Hai, ada yang bisa kami bantu?

Penjual & Mitra

Langkah Awal
Manajemen Toko
Manajemen Produk
Marketing
Manajemen Pesanan
Pengiriman Produk
Keuangan & Pembayaran
Analisis & Data
Pertumbuhan & Perkembangan
Customer Service
Merchant ShopeePay
ShopeePartner
Mitra Shopee
Manajemen Pengembalian Barang & Dana

[Merchant ShopeePay] Cara melakukan permintaan pengembalian PPh 23 atas penghasilan MDR (Merchant Discount Rate) untuk Merchant ShopeePay

PT. Airpay International Indonesia saat ini telah memiliki Surat Keterangan Bebas Pemotongan dan/atau Pemungutan PPh 23 Nomor KET-00010/POTPUT/WPJ.30/KP.10/2022 yang berlaku dari tanggal 31 Mei 2022 sampai dengan 31 Desember 2022.

Oleh karena itu, jika Merchant mendapatkan tagihan MDR di antara tanggal 1 Juni 2022 sampai dengan 31 Desember 2022, Merchant tidak perlu melakukan pemotongan atau penyetoran PPh 23 atas MDR untuk kemudian meminta pengembalian pembayaran pajak tersebut kepada kami. Kami tidak memberikan pengembalian PPh 23 jika pada saat berlakunya SKB di atas, Merchant masih melakukan pemotongan atau penyetoran PPh 23 atas MDR.

 

Namun, jika Merchant membayar tagihan MDR sebelum 1 Juni 2022 atau sesudah 31 Desember 2022, maka untuk meminta pengembalian PPh 23, Merchant diharapkan untuk: 

  1. Melakukan pembayaran PPh 23 terlebih dahulu kepada Kantor Pajak, atas nama PT. Airpay International Indonesia. 
  2. Setelah dibayarkan, Merchant akan mendapatkan bukti potong pajak dan bukti potong tersebut dapat digunakan untuk meminta pengembalian PPh 23. 
  3. Batas waktu permintaan pengembalian PPh 23 atas MDR adalah maksimal 30 hari setelah pajak tersebut dipotong dan dibayarkan oleh Merchant kepada Kantor Pajak.

Mohon siapkan dokumen-dokumen berikut dalam bentuk hard copy (cetak) dan soft copy (digital) dalam satu file gabungan dengan format PDF:

  1. Bukti Pemotongan PPh 23.             
  2. Bukti Rincian Transaksi atau invoice.
  3. Faktur Pajak.
  4. Surat Permohonan Permintaan Pengembalian PPh 23, dilengkapi dengan meterai apabila pengajuan permintaan pengembalian lebih dari Rp5.000.000. Silakan lihat contoh Surat Permohonan Permintaan Pengembalian PPh 23.

Pengiriman dokumen-dokumen di atas dilakukan sesuai dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Dokumen soft copy (digital)

Permintaan pengembalian PPh 23 dapat dikirimkan melalui email dengan subjek “Reimbursement WHT 23 [bulan dan tahun]” (Contoh: Reimbursement WHT 23 Januari 2022).

  1. Template email sebagai berikut:
  2. Kepada : shopeepay.tax.admin@sea.com
  3. Subjek : Reimbursement WHT 23 Januari 2022
  4. Badan Email:
  5. Permintaan Pengembalian PPh 23 untuk Merchant: 
  6. Nama Merchant
  7. Merchant ID (MID) [Opsional]
  8. Lampiran: Dokumen-dokumen yang disebutkan di poin 1-4 di atas

 

  1. Dokumen hard copy (cetak)

Cetak seluruh dokumen, lalu kirimkan berkas ke:

Penerima: Alvi Yesri - Tax

Tujuan:     PT Airpay International Indonesia

                  Pacific Century Place, 28th Floor

                  SCBD Lot 10, Jl. Jenderal Sudirman 

                  Kav. 52-53

                  Jakarta 12190, Indonesia

⚠️ Catatan:

  1. Untuk jenis jasa dalam bukti pemotongan PPh 23 dapat dilengkapi dengan memilih nomor kode Objek Pajak: 24-104-18.
  2. Merchant harus melampirkan e-Bupot 23 (bukti pemotongan elektronik) dalam bentuk soft copy (digital) dan hard copy (cetak).
  3. Jika belum memiliki e-Bupot 23, Merchant dapat melampirkan dokumen asli dengan stempel perusahaan dan tanda tangan asli.
  4. Merchant wajib mengirimkan seluruh dokumen dalam bentuk soft copy (digital) dan hard copy (cetak) agar pengembalian PPh 23 dapat diproses sepenuhnya.
  5. Khusus untuk periode November dan Desember, harap melakukan permintaan pengembalian PPh 23 paling lambat di tanggal 15 Februari pada tahun berikutnya. Jika permintaan dibuat setelah batas waktu, maka permintaan pengembalian PPh 23 tidak akan diproses.
Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak