Pembatalan pesanan dapat dilakukan dengan cara berikut:
- Membatalkan pesanan dari Merchant Pesanan Langsung
Pilih Masalah > pilih alasan pembatalan > pilih ikon Kamera untuk melampirkan bukti alasan pembatalan > pilih Kirim dan Batalkan Pesanan > pilih Konfirmasi.
Pembatalan pesanan dari Merchant Pesanan Langsung HANYA dapat dilakukan saat proses menjalankan pesanan masih berlangsung dan Anda BELUM memilih tombol Antar Pesanan. Untuk alasan tertentu, Anda wajib melakukan konfirmasi ke Pelanggan terlebih dahulu.
Saat ini, fitur Pembatalan Pesanan dari Merchant Pesanan Langsung sudah tersedia untuk seluruh kota Mitra Pengemudi Shopee.
- Membatalkan pesanan dari Merchant Non-Pesanan Langsung
Pilih Masalah > pilih alasan pembatalan > pilih ikon Kamera untuk melampirkan bukti alasan pembatalan > pilih Kirim dan Batalkan Pesanan > pilih Konfirmasi.

Pembatalan pesanan dari Merchant Non-Pesanan Langsung HANYA dapat dilakukan saat proses menjalankan pesanan masih berlangsung dan Anda BELUM memilih tombol Beli Pesanan.
⚠️ Catatan:
- Anda dapat membatalkan pesanan melalui aplikasi tanpa harus menghubungi Customer Service Shopee. Namun, jika Anda mengalami kendala saat membatalkan pesanan melalui aplikasi, Anda diperbolehkan membatalkan pesanan melalui Customer Service Shopee.
- Pembatalan pesanan melalui aplikasi atau Customer Service Shopee akan mempengaruhi performa Mitra Pengemudi Shopee.
- Anda wajib melampirkan bukti foto sesuai dengan situasi di lapangan untuk beberapa alasan tertentu.
- Untuk memaksimalkan jumlah pendapatan dan memberikan pelayanan terbaik bagi Pelanggan, Anda disarankan untuk menerima dan menyelesaikan dengan baik setiap pesanan yang masuk. Jika Anda sedang tidak bisa menerima pesanan, pastikan Anda sudah mengubah status akun Anda menjadi offline.