Hai, ada yang bisa kami bantu?

Informasi Umum

Akun Shopee
Situs Shopee
Panduan
Bantuan
Layanan Lainnya
Kebijakan
Aplikasi Shopee (Android/iOS)
Keamanan dalam Bertransaksi
Shopee Partner

Kebijakan Pengembalian Barang dan Dana

1. Permohonan untuk Pengembalian Barang/Dana

Dengan tunduk pada syarat dan ketentuan dalam Kebijakan Pengembalian Barang dan Dana ini serta Syarat Layanan, Pembeli dapat mengajukan permohonan untuk pengembalian barang yang dibeli ("Barang") dan/atau pengembalian dana sebelum berakhirnya Masa Garansi Shopee seperti yang tercantum dalam Syarat Layanan.

 

Garansi Shopee adalah layanan yang disediakan oleh Shopee, atas permintaan Pengguna, untuk membantu Pengguna dalam menangani konflik tertentu yang mungkin timbul selama jalannya transaksi. Pengguna dapat mengajukan permohonan Pengembalian Barang dan/atau Dana melalui aplikasi Shopee. Tim Shopee juga akan membantu Pengguna mengatasi sengketa yang terjadi sebelum, selama atau setelah menggunakan Garansi Shopee.

 

2. Permohonan untuk Pengembalian Barang dan/atau Pengembalian Dana

Pembeli hanya boleh mengajukan permohonan pengembalian Barang dan/atau pengembalian dana dalam situasi berikut:

 
1. Barang belum diterima oleh Pembeli;
2. Barang tersebut cacat dan/atau rusak saat diterima; 
3. Penjual telah mengirimkan Barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang disepakati (misalnya salah ukuran, warna, dsb.) kepada Pembeli; 
4. Barang yang dikirimkan kepada Pembeli secara material berbeda dari deskripsi yang diberikan oleh Penjual dalam daftar Barang 
5. Barang dijual oleh Penjual yang mengikuti Garansi Bebas Pengembalian dan termasuk pada kategori yang terdaftar pada Garansi Bebas Pengembalian; atau
6. Barang yang masih berada dalam pengiriman, terbatas pada ketentuan yang diatur di dalam Syarat dan Ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan 

 

Permohonan Pembeli harus dikirimkan melalui Situs.

 

Shopee akan meninjau dan/atau memeriksa setiap permohonan Pembeli kasus per kasus dan, atas kebijakannya sendiri, berhak mengambil keputusan atas permohonan Pembeli, termasuk namun tidak terbatas pada menerima dan/atau menolak permohonan Pembeli atau meneruskan dan/atau menerima suatu permohonan Pembeli yang dibuat berdasarkan setiap alasan yang disebut di atas berdasarkan program Garansi Bebas Pengembalian.

 

Jika Pembeli telah memulai tindakan hukum terhadap Penjual, Pembeli dapat memberikan pemberitahuan formal dari pihak yang berwenang kepada Shopee untuk meminta Shopee terus menahan uang pembelian sampai penetapan resmi tersedia. Atas kebijakannya sendiri yang mutlak, Shopee akan menetapkan apakah perlu untuk terus menahan uang pembelian tersebut.

 

3. Garansi Bebas Pengembalian

Dengan tunduk pada Syarat dan Ketentuan Garansi Bebas Pengembalian, Shopee memperbolehkan Pembeli untuk mengajukan permohonan pengembalian Barang dan Dana selama permohonan pengembalian Barang dan Dana tersebut memenuhi Syarat dan Ketentuan Garansi Bebas Pengembalian yang telah ditetapkan oleh Shopee.

 

Shopee sewaktu-waktu berhak, atas kebijakan Shopee, untuk mengubah, menambah, dan/atau mengurangi Daftar Produk dalam Garansi Bebas Pengembalian dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Penjual dan Pembeli. Sehubungan dengan kategori produk, cara dan/atau hal-hal lain sehubungan dengan pengembalian produk yang terdaftar pada Garansi Bebas Pengembalian, dalam hal terdapat perbedaan ketentuan pada Syarat dan Ketentuan Garansi Bebas Pengembalian dan Kebijakan Pengembalian Barang dan Dana ini, maka ketentuan yang tercantum pada Syarat dan Ketentuan Garansi Bebas Pengembalian yang akan berlaku.

 

4. Pengembalian dalam Perjalanan
Dengan tunduk pada Syarat dan Ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan, Shopee memperbolehkan Pembeli untuk mengajukan permohonan Pengembalian Barang dan Dana setelah status pesanan di jemput (pick up) oleh kurir hingga sebelum pesanan sampai di lokasi hub transit terakhir.

 
Shopee sewaktu-waktu berhak, atas kebijakan Shopee, untuk mengubah, menambah, dan/atau mengurangi Daftar Produk dalam Pengembalian dalam Perjalanan tanpa pemberitahuan kepada Penjual dan Pembeli. Sehubungan dengan kategori produk, cara dan/atau hal-hal lain sehubungan dengan pengembalian produk yang terdaftar pada kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan, dalam hal terdapat perbedaan ketentuan pada Syarat dan Ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan dan Kebijakan Pengembalian Barang dan Dana ini, maka ketentuan yang tercantum pada Syarat Ketentuan Pengembalian Dalam Perjalanan yang akan berlaku. 

 

5. Hak Penjual

Ketika Shopee menerima permohonan dari Pembeli untuk pengembalian Barang dan/atau Pengembalian Dana, Shopee akan melakukan peninjauan/ pemeriksaan dan mengambil keputusan atas permohonan dari Pembeli, termasuk namun tidak terbatas pada meneruskan dan/atau menerima suatu permohonan pengembalian Barang dan/atau Dana dari Pembeli karena setiap alasan yang disebutkan pada Pasal 2 di atas berdasarkan program Garansi Bebas Pengembalian. Selanjutnya keputusan tersebut akan dikomunikasikan kepada Penjual dan Pembeli secara tertulis melalui situs Shopee.

 

Jika Penjual keberatan dengan keputusan yang diambil oleh Shopee, Penjual dapat menanggapi permintaan Pembeli sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan Shopee dalam pemberitahuan tertulis. Penjual harus menanggapi dalam jangka waktu yang ditetapkan dalam pemberitahuan tertulis ("Jangka Waktu yang Ditetapkan"). Apabila Shopee tidak mendengar kabar dari Penjual dalam Jangka Waktu yang Ditetapkan, Shopee akan menganggap Penjual tidak memiliki tanggapan lebih lanjut atas permohonan Pembeli dan akan melanjutkan untuk memberikan keputusan atas permohonan Pembeli tanpa pemberitahuan lebih lanjut kepada Penjual.

 

6. Syarat Mengembalikan Barang

Untuk menikmati pengalaman yang tidak merepotkan saat mengembalikan Barang, Pembeli harus memastikan bahwa Barang, termasuk setiap barang gratis/bawaan seperti aksesoris yang datang bersama dengan Barang, harus dikembalikan kepada Penjual dalam kondisi yang diterima oleh Pembeli pada saat pengiriman. Kami akan menyarankan Pembeli untuk mengambil foto Barang pada saat diterima.

 

7. Tanggung Jawab Biaya Pengiriman Barang Yang Dikembalikan

Kecuali ditentukan lain dalam Kebijakan Shopee lainnya:

 
1.    Dalam skenario dimana pengembalian terjadi dikarenakan kesalahan dari sisi Penjual, Penjual akan menanggung biaya pengiriman awal dan/atau biaya pengembalian Barang/Dana.
2.    Namun apabila, pengembalian terjadi bukan dikarenakan salah Penjual, Penjual tidak akan dibebankan biaya pengiriman awal dan/atau pengembalian dan Shopee berdasarkan kebijakan tunggalnya akan menentukan pihak yang akan menanggung biaya pengiriman awal dan/atau biaya pengembalian.

 

Shopee dapat mengubah Kebijakan Pengembalian Barang dan Dana ini sesuai dengan Syarat Layanan Shopee .

 

8. Pengembalian Dana

Dalam beberapa kasus, tim Shopee dapat mengembalikan dana ke Pembeli sebelum barang diterima oleh Penjual atau tanpa pengembalian barang ke Penjual. Namun, Penjual tetap dapat mengajukan banding ke Shopee dengan memberikan bukti pendukung yang valid. Apabila bukti dinyatakan valid dan pengajuan banding disetujui, maka Shopee akan melakukan pelepasan dana ke Saldo Penjual.

 

9.  Keberlakuan Ketentuan

Penjual setuju dan memahami bahwa seluruh ketentuan yang disebutkan di dalam Kebijakan Pengembalian Barang dan Dana ini berlaku untuk setiap Penjual, termasuk Penjual Mall dan Penjual luar negeri.

 

Terakhir diubah: 9 September 2024

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak