3.3. Shopee berwenang untuk melakukan tindakan yang diperlukan untuk menghentikan penggunaan Saldo Mitra (sebagaimana didefinisikan di dalam Syarat Layanan Mitra Shopee) oleh Mitra Shopee yang ditemukan/ diduga melakukan tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/ atau melanggar Syarat Layanan Mitra Shopee ini.
3.4. Pengguna menyetujui untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di setiap akhir sesi dan memberitahu Shopee apabila ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
3.5. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk seluruh aktivitas dalam akun Pengguna.
3.6. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Shopee tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada:
3.6.1. meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain,
3.6.2. mengakses tautan yang diberikan oleh pihak lain,
3.6.3. memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi OTP, kata sandi atau e-mail kepada pihak lain,
3.6.4. kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
4. DEFINISI
Untuk tujuan Syarat Layanan Mitra Shopee, istilah-istilah berikut ini memiliki arti sebagaimana dinyatakan di bawah ini:
4.1. Aplikasi Mitra Shopee adalah aplikasi berbasis Android atau iOS yang dapat diakses Pengguna untuk menggunakan layanan Shopee untuk Mitra Shopee.
4.2. Barang adalah berbagai macam produk digital yaitu barang-barang tidak memiliki wujud fisik, termasuk namun tidak terbatas pada pulsa, paket data, voucher game, listrik PLN (prabayar dan pascabayar), dan tagihan (angsuran kredit, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Pasca Bayar, Telkom, dan TV Kabel) yang sewaktu-waktu dapat ditambahkan atau dikurangi jenisnya sesuai dengan kebijaksanaan penuh dari Shopee.
4.3. Jasa adalah berbagai macam jasa yang dapat ditawarkan oleh Mitra, termasuk jasa pemindahbukuan yang sewaktu-waktu dapat ditambahkan atau dikurangi jenisnya sesuai dengan kebijaksanaan penuh dari Shopee.
4.4. Mitra Shopee atau Mitra adalah Pengguna yang telah mendaftarkan diri di Aplikasi Mitra dan telah terverifikasi oleh Shopee untuk dapat melakukan Transaksi.
4.5. Partner adalah pihak ketiga yang membantu menyediakan Produk kepada Mitra Shopee melalui Aplikasi Mitra Shopee.
4.6. Pengguna adalah setiap individu yang mengakses dan/ atau memiliki akun di Aplikasi Mitra, termasuk Mitra Shopee.
4.7. Produk adalah Barang dan/atau Jasa yang sewaktu-waktu dapat ditambahkan atau dikurangi jenisnya sesuai dengan kebijaksanaan penuh dari Shopee.
4.8. Saldo Mitra adalah layanan escrow account yang disediakan Shopee untuk menampung dana sementara milik Mitra Shopee.
4.9. Shopee adalah PT Shopee International Indonesia, afiliasi dan/ atau anak perusahaannya.
4.10. SeaBank Bayar Instan yang disediakan oleh PT Bank Seabank Indonesia adalah layanan atau fitur pembayaran untuk memfasilitasi pembayaran transaksi secara langsung pada Aplikasi Mitra dengan menggunakan akun/user ID pelanggan yang disediakan oleh PT Bank SeaBank Indonesia.
4.11. ShopeePay yang disediakan oleh PT Airpay International Indonesia adalah layanan dan fitur pembayaran dalam bentuk uang elektronik, untuk Mitra untuk membayar Transaksi.
4.12. SPayLater, yang disediakan oleh PT Commerce Finance, adalah layanan dan fitur pembayaran yang memberikan limit kredit untuk fasilitas pinjaman dan pemberian fasilitas pinjaman itu sendiri kepada Mitra, untuk Mitra membayar Transaksi dengan cara mencicil.
4.13. Transaksi adalah (i) transaksi pembelian Barang melalui Aplikasi Mitra oleh Mitra Shopee untuk dijual kembali ke pengguna akhir atau (ii) penyediaan Jasa oleh Mitra Shopee kepada pengguna akhir.
5. PENGAJUAN MITRA SHOPEE
5.1. Transaksi pada Aplikasi Mitra hanya dapat dilakukan oleh Pengguna yang telah terdaftar sebagai Mitra.
5.2. Pengguna harus mengajukan permohonan di Aplikasi Mitra untuk dapat menjadi Mitra. Dengan mengajukan permohonan tersebut maka Pengguna setuju dan memahami bahwa pada saat yang bersamaan Pengguna melakukan pendaftaran sebagai pengguna dan merchant ShopeePay (uang elektronik milik PT AirPay International Indonesia) dan setuju untuk terikat pada Syarat Layanan Pengguna ShopeePay dan Syarat Layanan Merchant ShopeePay.
5.3. Atas pengajuan permohonan Pengguna, Shopee akan melakukan proses verifikasi atas data yang diunduh oleh Pengguna. Mitra hanya akan secara resmi menjadi Mitra setelah Shopee memberikan konfirmasi kepada Mitra.
5.4. Pengguna menjamin dan bertanggung jawab atas keabsahan informasi dan dokumen yang diberikan saat mengajukan permohonan pendaftaran sebagai Mitra Shopee.
5.5. Pengguna menyetujui bahwa Shopee dapat mengumpulkan, mengolah, dan termasuk membagikan informasi dan dokumen yang diberikan pada saat melakukan pendaftaran kepada pihak ketiga untuk proses pelaksanaan verifikasi atau kegiatan lainnya sehubungan dengan pendaftaran Mitra Shopee, termasuk namun tidak terbatas kepada Partner.
5.6. Shopee tidak memungut biaya pendaftaran apapun bagi para Pengguna yang ingin menjadi Mitra.
6. PENGELOLAAN SALDO MITRA
6.1. Saldo Mitra memungkinkan Mitra Shopee untuk menyimpan uang yang akan digunakan untuk melakukan Transaksi.
6.2. Saldo Mitra hanya dapat digunakan oleh Pengguna(-Pengguna) tertentu yang ditentukan berdasarkan kebijakan tunggal Shopee dari waktu ke waktu, dan Shopee dapat menonaktifkan penggunaan Saldo Mitra untuk Pengguna(-Pengguna) yang tidak lagi memenuhi kriteria Shopee. Selain itu, Pengguna(-Pengguna) yang teregistrasi dan terverifikasi sebagai Mitra setelah tanggal 1 Februari 2024 tidak lagi dapat menggunakan Saldo Mitra. Mitra yang tidak lagi dapat menggunakan Saldo Mitra dapat melakukan penarikan dana dari Saldo Mitra sebagaimana dijelaskan di sini dan sesuai dengan Syarat Layanan ini.
6.3. Batas maksimum Saldo Mitra adalah Rp 250.000.000,- (dua ratus lima puluh juta rupiah) dalam satu waktu.
6.4. Batas minimum dan maksimum untuk isi ulang Saldo Mitra dalam 1 (satu) kali pengisian adalah sebagai berikut:
Kanal Isi Ulang / Top Up Channel | Batas Maksimum Isi Ulang / Maximum Top Up Limit |
Virtual Account Bank BCA, BNI, Mandiri, dan BRI | Minimum Rp 20.000 (dua puluh ribu Rupiah) Maksimum Rp 50.000.000 (lima puluh juta Rupiah) *Biaya Top Up sebesar Rp 750 sudah termasuk PPN |
Alfamart/Alfamidi/Dan+Dan | Minimum Rp 50.000 (lima puluh ribu Rupiah) Maksimum Rp 2.500.000 (lima juta rupiah) * Termasuk biaya top up sebesar Rp 1.750.200 sudah termasuk PPN |
Indomaret/i.Saku | Minimum Rp 50.000 (lima puluh ribu Rupiah) Maksimum Rp 5.000.000 (lima juta rupiah) * Termasuk biaya top up 1.2% sudah termasuk PPN |
6.5. Anda dapat melakukan penarikan atas Saldo Mitra Anda (hingga jumlah Saldo Mitra Anda atau sebagaimana ditentukan oleh Shopee) dengan mengirimkan permintaan penarikan (“Permintaan Penarikan Saldo Mitra”) dalam frekuensi harian yang wajar untuk Saldo Mitra sebagaimana ditentukan oleh Shopee.
6.6. Setelah diajukan, Anda tidak dapat mengubah atau membatalkan Permintaan Penarikan Saldo Mitra.
6.7. Mitra Shopee tidak dapat melakukan tindakan pengalihan atas Saldo Mitra dalam bentuk apapun kepada pihak lainnya.
6.8. Mitra Shopee setuju bahwa Saldo Mitra tidak akan menghasilkan bunga dari jumlah saldo.
6.9. Mitra Shopee dapat melakukan penarikan Saldo Mitra dengan ketentuan:
6.9.1. Penarikan dana minimum sebesar Rp 25.000 (dua puluh lima ribu Rupiah) dan maksimum sebesar jumlah Saldo Mitra yang tersedia.
6.9.2. Permintaan Penarikan Saldo Mitra dapat diajukan setiap hari. Namun demikian, Shopee akan memproses Permintaan Penarikan Saldo Mitra hanya di hari Senin sampai dengan Jumat (tidak termasuk hari libur nasional yang ditetapkan pemerintah Republik Indonesia). Pemrosesan Permintaan Penarikan Saldo Mitra akan dilakukan oleh Shopee paling cepat dalam waktu 1x24 jam setelah Permintaan Penarikan Saldo Mitra dilakukan oleh Mitra.
6.9.3. Pengguna menyetujui bahwa Shopee berhak melakukan pemeriksaan, penundaan dan/ atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan Pengguna sebagaimana ditentukan oleh Shopee, apabila Pengguna diduga melakukan pelanggaran terhadap Syarat Layanan Mitra Shopee atau melakukan penipuan, manipulasi atau tindakan kriminal.
6.10. Jika terjadi kesalahan dalam memproses transaksi apapun, Mitra Shopee memberikan kuasa kepada Shopee untuk melakukan entri debit dari atau kredit ke rekening bank yang ditunjuk atau rekening bank yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi terkait, untuk memperbaiki kesalahan tersebut, dengan ketentuan bahwa koreksi tersebut dilakukan sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Jika kami tidak dapat mendebet rekening bank yang ditunjuk atau rekening bank yang Mitra Shopee gunakan untuk melakukan transaksi terkait dengan alasan apapun, Anda memberikan kuasa kepada kami untuk mengajukan ulang debit, ditambah biaya yang berlaku, ke rekening bank lain atau instrumen pembayaran yang Mitra Shopee miliki dengan kami atau memotong debit dan biaya yang berlaku dari saldo Saldo Mitra Anda di masa mendatang.
7. TRANSAKSI
7.1. Mitra Shopee wajib melakukan Transaksi sesuai prosedur transaksi yang ditetapkan Shopee.
7.2. Mitra Shopee bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/ deskripsi dari Produk sebelum melakukan Transaksi.
7.3. Mitra Shopee mengakui dan menyetujui bahwa transaksi yang dilakukan oleh Mitra Shopee dengan pihak ketiga yang tidak melalui Aplikasi Mitra dan/ atau tanpa sepengetahuan Shopee menjadi tanggung jawab pribadi Mitra Shopee.
7.4. Dalam hal Shopee mendeteksi bahwa terdapat permasalahan atas Akun Mitra, Shopee berwenang untuk menolak pembayaran dari Mitra Shopee tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Mitra Shopee.
7.5. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi atas kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/ atau data pembayaran oleh Pengguna kepada pihak lain.
8. PENGEMBALIAN DANA KE SALDO MITRA DAN PEMBATALAN
8.1. Pengembalian dana dari Shopee kepada Mitra Shopee, baik sebagian maupun seluruhnya, hanya dapat dilakukan dalam keadaan:
8.1.1. Kesalahan Produk yang dikirimkan oleh Shopee kepada Mitra Shopee,
8.1.2. Shopee mengidentifikasi bahwa terdapat masalah pengiriman Produk yang secara jelas disebabkan oleh Partner yang mengakibatkan pesanan Produk tidak sampai; dan/ atau
8.1.3. alasan lain yang dinyatakan sah oleh pihak Shopee.
8.2. Proses pengembalian dana akan dilakukan melalui metode pembayaran yang digunakan oleh Mitra, yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
8.3. Dalam hal terdapat permasalahan dimana Produk tidak sampai kepada Mitra Shopee yang disebabkan karena kesalahan atau kelalaian Partner, Shopee berwenang memfasilitasi dan menentukan solusi atas permasalahan transaksi yang belum terselesaikan antara Partner dan Mitra Shopee dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Shopee adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan wajib dipatuhi Partner dan Mitra Shopee.
8.4. Mitra Shopee wajib melakukan pembayaran sesuai jumlah dan kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran.
8.5. Shopee tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Mitra Shopee apabila Mitra Shopee melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah dan kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran.
9. HARGA
9.1. Harga Produk dalam Aplikasi Mitra adalah harga yang ditetapkan oleh Shopee atau Partner atas kebijaksanaannya sendiri.
9.2. Pengguna menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya Aplikasi Mitra Shopee milik Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna.
9.3. Pengguna setuju bahwa Pengguna wajib memeriksa setiap harga Produk yang tertera pada halaman transaksi. Pengguna setuju bahwa Shopee tidak bertanggung jawab dalam hal timbul masalah yang disebabkan akibat kelalaian Pengguna dalam melihat harga Produk yang tertera di Aplikasi.
9.4. Mitra Shopee setuju bahwa total biaya yang harus dibayarkan ketika memesan produk pada Aplikasi Mitra Shopee adalah total biaya yang tertera dalam halaman pembayaran, termasuk harga Produk dan biaya-biaya lain yang secara tegas tertera di halaman pembayaran.
9.5. Mitra Shopee menyetujui untuk melakukan pembayaran atas Transaksi melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Mitra Shopee dan yang tersedia pada Aplikasi Mitra Shopee, termasuk namun tidak terbatas pada ShopeePay, SPayLater dan/atau SeaBank Bayar Instan, sebagaimana dapat ditambahkan atau diubah oleh kami dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan tunggal kami.
9.6. Dalam hal Mitra Shopee memilih untuk menggunakan SPayLater sebagai metode pembayaran Transaksi maka Mitra sepakat untuk mengikatkan diri dengan segala ketentuan sehubungan dengan fitur SPayLater dan setuju untuk mengalihkan Aplikasi Mitra Shopee ke platform Shopee guna memfasilitasi dan melanjutkan proses pembayaran melalui fitur Shopeepay. SPayLater pada Aplikasi hanya akan dapat digunakan apabila Mitra telah melakukan pendaftaran sebagai pengguna SPayLater dan setuju untuk terikat pada Syarat dan ketentuan SPayLater.
9.7. Dalam hal Mitra Shopee memilih untuk menggunakan SeaBank Bayar Instan sebagai metode pembayaran Transaksi maka Mitra sepakat untuk mengikatkan diri dengan segala ketentuan sehubungan dengan fitur SeaBank Bayar Instan dan setuju untuk mengalihkan Aplikasi Mitra Shopee ke platform SeaBank guna memfasilitasi dan melanjutkan proses pembayaran melalui fitur SeaBank Bayar Instan. SeaBank Bayar Instan pada Aplikasi hanya akan dapat digunakan apabila Mitra telah melakukan pendaftaran sebagai pengguna SeaBank dan setuju untuk terikat pada Syarat dan ketentuan SeaBank.
13. BIAYA
13.1. Shopee mengenakan biaya untuk seluruh penarikan berhasil yang dilakukan melalui Saldo Mitra sebagai berikut:
BIAYA PENARIKAN / WITHDRAWAL FEE
1. Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri:
- Penarikan sejumlah Rp25.000 – Rp 49.000 akan dikenakan Biaya Penarikan Rp3.000 (termasuk PPN)/Withdrawal Between Rp 25,000 to Rp 49,999 will be charged with Withdrawal Fee of Rp 3,000 (including VAT).
- Penarikan sejumlah atau di atas Rp50.000 gratis Biaya Penarikan/ Withdrawal in the amount of or more than 50,000 will be Free of Withdrawal Fee
2. Bank Lainnya/Other Banks
Biaya Penarikan sejumlah Rp3.000 (termasuk PPN)/ Withdrawal Fee in the amount of Rp 3,000 (including VAT)
13.2. Shopeepay mengenakan Biaya untuk seluruh transaksi Top Up ShopeePay berhasil melalui Mitra App sebagai berikut:
BIAYA SHOPEEPAY TOP UP / SHOPEEPAY TOP UP FEE
13.3. Apabila ada biaya yang harus dibayarkan, semua itu akan dikenakan PPN dan pajak lain yang berlaku (“Jumlah Pajak”). Dalam hal Penjual bertanggung jawab untuk pajak tersebut, Mitra Shopee mengakui dan setuju bahwa Shopee dapat memotong biayanya dan setiap pajak yang berlaku dari Saldo Mitra.
13.4. Shopee berhak untuk sewaktu-waktu mengubah biaya-biaya yang tertera pada Pasal 13 ini tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Mitra.
14. PERMASALAHAN
14.1 Dalam hal timbul masalah dalam suatu transaksi, Mitra Shopee setuju untuk terlebih dahulu berkomunikasi melalui Aplikasi Mitra untuk menyelesaikan permasalahan atas dasar diskusi bersama, yang mana Shopee akan menggunakan usaha komersial yang wajar untuk memfasilitasi. Apabila permasalahan tersebut tidak dapat diselesaikan atas dasar diskusi bersama, Mitra Shopee dapat pergi ke pengadilan klaim di yurisdiksi Republik Indonesia untuk menyelesaikan setiap masalah yang timbul dari suatu transaksi.
15. PEMBARUAN
15.1 Syarat Layanan Mitra Shopee ini mungkin diubah dan/ atau diperbaharui tanpa pemberitahuan sebelumnya, oleh karena itu Shopee menghimbau agar Mitra Shopee membaca secara cermat dan memeriksa halaman Syarat Layanan Mitra Shopee ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Mitra Shopee yang tetap mengakses dan menggunakan Aplikasi Mitra Shopee dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat Layanan Mitra Shopee ini.
16. PENAFIAN
16.1 LAYANAN DISEDIAKAN "APA ADANYA" DAN TANPA GARANSI, KLAIM ATAU PERNYATAAN APAPUN YANG DIBUAT OLEH SHOPEE DALAM BENTUK APAPUN BAIK TERSURAT, TERSIRAT ATAU MENURUT UNDANG-UNDANG SEHUBUNGAN DENGAN LAYANAN, TERMASUK, DENGAN TIDAK TERBATAS PADA, GARANSI KUALITAS, KINERJA, TIDAK ADANYA PELANGGARAN, KELAYAKAN UNTUK DIPERDAGANGKAN, ATAU KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU, DAN JUGA TIDAK ADA JAMINAN YANG DIBUAT SELAMA HUBUNGAN, SELAMA PELAKSANAAN ATAU PENGGUNAAN PERDAGANGAN. DENGAN TIDAK MEMBATASI KETENTUAN DI ATAS DAN SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, SHOPEE TIDAK MENJAMIN BAHWA LAYANAN, APLIKASI INI ATAU FUNGSI YANG TERDAPAT DI DALAMNYA AKAN TERSEDIA, DAPAT DIAKSES, TANPA GANGGUAN, TEPAT WAKTU, AMAN, AKURAT, LENGKAP ATAU BEBAS DARI KESALAHAN, BAHWA KECACATAN, BILA ADA, AKAN DIPERBAIKI, ATAU BAHWA APLIKASI MITRA INI DAN/ ATAU SERVER YANG MEMUNGKINKAN APLIKASI MITRA INI MENJADI TERSEDIA BEBAS DARI VIRUS, JAM, TIMER, PENGHITUNG, WORM, PENGUNCIAN PERANGKAT LUNAK, DROP DEAD DEVICE, TROJANHORSE, PERUTEAN, PINTU JEBAKAN, BOM WAKTU ATAU SETIAP KODE, INSTRUKSI, PROGRAM ATAU KOMPONEN BERBAHAYA LAINNYA.
16.2 ANDA MENGAKUI BAHWA SELURUH RISIKO YANG TIMBUL DARI PENGGUNAAN ATAU KINERJA APLIKASI MITRA DAN/ATAU LAYANAN TETAP DITANGGUNG OLEH ANDA SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU
16.3 SHOPEE TIDAK MEMILIKI KENDALI ATAS DAN, SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, TIDAK MENJAMIN ATAU BERTANGGUNG JAWAB UNTUK KESESUAIAN TUJUAN, KEBERADAAN, KUALITAS, KEAMANAN ATAU LEGALITAS BARANG YANG TERSEDIA MELALUI LAYANAN; SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, MITRA MEMBEBASKAN SHOPEE DAN AFILIASINYA DARI SETIAP DAN SEMUA KLAIM, TUNTUTAN DAN GANTI RUGI YANG TIMBUL DARI ATAU SEHUBUNGAN DENGAN PERMASALAHAN TERSEBUT.
17. PENGECUALIAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB
17.1 SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, DALAM KEADAAN APAPUN SHOPEE TIDAK AKAN BERTANGGUNG JAWAB BAIK DALAM HAL KONTRAK, GARANSI, PERBUATAN MELAWAN HUKUM (TERMASUK, DENGAN TIDAK TERBATAS PADA, PENGABAIAN (BAIK APAKAH AKTIF, PASIF ATAU DIPERHITUNGKAN), KEWAJIBAN PRODUK, KEWAJIBAN KETAT ATAU TEORI LAINNYA), ATAU PENYEBAB LAINNYA DARI TINDAKAN HUKUM, DALAM KEADILAN, OLEH UNDANG-UNDANG ATAU HAL LAINNYA, UNTUK:
17.1.1 (A) HILANGNYA PENGGUNAAN;
(B) HILANGNYA KEUNTUNGAN;
(C) HILANGNYA PENDAPATAN;
(D) HILANGNYA DATA;
(E) HILANGNYA GOOD WILL; ATAU
(F) KEGAGALAN MEREALISASIKAN SIMPANAN YANG DIPERKIRAKAN UNTUK SETIAP KASUS BAIK SECARA LANGSUNG MAUPUN TIDAK LANGSUNG; ATAU
17.2 SETIAP KERUGIAN TIDAK LANGSUNG, INSIDENTIL, KHUSUS ATAU KONSEKUENSIAL, YANG TIMBUL DARI ATAU SEHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN ATAU KETIDAKMAMPUAN UNTUK MENGGUNAKAN APLIKASI INI ATAU LAYANAN, TERMASUK, DENGAN TIDAK TERBATAS PADA, SETIAP KERUGIAN YANG DIAKIBATKAN OLEHNYA, BAHKAN JIKA SHOPEE TELAH DIBERI TAHU TENTANG KEMUNGKINAN KERUGIAN TERSEBUT.
17.3 ANDA MENGAKUI DAN SETUJU BAHWA SATU-SATUNYA HAK ANDA SEHUBUNGAN DENGAN SETIAP MASALAH ATAU KETIDAKPUASAN DENGAN LAYANAN ADALAH UNTUK MEMINTA PENGAKHIRAN AKUN ANDA DAN/ ATAU BERHENTI MENGGUNAKAN LAYANAN.
17.4 JIKA, MENYIMPANG DARI BAGIAN SEBELUMNYA, OLEH PENGADILAN DI YURISDIKSI YANG KOMPETEN SHOPEE DITEMUKAN BERTANGGUNG JAWAB (TERMASUK UNTUK KELALAIAN BERAT), MAKA, SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM, TANGGUNG JAWABNYA KEPADA ANDA ATAU KEPADA PIHAK KETIGA TERBATAS PADA YANG LEBIH KECIL ANTARA: (A) SETIAP JUMLAH YANG JATUH TEMPO DAN HARUS DIBAYAR KEPADA ANDA BERDASARKAN TRANSAKSI; DAN (B) RP 1.000.000 (SATU JUTA RUPIAH).
17.5 TIDAK ADA HAL APAPUN DALAM SYARAT LAYANAN INI YANG AKAN MEMBATASI ATAU MENGECUALIKAN TANGGUNG JAWAB UNTUK KEMATIAN ATAU CEDERA PRIBADI YANG DISEBABKAN OLEH KELALAIAN SHOPEE, UNTUK PENIPUAN ATAU UNTUK TANGGUNG JAWAB LAIN PADA PIHAK SHOPEE YANG TIDAK DAPAT DIBATASI DAN/ ATAU DIKECUALIKAN SECARA HUKUM.
18. PERNYATAAN DAN JAMINAN ANDA
18.1 Anda menyatakan dan menjamin bahwa:
(A) Anda memiliki kapasitas hukum (dan dalam hal anak di bawah umur, persetujuan yang sah dari orang tua atau wali), hak dan kemampuan untuk mengikatkan diri pada Syarat Layanan Mitra Shopee ini dan mematuhi ketentuan-ketentuannya; dan
(B) Anda akan menggunakan Layanan untuk tujuan yang sah saja dan sesuai dengan Syarat Layanan Mitra Shopee ini serta semua undang-undang, aturan, kode, arahan, pedoman, kebijakan dan peraturan yang berlaku.
19. PENIPUAN ATAU AKTIVITAS YANG MENCURIGAKAN
19.1 Jika Shopee, atas kebijakannya sendiri, meyakini bahwa Anda mungkin telah terlibat dalam aktivitas dan/ atau transaksi yang berpotensi sebagai penipuan atau mencurigakan, kami dapat melakukan berbagai tindakan untuk melindungi Shopee, atau pihak ketiga lainnya atau Anda dari Pembalikan (Reversals, biaya, denda, penalti dan kewajiban lainnya. Tindakan yang mungkin dapat kami ambil termasuk namun tidak terbatas pada:
(A) Kami dapat menutup, menangguhkan, atau membatasi akses Anda ke Akun atau Layanan, dan/ atau menangguhkan pemrosesan transaksi;
(B) Kami dapat menyimpan, menerapkan atau mentransfer dana di Akun Anda sebagaimana disyaratkan oleh putusan dan perintah yang mempengaruhi Anda atau Akun Anda, termasuk putusan dan perintah yang dikeluarkan oleh pengadilan di Indonesia atau tempat lain dan ditujukan oleh Shopee;
(C) Kami mungkin menolak memberikan Layanan kepada Anda untuk sekarang dan di masa depan;
(D) Kami dapat menahan dana Anda untuk jangka waktu yang wajar yang diperlukan untuk melindungi Shopee atau pihak ketiga dari risiko pertanggungjawaban, atau jika kami meyakini bahwa Anda mungkin terlibat dalam aktivitas dan/ atau transaksi yang berpotensi sebagai penipuan atau mencurigakan.
Untuk keperluan Bagian ini:
“Pembalikan” berarti pembalikan suatu pembayaran oleh Shopee karena (a) dibatalkan oleh bank pihak pengirim, (b) dikirimkan kepada Anda karena kesalahan Shopee, (c) pengirim pembayaran tidak memiliki otorisasi untuk melakukan pembayaran (misalnya: pengirim menggunakan kartu kredit curian), (d) Anda menerima pembayaran atas aktivitas yang melanggar Syarat Layanan Aplikasi Mitra ini atau setiap kebijakan Shopee, atau (e) Shopee memutuskan sebuah Klaim terhadap Anda.
20. GANTI RUGI
20.1 Anda setuju untuk mengganti rugi, membela dan membebaskan Shopee, dan para pemegang saham, anak perusahaan, afiliasi, direktur, petugas, agen, pemilik merek bersama dan mitra lainnya, serta karyawannya (secara bersama-sama disebut "Pihak yang Diberi Ganti Rugi") dari dan terhadap setiap dan semua klaim, tindakan hukum (termasuk namun tidak terbatas pada tindakan hukum perdata dan pidana), proses hukum, dan gugatan dan semua hal yang berkaitan dengan kewajiban, kerugian, penyelesaian, penalti, denda, biaya dan pengeluaran (termasuk, dengan tidak terbatas pada, setiap biaya penyelesaian permasalahan lainnya) yang dikeluarkan oleh Pihak yang Diberi Ganti Rugi yang timbul dari atau berkaitan dengan: (a) setiap transaksi yang dibuat di Aplikasi Mitra, atau setiap permasalahan terkait dengan transaksi tersebut (kecuali dimana Shopee adalah penjual di dalam transaksi yang terkait dengan permasalahan tersebut), (b) hosting, pengoperasian, pengelolaan dan/ atau administrasi Layanan oleh atau atas nama Shopee, (c) pelanggaran atas ketentuan apapun dari Syarat Layanan Mitra Shopee ini atau setiap kebijakan atau pedoman yang dirujuk di sini oleh Anda, (d) penggunaan atau penyalahgunaan Layanan oleh Anda, (e) pelanggaran terhadap hukum atau hak pihak ketiga oleh Anda.
20.2 Pengguna melepaskan Shopee dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Shopee (termasuk induk perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Pengguna melanggar Perjanjian ini, penggunaan Aplikasi Mitra Shopee yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.
21. KETERPISAHAN
21.1 Apabila ada ketentuan dari Syarat Layanan Mitra Shopee ini yang dianggap melanggar hukum, batal, atau karena alasan apapun tidak dapat diberlakukan berdasarkan hukum di yurisdiksi tersebut, maka ketentuan tersebut harus dianggap dapat dipisahkan dari syarat dan ketentuan ini dan tidak akan mempengaruhi keabsahan dan keberlakuan setiap ketentuan yang tersisa di yurisdiksi tersebut maupun keabsahan dan keberlakuan ketentuan tersebut berdasarkan hukum di yurisdiksi lainnya.
22. HUKUM YANG MENGATUR
22.1 Syarat Layanan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan prinsip-prinsip hukumnya. Setiap permasalahan, kontroversi, klaim, atau perbedaan yang timbul dari atau sehubungan dengan Syarat Layanan terhadap atau yang berkaitan dengan Shopee atau salah satu Pihak yang Diberi Ganti Rugi berdasarkan Syarat Layanan ini akan dirujuk dan pada akhirnya diselesaikan di arbitrase di Singapura sesuai dengan Aturan Arbitrase Singapore International Arbitration Centre ("Aturan SIAC") yang berlaku saat itu, di mana aturan tersebut dianggap dimasukkan sebagai referensi dalam Bagian ini. Akan ada satu (1) arbitrator dan bahasa arbitrase menggunakan Bahasa Inggris.
23. KETENTUAN UMUM
23.1 Shopee mencadangkan semua hak yang tidak secara tegas diberikan di sini.
23.2 Shopee dapat mengubah Syarat Layanan ini setiap saat dengan memposting Syarat Layanan yang direvisi di Aplikasi Mitra ini. Penggunaan Aplikasi Mitra oleh Anda setelah perubahan tersebut diposting dianggap sebagai penerimaan Anda terhadap Syarat Layanan yang direvisi tersebut.
23.3 Anda tidak boleh memberikan, mensublisensikan atau memindahkan hak apapun yang diberikan kepada Anda di sini atau mensubkontrakkan salah satu kewajiban Anda.
23.4 Tidak ada hal dalam Syarat Layanan ini yang dapat diartikan sebagai hubungan kemitraan, usaha patungan atau pemberi kuasa-penerima kuasa antara Anda dan Shopee, dan juga tidak memberikan wewenang kepada Anda untuk mengeluarkan biaya atau kewajiban apapun atas nama Shopee.
23.5 Kegagalan Shopee setiap saat atau pada waktu-waktu tertentu untuk mewajibkan pelaksanaan ketentuan apapun dalam Syarat Layanan ini tidak akan memengaruhi haknya dengan cara apapun di waktu kemudian untuk memberlakukan ketentuan tersebut kecuali ketentuan tersebut dikesampingkan secara tertulis.
23.6 Syarat Layanan ini semata-mata untuk manfaat Anda dan kami saja dan bukan untuk manfaat orang atau entitas lain, kecuali untuk afiliasi dan anak perusahaan Shopee (dan masing-masing penerus dan wakil dari Shopee dan afiliasi dan anak perusahaannya).
23.7 Ketentuan yang tercantum dalam Syarat Layanan ini dan setiap perjanjian dan kebijakan yang disertakan atau dirujuk dalam Syarat Layanan ini membentuk seluruh perjanjian dan pemahaman antara para pihak sehubungan dengan Layanan dan Aplikasi Mitra dan menggantikan setiap perjanjian atau pemahaman sebelumnya antara para pihak sehubungan dengan hal tersebut. Dengan ini para pihak juga mengecualikan semua ketentuan yang tersirat. Dalam memasuki perjanjian yang dibentuk oleh Syarat Layanan ini, para pihak tidak bersandar pada informasi, pernyataan, garansi, pemahaman, kesanggupan, janji atau jaminan siapapun selain yang secara tegas diatur dalam Syarat Layanan ini. Setiap pihak dengan tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat melepaskan semua klaim, hak dan upaya hukum yang seharusnya dimiliki Bagian ini sehubungan dengan hal apapun dalam ketentuan sebelumnya. Syarat Layanan ini tidak dapat dibantah, dijelaskan atau dilengkapi dengan bukti perjanjian sebelumnya, perjanjian lisan pada saat yang bersamaan atau setiap ketentuan tambahan yang konsisten.
23.8 Apabila Anda memiliki pertanyaan atau masalah tentang Syarat Layanan ini atau persoalan yang muncul dalam Syarat Layanan ini atau di Aplikasi Mitra, silakan kontak kami di Call Center 24 Jam 021-39500300
SAYA TELAH MEMBACA PERJANJIAN INI DAN MENYETUJUI SEMUA KETENTUAN YANG TERCANTUM DI ATAS DAN SETIAP REVISI YANG DILAKUKAN ATASNYA SESUDAHNYA. DENGAN MENGKLIK TOMBOL "DAFTAR", SAYA MEMAHAMI BAHWA SAYA SEDANG MEMBUAT TANDA TANGAN DIGITAL, YANG SAYA MAKSUDKAN UNTUK MEMILIKI KEKUATAN DAN AKIBAT YANG SAMA SEPERTI BILA SAYA MENANDATANGANI NAMA SAYA SECARA MANUAL.
Terakhir diubah pada tanggal: 15 Juli 2024