Hai, ada yang bisa kami bantu?

SYARAT LAYANAN MITRA SHOPEE

 
1.    PENDAHULUAN
1.1.    Selamat datang di aplikasi Mitra Shopee ("Aplikasi Mitra" atau “Aplikasi Mitra Shopee” atau “Aplikasi”). Silakan baca Syarat Layanan Mitra Shopee (“Syarat Layanan” atau “Syarat Layanan Mitra Shopee”) berikut dengan cermat sebelum menggunakan Aplikasi Mitra ini atau membuka akun Mitra Shopee ("Akun Mitra" atau “Akun”) agar Anda mengetahui tentang hak dan kewajiban hukum Anda sehubungan dengan PT Shopee International Indonesia dan afiliasinya dan anak perusahaannya (masing-masing dan bersama-sama, "Shopee" atau "kami"). "Layanan" yang kami berikan atau sediakan termasuk (a) Aplikasi, (b) layanan yang disediakan oleh Aplikasi dan oleh perangkat lunak klien Shopee yang tersedia melalui Aplikasi dan (c) semua informasi, halaman tertaut, fitur, data, teks, gambar, foto, grafik, pesan, tag, konten, pemrograman, perangkat lunak, layanan aplikasi atau materi lainnya yang tersedia melalui Aplikasi atau layanan terkait. Setiap fitur baru yang ditambahkan atau memperbesar Layanan juga tunduk pada Syarat Layanan ini. Syarat Layanan ini mengatur penggunaan Layanan yang disediakan oleh Shopee.
 
 
1.2.    Sebelum menjadi Mitra dan/ atau Pengguna dari Aplikasi, Anda harus membaca dan menerima semua syarat dan ketentuan dalam, dan yang berkaitan dengan, Syarat Layanan Mitra Shopee ini dan Anda harus memberikan persetujuan atas pemrosesan data pribadi Anda sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi yang terkait dengan Syarat Layanan ini.
 
 
1.3.    Shopee berhak untuk mengganti, mengubah, menangguhkan atau menghentikan semua atau bagian apapun dari Aplikasi ini atau Layanan setiap saat atau setelah memberikan pemberitahuan sebagaimana dipersyaratkan oleh undang-undang dan peraturan setempat. Shopee dapat meluncurkan Layanan tertentu atau fitur tertentu dalam versi beta, yang mungkin tidak berfungsi dengan baik atau sama seperti versi akhir, dan kami tidak bertanggung jawab dalam hal demikian. Shopee juga dapat membatasi fitur tertentu atau membatasi akses Anda ke bagian atau seluruh Aplikasi atau Layanan atas kebijakannya sendiri dan tanpa pemberitahuan atau kewajiban.
 
1.4.    Shopee berhak untuk menolak memberikan akses ke Aplikasi atau Layanan kepada Anda atau mengizinkan Anda untuk membuka Akun Mitra dengan alasan apapun.
 
DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN SHOPEE ATAU MEMBUKA AKUN, ANDA MEMBERIKAN PENERIMAAN DAN PERSETUJUAN YANG TIDAK DAPAT DICABUT ATAS PERSYARATAN PERJANJIAN INI, TERMASUK SYARAT DAN KETENTUAN TAMBAHAN SERTA KEBIJAKAN YANG DISEBUTKAN DI SINI DAN/ ATAU TERKAIT DI SINI.
APABILA ANDA TIDAK MENYETUJUI KETENTUAN INI, MOHON JANGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI ATAU MENGAKSES APLIKASI. APABILA ANDA DI BAWAH USIA 21 TAHUN ATAU BELUM MENIKAH DAN BERADA DIBAWAH PENGAMPUAN, ANDA HARUS MENDAPATKAN IZIN DARI ORANG TUA ATAU WALI UNTUK MEMBUKA AKUN DAN ORANG TUA ATAU WALI TERSEBUT HARUS MENYETUJUI KETENTUAN PERJANJIAN INI. APABILA ANDA TIDAK MEMAHAMI BAGIAN INI, MOHON JANGAN MEMBUAT AKUN SAMPAI ANDA TELAH MEMINTA BANTUAN ORANG TUA ATAU WALI ANDA. APABILA ANDA ADALAH ORANG TUA ATAU WALI ANAK DI BAWAH UMUR YANG MEMBUAT AKUN, ANDA HARUS MENERIMA KETENTUAN PERJANJIAN INI ATAS NAMA ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT DAN ANDA AKAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEMUA PENGGUNAAN AKUN ATAU LAYANAN PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN AKUN TERSEBUT, BAIK APAKAH AKUN TERSEBUT SUDAH DIBUKA SAAT INI ATAU DIBUAT DI MASA MENDATANG.
 
 
 
2.    PRIVASI
2.1    Privasi Anda sangatlah penting bagi kami di Shopee. Untuk melindungi hak-hak Anda dengan lebih baik kami telah menyediakan Kebijakan Privasi Shopee untuk menjelaskan praktik privasi kami secara rinci. Silakan baca Kebijakan Privasi untuk memahami bagaimana Shopee mengumpulkan dan menggunakan informasi yang berkaitan dengan Akun Mitra dan/ atau penggunaan Layanan oleh Anda (“Informasi Pengguna”). Dengan menggunakan Layanan atau memberikan informasi di Aplikasi Mitra, Anda:
 
(a)    menyetujui tindakan Shopee untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/ atau mengolah Konten, data pribadi dan Informasi Pengguna Anda sebagaimana    dijelaskan dalam Kebijakan Privasi;
(b)    menyetujui dan mengakui bahwa hak kepemilikan atas Informasi Pengguna dimiliki secara bersama oleh Anda dan Shopee; dan
(c)    tidak akan, baik secara langsung maupun tidak langsung, mengungkapkan Informasi Pengguna Anda kepada setiap pihak ketiga, atau    sebaliknya memperbolehkan setiap pihak ketiga untuk mengakses atau menggunakan Informasi Pengguna Anda, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Shopee.
 
2.2    Pengguna yang memiliki data pribadi Pengguna lainnya    melalui penggunaan Layanan ("Pihak Penerima") dengan ini setuju bahwa, mereka akan (i) mematuhi semua undang-undang perlindungan data pribadi yang berlaku sehubungan dengan data tersebut; (ii) mengizinkan Pengguna yang data pribadinya telah dikumpulkan oleh Pihak Penerima ("Pihak yang Mengungkapkan") untuk menghapus datanya yang telah dikumpulkan dari database Pihak Penerima; dan (iii) mengizinkan Pihak yang Mengungkapkan untuk meninjau informasi apa saja yang telah dikumpulkan tentang mereka oleh Pihak Penerima, dalam setiap kasus (ii) dan (iii) di atas, dilakukan sesuai dengan dan bilamana diwajibkan oleh hukum yang berlaku.
 
 
3.    AKUN, PASSWORD, DAN KEAMANAN
3.1.    Anda setuju bahwa atas alasan apapun, dengan diskresi tunggal, Shopee berwenang, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda atau pihak ketiga lain, untuk melakukan tindakan yang diperlukan atas dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat Layanan Mitra Shopee ini dan/ atau hukum yang berlaku, termasuk segera pemblokiran akun dan/ atau penghapusan akun Mitra Shopee.
 
 
3.2.    Pengguna dilarang menciptakan dan/ atau menggunakan alat, perangkat dan/ atau fitur yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Shopee, termasuk namun tidak terbatas pada:
3.2.1.    manipulasi data;
 
 
3.2.2.    scraping/ crawling;
 
 
3.2.3.    kegiatan otomatisasi dalam transaksi;
 
 
3.2.4.    aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.
 
 

3.3.    Shopee berwenang untuk melakukan tindakan yang diperlukan untuk menghentikan penggunaan Saldo Mitra (sebagaimana didefinisikan di dalam Syarat Layanan Mitra Shopee) oleh Mitra Shopee yang ditemukan/ diduga melakukan tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/ atau melanggar Syarat Layanan Mitra Shopee ini.
 
 
3.4.    Pengguna menyetujui untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di setiap akhir sesi dan memberitahu Shopee apabila ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
 
3.5.    Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk seluruh aktivitas dalam akun Pengguna.
 
 
3.6.    Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Shopee tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada:

 

3.6.1.    meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain,
 
 
3.6.2.    mengakses    tautan    yang diberikan oleh pihak lain,
 
 
3.6.3.    memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi OTP, kata sandi atau e-mail kepada pihak lain,
 
 
3.6.4.    kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.

 

4.    DEFINISI
Untuk tujuan Syarat Layanan Mitra Shopee, istilah-istilah berikut ini memiliki arti sebagaimana dinyatakan di bawah ini:
 
4.1.    Aplikasi Mitra Shopee adalah aplikasi berbasis Android atau iOS yang dapat diakses Pengguna untuk menggunakan layanan Shopee untuk Mitra Shopee.
 
 
4.2.    Barang adalah berbagai macam produk digital yaitu barang-barang tidak memiliki wujud fisik, termasuk namun tidak terbatas pada pulsa, paket data, voucher game, listrik PLN (prabayar dan pascabayar), dan tagihan (angsuran kredit, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Pasca Bayar, Telkom, dan TV Kabel) yang sewaktu-waktu dapat ditambahkan atau dikurangi jenisnya sesuai dengan kebijaksanaan penuh dari Shopee.
 
 
4.3.    Jasa adalah berbagai macam jasa yang dapat ditawarkan oleh Mitra, termasuk jasa pemindahbukuan yang sewaktu-waktu dapat ditambahkan atau    dikurangi    jenisnya    sesuai dengan kebijaksanaan penuh dari Shopee.
 
 
4.4.    Mitra Shopee atau Mitra adalah Pengguna yang telah mendaftarkan diri di Aplikasi Mitra dan telah terverifikasi oleh Shopee untuk dapat melakukan Transaksi.
 
 
4.5.    Partner adalah pihak ketiga yang membantu menyediakan Produk kepada Mitra Shopee melalui Aplikasi Mitra Shopee.
 
4.6.    Pengguna adalah setiap individu yang mengakses dan/ atau memiliki akun di Aplikasi Mitra, termasuk Mitra Shopee.
 
 
4.7.    Produk adalah Barang dan/atau Jasa yang sewaktu-waktu dapat ditambahkan atau dikurangi jenisnya sesuai dengan kebijaksanaan penuh dari Shopee.
 
 
4.8.    Saldo Mitra adalah layanan escrow account yang disediakan Shopee untuk menampung dana sementara milik Mitra Shopee.
 
 
4.9.    Shopee adalah PT Shopee International Indonesia, afiliasi dan/ atau anak perusahaannya.
 
4.10.   SeaBank Bayar Instan yang disediakan oleh PT Bank Seabank Indonesia adalah layanan atau fitur pembayaran untuk memfasilitasi pembayaran transaksi secara langsung pada Aplikasi Mitra dengan menggunakan akun/user ID pelanggan yang disediakan oleh PT Bank SeaBank Indonesia.

 

4.11.   ShopeePay yang disediakan oleh PT Airpay International Indonesia adalah layanan dan fitur pembayaran dalam bentuk uang elektronik, untuk Mitra untuk membayar Transaksi. 
  
4.12.    SPayLater, yang disediakan oleh PT Commerce Finance, adalah layanan dan fitur pembayaran yang memberikan limit kredit untuk fasilitas pinjaman dan pemberian fasilitas pinjaman itu sendiri kepada Mitra, untuk Mitra membayar Transaksi dengan cara mencicil.
 
4.13.    Transaksi adalah (i) transaksi pembelian Barang melalui Aplikasi Mitra oleh Mitra Shopee untuk dijual kembali ke pengguna akhir atau (ii) penyediaan Jasa oleh Mitra Shopee kepada pengguna akhir.
 
 
5.    PENGAJUAN MITRA SHOPEE
5.1.    Transaksi pada Aplikasi Mitra hanya dapat dilakukan oleh Pengguna yang telah terdaftar sebagai Mitra.
 
5.2.    Pengguna harus mengajukan permohonan di Aplikasi Mitra untuk dapat menjadi Mitra. Dengan mengajukan permohonan tersebut maka Pengguna setuju dan memahami bahwa pada saat yang bersamaan Pengguna melakukan pendaftaran sebagai pengguna dan merchant ShopeePay (uang elektronik milik PT AirPay International Indonesia) dan setuju untuk terikat pada Syarat Layanan Pengguna ShopeePay dan Syarat Layanan Merchant ShopeePay
 
 
5.3.    Atas pengajuan permohonan Pengguna, Shopee akan melakukan proses verifikasi atas data yang diunduh oleh Pengguna. Mitra hanya akan secara resmi menjadi Mitra setelah Shopee memberikan konfirmasi kepada Mitra.
 
 
5.4.    Pengguna menjamin dan bertanggung jawab atas keabsahan informasi dan dokumen yang diberikan saat mengajukan permohonan pendaftaran sebagai Mitra Shopee.
 
 
5.5.    Pengguna menyetujui bahwa Shopee dapat mengumpulkan, mengolah, dan termasuk membagikan informasi dan dokumen yang diberikan pada saat melakukan pendaftaran kepada pihak ketiga untuk proses pelaksanaan verifikasi atau kegiatan lainnya sehubungan dengan pendaftaran Mitra Shopee, termasuk namun tidak terbatas kepada Partner.
 
5.6.    Shopee tidak memungut biaya pendaftaran apapun bagi para Pengguna yang ingin menjadi Mitra.
 
6.    PENGELOLAAN SALDO MITRA
6.1.    Saldo Mitra memungkinkan Mitra Shopee untuk menyimpan uang yang akan digunakan untuk melakukan Transaksi.
 
6.2.    Saldo Mitra hanya dapat digunakan oleh Pengguna(-Pengguna) tertentu yang ditentukan berdasarkan kebijakan tunggal Shopee dari waktu ke waktu, dan Shopee dapat menonaktifkan penggunaan Saldo Mitra untuk Pengguna(-Pengguna) yang tidak lagi memenuhi kriteria Shopee. Selain itu, Pengguna(-Pengguna) yang teregistrasi dan terverifikasi sebagai Mitra setelah tanggal 1 Februari 2024 tidak lagi dapat menggunakan Saldo Mitra. Mitra yang tidak lagi dapat menggunakan Saldo Mitra dapat melakukan penarikan dana dari Saldo Mitra sebagaimana dijelaskan  di sini dan sesuai dengan Syarat Layanan ini.
 
6.3.    Batas maksimum Saldo Mitra adalah Rp 250.000.000,- (dua ratus lima puluh juta rupiah) dalam satu waktu.
 
6.4.    Batas minimum dan maksimum untuk isi ulang Saldo Mitra dalam 1 (satu) kali pengisian adalah sebagai berikut:

 

Kanal Isi Ulang / Top Up Channel

Batas Maksimum Isi Ulang / Maximum Top Up Limit

Virtual Account Bank BCA, BNI, Mandiri, dan BRI

Minimum Rp 20.000 (dua puluh ribu Rupiah) 

Maksimum Rp 50.000.000 (lima puluh juta Rupiah)

*Biaya Top Up sebesar Rp 750 sudah termasuk PPN

Alfamart/Alfamidi/Dan+Dan

Minimum Rp 50.000 (lima puluh ribu Rupiah)

Maksimum Rp 2.500.000 (lima juta rupiah)

* Termasuk biaya top up sebesar Rp 1.750.200 sudah termasuk PPN

Indomaret/i.Saku

Minimum Rp 50.000 (lima puluh ribu Rupiah)

Maksimum Rp 5.000.000 (lima juta rupiah)

* Termasuk biaya top up 1.2% sudah termasuk PPN

6.5.    Anda dapat melakukan penarikan atas Saldo Mitra Anda (hingga jumlah Saldo Mitra Anda atau sebagaimana ditentukan oleh Shopee) dengan mengirimkan permintaan penarikan (“Permintaan Penarikan Saldo Mitra”) dalam frekuensi harian yang wajar untuk Saldo Mitra sebagaimana ditentukan oleh Shopee.

 
6.6.    Setelah diajukan, Anda tidak dapat mengubah atau membatalkan Permintaan Penarikan Saldo Mitra.

 
6.7.    Mitra Shopee tidak dapat melakukan tindakan pengalihan atas Saldo Mitra dalam bentuk apapun kepada pihak lainnya.

 
6.8.    Mitra Shopee setuju bahwa Saldo Mitra tidak akan menghasilkan bunga dari jumlah saldo.

 
6.9.    Mitra Shopee dapat melakukan penarikan Saldo Mitra dengan ketentuan:

6.9.1.    Penarikan dana minimum sebesar Rp 25.000 (dua puluh lima ribu Rupiah) dan maksimum sebesar jumlah Saldo Mitra yang tersedia.
6.9.2.    Permintaan Penarikan Saldo Mitra dapat diajukan setiap hari. Namun demikian, Shopee akan memproses Permintaan Penarikan Saldo Mitra hanya di hari Senin sampai dengan Jumat (tidak termasuk hari libur nasional yang ditetapkan pemerintah Republik        Indonesia). Pemrosesan Permintaan Penarikan Saldo Mitra akan dilakukan oleh Shopee paling cepat dalam waktu 1x24    jam setelah Permintaan Penarikan Saldo Mitra dilakukan oleh Mitra.
6.9.3.    Pengguna    menyetujui bahwa Shopee berhak melakukan pemeriksaan, penundaan dan/ atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan Pengguna sebagaimana ditentukan oleh Shopee, apabila Pengguna diduga melakukan pelanggaran terhadap Syarat Layanan Mitra Shopee atau melakukan penipuan, manipulasi atau tindakan kriminal.

 

6.10.    Jika terjadi kesalahan dalam memproses transaksi apapun, Mitra Shopee memberikan kuasa kepada Shopee untuk melakukan entri debit dari atau kredit ke rekening bank yang ditunjuk atau rekening bank yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi terkait, untuk memperbaiki kesalahan tersebut, dengan ketentuan bahwa koreksi tersebut dilakukan sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Jika kami tidak dapat mendebet rekening bank yang ditunjuk atau rekening bank yang Mitra Shopee gunakan untuk melakukan transaksi terkait dengan alasan apapun, Anda memberikan kuasa kepada kami untuk mengajukan ulang debit, ditambah biaya yang berlaku, ke rekening bank lain atau instrumen pembayaran yang Mitra Shopee miliki dengan kami atau memotong debit dan biaya yang berlaku dari saldo Saldo Mitra Anda di masa mendatang.

 

7.    TRANSAKSI
7.1.    Mitra Shopee wajib melakukan Transaksi sesuai prosedur transaksi yang ditetapkan Shopee.
 
7.2.    Mitra Shopee bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/ deskripsi dari Produk sebelum melakukan Transaksi.
 
7.3.    Mitra Shopee mengakui dan menyetujui bahwa transaksi yang dilakukan oleh Mitra Shopee dengan pihak ketiga yang tidak melalui Aplikasi Mitra dan/ atau tanpa sepengetahuan Shopee menjadi tanggung jawab pribadi Mitra Shopee.

 
7.4.    Dalam hal Shopee mendeteksi bahwa terdapat permasalahan atas Akun Mitra, Shopee berwenang untuk menolak pembayaran dari Mitra Shopee tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Mitra Shopee.
 
7.5.    Pengguna bertanggung jawab secara pribadi atas kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/ atau data pembayaran oleh Pengguna kepada pihak lain.
 
8.    PENGEMBALIAN DANA KE SALDO MITRA DAN PEMBATALAN
8.1.    Pengembalian dana dari Shopee kepada Mitra Shopee, baik sebagian maupun seluruhnya, hanya dapat dilakukan dalam keadaan:
 

8.1.1.    Kesalahan Produk yang dikirimkan oleh Shopee kepada Mitra Shopee,
 
8.1.2.    Shopee mengidentifikasi bahwa terdapat masalah pengiriman Produk yang secara jelas disebabkan oleh Partner yang mengakibatkan pesanan Produk tidak sampai; dan/ atau
 
8.1.3.    alasan lain yang dinyatakan sah oleh pihak Shopee.
 

8.2.    Proses pengembalian dana akan dilakukan melalui metode pembayaran yang digunakan oleh Mitra, yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana.

8.3.    Dalam hal terdapat permasalahan dimana Produk tidak sampai kepada Mitra Shopee yang disebabkan karena kesalahan atau kelalaian Partner, Shopee berwenang memfasilitasi dan menentukan solusi atas permasalahan transaksi yang belum terselesaikan antara Partner dan Mitra Shopee dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Shopee adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan wajib dipatuhi Partner dan Mitra Shopee.
 
8.4.    Mitra Shopee wajib melakukan pembayaran sesuai jumlah dan kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran.
 
8.5.    Shopee tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Mitra Shopee apabila Mitra Shopee melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah dan kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran.

 

9.    HARGA
9.1.    Harga Produk dalam Aplikasi Mitra adalah harga yang ditetapkan oleh Shopee atau Partner atas kebijaksanaannya sendiri.
 
 
9.2.    Pengguna menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya Aplikasi Mitra Shopee milik Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna.
 
 
9.3.    Pengguna setuju bahwa Pengguna wajib memeriksa setiap harga Produk yang tertera pada halaman transaksi. Pengguna setuju bahwa Shopee tidak bertanggung jawab dalam hal timbul masalah yang disebabkan akibat kelalaian Pengguna dalam melihat harga Produk yang tertera di Aplikasi.
 
 
9.4.    Mitra Shopee setuju bahwa total biaya yang harus dibayarkan ketika memesan produk pada Aplikasi Mitra Shopee adalah total biaya yang tertera dalam halaman pembayaran, termasuk harga Produk dan biaya-biaya lain yang secara tegas tertera di halaman pembayaran.
 
 
9.5.    Mitra Shopee menyetujui untuk melakukan pembayaran atas Transaksi melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Mitra Shopee dan yang tersedia pada Aplikasi Mitra Shopee, termasuk namun tidak terbatas pada ShopeePay, SPayLater dan/atau SeaBank Bayar Instan, sebagaimana dapat ditambahkan atau diubah oleh kami dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan tunggal kami.
 
9.6.    Dalam hal Mitra Shopee memilih untuk menggunakan SPayLater sebagai metode pembayaran Transaksi maka Mitra sepakat untuk mengikatkan diri dengan segala ketentuan sehubungan dengan fitur SPayLater dan setuju untuk mengalihkan Aplikasi Mitra Shopee ke platform Shopee guna memfasilitasi dan melanjutkan proses pembayaran melalui fitur Shopeepay. SPayLater pada Aplikasi hanya akan dapat digunakan apabila Mitra telah melakukan pendaftaran sebagai pengguna SPayLater dan setuju untuk terikat pada Syarat dan ketentuan SPayLater.
 
9.7.    Dalam hal Mitra Shopee memilih untuk menggunakan SeaBank Bayar Instan sebagai metode pembayaran Transaksi maka Mitra sepakat untuk mengikatkan diri dengan segala ketentuan sehubungan dengan fitur SeaBank Bayar Instan dan setuju untuk mengalihkan Aplikasi Mitra Shopee ke platform SeaBank guna memfasilitasi dan melanjutkan proses pembayaran melalui fitur SeaBank Bayar Instan. SeaBank Bayar Instan pada Aplikasi hanya akan dapat digunakan apabila Mitra telah melakukan pendaftaran sebagai pengguna SeaBank dan setuju untuk terikat pada Syarat dan ketentuan SeaBank. 

 

10.    PELANGGARAN TERHADAP SYARAT LAYANAN KAMI
10.1.    Pelanggaran terhadap Syarat Layanan Aplikasi Mitra ini dapat mengakibatkan berbagai tindakan, termasuk, dengan tidak terbatas pada, salah satu atau semua dari hal-hal berikut ini:
-    Penghapusan daftar
-    Batasan diberlakukan pada hak Akun
-    Penangguhan dan pengakhiran akun
-    Tuntutan pidana
-    Tindakan perdata, termasuk dengan tidak terbatas pada klaim untuk kerugian dan/ atau ganti rugi sementara atau perintah ganti rugi oleh pengadilan.
 
10.2.    Apabila Anda yakin bahwa seorang Pengguna di Aplikasi Mitra kami melanggar Syarat Layanan Aplikasi Mitra ini, silakan kontak kami di Call Center 24 Jam 021-39500300.
 
 
11.    HUBUNGAN SHOPEE DENGAN MITRA SHOPEE
 
11.1.    Mitra Shopee adalah individu atau bisnis independen dan mereka tidak mempunyai hubungan dengan Shopee dalam cara apapun kecuali hubungan jual beli yang timbul saat melakukan Transaksi. Tanggung jawab Shopee hanyalah sebatas sampai dengan pengiriman Produk, dan tanggung jawab tersebut akan berakhir setelah Produk diterima oleh Mitra Shopee.
 
12.    PENOLAKAN JAMINAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB
 
12.1.    Shopee adalah suatu perusahaan portal web yang menyediakan platform dalam menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Partner maupun Mitra Shopee di Aplikasi Mitra Shopee. Shopee selalu berupaya untuk menjaga Aplikasi Mitra Shopee aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Aplikasi Mitra Shopee dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam Aplikasi Mitra Shopee memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time. Pengguna menyetujui bahwa dengan memanfaatkan Aplikasi Mitra Shopee atas risiko Pengguna sendiri, dan Aplikasi Mitra Shopee diberikan kepada Pengguna pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".
Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Shopee (termasuk induk perusahaan, direktur, dan karyawan) tidak bertanggung jawab, dan Mitra Shopee menyetujui untuk tidak menuntut Shopee bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:
●    Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Aplikasi Mitra Shopee.
●    Keterlambatan atau gangguan dalam Aplikasi Mitra Shopee.
●    Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh Pengguna.
●    Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
●    Pencemaran nama baik pihak lain.
●    Setiap penyalahgunaan Produk yang sudah dibeli oleh Mitra Shopee.
●    Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selain fitur Gold Merchant, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Aplikasi Mitra Shopee.
●    Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Aplikasi Mitra Shopee.
●    Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan Aplikasi Mitra Shopee.
●    Tindakan penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
●    Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.
 

13.    BIAYA
13.1.    Shopee mengenakan biaya untuk seluruh penarikan berhasil yang dilakukan melalui Saldo Mitra sebagai berikut:
 

BIAYA PENARIKAN / WITHDRAWAL FEE

1.    Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri:
-    Penarikan sejumlah Rp25.000 – Rp 49.000 akan dikenakan Biaya Penarikan Rp3.000 (termasuk PPN)/Withdrawal Between Rp 25,000 to Rp 49,999 will be charged with Withdrawal Fee of Rp 3,000 (including VAT).
-    Penarikan sejumlah atau di atas Rp50.000 gratis Biaya Penarikan/ Withdrawal in the amount of or more than 50,000 will be Free of Withdrawal Fee
 
2.    Bank Lainnya/Other Banks
Biaya Penarikan sejumlah Rp3.000 (termasuk PPN)/ Withdrawal Fee in the amount of Rp 3,000 (including VAT)
 

13.2.    Shopeepay mengenakan Biaya untuk seluruh transaksi Top Up ShopeePay berhasil melalui Mitra App sebagai berikut:

 

BIAYA SHOPEEPAY TOP UP / SHOPEEPAY TOP UP FEE

image.png

 

 

13.3.    Apabila ada biaya yang harus dibayarkan, semua itu akan dikenakan PPN dan pajak lain yang berlaku (“Jumlah Pajak”). Dalam hal Penjual bertanggung jawab untuk pajak tersebut, Mitra Shopee mengakui dan setuju bahwa Shopee dapat memotong biayanya dan setiap pajak yang berlaku dari Saldo Mitra.
 
13.4.    Shopee berhak untuk sewaktu-waktu mengubah biaya-biaya yang tertera pada Pasal 13 ini tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Mitra.

 

 

14.    PERMASALAHAN
14.1 Dalam hal timbul masalah dalam suatu transaksi, Mitra Shopee setuju untuk terlebih dahulu berkomunikasi melalui Aplikasi Mitra untuk menyelesaikan permasalahan atas dasar diskusi bersama, yang mana Shopee akan menggunakan usaha komersial yang wajar untuk memfasilitasi. Apabila permasalahan tersebut tidak dapat diselesaikan atas dasar diskusi bersama, Mitra Shopee dapat pergi ke pengadilan klaim di yurisdiksi Republik Indonesia untuk menyelesaikan setiap masalah yang timbul dari suatu transaksi.

 

15.    PEMBARUAN
15.1 Syarat Layanan Mitra Shopee ini mungkin diubah dan/ atau diperbaharui tanpa pemberitahuan sebelumnya, oleh karena itu Shopee menghimbau agar Mitra Shopee membaca secara cermat dan memeriksa halaman Syarat Layanan Mitra Shopee ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Mitra Shopee yang tetap mengakses dan menggunakan Aplikasi Mitra Shopee dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat Layanan Mitra Shopee ini.

 

16.    PENAFIAN
16.1    LAYANAN DISEDIAKAN "APA ADANYA" DAN TANPA GARANSI, KLAIM ATAU PERNYATAAN APAPUN YANG    DIBUAT    OLEH SHOPEE DALAM BENTUK APAPUN BAIK TERSURAT, TERSIRAT ATAU MENURUT UNDANG-UNDANG SEHUBUNGAN DENGAN LAYANAN, TERMASUK, DENGAN TIDAK TERBATAS PADA,    GARANSI KUALITAS, KINERJA, TIDAK ADANYA    PELANGGARAN, KELAYAKAN UNTUK DIPERDAGANGKAN,    ATAU KESESUAIAN UNTUK    TUJUAN TERTENTU, DAN JUGA TIDAK ADA JAMINAN YANG DIBUAT SELAMA HUBUNGAN,    SELAMA PELAKSANAAN ATAU PENGGUNAAN PERDAGANGAN. DENGAN TIDAK MEMBATASI KETENTUAN DI ATAS DAN SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, SHOPEE TIDAK MENJAMIN    BAHWA    LAYANAN, APLIKASI INI ATAU FUNGSI YANG TERDAPAT DI DALAMNYA AKAN TERSEDIA, DAPAT DIAKSES, TANPA    GANGGUAN, TEPAT WAKTU, AMAN, AKURAT, LENGKAP ATAU BEBAS DARI KESALAHAN, BAHWA KECACATAN, BILA ADA, AKAN DIPERBAIKI, ATAU BAHWA APLIKASI MITRA INI DAN/ ATAU SERVER YANG MEMUNGKINKAN APLIKASI MITRA INI MENJADI TERSEDIA BEBAS DARI VIRUS, JAM, TIMER,    PENGHITUNG, WORM, PENGUNCIAN PERANGKAT LUNAK, DROP DEAD DEVICE, TROJANHORSE, PERUTEAN, PINTU JEBAKAN, BOM WAKTU    ATAU SETIAP KODE, INSTRUKSI, PROGRAM ATAU KOMPONEN BERBAHAYA LAINNYA.

 
16.2    ANDA MENGAKUI BAHWA SELURUH RISIKO YANG TIMBUL DARI PENGGUNAAN ATAU KINERJA APLIKASI MITRA DAN/ATAU LAYANAN TETAP DITANGGUNG OLEH ANDA SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU

 
16.3    SHOPEE TIDAK MEMILIKI KENDALI ATAS DAN, SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, TIDAK MENJAMIN ATAU BERTANGGUNG JAWAB UNTUK KESESUAIAN TUJUAN, KEBERADAAN, KUALITAS, KEAMANAN ATAU LEGALITAS BARANG YANG TERSEDIA MELALUI LAYANAN; SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, MITRA MEMBEBASKAN SHOPEE DAN AFILIASINYA DARI SETIAP DAN SEMUA KLAIM, TUNTUTAN DAN GANTI RUGI YANG TIMBUL DARI ATAU SEHUBUNGAN DENGAN PERMASALAHAN TERSEBUT.

 

17.    PENGECUALIAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB
 
17.1    SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, DALAM KEADAAN APAPUN SHOPEE TIDAK AKAN BERTANGGUNG JAWAB BAIK DALAM HAL KONTRAK, GARANSI, PERBUATAN MELAWAN HUKUM    (TERMASUK, DENGAN TIDAK    TERBATAS PADA, PENGABAIAN (BAIK APAKAH AKTIF, PASIF ATAU DIPERHITUNGKAN), KEWAJIBAN PRODUK, KEWAJIBAN KETAT ATAU TEORI LAINNYA), ATAU PENYEBAB LAINNYA DARI TINDAKAN HUKUM, DALAM    KEADILAN, OLEH UNDANG-UNDANG    ATAU HAL LAINNYA, UNTUK:

 

17.1.1    (A) HILANGNYA PENGGUNAAN;    

(B) HILANGNYA KEUNTUNGAN;    
(C) HILANGNYA PENDAPATAN;
(D) HILANGNYA DATA;
(E) HILANGNYA GOOD WILL; ATAU
(F) KEGAGALAN MEREALISASIKAN SIMPANAN YANG DIPERKIRAKAN UNTUK SETIAP    KASUS    BAIK SECARA LANGSUNG MAUPUN    TIDAK LANGSUNG; ATAU

 

17.2    SETIAP KERUGIAN TIDAK LANGSUNG, INSIDENTIL, KHUSUS ATAU KONSEKUENSIAL,    YANG TIMBUL DARI ATAU SEHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN    ATAU KETIDAKMAMPUAN UNTUK MENGGUNAKAN APLIKASI    INI ATAU LAYANAN,    TERMASUK, DENGAN TIDAK TERBATAS PADA, SETIAP KERUGIAN YANG DIAKIBATKAN OLEHNYA, BAHKAN JIKA SHOPEE TELAH DIBERI TAHU TENTANG KEMUNGKINAN KERUGIAN TERSEBUT.
 
17.3    ANDA MENGAKUI DAN SETUJU BAHWA SATU-SATUNYA HAK ANDA SEHUBUNGAN DENGAN SETIAP MASALAH ATAU KETIDAKPUASAN DENGAN LAYANAN ADALAH UNTUK MEMINTA PENGAKHIRAN AKUN ANDA DAN/ ATAU BERHENTI MENGGUNAKAN LAYANAN.
 
17.4    JIKA, MENYIMPANG DARI BAGIAN SEBELUMNYA, OLEH PENGADILAN DI YURISDIKSI YANG KOMPETEN SHOPEE DITEMUKAN BERTANGGUNG JAWAB (TERMASUK UNTUK KELALAIAN BERAT), MAKA, SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM, TANGGUNG JAWABNYA KEPADA ANDA ATAU KEPADA PIHAK KETIGA TERBATAS PADA YANG LEBIH KECIL ANTARA: (A) SETIAP JUMLAH YANG JATUH TEMPO DAN HARUS DIBAYAR KEPADA ANDA BERDASARKAN TRANSAKSI; DAN (B) RP 1.000.000 (SATU JUTA RUPIAH).
 
17.5    TIDAK ADA HAL APAPUN DALAM SYARAT LAYANAN INI YANG AKAN MEMBATASI ATAU MENGECUALIKAN TANGGUNG JAWAB UNTUK KEMATIAN ATAU CEDERA PRIBADI YANG DISEBABKAN OLEH KELALAIAN SHOPEE, UNTUK PENIPUAN ATAU UNTUK TANGGUNG JAWAB LAIN PADA PIHAK SHOPEE YANG TIDAK DAPAT DIBATASI DAN/ ATAU DIKECUALIKAN SECARA HUKUM.

 

18.    PERNYATAAN DAN JAMINAN ANDA
 
18.1    Anda menyatakan dan menjamin bahwa:
 
(A)    Anda memiliki kapasitas hukum (dan dalam hal anak di bawah umur, persetujuan yang sah dari orang tua atau wali), hak dan kemampuan untuk mengikatkan diri pada Syarat Layanan Mitra Shopee ini dan mematuhi ketentuan-ketentuannya; dan
(B)    Anda akan menggunakan Layanan untuk tujuan yang sah saja dan sesuai dengan Syarat Layanan Mitra Shopee ini serta semua undang-undang, aturan, kode, arahan, pedoman, kebijakan dan peraturan yang berlaku.

 

19.    PENIPUAN ATAU AKTIVITAS YANG MENCURIGAKAN
 
19.1    Jika Shopee, atas kebijakannya sendiri, meyakini bahwa Anda mungkin telah terlibat dalam aktivitas dan/ atau transaksi yang berpotensi sebagai penipuan atau mencurigakan, kami dapat melakukan berbagai tindakan untuk melindungi Shopee, atau pihak ketiga lainnya atau Anda dari Pembalikan (Reversals, biaya, denda, penalti dan kewajiban lainnya. Tindakan yang mungkin dapat kami ambil termasuk namun tidak terbatas pada:
 

 

(A)    Kami dapat menutup, menangguhkan, atau membatasi akses Anda ke Akun atau Layanan, dan/ atau menangguhkan pemrosesan transaksi;
 
(B)    Kami dapat menyimpan, menerapkan atau mentransfer dana di Akun Anda sebagaimana disyaratkan oleh putusan dan perintah yang mempengaruhi Anda atau Akun Anda, termasuk putusan dan perintah yang dikeluarkan oleh pengadilan di Indonesia atau tempat lain dan ditujukan oleh Shopee;
 
(C)    Kami mungkin menolak memberikan Layanan kepada Anda untuk sekarang dan di masa depan;
 
(D)    Kami dapat menahan dana Anda untuk jangka waktu yang wajar yang diperlukan untuk melindungi Shopee atau pihak ketiga dari risiko pertanggungjawaban, atau jika kami meyakini bahwa Anda mungkin terlibat dalam aktivitas dan/ atau transaksi yang berpotensi sebagai penipuan     atau mencurigakan.

 

Untuk keperluan Bagian ini:
 
“Pembalikan” berarti pembalikan suatu pembayaran oleh Shopee karena (a) dibatalkan oleh bank pihak pengirim, (b) dikirimkan kepada Anda karena kesalahan Shopee, (c) pengirim pembayaran tidak memiliki otorisasi untuk melakukan pembayaran (misalnya: pengirim menggunakan kartu kredit curian), (d) Anda menerima pembayaran atas aktivitas yang melanggar Syarat Layanan Aplikasi Mitra ini atau setiap kebijakan Shopee, atau (e) Shopee memutuskan sebuah Klaim terhadap Anda.

 

 

20.    GANTI RUGI
 
20.1    Anda setuju untuk mengganti rugi, membela dan membebaskan Shopee, dan para pemegang saham, anak perusahaan, afiliasi, direktur, petugas, agen, pemilik merek bersama dan mitra lainnya, serta karyawannya (secara bersama-sama disebut "Pihak yang Diberi Ganti Rugi") dari dan terhadap setiap dan semua klaim, tindakan hukum (termasuk namun tidak terbatas pada tindakan hukum perdata dan pidana), proses hukum, dan gugatan dan semua hal yang berkaitan dengan kewajiban, kerugian, penyelesaian, penalti, denda, biaya dan pengeluaran (termasuk, dengan tidak terbatas pada, setiap biaya penyelesaian permasalahan lainnya) yang dikeluarkan oleh Pihak yang Diberi Ganti Rugi yang timbul dari atau berkaitan dengan: (a) setiap transaksi yang dibuat di Aplikasi Mitra, atau setiap permasalahan terkait dengan transaksi tersebut (kecuali dimana Shopee adalah penjual di dalam transaksi yang terkait dengan permasalahan tersebut), (b) hosting, pengoperasian, pengelolaan dan/ atau administrasi Layanan oleh atau atas nama Shopee, (c) pelanggaran atas ketentuan apapun dari Syarat Layanan Mitra Shopee ini atau setiap kebijakan atau pedoman yang dirujuk di sini oleh Anda, (d) penggunaan atau penyalahgunaan Layanan oleh Anda, (e) pelanggaran terhadap hukum atau hak pihak ketiga oleh Anda.
 
20.2    Pengguna melepaskan Shopee dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Shopee (termasuk induk perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Pengguna melanggar Perjanjian ini, penggunaan Aplikasi Mitra Shopee yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.
 
21.    KETERPISAHAN
 
21.1    Apabila ada ketentuan dari Syarat Layanan Mitra Shopee ini yang dianggap melanggar hukum, batal, atau karena alasan apapun tidak dapat diberlakukan berdasarkan hukum di yurisdiksi tersebut, maka ketentuan tersebut harus dianggap dapat dipisahkan dari syarat dan ketentuan ini dan tidak akan mempengaruhi keabsahan dan keberlakuan setiap ketentuan yang tersisa di yurisdiksi tersebut maupun keabsahan dan keberlakuan ketentuan tersebut berdasarkan hukum di yurisdiksi lainnya.
 
22.    HUKUM YANG MENGATUR
 
22.1    Syarat Layanan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik    Indonesia, tanpa memperhatikan    pertentangan prinsip-prinsip hukumnya. Setiap permasalahan, kontroversi, klaim, atau perbedaan yang timbul dari atau sehubungan dengan Syarat Layanan terhadap atau yang berkaitan dengan Shopee atau salah satu Pihak yang Diberi Ganti Rugi berdasarkan Syarat Layanan ini akan dirujuk dan pada akhirnya diselesaikan di arbitrase di Singapura sesuai dengan Aturan Arbitrase Singapore International Arbitration Centre ("Aturan SIAC") yang berlaku saat itu, di mana aturan tersebut dianggap dimasukkan sebagai referensi dalam Bagian ini. Akan ada satu (1) arbitrator dan bahasa arbitrase menggunakan Bahasa Inggris.
 
23.    KETENTUAN UMUM
23.1    Shopee mencadangkan semua hak yang tidak secara tegas diberikan di sini.
 
23.2    Shopee dapat mengubah Syarat Layanan ini setiap saat dengan memposting Syarat Layanan yang direvisi di Aplikasi Mitra ini. Penggunaan Aplikasi Mitra oleh Anda setelah perubahan tersebut diposting dianggap sebagai penerimaan Anda terhadap Syarat Layanan yang direvisi tersebut.
 
23.3    Anda tidak boleh memberikan, mensublisensikan atau memindahkan hak apapun yang diberikan kepada Anda di sini atau mensubkontrakkan salah satu kewajiban Anda.
 
23.4    Tidak ada hal dalam Syarat Layanan ini yang dapat diartikan sebagai hubungan kemitraan, usaha patungan    atau    pemberi kuasa-penerima kuasa antara Anda dan Shopee, dan juga tidak memberikan wewenang kepada Anda untuk mengeluarkan biaya atau kewajiban apapun atas nama Shopee.
 
23.5    Kegagalan Shopee setiap saat atau pada waktu-waktu tertentu untuk mewajibkan pelaksanaan ketentuan apapun dalam Syarat Layanan ini tidak akan memengaruhi haknya dengan cara apapun di waktu kemudian untuk memberlakukan ketentuan tersebut kecuali ketentuan tersebut dikesampingkan secara tertulis.
 
23.6    Syarat Layanan ini semata-mata untuk manfaat Anda dan kami saja dan bukan untuk manfaat orang atau entitas lain, kecuali untuk afiliasi dan anak perusahaan Shopee (dan masing-masing penerus dan wakil dari Shopee dan afiliasi dan anak perusahaannya).
 
23.7    Ketentuan yang tercantum dalam Syarat Layanan ini dan setiap perjanjian dan kebijakan yang disertakan atau dirujuk dalam Syarat Layanan ini membentuk seluruh perjanjian dan pemahaman antara para pihak sehubungan dengan Layanan dan Aplikasi Mitra dan menggantikan setiap perjanjian atau pemahaman sebelumnya antara para pihak sehubungan dengan hal tersebut. Dengan ini para pihak juga mengecualikan semua ketentuan yang tersirat. Dalam memasuki perjanjian yang dibentuk oleh Syarat Layanan ini, para pihak tidak bersandar pada informasi, pernyataan, garansi, pemahaman, kesanggupan, janji atau jaminan siapapun selain yang secara tegas diatur dalam Syarat Layanan ini. Setiap pihak dengan tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat melepaskan semua klaim, hak dan upaya hukum yang seharusnya dimiliki Bagian ini sehubungan dengan hal apapun dalam ketentuan sebelumnya. Syarat Layanan ini tidak dapat dibantah, dijelaskan atau dilengkapi dengan bukti perjanjian sebelumnya, perjanjian lisan pada saat yang bersamaan atau setiap ketentuan tambahan yang konsisten.
 
 
23.8    Apabila Anda memiliki pertanyaan atau masalah tentang Syarat Layanan ini atau persoalan yang muncul dalam Syarat Layanan ini atau di Aplikasi Mitra, silakan kontak kami di Call Center 24 Jam 021-39500300
 
SAYA TELAH MEMBACA PERJANJIAN INI DAN MENYETUJUI SEMUA KETENTUAN YANG TERCANTUM DI ATAS DAN SETIAP REVISI YANG DILAKUKAN ATASNYA SESUDAHNYA. DENGAN MENGKLIK TOMBOL "DAFTAR", SAYA MEMAHAMI BAHWA SAYA SEDANG MEMBUAT TANDA TANGAN DIGITAL, YANG SAYA MAKSUDKAN UNTUK MEMILIKI KEKUATAN DAN AKIBAT YANG SAMA SEPERTI BILA SAYA MENANDATANGANI NAMA SAYA SECARA MANUAL.
 
 
Terakhir diubah pada tanggal: 15 Juli 2024

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak