Hai, ada yang bisa kami bantu?

Pesanan & Pengiriman

Pesanan
Pilihan Pengiriman
Layanan Pengiriman
Penilaian & Ulasan

[Mitra Pengemudi Shopee] Apa saja tips pengambilan dan pengantaran barang untuk Mitra Pengemudi Shopee Xpress/Shopee Xpress Instant?

Berikut adalah tips pengambilan dan pengantaran barang untuk Mitra Pengemudi Shopee Xpress/Shopee Xpress Instant:


Setelah menerima pesanan Shopee Xpress/Shopee Xpress Instant

Pastikan Anda segera memeriksa rincian pengirimannya.

Ketika berada di titik penjemputan/tempat Pemesan

Jika Anda sudah berada di tempat Pemesan, pastikan:

  1. Metode pembayaran yang digunakan. Untuk pesanan Cash on Delivery (COD)), Anda wajib meminta pembayaran tunai kepada Pemesan atau Penerima.
  2. Rincian paket yang dikirim.
  3. Nama Pemesan sesuai dengan nama Pengirim. Jika nama tidak sesuai, tuliskan nama Pemesan pada bagian Nama Pengirim.
  4. Ukuran barang yang dikirim memiliki panjang, lebar, dan tinggi maks. 50 cm dan berat maks. 20 kg. Apabila dimensi/berat barang melebihi ketentuan, Anda dapat melakukan pembatalan pesanan dengan memilih Laporkan MasalahPaket terlalu besar dan berat.
  5. Ambil foto barang yang akan dikirim. Setelah Anda mengambil foto barang, upload foto bukti pengambilan barang di aplikasi. Berikut ketentuan foto barang yang akan dikirim:
  6. Foto harus menunjukkan kondisi barang saat diterima.
  7. Pastikan barang sudah dikemas dengan baik. Bila ada kerusakan pada kemasan, Mitra Pengemudi Shopee disarankan untuk foto pada bagian tersebut.
  8. Pastikan kembali kondisi barang dalam keadaan baik dan siap untuk diantar.


Ketika berada di titik pengantaran/tempat Penerima

  1. Setelah tiba di titik pengantaran, pilih Konfirmasi Pesanan. Jika Anda sudah berada di tempat Penerima, pastikan:
  2. Metode pembayaran yang digunakan (untuk pesanan Cash on Delivery (COD)), Anda wajib meminta pembayaran tunai kepada Pemesan atau Penerima).
  3. Rincian paket yang dikirim.
  4. Barang yang diantar dalam keadaan baik.
  5. Nama Penerima sesuai dengan Nama Penerima pada aplikasi. Jika nama Penerima tidak sesuai pada aplikasi, pilih Orang Lain dan masukkan nama Penerima > Unggah foto > Ajukan.

  1. Jika barang sudah berhasil terkirim, Anda dapat menyelesaikan pesanan.



  1. Ambil foto barang yang akan dikirim. Pastikan Anda mengambil foto barang yang diantar saat sudah tiba di titik pengantaran. Berikut ketentuan foto barang yang diantar:
  2. Menunjukkan Penerima/alamat lokasi Penerima (gerbang/rumah/nomor rumah). Pastikan foto yang diambil sudah menunjukkan Penerima/alamat lokasi Penerima agar tidak terjadi kehilangan paket yang disebabkan oleh Mitra Pengemudi Shopee.


  1. Jika barang dititipkan, foto Penerima/alamat lokasi barang dititipkan.



  1. Foto kondisi barang yang akan diberikan secara menyeluruh.



  1. Jika penerima tidak dapat dihubungi/alamat tidak ditemukan, Anda disarankan menunggu selama 30 menit. Apabila Penerima tetap tidak dapat dihubungi, Mitra Pengemudi Shopee dapat melakukan konfirmasi kepada Pemesan dengan memilih tombol Masalah > pilih Penerima tidak dapat dihubungi > pilih Ajukan > pilih Konfirmasi pengembalian paket > isi nama Penerima dan unggah Foto bukti pengembalian >  pilih Ajukan.

⚠️ Catatan:

  1. Jika titik pengantaran barang dan ongkos kirim tidak sesuai, Mitra Pengemudi Shopee dapat menghubungi Customer Service Shopee untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.
  2. Batas waktu pengambilan paket untuk layanan Shopee Xpress Instant (marketplace):
  3. Wilayah Makassar & Bali: Pk. 09:00 - 21:00 WITA.
  4. Wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, DI. Yogyakarta, Semarang, Solo, Lampung, Medan, & Palembang: Pk. 08:00 - 20:00 WIB.
  5. Pastikan pengambilan paket Shopee Xpress dari pihak Toko/Penjual tidak di luar jam yang sudah ditentukan.
Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak