Hi, how can we help?

Pesanan & Pengiriman

Pesanan
Pilihan Pengiriman
Layanan Pengiriman
Penilaian & Ulasan

[Penilaian Produk] Bagaimana cara memberikan penilaian dan ulasan produk?

Anda dapat menilai suatu produk setelah menekan tab Pesanan Selesai. Pesanan yang dikembalikan atau dibatalkan tidak memenuhi syarat untuk penilaian dan ulasan produk.

  1. Memberikan penilaian produk Untuk memberikan penilaian produk, Anda dapat pilih Beri Penilaian melalui tab Saya di halaman utama aplikasi Shopee > pilih Nilai > berikan Nilai. Penilaian yang dapat diberikan yaitu terkait Kualitas Produk, Layanan Penjual, dan Layanan Pengiriman.

  1. Menilai Kualitas Produk Nilai Kualitas Produk menggunakan bintang (Skala tertinggi berupa 5 (lima) bintang)  > Tambah Foto dan/atau Video > tulis ulasan.
  2. Menilai pesanan Nilai Layanan Penjual dan Layanan Pengiriman untuk masing-masing pesanan dengan memberikan bintang (Skala tertinggi berupa 5 (lima) bintang). Setelah Anda selesai memberikan penilaian produk dan pesanan, pilih Kirim.

Definisi:

  1. Kualitas Produk - Kualitas produk yang dijual
  2. Layanan Penjual - Kualitas layanan yang diberikan oleh Penjual (Contoh: Sikap Penjual dan bantuan dalam menjawab pertanyaan)
  3. Layanan Pengiriman - Layanan dan efisiensi kurir

⚠️Catatan

  1. Peringkat rendah untuk Layanan Pengiriman dan Layanan Penjual tidak akan dihitung ke dalam peringkat produk Penjual secara keseluruhan.
  2. Peringkat rendah untuk Kualitas Produk akan dihitung ke dalam peringkat produk Penjual secara keseluruhan.
  3. Anda juga dapat menyembunyikan nama Anda dengan memilih tombol Tinggalkan Ulasan Anda Secara Anonim.
  4. Anda perlu memberikan penilaian terhadap 3 (tiga) aspek tersebut sebelum mengirimkan penilaian.


  1. Memberikan ulasan produk Terdapat beberapa elemen dan kriteria yang dapat Anda gunakan untuk memberi ulasan dan mendapatkan Koin Shopee dari ulasan tersebut:

Saat memberikan ulasan, Anda harus:

  1. Menggunakan bahasa yang sopan.
  2. Menuliskan ulasan dengan jujur berdasarkan pengalaman Anda (Contoh: Apakah barang yang diterima telah memenuhi harapan atau seberapa sesuai barang yang diterima dengan deskripsi produk).
  3. Menampilkan produk dari sudut yang berbeda menggunakan foto atau video untuk membantu memberikan representasi visual yang lebih jelas kepada orang lain tentang produk yang dibeli. Anda dapat mengambil foto atau video secara langsung melalui aplikasi Shopee atau dengan meng-upload dari perangkat Anda.

Yang harus Anda hindari:

  1. Memberikan ulasan yang tidak berhubungan dengan produk, layanan Penjual atau layanan pengiriman.
  2. Menggunakan emoji, kata atau karakter yang berlebihan/berulang dan dianggap sebagai spam.
  3. Menyebarkan informasi pribadi tentang diri sendiri maupun Pengguna lain (Contoh: Alamat, no. handphone atau WhatsApp, akun media sosial, dan no. rekening).
  4. Melakukan promosi produk atau menjual barang.
  5. Menggunakan bahasa, foto atau video yang bersifat menyinggung, kasar, dan provokatif.
  6. Menggunakan bahasa, foto atau video yang mengandung unsur SARA, politik, pornografi, dan kekerasan.
  7. Meng-upload foto/video yang tidak berhubungan dengan produk, layanan Penjual atau layanan pengiriman (Contoh: Foto/video yang dihitamkan atau foto/video yang tidak menampilkan produk).
  8. Memberikan penilaian yang tidak selaras dengan ulasan yang diberikan (Contoh: Memberikan ulasan “produk baik, seller ramah” namun disertai dengan bintang 1).

⚠️Catatan

  1. Setiap ulasan yang tidak mematuhi Pedoman Ulasan Produk di atas akan dihapus oleh Shopee dan Koin Shopee yang diberikan akan ditarik.
  2. Tidak ada Koin Shopee tambahan yang akan diberikan untuk ulasan yang diubah.
  3. Koin Shopee yang didapatkan dari penilaian produk akan bervariasi, tergantung pada kualitas ulasan dan item yang ditinjau. Keputusan akhir diberikan tergantung pada kebijakan Shopee.
Was this article helpful?
Yes
No