Hai, ada yang bisa kami bantu?

[Mitra Pengemudi Shopee] Apa saja tips pengambilan dan pengantaran barang untuk Mitra Pengemudi SPX Express/SPX Instant?

Berikut adalah tips pengambilan dan pengantaran barang untuk Mitra Pengemudi SPX Express/SPX Instant:

 

Setelah menerima pesanan SPX Express/SPX Instant

Pastikan Anda segera memeriksa rincian pengirimannya.

Ketika berada di titik penjemputan/tempat Pemesan

Jika Anda sudah berada di tempat Pemesan, pastikan:

  • Metode pembayaran yang digunakan. Untuk pesanan Cash on Delivery (COD)), Anda wajib meminta pembayaran tunai kepada Pemesan atau Penerima.
  • Rincian paket yang dikirim.
  • Nama Pemesan sesuai dengan nama Pengirim. Jika nama tidak sesuai, tuliskan nama Pemesan pada bagian Nama Pengirim.
  • Ukuran barang yang dikirim memiliki panjang dan lebar maks. 50 cm, tinggi maks. 80 cm dan berat maks. 20 kg. Apabila dimensi/berat barang melebihi ketentuan, Anda dapat melakukan pembatalan pesanan dengan memilih Laporkan Masalah > Paket terlalu besar dan berat.
  • Ambil foto barang yang akan dikirim. Setelah Anda mengambil foto barang, upload foto bukti pengambilan barang di aplikasi. Berikut ketentuan foto barang yang akan dikirim:
  • Foto harus menunjukkan kondisi barang saat diterima.
  • Pastikan barang sudah dikemas dengan baik. Bila ada kerusakan pada kemasan, Mitra Pengemudi Shopee disarankan untuk foto pada bagian tersebut.
  • Pastikan kembali kondisi barang dalam keadaan baik dan siap untuk diantar.

 

Ketika berada di titik pengantaran/tempat Penerima

  • Setelah tiba di titik pengantaran, pilih Konfirmasi Pesanan. Jika Anda sudah berada di tempat Penerima, pastikan:
  • Metode pembayaran yang digunakan (untuk pesanan Cash on Delivery (COD)), Anda wajib meminta pembayaran tunai kepada Pemesan atau Penerima).
  • Rincian paket yang dikirim.
  • Barang yang diantar dalam keadaan baik.
  • Nama Penerima sesuai dengan Nama Penerima pada aplikasi. Jika nama Penerima tidak sesuai pada aplikasi, pilih Orang Lain dan masukkan nama Penerima > Unggah foto > Ajukan.

 

  • Jika barang sudah berhasil terkirim, Anda dapat menyelesaikan pesanan.

  • Ambil foto barang yang akan dikirim. Pastikan Anda mengambil foto barang yang diantar saat sudah tiba di titik pengantaran. Berikut ketentuan foto barang yang diantar:
  • Menunjukkan Penerima/alamat lokasi Penerima (gerbang/rumah/nomor rumah). Pastikan foto yang diambil sudah menunjukkan Penerima/alamat lokasi Penerima agar tidak terjadi kehilangan paket yang disebabkan oleh Mitra Pengemudi Shopee.

 

 

  • Jika barang dititipkan, foto Penerima/alamat lokasi barang dititipkan.

 

 

  • Foto kondisi barang yang akan diberikan secara menyeluruh.

 

 

  • Jika penerima tidak dapat dihubungi/alamat tidak ditemukan, Anda disarankan menunggu selama 30 menit. Apabila Penerima tetap tidak dapat dihubungi, Mitra Pengemudi Shopee dapat melakukan konfirmasi kepada Pemesan dengan memilih tombol Masalah > pilih Penerima tidak dapat dihubungi > pilih Ajukan > pilih Konfirmasi pengembalian paket > isi nama Penerima dan unggah Foto bukti pengembalian >  pilih Ajukan.

⚠️Catatan

  • Jika titik pengantaran barang dan ongkos kirim tidak sesuai, Mitra Pengemudi Shopee dapat menghubungi Customer Service Shopee untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.
  • Waktu operasional pengambilan paket untuk layanan SPX Instant (marketplace) adalah 24 jam mengikuti pilihan jam operasional yang tersedia untuk Toko/Penjual.
  • Pastikan pengambilan paket SPX Express dari pihak Toko/Penjual tidak di luar jam yang sudah ditentukan.
Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak