Hai, ada yang bisa kami bantu?

[Pembatalan Pesanan] Apa saja jenis pembatalan pesanan di Shopee?

Berikut adalah jenis pembatalan pesanan di Shopee:

 

  1. Pembatalan Instan

Pembatalan yang dilakukan oleh Pembeli sebelum Penjual mengatur pengiriman atau memasukkan no. resi, tanpa perlu menunggu respons dari Penjual. Setelah Pembeli memilih Batalkan Pesanan di aplikasi, sistem akan melakukan pembatalan secara otomatis.

 

Pembatalan Instan dapat dilakukan oleh Pembeli dalam waktu:

 

Waktu

Tipe Layanan Pengiriman

Dalam waktu satu jam setelah pembayaran terverifikasi, selama Penjual belum mengatur pengiriman atau memasukkan nomor resi

·Instant - 2 Jam (SPX Instant - 2 Jam)

 

·Instant - 4 Jam (SPX Instant - 4 Jam)

 

·Instant (GoSend Instant, GrabExpress Instant, SPX Instant)

 

·Sameday (Anteraja Sameday, GoSend Sameday, GrabExpress Sameday, SPX Sameday)

 

·JNE Reguler (Non-Cashless), Jasa Kirim Toko, dan Pesanan Pre-order

 

Kapan saja, selama Penjual belum mengatur pengiriman atau memasukkan nomor resi



·Reguler (AnterAja Reguler, ID Express, JNE Reguler, Ninja Xpress, POS Reguler, SiCepat REG, SPX Standard)

 

·Next Day (JNE YES dan SiCepat BEST)

 

·Hemat (Anteraja Economy, SiCepat HALU, SPX Hemat)

 

·Kargo (Anteraja Kargo, J&T Cargo, JNE Trucking, Sentral Cargo, SiCepat Gokil)

 

·Ambil di Tempat (Indopaket (Ambil di Indomaret), Agen SPX Express, SPX Express Point)

 

 

Contoh kasus:

  • Pembeli membuat pesanan dengan jasa kirim SPX Instant pada pk. 10:00 WIB lalu membatalkannya pada pk. 10:50 WIB sebelum Penjual mengatur pengiriman. Maka, pesanan akan dibatalkan secara instan dan tidak memerlukan respons Penjual.
  • Pembeli membuat pesanan dengan jasa kirim SPX Standard pada pk. 10:00 WIB lalu membatalkannya pada pk. 12:00 WIB sebelum Penjual mengatur pengiriman. Maka, pesanan akan dibatalkan secara instan dan tidak memerlukan respons Penjual.

 

  1. Pembatalan Non-Instan

Pembatalan yang dilakukan oleh Pembeli dengan menunggu respons Penjual terlebih dahulu. Pembeli dapat memilih Batalkan Pesanan di aplikasi (untuk semua jasa kirim setelah Penjual mengatur pengiriman atau memasukkan no. resi, selama paket belum diterima oleh jasa kirim) dan menunggu respons Penjual dalam waktu 1x24 jam. Jika Penjual tidak memberikan respons, sistem akan melakukan pembatalan secara otomatis dalam waktu 1x24 jam berikutnya.

 

Pembatalan Non-Instan akan diberlakukan jika:

 

Waktu

Tipe Layanan Pengiriman

Pembeli membatalkan pesanan lewat dari 1 (satu) jam setelah pembayaran terverifikasi walaupun Penjual belum mengatur pengiriman

·Instant - 2 Jam (SPX Instant - 2 Jam)

 

·Instant - 4 Jam (SPX Instant - 4 Jam)

 

·Instant (GoSend Instant, GrabExpress Instant, SPX Instant)

 

·Sameday (Anteraja Sameday, GoSend Sameday, GrabExpress Sameday, SPX Sameday)

 

·JNE Reguler (Non-Cashless), Jasa Kirim Toko, dan Pesanan Pre-order

 

 

Contoh kasus:

  • Pembeli membuat pesanan dengan jasa kirim SPX Instant pada pk. 10:00 WIB lalu membatalkannya pada pk. 10:50 WIB setelah Penjual mengatur pengiriman. Maka, pengajuan pembatalan pesanan oleh Pembeli memerlukan respons Penjual.
  • Pembeli membuat pesanan dengan jasa kirim SPX Instant pada pk. 10:00 WIB lalu membatalkannya pada pk. 12:00 WIB sebelum Penjual mengatur pengiriman. Maka, pengajuan pembatalan pesanan oleh Pembeli memerlukan respons Penjual.
  • Pembeli membuat pesanan dengan jasa kirim SPX Standard pada pk. 10:00 WIB lalu membatalkannya pada pk. 13:00 WIB setelah Penjual mengatur pengiriman. Maka, pengajuan pembatalan pesanan oleh Pembeli memerlukan respons Penjual.

 

  1. Pembatalan Otomatis

Pesanan akan otomatis dibatalkan apabila:

  • Penjual tidak mengatur pengiriman atau memasukkan no. resi dalam rentang waktu Masa Pengemasan (Dikirim dalam) yang diperbolehkan.
  • Penjual tidak log in ke aplikasi Shopee selama 7 (tujuh) hari sejak Pembeli membayar pesanan.
  • Penjual tidak menyerahkan paket ke kurir yang melakukan pick up pesanan/mengantarkan paket ke counter jasa kirim, sehingga resi pengiriman tidak terverifikasi dalam 2 (dua) hari sejak Masa Pengemasan (Dikirim dalam) berakhir.

 

Contoh kasus: Pembeli membuat pesanan dengan Masa Pengemasan yang berakhir tanggal 23 Agustus 2021. Jika Penjual tidak kunjung melakukan proses pengiriman sampai dengan tanggal tersebut, maka di hari berikutnya pesanan akan dibatalkan secara otomatis.

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak