Hai, ada yang bisa kami bantu?

Pesanan & Pengiriman

Pesanan
Pilihan Pengiriman
Layanan Pengiriman
Penilaian & Ulasan

[Pembatalan Pesanan] Apa saja jenis pembatalan pesanan di Shopee?

Berikut adalah jenis pembatalan pesanan di Shopee:


1. Pembatalan Instan

  1. Pembatalan yang dilakukan oleh Pembeli sebelum Penjual mengatur pengiriman atau memasukkan no. resi, tanpa perlu menunggu respons dari Penjual. Setelah Pembeli memilih Batalkan Pesanan di aplikasi, sistem akan melakukan pembatalan secara otomatis.
  2. Pembatalan Instan dapat dilakukan oleh Pembeli dalam waktu:
  3. 1 (satu) jam setelah pembayaran terverifikasi, selama Penjual belum mengatur pengiriman atau memasukkan no. resi, untuk tipe layanan pengiriman Instant (Shopee Xpress Instant, GoSend Instant, GrabExpress Instant), Sameday (Shopee Xpress Sameday, GoSend Sameday, GrabExpress Sameday, SiCepat Sameday), JNE Reguler (Non Cashless), Pos Kilat Khusus, Indah Logistik, Termasuk Ongkos Kirim, dan Pesanan Pre-order.
  4. Kapan pun sebelum Penjual belum mengatur pengiriman atau memasukkan no. resi, untuk tipe layanan pengiriman Next Day (JNE YES dan SiCepat BEST), Reguler (Shopee Xpress Standard, J&T Express, SiCepat REG, Anteraja Reguler, Ninja Xpress, ID Express, JNE Reguler), Hemat (Shopee Xpress Hemat, J&T Economy, SiCepat HALU, Anteraja Economy), Kargo (JNE JTR, SiCepat Gokil, J&T Kargo), dan Ambil di Tempat (Indopaket (Ambil di Indomaret), Alfatrex (Ambil di Alfamart), J&T Jemari, Agen Shopee, dan Shopee Xpress Point).
  5. Contoh kasus:
  6. Pembeli membuat pesanan dengan jasa kirim Shopee Xpress Instant pada pk. 10:00 WIB lalu membatalkannya pada pk. 10:50 WIB sebelum Penjual mengatur pengiriman. Maka, pesanan akan dibatalkan secara instan dan tidak memerlukan respons Penjual.
  7. Pembeli membuat pesanan dengan jasa kirim Shopee Xpress Standard pada pk. 10:00 WIB lalu membatalkannya pada pk. 12:00 WIB sebelum Penjual mengatur pengiriman. Maka, pesanan akan dibatalkan secara instan dan tidak memerlukan respons Penjual.


2. Pembatalan Non-Instan

  1. Pembatalan yang dilakukan oleh Pembeli dengan menunggu respons Penjual terlebih dahulu. Pembeli dapat memilih Batalkan Pesanan di aplikasi dan menunggu respons Penjual dalam waktu 1x24 jam. Jika Penjual tidak memberikan respons, sistem akan melakukan pembatalan secara otomatis dalam waktu 1x24 jam berikutnya.
  2. Pembatalan Non-Instan dapat dilakukan oleh Pembeli untuk semua jasa kirim setelah Penjual mengatur pengiriman atau memasukkan no. resi, selama paket belum diterima oleh jasa kirim.
  3. Pembatalan Non-Instan akan diberlakukan jika Pembeli membatalkan pesanan lewat dari 1 (satu) jam setelah pembayaran terverifikasi walaupun Penjual belum mengatur pengiriman, khusus untuk tipe layanan pengiriman  Instant (Shopee Xpress Instant, GoSend Instant, GrabExpress Instant), Sameday (Shopee Xpress Sameday, GoSend Sameday, GrabExpress Sameday, SiCepat Sameday), JNE Reguler (Non Cashless), Pos Kilat Khusus, Indah Logistik, Termasuk Ongkos Kirim, dan Pesanan Pre-order.
  4. Contoh kasus:
  5. Pembeli membuat pesanan dengan jasa kirim Shopee Xpress Instant pada pk. 10:00 WIB lalu membatalkannya pada pk. 10:50 WIB setelah Penjual mengatur pengiriman. Maka, pengajuan pembatalan pesanan oleh Pembeli memerlukan respons Penjual.
  6. Pembeli membuat pesanan dengan jasa kirim Shopee Xpress Instant pada pk. 10:00 WIB lalu membatalkannya pada pk. 12:00 WIB sebelum Penjual mengatur pengiriman. Maka, pengajuan pembatalan pesanan oleh Pembeli memerlukan respons Penjual.
  7. Pembeli membuat pesanan dengan jasa kirim Shopee Xpress Standard pada pk. 10:00 WIB lalu membatalkannya pada pk. 13:00 WIB setelah Penjual mengatur pengiriman. Maka, pengajuan pembatalan pesanan oleh Pembeli memerlukan respons Penjual.


3. Pembatalan Otomatis

  1. Pesanan akan otomatis dibatalkan apabila:
  2. Penjual tidak mengatur pengiriman atau memasukkan no. resi dalam rentang waktu Masa Pengemasan (Dikirim dalam) yang diperbolehkan.
  3. Penjual tidak log in ke aplikasi Shopee selama 7 (tujuh) hari sejak Pembeli membayar pesanan.
  4. Penjual tidak menyerahkan paket ke kurir yang melakukan pick up pesanan/mengantarkan paket ke counter jasa kirim, sehingga resi pengiriman tidak terverifikasi dalam 2 (dua) hari sejak Masa Pengemasan (Dikirim dalam) berakhir.
  5. Contoh kasus: Pembeli membuat pesanan dengan Masa Pengemasan yang berakhir tanggal 23 Agustus 2021. Jika Penjual tidak kunjung melakukan proses pengiriman sampai dengan tanggal tersebut, maka di hari berikutnya pesanan akan dibatalkan secara otomatis.
Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak