Hai, ada yang bisa kami bantu?

Pengembalian Barang & Dana

Pengajuan Komplain
Resolusi
Banding

[Pengembalian Barang/Dana] Bagaimana cara mengajukan pengembalian barang/dana?

Anda dapat mengajukan pengembalian barang/dana dengan cara berikut:


  1. Melalui aplikasi Shopee

Pilih tab Saya > pilih Dikirim > pilih pesanan > pilih Ajukan Pengembalian > pilih status pengajuan > pilih produk yang diajukan pengembalian > pilih Selanjutnya > pilih Alasan > pilih alasan yang sesuai > pilih Konfirmasi > isi Deskripsi (jika ada) > upload foto bukti pendukung > pilih Kirim.

  1. Melalui situs Shopee

Pilih Pesanan Saya > pilih Dikirim > pilih pesanan > pilih Ajukan Pengembalian > pilih status pengajuan > pilih produk yang diajukan pengembalian > pilih Lanjutkan > pilih Alasan > isi Deskripsi (jika ada) > upload foto bukti pendukung > pilih Kirim.



Solusi yang tersedia tergantung alasan pengembalian barang/dana yang Anda pilih:

⚠️️Catatan

  1. Informasi yang perlu Anda isi dalam pengajuan pengembalian barang/dana dapat berbeda-beda, tergantung alasan pengembalian yang dipilih (Contoh: Anda tidak perlu menyertakan bukti untuk pengajuan pengembalian barang/dana dengan alasan Semua pesanan tidak sampai).
  2. Jika Anda mengajukan pengembalian dana dengan alasan Semua pesanan tidak sampai untuk pesanan yang masih dalam proses pengiriman, perhatikan hal berikut:
  3. Produk Shopee Mall: Mohon menunggu pengecekan dalam waktu 7 hari terhitung dari tanggal perkiraan pesanan terkirim di aplikasi. Anda dapat mengecek notifikasi di aplikasi dan email Anda secara berkala untuk mengetahui status pengajuan.
  4. Produk non-Shopee Mall: Mohon menunggu respons Penjual dalam 3x24 jam sejak Anda mengajukan pengembalian. Jika Penjual menolak pengajuan Anda, silakan menunggu pengecekan dalam waktu 7 hari terhitung sejak Penjual menolak pengajuan. Anda dapat mengecek notifikasi di aplikasi dan email Anda secara berkala untuk mengetahui status pengajuan.
  5. Seluruh langkah pengajuan permintaan pengembalian barang/dana adalah sama dan hanya berbeda dalam hal bukti pendukung.


Waktu proses pengembalian barang/dana

  1. Produk Shopee Mall: Pengembalian barang/dana akan diproses dalam waktu 3-5 hari kerja setelah pesanan yang dikembalikan sampai di alamat Penjual.
  2. Produk Non-Shopee Mall: Pengembalian barang/dana akan diproses dalam 7 hari sejak penginputan resi atau maks. 2 (dua) hari sejak status pengiriman terkirim (jika menggunakan resi dari Shopee).


 Hasil pengajuan Anda akan diinformasikan melalui notifikasi aplikasi Shopee dan email.


⚠️️Catatan

  1. Anda dapat mengajukan pengembalian barang/dana melalui aplikasi Shopee jika pesanan Anda masih dalam masa Garansi Shopee dan belum memilih Pesanan Diterima.
  2. Anda hanya dapat mengajukan pengembalian barang/dana sebanyak 5 (lima) kali pada satu nomor pesanan/order yang sama. Setelah itu, tombol Ajukan Pengembalian akan diblokir dan Anda akan mendapatkan notifikasi yang menyatakan bahwa pengajuan pengembalian telah mencapai batas maksimal.
  3. Dalam menuliskan nominal pengajuan, pastikan Anda hanya menggunakan angka tanpa titik/koma (Contoh: Rp200000) dan maksimal sesuai dengan harga produk. Jika terjadi kesalahan dalam pengajuan nominal, maka Anda dapat melakukan konfirmasi kepada Penjual melalui mediasi secara personal.
  4. Jika Anda melakukan pembelian dengan Voucher, Anda akan mendapatkan pengembalian dana sebesar harga produk setelah dikurangi dengan nilai Voucher.
Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak