Hai, ada yang bisa kami bantu?

ShopeeFood

ShopeeFood Buyer
ShopeeFood Merchant
ShopeeFood Driver

[Mitra Pengemudi Shopee] Bagaimana cara melaporkan dan mengajukan penggantian dana untuk pesanan/order fiktif?

Anda dapat melaporkan dan mengajukan penggantian dana apabila Anda sudah terlanjur membeli pesanan, namun Pelanggan tidak dapat dihubungi/ditemukan (pesanan/order fiktif).


Hal yang perlu Anda perhatikan saat menerima pesanan/order fiktif:


  1. Pastikan Anda mengkonfirmasi pesanan dan alamat kepada Pelanggan sebelum melanjutkan pesanan.
  2. Pastikan Anda sudah menghubungi Pelanggan melalui telepon min. 3 (tiga) kali dalam kurun waktu min. 15 menit, meskipun tidak ada jawaban atau nomor tidak dapat dihubungi.
  3. Pastikan Anda sudah mengirim pesan (chat) pada Pelanggan min. 3 (tiga) kali dalam kurun waktu min. 15 menit, meskipun Anda tidak mendapatkan balasan.
  4. Pastikan untuk menyimpan tangkapan layar (screenshot) riwayat panggilan telepon atau pesan (chat) sebagai bukti konfirmasi Anda kepada Pelanggan.
  5. Jika masih tidak ada jawaban, Anda dapat menghubungi Customer Service Shopee, melalui chat di aplikasi Mitra Pengemudi Shopee atau menghubungi layanan Driver Care Online. Tim ShopeeFood akan segera membantu melakukan pengecekan lebih lanjut untuk pesanan tersebut.
  6. Apabila pesanan sudah dibeli, Anda harus mencoba untuk mengantarkan pesanan ke alamat pengantaran sesuai aplikasi.
  7. Jika Pelanggan tetap tidak dapat dihubungi/ditemukan, jangan selesaikan pesanan dan segera hubungi Customer Service Shopee atau chat di aplikasi Mitra Pengemudi Shopee untuk melakukan pembatalan.
  8. Apabila order fiktif terjadi pada:
  9. Jam 05.00 WIB - 21.00 WIB (di hari yang sama):
  10. Anda dapat memberikan makanan/minuman tersebut ke panti asuhan/panti jompo/yayasan sosial. 
  11. Ambil foto serah terima pesanan dengan menunjukkan nama panti asuhan/panti jompo/yayasan sosial dan sertakan bukti tertulis serah terima makanan dengan pihak panti asuhan/panti jompo/yayasan sosial yang secara resmi dituliskan pada kuitansi lengkap dengan KOP panti asuhan.
  12. Setelah itu, Anda bisa melaporkannya dengan mengisi Formulir Pelaporan Order Fiktif untuk melakukan pembatalan pesanan dan penggantian dana.
  13. Setelah jam 21.00 WIB dan sebelum jam 05.00 WIB:
  14. Hubungi layanan Driver Care Online di esok harinya
  15. Tunjukan pesanan (makanan/minuman) tersebut.

9. Apabila pengajuan telah disetujui, Anda akan mendapatkan penggantian dana yang akan dikirimkan melalui dompet dalam jangka waktu 3-5 hari kerja.


Pelajari lebih lanjut informasi mengenai cara menghindari penipuan yang mengatasnamakan ShopeeFood.

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak