluruh hak dan kepemilikan atas Piranti Lunak tersebut yang tidak secara tegas diberikan oleh kami. Skrip atau kode pihak ketiga yang ditautkan ke, atau dirujuk dari Layanan, dilisensikan kepada Anda oleh pihak ketiga yang memiliki skrip atau kode tersebut, bukan oleh kami.


7. KEAMANAN


7.1 Kami dapat meminta Anda untuk menyampaikan dokumen tambahan agar Anda dapat mengakses Layanan kami secara optimal.


7.2 Anda bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang benar dan akurat saat melakukan registrasi untuk penggunaan Layanan melalui Aggregator, dan untuk selalu menjaga kemutakhiran informasi Anda, atau memberitahu kami atau Aggregator dalam hal terjadi perubahan atas informasi tersebut.


7.3 Jika Layanan diblokir untuk digunakan oleh Anda karena penyelidikan oleh pemerintah atau institusi yang berwenang, kami berhak untuk menahan dana hasil transaksi pada Platform Merchant tanpa batas waktu dan/atau melepaskan dana tersebut berdasarkan instruksi dari pemerintah atau institusi yang berwenang tersebut.


7.4 Anda diizinkan untuk menggunakan Layanan jika yurisdiksi tempat Anda tinggal mengizinkan Anda untuk menyetujui Persyaratan Layanan ini.


8. PENGHENTIAN SEMENTARA DAN GANGGUAN SISTEM


Jika Anda tidak dapat menggunakan Layanan sebagai akibat pengoperasian piranti lunak secara tidak tepat, yang disebabkan oleh salah satu alasan di bawah ini, Anda setuju untuk tidak mewajibkan kami atau afiliasi kami untuk menyampaikan pemberitahuan pada saat kapan pun mengenai:


(a) penghentian sementara atau pemeliharaan sistem pada Layanan kami;


(b) kegagalan transmisi data, yang disebabkan oleh gangguan atau penghentian sementara peralatan dan/atau sistem telekomunikasi;


(c) kegagalan pengoperasian sistem yang disebabkan oleh peristiwa keadaan memaksa, yang meliputi, namun tidak terbatas pada angin topan, gempa bumi, tsunami, banjir, pemadaman listrik, perang, serangan teroris, yang berada di luar kendali wajar kami; dan/atau


(d) terganggu atau tertundanya Layanan yang disebabkan oleh peretasan, pemeliharaan, penggantian ke versi yang lebih baru (upgrade), lembaga perbankan atau regulator, dan sebab-sebab lainnya.


Anda setuju dan mengakui untuk melepaskan dan mengganti rugi kami dari segala tanggung jawab, kerusakan, kerugian, dan/atau klaim dari Anda atau pihak ketiga lainnya yang mungkin atau akan timbul sehubungan dengan penghentian sementara dan gangguan sistem yang tersebut di atas.


9. PERNYATAAN PENYANGKALAN


9.1 Kami bukan bank atau lembaga penyimpanan lainnya, atau penerbit kartu kredit, kartu debit, rekening tabungan atau metode layanan pembayaran prabayar lainnya, kecuali dinyatakan lain.


9.2 LAYANAN INI DISEDIAKAN SECARA "APA ADANYA" DAN “SEBAGAIMANA YANG TERSEDIA”, SERTA TANPA JAMINAN, HAK ATAU PERNYATAAN APA PUN YANG DIBUAT OLEH KAMI DALAM BENTUK TERSURAT, TERSIRAT ATAU MENURUT UNDANG-UNDANG, SEHUBUNGAN DENGAN LAYANAN, TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, JAMINAN MUTU, PENCAPAIAN, TIDAK DILAKUKANNYA PELANGGARAN, KELAYAKAN UNTUK DIPERDAGANGKAN, ATAU KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU, DAN JUGA TIDAK ADANYA JAMINAN YANG DIBUAT SELAMA TRANSAKSI, SELAMA PELAKSANAAN ATAU PENGGUNAAN UNTUK PERDAGANGAN. DENGAN TIDAK MEMBATASI KETENTUAN DI ATAS, KAMI TIDAK MENJAMIN BAHWA LAYANAN ATAU FUNGSI YANG TERDAPAT DI DALAMNYA AKAN TERSEDIA, DAPAT DIAKSES, TANPA GANGGUAN, TEPAT WAKTU, AMAN, AKURAT, LENGKAP ATAU BEBAS DARI KESALAHAN, BAHWA KECACATAN, BILA ADA, AKAN DIPERBAIKI, ATAU BAHWA PLATFORM DAN/ATAU SERVER YANG MEMUNGKINKAN KETERSEDIAAN LAYANAN ATAU FUNGSI TERSEBUT BEBAS DARI VIRUS, DENYUTAN/CLOCKS, PENCATAT WAKTU/TIMER, PROGRAM YANG MELAKUKAN PROSES PERHITUNGAN BERKELANJUTAN/COUNTER, CACING KOMPUTER (COMPUTER WORM), KUNCI PIRANTI LUNAK, MEKANISME PENONAKTIFKAN PERANGKAT/DROP DEAD DEVICE, PROGRAM TROJAN-HORSES, PROSES PENGIRIMAN DATA DARI SATU JARINGAN KE JARINGAN LAIN/ROUTINGS, JEBAKAN UNTUK MENJEBAK ADMINISTRATOR AGAR MENJALANKAN PERINTAH TERTENTU/TRAPDOORS, BOM WAKTU, ATAU KODE, INSTRUKSI, PROGRAM ATAU KOMPONEN BERBAHAYA LAINNYA.


9.3 ANDA MENGAKUI BAHWA SEGALA RISIKO YANG TIMBUL DARI PENGGUNAAN LAYANAN DITANGGUNG OLEH ANDA, SEPANJANG DIIZINKAN OLEH UNDANG-UNDANG YANG BERLAKU.


10. PENGECUALIAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB


10.1 DALAM KEADAAN APA PUN, KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB, BAIK DI DALAM PERJANJIAN, JAMINAN, DI LUAR PERJANJIAN (TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA KELALAIAN (BAIK KELALAIAN YANG MENGAKIBATKAN KERUGIAN, KELALAIAN YANG DIAKIBATKAN OLEH TIDAK DILAKUKANNYA SUATU TINDAKAN ATAU KEWAJIBAN, ATAU KELALAIAN YANG DIALAMATKAN KEPADA KAMI KARENA TINDAKAN ORANG LAIN YANG MENJADI TANGGUNG JAWAB KAMI SECARA HUKUM), TANGGUNG JAWAB PRODUK, TANGGUNG JAWAB MUTLAK ATAU TANGGUNG JAWAB BERDASARKAN TEORI LAIN), ATAU PENYEBAB LAIN DARI TINDAKAN MENURUT ATURAN HUKUM ATAU ASAS KEADILAN, BERDASARKAN UNDANG-UNDANG ATAU ATURAN LAIN, ATAS KERUGIAN KARENA PEMAKAIAN, KEHILANGAN KEUNTUNGAN, KEHILANGAN PENDAPATAN, KEHILANGAN ASET TIDAK BERWUJUD (GOODWILL), KEHILANGAN KEUNTUNGAN YANG DIHARAPKAN, ATAU ATAS KERUGIAN YANG BERSIFAT TIDAK LANGSUNG, INSIDENTIL, KHUSUS ATAU KONSEKUENSIAL (TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA HILANGNYA DATA, GANGGUAN LAYANAN, KERUSAKAN KOMPUTER, TELEPON ATAU PERANGKAT SELULER), YANG TIMBUL DARI, ATAU SEHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN ATAU KETIDAKMAMPUAN UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN, TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, KERUGIAN YANG DIAKIBATKAN OLEH HAL-HAL TERSEBUT DI ATAS, BAHKAN JIKA KAMI TELAH DIBERITAHU MENGENAI KEMUNGKINAN KERUGIAN TERSEBUT.


10.2 KAMI DAPAT MENETAPKAN PRAKTIK UMUM DAN PEMBATASAN TERKAIT PENGGUNAAN LAYANAN. KAMI BERHAK SEWAKTU-WAKTU MENGUBAH, MENGHENTIKAN SEMENTARA ATAU MENGHENTIKAN BAGIAN MANA PUN DARI LAYANAN, TANPA PEMBERITAHUAN DAN KEWAJIBAN UNTUK MENYAMPAIKAN PEMBERITAHUAN. KAMI DAPAT MENOLAK UNTUK MEMPROSES SUATU TRANSAKSI ATAU INSTRUKSI TANPA PEMBERITAHUAN SEBELUMNYA KEPADA ANDA. KHUSUSNYA JIKA (A) TRANSAKSI ATAU INSTRUKSI TERSEBUT TIDAK MEMENUHI SYARAT DAN KETENTUAN PERSYARATAN LAYANAN INI ATAU SYARAT, ATURAN DAN KEBIJAKAN LAIN YANG BERLAKU, ATAU (B) JIKA KAMI MEMILIKI ALASAN UNTUK MEYAKINI BAHWA TRANSAKSI ATAU INSTRUKSI TERSEBUT AKAN MELANGGAR UNDANG-UNDANG, ATURAN ATAU PERATURAN YANG MUNGKIN MENGAKIBATKAN KAMI ATAU AFILIASI KAMI HARUS MENANGGUNG KEWAJIBAN.


10.3 SATU-SATUNYA HAK YANG ANDA MILIKI SEHUBUNGAN DENGAN MASALAH ATAU KETIDAKPUASAN TERHADAP LAYANAN ADALAH BERHENTI MENGGUNAKAN LAYANAN.


10.4 MENYIMPANG DARI KETENTUAN BAGIAN 10.1 DAN 10.2, JIKA OLEH BADAN PERADILAN PADA YURISDIKSI YANG BERWENANG KAMI TERBUKTI WAJIB BERTANGGUNG JAWAB (TERMASUK ATAS KELALAIAN NYATA), TANGGUNG JAWAB KAMI KEPADA ANDA ATAU KEPADA PIHAK KETIGA TERBATAS PADA KERUGIAN LANGSUNG YANG ANDA ALAMI.


10.5 TIDAK ADA SATU KETENTUAN PUN DALAM PERSYARATAN LAYANAN INI YANG MEMBATASI ATAU MENIADAKAN TANGGUNG JAWAB ATAS KEMATIAN ATAU CEDERA PRIBADI YANG DISEBABKAN OLEH KELALAIAN KAMI, ATAS PENIPUAN/KECURANGAN ATAU ATAS KEWAJIBAN LAIN YANG SECARA HUKUM TIDAK DAPAT DIBATASI DAN/ATAU DIKECUALIKAN.


11. PERBUATAN YANG DILARANG


11.1 Lisensi untuk penggunaan Layanan berlaku hingga diakhiri oleh kami atau sebagaimana dimungkinkan berdasarkan cara yang diatur dalam Persyaratan Layanan ini, atau jika Anda gagal mematuhi syarat atau ketentuan Persyaratan Layanan ini. Dalam hal demikian, kami tidak wajib menyampaikan pemberitahuan untuk melakukan pengakhiran tersebut.

11.2 Anda setuju untuk tidak:


a. melanggar Persyaratan Layanan, Kebijakan Privasi, aturan dan peraturan internal kami, termasuk peraturan untuk acara-acara promosi, dan/atau melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku;


b. bertindak dengan cara yang melanggar hukum, berbahaya, mengancam, kasar, melecehkan, menggelisahkan, menyusahkan, tidak jujur, mencemarkan, tidak sopan, cabul, merugikan nama baik, melanggar privasi orang lain, kebencian, atau rasis, atau tidak pantas, terhadap karyawan dan agen kami, atau Pengguna lain;


c. menggunakan Layanan untuk mencelakai anak di bawah umur atau pihak manapun juga;


d. memberikan informasi palsu, tidak benar atau menyesatkan;


e. menggunakan Layanan atau bagian dari Layanan untuk kegiatan ilegal;


f. menggunakan Layanan Anda dengan cara yang dapat menimbulkan sengketa, gugatan atau kewajiban lain terhadap kami, pengguna lain dari Layanan, pihak ketiga, atau yang dapat dianggap sebagai penyalahgunaan sistem kami;


g. menggunakan Layanan untuk menyamar sebagai orang atau entitas lain, atau memalsukan hubungan Anda dengan seseorang atau suatu entitas;


h. menggunakan Layanan dengan cara yang dilarang berdasarkan lisensi yang diberikan dalam Persyaratan Layanan.


i. menggunakan Layanan untuk tujuan penipuan/kecurangan;


j. menolak untuk bekerja sama dalam penyelidikan atau memberikan konfirmasi atas identitas atau informasi yang Anda berikan kepada kami;


k. berusaha melakukan dekompilasi, rekayasa mundur, membongkar atau meretas Layanan (atau bagian dari Layanan), atau untuk mengalahkan atau menguasai teknologi enkripsi atau langkah-langkah keamanan yang kami terapkan sehubungan dengan Layanan dan/atau data yang kami kirim, olah atau simpan;


l. mengumpulkan atau secara tidak sah menggunakan informasi mengenai atau sehubungan dengan pengguna lain dari Layanan, termasuk, namun tidak terbatas pada data atau informasi pribadi;


m. mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan atau menyediakan konten pada Platform Merchant yang melanggar hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta atau hak kepemilikan lain pihak mana pun;


n. mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan atau menyediakan iklan dan materi promosi yang tidak diminta atau tidak sah, “surat sampah”, “spam”, “surat berantai”, “bisnis dengan skema piramida” atau bentuk ajakan tidak sah lainnya;


o. mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan atau menyediakan materi yang mengandung virus piranti lunak, cacing komputer, program Trojan-horses atau kode, prosedur rutin, berkas, atau program yang dirancang untuk secara langsung maupun tidak langsung menghalangi, memanipulasi, mengganggu, merusak atau membatasi fungsi atau keutuhan piranti lunak atau piranti keras komputer atau data atau peralatan telekomunikasi;


p. mengganggu aliran normal dialog, mengakibatkan layar “bergulir” melebihi kemampuan mengetik Pengguna lain Layanan, atau bertindak dengan cara yang berdampak negatif terhadap kemampuan Pengguna lain untuk melaksanakan pertukaran secara waktu nyata;


q. menghalangi, memanipulasi atau mengganggu Layanan atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan atau penggunaan dan kenikmatan pengguna lain dalam menggunakan Layanan, atau tidak mematuhi persyaratan, prosedur, kebijakan atau peraturan jaringan yang terhubung ke platform atau server untuk Layanan;


r. mengganggu, memanipulasi atau mengacaukan Layanan, atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan atau penggunaan dan kenikmatan penggunaan Layanan oleh Pengguna lain, atau tidak mematuhi persyaratan, prosedur, kebijakan atau peraturan jaringan yang terhubung ke platform atau server untuk Layanan;


s. mengambil tindakan atau terlibat dalam suatu tindakan yang secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak, melumpuhkan, membebani, atau mengganggu Layanan, atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan;


t. menggunakan Layanan untuk secara sengaja maupun tidak sengaja melanggar undang-undang, aturan, kitab undang-undang, petunjuk, pedoman, kebijakan, atau peraturan setempat, negara, nasional atau internasional yang berlaku, termasuk, namun tidak terbatas pada peraturan perundang-undangan (baik yang memiliki kekuatan hukum maupun yang tidak) yang berkaitan dengan anti pencucian uang atau pencegahan pendanaan terorisme;


u. menggunakan Layanan untuk memberikan dukungan atau menyediakan sumber daya material (atau untuk menyembunyikan atau menyamarkan sifat, lokasi, sumber, atau kepemilikan dukungan atau sumber daya material) kepada organisasi-organisasi yang ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia sebagai organisasi teroris asing atau sebagaimana ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan yang berlaku;


v. menggunakan Layanan untuk melanggar privasi orang lain atau untuk "menguntit" atau melecehkan orang lain;


w. menjual atau menawarkan produk investasi, penggalangan dana dari masyarakat umum, pembiayaan, dan/atau layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi (peer-to-peer lending) melalui Platform Merchant atau kegiatan usaha lainnya yang belum mendapatkan izin atau persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”), Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), dan/atau otoritas pemerintah lainnya yang berwenang atas kegiatan usaha tersebut di Republik Indonesia.

 

x. menjual produk melalui Platform Merchant yang dilarang atau melanggar ketentuan hukum dan/atau peraturan yang berlaku di Republik Indonesia termasuk namun tidak terbatas pada senjata api illegal, narkotika, pornografi, dan/atau judi.


y. memfasilitasi atau menawarkan pembeli untuk melakukan gesek tunai seperti yang biasa dikenal di Indonesia di mana pun atau di toko/outlet/platform Anda dengan layanan SPayLater yang menggunakan metode QRIS dan/atau metode lainnya yang melanggar kebijakan Bank Indonesia dan OJK.


z. menggunakan Layanan untuk mengumpulkan atau menyimpan data pribadi tentang Pengguna lain sehubungan dengan tindakan dan aktivitas terlarang yang disebutkan di atas; dan/atau


aa. menggunakan Layanan untuk kegiatan-kegiatan lain yang dianggap terlarang di yurisdiksi tempat Anda tinggal.


11.3 Jika kami, berdasarkan kebijakan dan/atau penilaian kami sepenuhnya, meyakini bahwa Anda telah melakukan kegiatan-kegiatan terlarang sebagaimana disebutkan di atas, kami dapat mengambil berbagai tindakan, termasuk, namun tidak terbatas pada tindakan-tindakan di bawah ini:


a. Menghentikan sementara atau membatasi akses Anda ke Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada fitur dan/atau promosi di dalam ShopeePay sehubungan dengan pelanggaran yang Anda lakukan dan kami kategorikan sebagai pelanggaran ringan sampai sedang berdasarkan penilaian kami sendiri sepenuhnya;


b. Menolak memberikan Layanan kepada Anda ketika Anda tidak lulus dalam proses pendaftaran (onboarding) sebagai Merchant berdasarkan penilaian kami sendiri sepenuhnya;


c. Menangguhkan sementara Layanan kepada Anda, termasuk namun tidak terbatas pada fitur dan/atau promosi di dalam ShopeePay, hingga seratus delapan puluh (180) hari, jika hal tersebut secara wajar diperlukan untuk melindungi diri terhadap risiko pertanggungjawaban, sehubungan dengan pelanggaran yang Anda lakukan dan kami kategorikan sebagai pelanggaran sedang sampai berat berdasarkan penilaian kami sendiri sepenuhnya atau jika Anda telah melanggar Persyaratan Layanan, Kebijakan Privasi, kebijakan AirPay dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku di yurisdiksi tempat Anda tinggal;


d. Menghentikan secara permanen dan total Layanan kepada Anda serta menghapus dan mencabut hak-hak Anda sebagai Merchant sehubungan dengan pelanggaran yang telah Anda lakukan dan kami kategorikan sebagai pelanggaran berat berdasarkan penilaian kami sendiri sepenuhnya;


e. Mengambil tindakan hukum terhadap Anda; dan/atau


f. Mengambil tindakan lain yang sesuai dalam situasi tertentu berdasarkan kebijakan AirPay dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.


11.4 Anda mengakui, mengizinkan dan setuju bahwa kami dapat mengakses, menyimpan dan mengungkapkan informasi terkait Anda dan Merchant, jika kami dengan itikad baik meyakini bahwa akses, penyimpanan atau pengungkapan tersebut memang secara wajar diperlukan untuk: (a) mematuhi proses hukum, yaitu, diwajibkan oleh undang-undang, atau sesuai dengan perintah pengadilan atau otoritas pemerintah atau badan regulasi yang memiliki yurisdiksi atas kami; (b) melaksanakan Persyaratan Layanan ini; (c) menanggapi permintaan Anda untuk layanan pelanggan; atau (d) menanggapi setiap keluhan atau permintaan yang Anda ajukan kepada kami atau rekan bisnis kami; dan/atau (e) melindungi hak, kepemilikan atau keamanan pribadi AirPay, pengguna kami dan/atau masyarakat.


12. MASUKAN DAN PEMBERITAHUAN


Jika Anda memiliki keluhan, masukan, atau meyakini bahwa seorang pengguna Layanan kami melanggar Persyaratan Layanan ini, Anda dapat menghubungi kami:


(i) dengan menggunakan fungsi masukan di https://help.shopee.co.id/portal/article/72945-Bagaimana-cara-kontak-Customer-Service-Shopee?previousPage=search%20recommendation%20bar; atau


(ii) Live Chat Customer Service Shopee (24 Jam) Senin - Minggu termasuk hari libur nasional


13. PERNYATAAN DAN JAMINAN ANDA


Anda menyatakan dan menjamin bahwa:


a. Anda memiliki kapasitas hukum (dan dalam hal Anda adalah anak di bawah umur, Anda memperoleh izin yang sah dari orang tua atau wali sah Anda), hak dan kecakapan untuk mengikatkan diri pada Persyaratan Layanan ini, dan untuk memenuhi persyaratan kami;


b. Anda akan menggunakan Layanan hanya untuk tujuan yang sah dan sesuai dengan Persyaratan Layanan ini, berikut seluruh undang-undang, aturan, kitab undang-undang, petunjuk, pedoman, kebijakan dan peraturan yang berlaku;


c. Anda hanya akan menggunakan Layanan pada Platform Merchant di mana penggunaan Layanan tersebut diizinkan oleh Aggregator;


d. Anda akan menggunakan Layanan dengan itikad baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada undang-undang terkait anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme;


e. Apabila relevan, Anda bertanggung jawab penuh untuk menjaga kerahasiaan kata sandi, PIN, dan kode keamanan yang diberikan kepada Anda dan Anda tidak dapat mengajukan klaim terhadap kami atas setiap kerugian atau kerusakan akibat penggunaan kata sandi Anda yang tidak sah atau kegagalan Anda untuk menjaga kerahasiaan tersebut;


f. Seluruh informasi yang diberikan sehubungan dengan pendaftaran Anda atas Layanan adalah benar, lengkap, akurat dan terkini;


14. GANTI RUGI


Anda setuju untuk, dengan biaya Anda sendiri, mengganti rugi, melindungi dan membebaskan AirPay, dan para pemegang saham, anak perusahaan, afiliasi, pejabat, agen, pemilik merek bersama dan mitra lainnya, serta para karyawannya (secara bersama-sama disebut sebagai “Pihak Yang Diberi Ganti Rugi”), dari dan terhadap setiap dan segala klaim, tindakan, proses hukum, serta gugatan dan seluruh kewajiban, kerugian, pelunasan, penalti, denda, biaya dan pengeluaran terkait (termasuk, namun tidak terbatas pada biaya hukum yang wajar dan pengeluaran lain terkait penyelesaian sengketa), yang dikeluarkan oleh Pihak Yang Diberi Ganti Rugi, yang timbul dari, atau sehubungan dengan: (a) penyelenggaraan, pengoperasian, pengelolaan dan/atau pengadministrasian Layanan oleh, atau atas nama kami, (b) pelanggaran yang dilakukan oleh Anda terhadap ketentuan Persyaratan Layanan ini, atau kebijakan atau pedoman yang dirujuk dalam Persyaratan Layanan ini, atau (c) penggunaan atau penyalahgunaan Layanan oleh Anda, atau (d) pelanggaran hukum atau hak pihak ketiga oleh Anda.


15. KETERPISAHAN


Apabila ada ketentuan dalam Persyaratan Layanan ini yang dianggap melanggar hukum, tidak berlaku, atau karena alasan apa pun tidak dapat diberlakukan berdasarkan hukum dalam suatu yurisdiksi, maka ketentuan tersebut harus dianggap terpisah dari Persyaratan Layanan ini, dan tidak akan mempengaruhi keabsahan dan keberlakuan ketentuan lain dalam Persyaratan Layanan di yurisdiksi tersebut, maupun keabsahan dan keberlakuan ketentuan yang dianggap melanggar hukum, tidak berlaku atau tidak dapat diberlakukan tersebut berdasarkan hukum yang berlaku di yurisdiksi lain.


16. HUKUM YANG MENGATUR


Persyaratan Layanan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memandang pertentangan antara aturan-aturan hukum yang ada. Setiap sengketa, perselisihan, tuntutan atau perbedaan dalam bentuk apa pun, yang timbul dari, atau sehubungan dengan Persyaratan Layanan ini, terhadap atau yang berkaitan dengan kami atau Pihak Yang Diberi Ganti Rugi berdasarkan Persyaratan Layanan ini akan diserahkan ke, dan diselesaikan melalui arbitrase di Singapura, sesuai dengan Aturan Arbitrase Singapore International Arbitration Centre (SIAC) yang berlaku pada saat itu, aturan mana dianggap telah dimasukkan seluruhnya dalam Bagian 16 ini. Proses arbitrase akan diselenggarakan oleh satu (1) orang arbiter, dengan menggunakan Bahasa Inggris.


17. KETENTUAN UMUM


17.1 Kami mencadangkan seluruh hak yang tidak secara tegas diberikan dalam Persyaratan Layanan ini.


17.2 Kami dapat mengubah Persyaratan Layanan ini setiap saat. Penggunaan Layanan oleh Anda setelah perubahan tersebut diunggah dianggap sebagai penerimaan Anda terhadap Persyaratan Layanan yang direvisi tersebut.


17.3 Anda dilarang mengalihkan, mensublisensikan atau memindahkan setiap hak yang diberikan kepada Anda berdasarkan Persyaratan Layanan ini, atau mensubkontrakkan salah satu atau lebih kewajiban Anda.


17.4 Tidak ada satu ketentuan pun dalam Persyaratan Layanan ini yang dapat diartikan sebagai pembentukan hubungan kemitraan, usaha patungan atau hubungan pemberi kerja dan agen, antara Anda dan kami, atau memberikan hak kepada Anda untuk membebankan biaya atau kewajiban apa pun atas nama kami.


17.5 Kegagalan kami sewaktu-waktu atau pada setiap saat untuk menuntut pelaksanaan ketentuan Persyaratan Layanan ini tidak akan mempengaruhi hak kami di kemudian hari untuk memberlakukan ketentuan tersebut, kecuali ketentuan tersebut dikesampingkan secara tertulis.


17.6 Persyaratan Layanan ini disusun semata-mata untuk kepentingan Anda dan kami, dan bukan untuk kepentingan orang atau entitas lain, kecuali untuk afiliasi dan anak perusahaan kami (dan masing-masing penerus dan penerima pengalihan hak AirPay, afiliasi dan anak perusahaan kami).


17.7 Syarat-syarat yang tercantum dalam Persyaratan Layanan ini, berikut perjanjian dan kebijakan yang dicantumkan atau dirujuk dalam Persyaratan Layanan ini merupakan keseluruhan kesepakatan dan pemahaman antara para pihak sehubungan dengan Layanan, dan menggantikan kesepakatan atau kesepahaman sebelumnya antara para pihak sehubungan dengan pokok permasalahan tersebut. Para pihak dengan ini juga mengecualikan semua ketentuan yang sesungguhnya tersirat. Dalam mengikatkan diri dengan perjanjian yang dibentuk berdasarkan Persyaratan Layanan ini, para pihak tidak mengandalkan laporan, pernyataan, jaminan, kesepahaman, kesanggupan, janji atau kepastian yang diberikan oleh siapa pun, selain yang secara tegas dituangkan dalam Persyaratan Layanan ini. Masing-masing pihak, dengan tidak dapat dicabut dan tanpa syarat, melepaskan segala klaim, hak dan upaya perbaikan yang, kecuali untuk Bagian 17.7 ini, mungkin telah dimilikinya sehubungan dengan segala sesuatu yang disebutkan sebelumnya. Persyaratan Layanan ini tidak boleh bertentangan, dipertegas atau ditambah, dengan bukti perjanjian sebelumnya, perjanjian lisan yang dibuat pada saat yang bersamaan, atau syarat tambahan yang bersesuaian dengan perjanjian tersebut.


17.8 Anda setuju untuk mematuhi hukum, undang-undang, peraturan dan kitab undang-undang yang berlaku terkait anti penyuapan dan anti korupsi, termasuk, namun tidak terbatas pada Undang-Undang No. 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap, Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2001, dan hukum dan peraturan yang berlaku lainnya serta menegaskan bahwa Anda telah dan akan mengimplementasikan kebijakan dan prosedur yang diperlukan untuk menjamin kepatuhan terhadap ketentuan tersebut.


17.9 Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait Persyaratan Layanan ini, atau mengenai masalah-masalah yang dikemukakan dalam Persyaratan Layanan ini, Anda dapat menghubungi kami melalui berbagai cara yang tersedia, sebagaimana tercantum dalam Persyaratan Layanan ini.


Terakhir diperbaharui: 10 Oktober 2022

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak