Hai, ada yang bisa kami bantu?

Informasi Umum

Akun Shopee
Situs Shopee
Panduan
Bantuan
Layanan Lainnya
Kebijakan
Aplikasi Shopee (Android/iOS)
Keamanan dalam Bertransaksi

[Pengembalian Pengiriman] Bagaimana cara mengirimkan paket saya untuk pengembalian barang?

Anda dapat mengirimkan paket yang akan dikembalikan menggunakan opsi Pengiriman atau Atur Sendiri dalam kurun waktu 5 (lima) hari sejak permohonan pengajuan pengembalian barang disetujui.

Opsi Pengiriman

Berikut jasa kirim yang tersedia untuk opsi Pengiriman dan pastikan berat dan dimensi paket tidak melebihi batas berikut:


Opsi Atur Sendiri

Jika Anda menggunakan opsi Atur Sendiri, pastikan jasa kirim tersebut dapat dilacak. Kemudian, upload informasi pengiriman (no. resi, dokumen pengiriman, dan/atau kuitansi) dengan memilih Masukkan Bukti Pengiriman pada halaman Rincian Pengembalian Barang/Dana di aplikasi Shopee.

Setelah paket dikirim, proses pengajuan permintaan pengembalian barang akan diproses dalam kurun waktu 7 (tujuh) hari kerja. Anda akan diinformasikan mengenai hasil pengajuan tersebut melalui notifikasi pada aplikasi Shopee dan email yang terdaftar.

Tujuan pengiriman paket pengembalian dibedakan berdasarkan jenis pesanan sebagai berikut:


  1. Untuk pesanan dalam negeri Anda harus mengirimkan paket yang akan dikembalikan langsung ke alamat pengembalian Penjual (untuk pembelian dari Non-Shopee Mall) atau Gudang Shopee (untuk pembelian dari Shopee Mall). Pastikan Anda mengirimkan paket pengembalian dalam kurun waktu 5 (lima) hari setelah permintaan pengajuan pengembalian barang disetujui.


  1. Untuk pesanan luar negeri Anda dapat mengirimkan paket ke alamat pengembalian yang tertera didalam sistem. Apabila alamat tidak sesuai, silakan konfirmasi lebih lanjut kepada Penjual melalui fitur Chat.

⚠️️ Catatan:

  1. Produk yang dikembalikan akan diperiksa kondisinya oleh tim Penjual/Gudang Shopee dalam kurun waktu 3 (tiga) - 5 (lima) hari kerja.
  2. Untuk mengajukan Voucher kompensasi sebesar Rp25.000 (tidak termasuk jika dimensi barang melebihi batas maksimal), Anda dapat menghubungi Customer Service Shopee dengan menyertakan no. resi yang valid.
Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak