Hai, ada yang bisa kami bantu?

Pengembalian Barang & Dana

Pengajuan Komplain
Resolusi
Banding

[Pengembalian Barang/Dana] Apa yang terjadi setelah Penjual menerima permintaan pengembalian barang/dana saya?

Untuk Non-Shopee Mall

Penjual akan diberitahukan mengenai permintaan pengembalian barang/dana Anda dan harus merespons dalam waktu 3 hari kalender (kecuali Shopee Mall). Ada 4 hasil yang mungkin Anda dapatkan:


  1.  Penjual menerima permintaan Jika permintaan pengembalian barang/dana diterima, Anda akan menerima instruksi pengembalian melalui notifikasi di aplikasi Shopee dan email yang terdaftar (pastikan email masih aktif digunakan). Pengembalian dana akan diproses setelah produk yang dikembalikan diperiksa dan disetujui.
  2. Penjual tidak merespon dalam jangka waktu yang diberikan Jika penjual gagal merespons tepat waktu atau lebih dari 3 hari kalender sejak permintaan pengembalian barang/dana Anda dikirimkan, permintaan Anda akan disetujui secara otomatis oleh sistem Shopee dan sesuai solusi yang Anda ajukan Jika solusi yang dipilih adalah pengembalian dana, pengembalian dana akan diproses sesuai metode pembayaran yang digunakan.
  3. Penjual mengusulkan negosiasi Penjual dapat mengusulkan pengembalian dana sebagian (jumlah pengembalian dana yang disesuaikan) tanpa pengembalian barang. Anda akan memiliki 3 hari kalender untuk merespons dengan salah satu opsi berikut:
  4. Menerima.
  5. Ubah Solusi (mengusulkan jumlah yang berbeda).
  6. Tolak dan ajukan ke Shopee.
  7.  Penjual mengajukan banding Jika ada perselisihan, Shopee akan turun tangan untuk menengahi situasi. Shopee dapat meminta Pembeli dan Penjual untuk memberikan bukti lebih lanjut agar mencapai penyelesaian bagi kedua belah pihak.

Shopee Mall Penjual hanya akan diberitahukan mengenai permintaan pengembalian barang/dana dan ada 2 kemungkinan hasil yang akan Anda dapatkan:


  1. Penjual menunggu proses pengembalian Penjual menerima notifikasi permintaan pengembalian barang dan Pembeli harus mengirim kembali produk tersebut (kecuali untuk alasan tidak menerima pesanan & produk tidak lengkap). Penjual akan menunggu keputusan tim Shopee selama 3-5 hari kerja sejak barang dikembalikan ke gudang Shopee.
  2. Penjual mengusulkan negosiasi Penjual dapat mengusulkan pengembalian dana sebagian (jumlah pengembalian dana yang disesuaikan) tanpa pengembalian barang. Anda akan memiliki 1 hari untuk merespons dengan salah satu opsi berikut:
  3. Menerima.
  4. Ubah Solusi (mengusulkan jumlah yang berbeda).
  5. Tolak dan lanjutkan pengembalian barang untuk pengembalian dana penuh.
Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak