Hai, ada yang bisa kami bantu?

Informasi Umum

Akun Shopee
Situs Shopee
Panduan
Bantuan
Layanan Lainnya
Kebijakan
Aplikasi Shopee (Android/iOS)
Keamanan dalam Bertransaksi

[Keamanan Akun] Bagaimana cara menghindari penipuan?

Shopee hanya akan menghubungi Anda melalui akun resmi atau melalui notifikasi di aplikasi Shopee. Untuk menghindari penipuan dari pihak yang mengaku sebagai pihak Shopee dan meminta Anda untuk memberikan informasi pribadi, silakan ikuti panduan berikut:


1. Unduh aplikasi resmi Shopee

Anda dapat mengunduh aplikasi resmi Shopee melalui beberapa sumber berikut untuk mendapatkan pembaruan keamanan:

  1. Android Play Store
  2. iOS App Store
  3. Huawei AppGallery


2. Lakukan semua transaksi di aplikasi Shopee

  1. Pastikan selalu melakukan semua transaksi pada aplikasi Shopee atau melalui situs resmi Shopee.
  2. Waspadalah terhadap siapa pun yang meminta Anda untuk melakukan pembayaran tanpa melalui halaman checkout pada aplikasi Shopee.


3. Hati-hati dengan telepon atau pesan yang terlihat mencurigakan dan mengatasnamakan Shopee

Penipu yang mengatasnamakan pihak Shopee biasanya menelepon atau mengirim pesan melalui SMS atau WhatsApp dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Menggunakan ejaan dan tata bahasa yang buruk atau meminta informasi yang sensitif, seperti password atau Kode Verifikasi (OTP).
  2. Mengumumkan Pemenang undian atau hadiah dari Shopee/ShopeePay beserta nominal hadiah atau melalui scan kode QR.
  3. Memberikan informasi teknis terkait akun Shopee atau pesanan.
  4. Menggunakan dan/atau memberikan alamat situs mencurigakan yang bukan merupakan situs resmi Shopee.
  5. Mengarahkan untuk scan kode QR.


Jika Anda merasa telah menerima pesan penipuan, segera hubungi Customer Service Shopee dengan melampirkan bukti pesan tersebut.


4. Jangan pernah membagikan informasi akun yang bersifat sensitif

Pihak yang mengatasnamakan Shopee biasanya akan melakukan hal-hal berikut:

  1. Meminta informasi akun, seperti password, Kode Verifikasi (OTP), PIN ShopeePay atau Dompet Penjual, tautan pengaturan ulang password, foto diri Anda yang dapat membantu penipu mendapatkan akses ke akun Anda, atau data pribadi lainnya.
  2. Meminta Anda melakukan top up ShopeePay atau mentransfer dana/pulsa ke nomor yang tidak dikenal.


5. Gunakan password yang baik

  1. Ganti password akun dan PIN ShopeePay Anda secara berkala.
  2. Hindari menggunakan password/PIN yang sama di berbagai platform.
  3. Pastikan password terdiri dari kombinasi antara nomor, simbol, huruf besar, dan huruf kecil (Contoh: PasswRd014!). Password juga disarankan untuk tidak mengandung urutan atau pola tertentu (Contoh: 1234, abcd) dan tidak mengandung nama pribadi, username, ataupun nama toko
  4. Untuk PIN, hindari penggunaan urutan angka (Contoh: 12345) dan tanggal lahir Anda.


6. Hindari membuka link situs yang dikirimkan melalui SMS atau WhatsApp

Segera akhiri komunikasi dan konfirmasi ke Customer Service Shopee.



⚠️ Catatan:

  1. Kode Verifikasi (OTP) bukanlah kode hadiah. Jangan pernah menyerahkan Kode Verifikasi (OTP), PIN, password dan/atau mengirimkan uang ke nomor yang tidak dikenal.
  2. Shopee tidak akan pernah meminta Kode Verifikasi (OTP), PIN, ataupun password untuk alasan apa pun.
  3. Apabila Anda sudah memberikan Kode Verifikasi (OTP), segera lapor Customer Service Shopee untuk mengamankan akun Anda karena Penipu dapat masuk ke akun dan menyalahgunakan data pribadi Anda.
  4. Apabila Anda sudah memberikan Kode Verifikasi (OTP), Penipu mungkin akan mencoba mengubah password atau nomor telepon Anda. Jadi, pastikan kembali password dan nomor telepon yang terdaftar adalah benar.

Cari tahu informasi mengenai keaslian suatu produk dan cara mengetahui penipuan yang mengatasnamakan Shopee atau mengatasnamakan ShopeePay.


Jika Anda mengalami penipuan yang mengatasnamakan pihak Shopee, segera hubungi Customer Service Shopee untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak