1. Permohonan untuk Pengembalian Barang/Dana
Dengan tunduk pada syarat dan ketentuan dalam Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang ini serta Syarat Layanan, Pembeli dapat mengajukan permohonan untuk pengembalian barang yang dibeli ("Barang") dan/atau pengembalian dana sebelum berakhirnya Masa Garansi Shopee seperti yang tercantum dalam Syarat Layanan.
Garansi Shopee adalah layanan yang disediakan oleh Shopee, atas permintaan Pengguna, untuk membantu Pengguna dalam menangani konflik tertentu yang mungkin timbul selama jalannya transaksi. Pengguna dapat saling berkomunikasi secara pribadi untuk menyelesaikan perbedaan mereka atau menghubungi pihak berwenang setempat untuk membantu mereka mengatasi sengketa yang terjadi sebelum, selama atau setelah menggunakan Garansi Shopee.
2. Permohonan untuk Pengembalian Barang dan/atau Pengembalian Dana
Pembeli hanya boleh mengajukan permohonan pengembalian Barang dan/atau pengembalian dana dalam situasi berikut:
Permohonan Pembeli harus dikirimkan melalui Situs.
Shopee akan meninjau setiap permohonan Pembeli kasus per kasus dan, atas kebijakannya sendiri, menentukan apakah permohonan Pembeli berhasil atau tidak.
Jika Pembeli telah memulai tindakan hukum terhadap Penjual, Pembeli dapat memberikan pemberitahuan formal dari pihak yang berwenang kepada Shopee untuk meminta Shopee terus menahan uang pembelian sampai penetapan resmi tersedia. Atas kebijakannya sendiri yang mutlak, Shopee akan menetapkan apakah perlu untuk terus menahan uang pembelian tersebut.
3. Tidak Ada Perubahan Pikiran
Kecuali dinyatakan dalam Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang ini, Pembeli tidak boleh mengajukan permohonan pengembalian Barang dan/atau dana melalui Garansi Shopee karena ia berubah pikiran.
4. Hak Penjual
Ketika Shopee menerima permohonan dari Pembeli untuk pengembalian Barang dan/atau pengembalian dana, Shopee akan melakukan peninjauan dan pemeriksaan atas permohonan dari Pembeli sebelum memberitahukan Penjual secara tertulis. Kecuali dalam hal permohonan dari Pembeli membutuhkan konfirmasi lebih lanjut dari atau pemeriksaan lebih lanjut dengan melibatkan Penjual, maka Shopee akan meninjau setiap tanggapan Penjual secara kasus per kasus dan, atas kebijakannya sendiri, menentukan apakah permohonan Pembeli melawan situasi yang dikemukakan oleh Penjual tersebut berhasil atau tidak.
Di beberapa kondisi dimana Penjual keberatan dengan keputusan yang diambil oleh Shopee, Penjual dapat menanggapi permohonan Pembeli sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan Shopee dalam pemberitahuan tertulis. Penjual harus menanggapi dalam jangka waktu yang ditetapkan dalam pemberitahuan tertulis ("Jangka Waktu yang Ditetapkan"). Apabila Shopee tidak mendengar kabar dari Penjual dalam Jangka Waktu yang Ditetapkan, Shopee akan menganggap Penjual tidak memiliki tanggapan lebih lanjut atas permohonan Pembeli dan akan melanjutkan untuk memberikan keputusan atas permohonan Pembeli tanpa pemberitahuan lebih lanjut kepada Penjual.
5. Syarat Mengembalikan Barang
Untuk menikmati pengalaman yang tidak merepotkan saat mengembalikan Barang, Pembeli harus memastikan bahwa Barang, termasuk setiap barang gratis/bawaan seperti aksesoris yang datang bersama dengan Barang, harus dikembalikan kepada Penjual dalam kondisi yang diterima oleh Pembeli pada saat pengiriman. Kami akan menyarankan Pembeli untuk mengambil foto Barang pada saat diterima.
6. Tanggung Jawab Biaya Pengiriman Barang Yang Dikembalikan
Dalam skenario kesalahan yang tidak terduga dari sisi Penjual (yaitu produk rusak, cacat atau salah dikirimkan ke Pembeli), Penjual atau Pembeli akan menanggung biaya pengiriman pengembalian Barang bergantung pada kesepakatan Penjual dan Pembeli;
Dalam skenario dimana Penjual dan Pembeli mempersengketakan siapa pihak yang bertanggung jawab atas biaya pengiriman Barang yang dikembalikan, Shopee atas kebijakannya sendiri akan menentukan siapa pihak yang akan bertanggung jawab atas biaya pengiriman pengembalian Barang.
7. Pengembalian Dana
Uang Pembeli hanya akan dikembalikan setelah Shopee menerima konfirmasi dari Penjual bahwa Penjual telah menerima Barang yang dikembalikan. Apabila Shopee tidak mendengar dari Penjual dalam jangka waktu yang ditentukan, Shopee memiliki kebebasan untuk mengembalikan jumlah yang sesuai kepada Pembeli tanpa pemberitahuan lebih lanjut kepada Penjual. Untuk informasi lebih lanjut tentang batas waktu tanggapan Penjual, silakan klik di sini. Pengembalian dana akan dilakukan ke kartu kredit atau akun ShopeePay Pembeli, yang mana yang sesuai.
8. Komunikasi Antara Pembeli dan Penjual
Dengan tidak mengenyampingkan ketentuan di dalam Bagian 4 di atas, Shopee mendorong Pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain jika timbul masalah dalam suatu transaksi sebelum menyampaikan permohonan pengembalian uang atau Barang kepada Shopee. Karena Shopee hanyalah sebuah platform tempat Pengguna melakukan perdagangan, Pembeli harus terlebih dahulu menghubungi Penjual secara langsung melalui situs atau aplikasi Shopee untuk setiap masalah yang berkaitan dengan Barang yang dibeli sebelum menyampaikan permohonan pengembalian uang atau Barang kepada Shopee.
9. Keberlakuan Ketentuan
Penjual setuju dan memahami bahwa seluruh ketentuan yang disebutkan di dalam Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang ini berlaku untuk setiap Penjual Mall dan penjual luar negeri.
Terakhir kali diubah: 26 Januari 2022