Modus penipuan ini dilakukan setelah Anda mendapatkan pesanan yang terindikasi pesanan fiktif. Oknum penipu akan menghubungi Anda melalui telepon dan akan mengarahkan Anda untuk mengisi data-data pribadi pada formulir yang dikirimkan ke nomor WhatsApp pribadi Anda. Berikut ini ciri-ciri modus penipuan yang dilakukan:
- Anda akan menerima pesanan yang masuk ke aplikasi ShopeeFood Driver dan mengalami kendala Pelanggan tidak dapat dihubungi (Pesanan fiktif).
- Penipu yang mengaku sebagai pihak ShopeeFood akan menelepon Anda lalu memberikan informasi bahwa pesanan yang Anda terima adalah pesanan fiktif.
- Penipu akan mengarahkan Anda untuk menyelesaikan pesanan tersebut.
- Penipu menginformasikan akan membantu proses pengembalian dana pesanan fiktif ke rekening bank Anda dan mengarahkan Anda untuk untuk melengkapi data-data yang diminta pada formulir yang akan dikirimkan melalui WhatsApp.
- Data-data yang diminta pada formulir, seperti nomor kartu ATM, nomor rekening, dan Kode Verifikasi (OTP).
Jika Anda mengalami kejadian di atas, perhatikan langkah-langkah berikut:
- Kenali nomor telepon yang digunakan oleh Penipu. Selalu ingat, ShopeeFood tidak pernah menggunakan nomor handphone pribadi untuk menghubungi Anda.
- Anda bisa menutup pembicaraan jika Penipu sudah mulai meminta data-data pribadi Anda.
- Jangan pernah memberikan informasi data pribadi Anda kepada orang lain karena bersifat rahasia.
- Jika Anda sudah terlanjur membelikan pesanan namun Pelanggan tidak dapat dihubungi/ditemukan, Anda dapat langsung mengajukan klaim pesanan fiktif sesuai dengan informasi pada artikel berikut: [Mitra Pengemudi Shopee] Cara melaporkan dan mengajukan penggantian dana untuk pesanan fiktif
- Perlu diingat bahwa Shopee hanya dapat melakukan proses penggantian biaya makanan dan tidak menggantikan kerugian lain, seperti salah transfer, transaksi pembelian di luar pesanan ShopeeFood, dan lain-lain.
Berikut contoh pesan WhatsApp yang dikirimkan oleh Penipu:
Apabila Anda mengalami kendala, hubungi Customer Service Shopee melalui Live Chat di Aplikasi Shopee atau hubungi layanan Driver Care Online untuk bantuan lebih lanjut.