Hai, ada yang bisa kami bantu?

[Mitra Pengemudi Shopee] Bagaimana cara saya menghindari modus penipuan pesanan ShopeeFood yang mengarahkan pada pengisian formulir pesanan fiktif?

Modus penipuan ini dilakukan​​ setelah Anda mendapatkan pesanan yang terindikasi pesanan fiktif. Oknum penipu akan menghubungi Anda melalui telepon dan akan mengarahkan Anda untuk mengisi data-data pribadi pada formulir yang dikirimkan ke nomor WhatsApp pribadi Anda. Berikut ini ciri-ciri modus penipuan yang dilakukan:

  1. Anda akan menerima pesanan yang masuk ke aplikasi ShopeeFood Driver dan mengalami kendala Pelanggan tidak dapat dihubungi (Pesanan fiktif).
  2. Penipu yang mengaku sebagai pihak ShopeeFood akan menelepon Anda lalu memberikan informasi bahwa pesanan yang Anda terima adalah pesanan fiktif.
  3. Penipu akan mengarahkan Anda untuk menyelesaikan pesanan tersebut.
  4. Penipu menginformasikan akan membantu proses pengembalian dana pesanan fiktif ke rekening bank Anda dan mengarahkan Anda untuk untuk melengkapi data-data yang diminta pada formulir yang akan dikirimkan melalui WhatsApp.
  5. Data-data yang diminta pada formulir, seperti nomor kartu ATM, nomor rekening, dan Kode Verifikasi (OTP).


Jika Anda mengalami kejadian di atas, perhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Kenali nomor telepon yang digunakan oleh Penipu. Selalu ingat, ShopeeFood tidak pernah menggunakan nomor handphone pribadi untuk menghubungi Anda.
  2. Anda bisa menutup pembicaraan jika Penipu sudah mulai meminta data-data pribadi Anda.
  3. Jangan pernah memberikan informasi data pribadi Anda kepada orang lain karena bersifat rahasia.
  4. Jika Anda sudah terlanjur membelikan pesanan namun Pelanggan tidak dapat dihubungi/ditemukan, Anda dapat langsung mengajukan klaim pesanan fiktif sesuai dengan informasi pada artikel berikut: [Mitra Pengemudi Shopee] Cara melaporkan dan mengajukan penggantian dana untuk pesanan fiktif
  5. Perlu diingat bahwa Shopee hanya dapat melakukan proses penggantian biaya makanan dan tidak menggantikan kerugian lain, seperti salah transfer, transaksi pembelian di luar pesanan ShopeeFood, dan lain-lain.


Berikut contoh pesan WhatsApp yang dikirimkan oleh Penipu:

Apabila Anda mengalami kendala, hubungi Customer Service Shopee melalui Live Chat di Aplikasi Shopee atau hubungi layanan Driver Care Online untuk bantuan lebih lanjut.

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak