Anda dapat mengajukan pengembalian barang/dana dengan cara berikut:
- Melalui aplikasi Shopee
Pilih tab Saya > pilih Dikirim > pilih pesanan > pilih Ajukan Pengembalian > pilih status pengajuan > pilih produk yang diajukan pengembalian > pilih Selanjutnya > pilih Alasan > pilih alasan yang sesuai > pilih Konfirmasi > isi Deskripsi (jika ada) > upload foto bukti pendukung > pilih Kirim.

- Melalui situs Shopee
Pilih Pesanan Saya > pilih Dikirim > pilih pesanan > pilih Ajukan Pengembalian > pilih status pengajuan > pilih produk yang diajukan pengembalian > pilih Lanjutkan > pilih Alasan > isi Deskripsi (jika ada) > upload foto bukti pendukung > pilih Kirim.

Solusi yang tersedia tergantung alasan pengembalian barang/dana yang Anda pilih:

⚠️️Catatan
- Informasi yang perlu Anda isi dalam pengajuan pengembalian barang/dana dapat berbeda-beda, tergantung alasan pengembalian yang dipilih (Contoh: Anda tidak perlu menyertakan bukti untuk pengajuan pengembalian barang/dana dengan alasan Semua pesanan tidak sampai).
- Jika Anda mengajukan pengembalian dana dengan alasan Semua pesanan tidak sampai untuk pesanan yang masih dalam proses pengiriman, perhatikan hal berikut:
- Produk Shopee Mall: Mohon menunggu pengecekan dalam waktu 7 hari terhitung dari tanggal perkiraan pesanan terkirim di aplikasi. Anda dapat mengecek notifikasi di aplikasi dan email Anda secara berkala untuk mengetahui status pengajuan.
- Produk non-Shopee Mall: Mohon menunggu respons Penjual dalam 3x24 jam sejak Anda mengajukan pengembalian. Jika Penjual menolak pengajuan Anda, silakan menunggu pengecekan dalam waktu 7 hari terhitung sejak Penjual menolak pengajuan. Anda dapat mengecek notifikasi di aplikasi dan email Anda secara berkala untuk mengetahui status pengajuan.
- Seluruh langkah pengajuan permintaan pengembalian barang/dana adalah sama dan hanya berbeda dalam hal bukti pendukung.
Waktu proses pengembalian barang/dana
- Produk Shopee Mall: Pengembalian barang/dana akan diproses dalam waktu 3-5 hari kerja setelah pesanan yang dikembalikan sampai di alamat Penjual.
- Produk Non-Shopee Mall: Pengembalian barang/dana akan diproses dalam 7 hari sejak penginputan resi atau maks. 2 (dua) hari sejak status pengiriman terkirim (jika menggunakan resi dari Shopee).
Hasil pengajuan Anda akan diinformasikan melalui notifikasi aplikasi Shopee dan email.
⚠️️Catatan
- Anda dapat mengajukan pengembalian barang/dana melalui aplikasi Shopee jika pesanan Anda masih dalam masa Garansi Shopee dan belum memilih Pesanan Diterima.
- Anda hanya dapat mengajukan pengembalian barang/dana sebanyak 5 (lima) kali pada satu nomor pesanan/order yang sama. Setelah itu, tombol Ajukan Pengembalian akan diblokir dan Anda akan mendapatkan notifikasi yang menyatakan bahwa pengajuan pengembalian telah mencapai batas maksimal.
- Dalam menuliskan nominal pengajuan, pastikan Anda hanya menggunakan angka tanpa titik/koma (Contoh: Rp200000) dan maksimal sesuai dengan harga produk. Jika terjadi kesalahan dalam pengajuan nominal, maka Anda dapat melakukan konfirmasi kepada Penjual melalui mediasi secara personal.
- Jika Anda melakukan pembelian dengan Voucher, Anda akan mendapatkan pengembalian dana sebesar harga produk setelah dikurangi dengan nilai Voucher.