Hai, ada yang bisa kami bantu?

Informasi Umum

Akun Shopee
Situs Shopee
Panduan
Bantuan
Layanan Lainnya
Kebijakan
Aplikasi Shopee (Android/iOS)
Keamanan dalam Bertransaksi
Shopee Partner

Syarat Layanan Stoku

1. Pendahuluan


1.1. Selamat datang di Layanan Stoku ("Layanan Stoku"). Layanan Stoku adalah layanan khusus manajemen inventori berbasis web untuk mengatur keluar masuknya stok milik Penjual dari berbagai kanal penjualan dan menyelesaikan pesanan (“Stoku”). Layanan Stoku merupakan layanan tambahan yang disediakan oleh PT Shopee International Indonesia dan afiliasinya dan anak perusahaannya (“Shopee”) bagi para Penjual yang mendaftarkan barang untuk dijual pada atau melalui Situs. Syarat Layanan Stoku ini dibuat untuk mencakup aktivitas yang disediakan oleh Shopee kepada Penjual Indonesia untuk Stoku termasuk, namun tidak terbatas pada, pengumpulan, pencocokan, dan pelaksanaan seluruh transaksi antara Penjual Indonesia dan penjual pembeli berdasarkan Program. Apabila Anda adalah Penjual yang menerima Layanan Stoku, anda akan dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan pada Syarat Layanan Stoku dan Kebijakan Shopee, yang mana Syarat Layanan Stoku ini adalah salah satu bagian daripadanya, dengan partisipasi berkelanjutan Anda pada Stoku. Syarat Layanan Stoku Platform adalah tambahan dari Syarat Layanan dan Kebijakan Shopee lainnya – mohon baca Syarat Layanan dan Kebijakan Shopee lainnya yang tersedia pada Situs karena Syarat Layanan dan Kebijakan Shopee lainnya mengandung informasi penting sehubungan hak dan kewajiban Anda. Setiap ketentuan yang digunakan pada Syarat Layanan Stoku yang tidak didefinisikan disini akan memiliki definisi yang sama dengan yang diberikan pada ketentuan tersebut di dalam Syarat Layanan dan/atau Kebijakan Shopee lainnya yang berlaku. Seluruh syarat dan ketentuan yang dijelaskan di Syarat Layanan Stoku dapat berubah sesuai dengan diskresi Shopee sesuai dengan Syarat Layanan.


1.2. Shopee berhak untuk mengganti, mengubah, menangguhkan atau menghentikan semua atau bagian apapun dari Stoku setiap saat atau setelah memberikan pemberitahuan sebagaimana dipersyaratkan oleh undang-undang dan peraturan setempat. Shopee dapat meluncurkan layanan tertentu pada Stoku atau fitur tertentu dalam versi beta, yang mungkin tidak berfungsi dengan baik atau sama seperti versi akhir, dan kami tidak bertanggung jawab dalam hal demikian. Shopee juga dapat membatasi fitur tertentu atau membatasi akses Anda ke bagian atau seluruh, Layanan Stoku atas kebijakannya sendiri dan tanpa pemberitahuan atau pertanggungjawaban.


1.3. Apabila anda bermaksud untuk berhenti menerima Layanan Stoku, Anda dapat menghubungi tim Shopee di stoku@shopee.com. 


1.4. Dalam hal terdapat perbedaan antara ketentuan di Kebijakan Shopee dan Syarat Layanan Stoku, maka ketentuan di dalam Syarat Layanan Stoku akan tetap berlaku. 


DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN STOKU, ANDA MEMBERIKAN PENERIMAAN DAN PERSETUJUAN YANG TIDAK DAPAT DICABUT ATAS PERSYARATAN PERJANJIAN INI, TERMASUK SYARAT DAN KETENTUAN TAMBAHAN SERTA KEBIJAKAN YANG DISEBUTKAN DI SINI DAN/ATAU TERKAIT DI SINI. 


APABILA ANDA TIDAK MENYETUJUI KETENTUAN INI, MOHON JANGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI ATAU MENGAKSES APLIKASI. 


2. Privasi


2.1. Privasi Anda sangatlah penting bagi kami di Shopee. Untuk melindungi hak-hak Anda dengan lebih baik kami telah menyediakan Kebijakan Privasi Shopee untuk menjelaskan praktik privasi kami secara rinci. Silakan baca Kebijakan Privasi untuk memahami bagaimana Shopee mengumpulkan dan menggunakan informasi yang berkaitan dengan penggunaan Layanan Stoku oleh Anda (“Informasi Penjual”). Dengan menggunakan atau memberikan informasi di Layanan Stoku, Anda:


(a) menyetujui tindakan Shopee untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah konten, data pribadi dan Informasi Penjual Anda sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi;

(b) menyetujui dan mengakui bahwa hak kepemilikan atas Informasi Penjual dimiliki secara bersama oleh Anda dan Shopee; dan

(c) tidak akan, baik secara langsung maupun tidak langsung, mengungkapkan Informasi Penjual Anda kepada setiap pihak ketiga, atau sebaliknya memperbolehkan setiap pihak ketiga untuk mengakses atau menggunakan Informasi Penjual Anda, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Shopee.


2.2 Penjual yang memiliki data pribadi Penjual lainnya melalui penggunaan Layanan Stoku ("Pihak Penerima") dengan ini setuju bahwa, mereka akan (i) mematuhi semua undang-undang perlindungan data pribadi yang berlaku sehubungan dengan data tersebut; (ii) mengizinkan Penjual yang data pribadinya telah dikumpulkan oleh Pihak Penerima ("Pihak yang Mengungkapkan") untuk menghapus datanya yang telah dikumpulkan dari database Pihak Penerima; dan (iii) mengizinkan Pihak yang Mengungkapkan untuk meninjau informasi apa saja yang telah dikumpulkan tentang mereka oleh Pihak Penerima, dalam setiap kasus (ii) dan (iii) di atas, dilakukan sesuai dengan dan bilamana diwajibkan oleh hukum yang berlaku.


3. Akun, Password, dan Keamanan


3.1 Anda setuju bahwa atas alasan apapun, dengan dikresi tunggal, Shopee berwenang, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda atau pihak ketiga lain, untuk melakukan tindakan yang diperlukan atas dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat Layanan Stoku ini dan/atau hukum yang berlaku, termasuk segera pemblokiran akun.


3.2 Penjual dilarang menciptakan dan/atau menggunakan alat, perangkat dan/atau fitur yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Shopee, termasuk namun tidak terbatas pada:


3.1.1 manipulasi data;

3.1.2 scraping/crawling;

3.1.3 kegiatan otomatisasi dalam transaksi;

3.1.4 aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.




3.3 Penjual menyetujui untuk memastikan bahwa Penjual keluar dari akun di setiap akhir sesi dan memberitahu Shopee apabila ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Penjual.


3.4 Penjual bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk seluruh aktivitas dalam akun Penjual.


3.5 Penjual dengan ini menyatakan bahwa Shopee tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Penjual yang diakibatkan oleh kelalaian Penjual, termasuk namun tidak terbatas pada:


3.1.5 meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain,

3.1.6 mengakses tautan yang diberikan oleh pihak lain,

3.1.7 memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi OTP, kata sandi atau e-mail kepada pihak lain,

3.1.8 kelalaian Penjual lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Penjual.


4. Layanan Stoku


4.1. Stoku adalah sistem manajemen inventori berbasis web untuk mengatur keluar masuknya barang dari berbagai kanal dan juga menyelesaikan pesanan dari toko Shopee. Untuk menghindari keragu-raguan, Stoku bukanlah layanan manajemen pergudangan atau logistik. 


4.2. Layanan Stoku memungkinkan Penjual untuk mengatur keluar masuknya barang milik Penjual yang didaftarkan di Shopee dan juga di kanal e-commerce lain dimana Penjual terdaftar dengan cara manual. Dengan demikian, sistem Layanan Stoku tidak dapat mengakses atau menghubungkan toko Penjual di Platform dengan toko lain milik Penjual yang terdaftar di e-commerce lainnya. 


4.3. Bagi Penjual yang menerima layanan Stoku, Shopee akan menyambungkan toko Penjual ke situs Stoku dengan menggunakan koneksi application programming interface untuk mensinkronisasi stok toko dan histori penjualan secara otomatis. 


4.4. Dengan menggunakan Layanan Stoku, Penjual dapat mendapatkan layanan, antara lain:


4.4.1. Pemrosesan pencatatan inventori di dalam situs Stoku;

4.4.2. Pengingat apabila stok menipis;

4.4.3. Penggabungan stok untuk produk yang dijual di beberapa toko yang berbeda

4.4.4. Pembuatan barcode di produk yang dijual oleh Penjual

4.4.5. Mengunduh informasi toko 

4.4.6. Fitur lokasi dimana stok disimpan

4.4.7. Pengaturan pengiriman massal untuk produk yang berasal dari toko di Situs Shopee


4.5. Apabila Penjual ingin mendapatkan Layanan Stoku, Penjual dapat menghubungi tim Shopee agar tim Shopee dapat memberikan arahan untuk melakukan pengaturan akun sampai siap digunakan oleh Penjual.


5. Kewajiban, Pernyataan, dan Jaminan


5.1. Tidak ada ketentuan di dalam Syarat Layanan Stoku ini yang membebaskan Penjual dari setiap kewajiban, tanggung jawab, pernyataan atau jaminan kepada pembeli sesuai dengan Syarat Layanan, Kebijakan Shopee atau berdasarkan pelaksanaan hukum sehubungan dengan produk.


5.2. Layanan Stoku beserta seluruh data Penjual yang dikelola melalui fitur Stoku akan tunduk pada kebijakan kerahasiaan sesuai dengan Kebijakan Privasi Shopee. Untuk menghindari keragu-raguan, setiap biaya yang berlaku untuk Penjual Indonesia sebagaimana diatur di dalam Syarat Layanan dan Kebijakan Shopee, akan tetap berlaku.


5.3. Penjual setuju untuk mengganti rugi, membela dan membebaskan Shopee, dan para pemegang saham, anak perusahaan, afiliasi, direktur, petugas, agen, pemilik merek bersama dan mitra lainnya, serta karyawannya (secara bersama-sama disebut "Pihak yang Diberi Ganti Rugi") dari dan terhadap setiap dan semua klaim, tindakan hukum (termasuk namun tidak terbatas pada tindakan hukum perdata dan pidana), proses hukum, dan gugatan dan semua hal yang berkaitan dengan kewajiban, kerugian, penyelesaian, penalti, denda, biaya dan pengeluaran (termasuk, dengan tidak terbatas pada, setiap biaya penyelesaian permasalahan lainnya) yang dikeluarkan oleh Pihak yang Diberi Ganti Rugi yang timbul dari atau berkaitan dengan: (a) pelanggaran atas ketentuan apapun dari Syarat Layanan Stoku ini atau setiap kebijakan atau pedoman yang dirujuk di sini, (b) penggunaan atau penyalahgunaan Layanan oleh Anda, (c) pelanggaran terhadap hukum atau hak pihak ketiga oleh Anda atau (d) setiap Konten yang diunggah oleh Anda.


5.4 Penjual setuju untuk tunduk pada Peraturan Komunitas Shopee https://seller.shopee.co.id/edu/article/11740 , dan tidak melakukan tindakan-tindakan seperti: (a) memberikan informasi yang tidak sesuai atau (b) mengumpulkan data di Shopee melalui cara yang tidak sah seperti crawling dan/atau scraping, dan tindakan-tindakan lain yang dilarang untuk dilakukan berdasarkan Peraturan Komunitas Shopee.



6. Penolakan Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab


6.1 Shopee adalah suatu perusahaan portal web yang menyediakan platform dalam menyediakan layanan kepada Penjual. Shopee selalu berupaya untuk menjaga Layanan Stoku aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan Stoku dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam Layanan Stoku memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time. Penjual menyetujui bahwa dengan memanfaatkan Layanan Stoku atas risiko Penjual sendiri, dan Layanan Stoku diberikan kepada Penjual pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA". Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Shopee (termasuk induk perusahaan, direktur, dan karyawan) tidak bertanggung jawab, dan Penjual menyetujui untuk tidak menuntut Shopee bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:


• Penggunaan atau ketidakmampuan Penjual dalam menggunakan Layanan Stoku.

• Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan Stoku.

• Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh Penjual.

• Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.

• Pencemaran nama baik pihak lain.

• Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selain fitur Gold Merchant, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Layanan Stoku.

• Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan Stoku.

• Kerusakan pada perangkat keras Penjual dari penggunaan Layanan Stoku.

• Tindakan penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Penjual.

• Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Penjual.


7. Permasalahan


7.1 Dalam hal timbul masalah Penjual setuju untuk terlebih dahulu berkomunikasi dengan Shopee untuk menyelesaikan permasalahan atas dasar diskusi bersama, yang mana Shopee akan menggunakan usaha komersial yang wajar untuk memfasilitasi. Apabila permasalahan tersebut tidak dapat diselesaikan atas dasar diskusi bersama, Penjual dapat pergi ke pengadilan klaim di yurisdiksi Republik Indonesia untuk menyelesaikan setiap masalah yang timbul dari suatu transaksi.


8. Pembaruan

8.1 Syarat Layanan Stoku ini mungkin diubah dan/atau diperbaharui tanpa pemberitahuan sebelumnya, oleh karena itu Shopee menghimbau agar Penjual membaca secara cermat dan memeriksa halaman Syarat Layanan Stoku ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Penjual yang tetap mengakses dan menggunakan Layanan Stoku dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat Layanan Stoku ini.


9. Penafian

9.1 LAYANAN STOKU DISEDIAKAN "APA ADANYA" DAN TANPA GARANSI, KLAIM ATAU PERNYATAAN APAPUN YANG DIBUAT OLEH SHOPEE DALAM BENTUK APAPUN BAIK TERSURAT, TERSIRAT ATAU MENURUT UNDANG-UNDANG SEHUBUNGAN DENGAN LAYANAN, TERMASUK, DENGAN TIDAK TERBATAS PADA, GARANSI KUALITAS, KINERJA, TIDAK ADANYA PELANGGARAN, KELAYAKAN UNTUK DIPERDAGANGKAN, ATAU KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU, DAN JUGA TIDAK ADA JAMINAN YANG DIBUAT SELAMA HUBUNGAN, SELAMA PELAKSANAAN ATAU PENGGUNAAN PERDAGANGAN. DENGAN TIDAK MEMBATASI KETENTUAN DI ATAS DAN SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, SHOPEE TIDAK MENJAMIN BAHWA LAYANAN STOKU, ATAU FUNGSI YANG TERDAPAT DI DALAMNYA AKAN TERSEDIA, DAPAT DIAKSES, TANPA GANGGUAN, TEPAT WAKTU, AMAN, AKURAT, LENGKAP ATAU BEBAS DARI KESALAHAN, BAHWA KECACATAN, BILA ADA, AKAN DIPERBAIKI, ATAU BAHWA LAYANAN STOKU INI DAN/ATAU SERVER YANG MEMUNGKINKAN LAYANAN STOKU INI MENJADI TERSEDIA BEBAS DARI VIRUS, JAM, TIMER, PENGHITUNG, WORM, PENGUNCIAN PERANGKAT LUNAK, DROP DEAD DEVICE, TROJAN HORSE, PERUTEAN, PINTU JEBAKAN, BOM WAKTU ATAU SETIAP KODE, INSTRUKSI, PROGRAM ATAU KOMPONEN BERBAHAYA LAINNYA.


9.2 ANDA MENGAKUI BAHWA SELURUH RISIKO YANG TIMBUL DARI PENGGUNAAN ATAU KINERJA LAYANAN STOKU DAN/ATAU LAYANAN TETAP DITANGGUNG OLEH ANDA SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU.


9.3 SHOPEE TIDAK MEMILIKI KENDALI ATAS DAN, SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, TIDAK MENJAMIN ATAU BERTANGGUNG JAWAB UNTUK KESESUAIAN TUJUAN, KEBERADAAN, KUALITAS, KEAMANAN ATAU LEGALITAS BARANG YANG TERSEDIA MELALUI LAYANAN STOKU; SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, PENJUAL MEMBEBASKAN SHOPEE DAN AFILIASINYA DARI SETIAP DAN SEMUA KLAIM, TUNTUTAN DAN GANTI RUGI YANG TIMBUL DARI ATAU SEHUBUNGAN DENGAN PERMASALAHAN TERSEBUT.


10. Pengecualian dan Batasan Tanggung Jawab

10.1 SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, DALAM KEADAAN APAPUN SHOPEE TIDAK AKAN BERTANGGUNG JAWAB BAIK DALAM HAL KONTRAK, GARANSI, PERBUATAN MELAWAN HUKUM (TERMASUK, DENGAN TIDAK TERBATAS PADA, PENGABAIAN (BAIK APAKAH AKTIF, PASIF ATAU DIPERHITUNGKAN), KEWAJIBAN PRODUK, KEWAJIBAN KETAT ATAU TEORI LAINNYA), ATAU PENYEBAB LAINNYA DARI TINDAKAN HUKUM, DALAM KEADILAN, OLEH UNDANG-UNDANG ATAU HAL LAINNYA, UNTUK: 



10.1.1 (A) HILANGNYA PENGGUNAAN; 

     (B) HILANGNYA KEUNTUNGAN; 

     (C) HILANGNYA PENDAPATAN; 

     (D) HILANGNYA DATA; 

     (E) HILANGNYA GOOD WILL; ATAU 

     (F) KEGAGALAN MEREALISASIKAN SIMPANAN YANG DIPERKIRAKAN, UNTUK SETIAP KASUS BAIK SECARA LANGSUNG MAUPUN TIDAK LANGSUNG; ATAU


10.1.2 SETIAP KERUGIAN TIDAK LANGSUNG, INSIDENTIL, KHUSUS ATAU KONSEKUENSIAL, YANG TIMBUL DARI ATAU SEHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN ATAU KETIDAKMAMPUAN UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN STOKU, TERMASUK, DENGAN TIDAK TERBATAS PADA, SETIAP KERUGIAN YANG DIAKIBATKAN OLEHNYA, BAHKAN JIKA SHOPEE TELAH DIBERI TAHU TENTANG KEMUNGKINAN KERUGIAN TERSEBUT.

10.2 ANDA MENGAKUI DAN SETUJU BAHWA SATU-SATUNYA HAK ANDA SEHUBUNGAN DENGAN SETIAP MASALAH ATAU KETIDAKPUASAN DENGAN LAYANAN ADALAH UNTUK MEMINTA PENGAKHIRAN AKUN ANDA DAN/ATAU BERHENTI MENGGUNAKAN LAYANAN STOKU.


10.3 JIKA, MENYIMPANG DARI BAGIAN SEBELUMNYA, OLEH PENGADILAN DI YURISDIKSI YANG KOMPETEN SHOPEE DITEMUKAN BERTANGGUNG JAWAB (TERMASUK UNTUK KELALAIAN BERAT), MAKA, SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM, TANGGUNG JAWABNYA KEPADA ANDA ATAU KEPADA PIHAK KETIGA TERBATAS PADA YANG LEBIH KECIL ANTARA: (A) SETIAP JUMLAH YANG JATUH TEMPO DAN HARUS DIBAYAR KEPADA ANDA BERDASARKAN TRANSAKSI; DAN (B) RP 1.000.000 (SATU JUTA RUPIAH).


10.4 TIDAK ADA HAL APAPUN DALAM SYARAT LAYANAN INI YANG AKAN MEMBATASI ATAU MENGECUALIKAN TANGGUNG JAWAB UNTUK KEMATIAN ATAU CEDERA PRIBADI YANG DISEBABKAN OLEH KELALAIAN SHOPEE, UNTUK PENIPUAN ATAU UNTUK TANGGUNG JAWAB LAIN PADA PIHAK SHOPEE YANG TIDAK DAPAT DIBATASI DAN/ATAU DIKECUALIKAN SECARA HUKUM.


11. Pernyataan dan Jaminan Anda 


11.1  Anda menyatakan dan menjamin bahwa:


(a) Anda memiliki kapasitas hukum, hak dan kemampuan untuk mengikatkan diri pada Syarat Layanan Stoku ini dan mematuhi ketentuan-ketentuannya; dan


(b) Anda akan menggunakan Layanan Stoku untuk tujuan yang sah saja dan sesuai dengan Syarat Layanan Stoku ini serta semua undang-undang, aturan, kode, arahan, pedoman, kebijakan dan peraturan yang berlaku.


12. Ganti Rugi


12.1 Anda setuju untuk mengganti rugi, membela dan membebaskan Shopee, dan para pemegang saham, anak perusahaan, afiliasi, direktur, petugas, agen, pemilik merek bersama dan mitra lainnya, serta karyawannya (secara bersama-sama disebut "Pihak yang Diberi Ganti Rugi") dari dan terhadap setiap dan semua klaim, tindakan hukum (termasuk namun tidak terbatas pada tindakan hukum perdata dan pidana), proses hukum, dan gugatan dan semua hal yang berkaitan dengan kewajiban, kerugian, penyelesaian, penalti, denda, biaya dan pengeluaran (termasuk, dengan tidak terbatas pada, setiap biaya penyelesaian permasalahan lainnya) yang dikeluarkan oleh Pihak yang Diberi Ganti Rugi yang timbul dari atau berkaitan dengan: (a) setiap transaksi yang dibuat di Layanan Stoku, atau setiap permasalahan terkait dengan transaksi tersebut, (b) hosting, pengoperasian, pengelolaan dan/atau administrasi Layanan Stoku oleh atau atas nama Shopee, (c) pelanggaran atas ketentuan apapun dari Syarat Layanan Stoku ini atau setiap kebijakan atau pedoman yang dirujuk di sini oleh Anda, (d) penggunaan atau penyalahgunaan Layanan Stoku oleh Anda, (e) pelanggaran terhadap hukum atau hak pihak ketiga oleh Anda.


12.2 Penjual melepaskan Shopee dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Shopee (termasuk induk perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Penjual melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan Stoku yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

13. Keterpisahan


13.1 Apabila ada ketentuan dari Syarat Layanan Stoku ini yang dianggap melanggar hukum, batal, atau karena alasan apapun tidak dapat diberlakukan berdasarkan hukum di yurisdiksi tersebut, maka ketentuan tersebut harus dianggap dapat dipisahkan dari syarat dan ketentuan ini dan tidak akan memengaruhi keabsahan dan keberlakuan setiap ketentuan yang tersisa di yurisdiksi tersebut maupun keabsahan dan keberlakuan ketentuan tersebut berdasarkan hukum di yurisdiksi lainnya.


14. Hukum yang Mengatur


14.1 Syarat Layanan Stoku ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan prinsip-prinsip hukumnya. Setiap permasalahan, kontroversi, klaim, atau perbedaan yang timbul dari atau sehubungan dengan Syarat Layanan terhadap atau yang berkaitan dengan Shopee atau salah satu Pihak yang Diberi Ganti Rugi berdasarkan Syarat Layanan ini akan dirujuk dan pada akhirnya diselesaikan di arbitrase di Singapura sesuai dengan Aturan Arbitrase Singapore International Arbitration Centre ("Aturan SIAC") yang berlaku saat itu, di mana aturan tersebut dianggap dimasukkan sebagai referensi dalam Bagian ini. Akan ada satu (1) arbitrator dan bahasa arbitrase menggunakan Bahasa Inggris. 



15. KETENTUAN UMUM


15.1 Shopee mencadangkan semua hak yang tidak secara tegas diberikan di sini. 


15.2 Shopee dapat mengubah Syarat Layanan ini setiap saat dengan memposting Syarat Layanan yang direvisi di Layanan Stoku ini. Penggunaan Layanan Stoku oleh Anda setelah perubahan tersebut diposting dianggap sebagai penerimaan Anda terhadap Syarat Layanan yang direvisi tersebut. 


15.3 Anda tidak boleh memberikan, mensublisensikan atau memindahkan hak apapun yang diberikan kepada Anda di sini atau mensubkontrakkan salah satu kewajiban Anda.


15.4 Tidak ada hal dalam Syarat Layanan Stoku ini yang dapat diartikan sebagai hubungan kemitraan, usaha patungan atau pemberi kuasa-penerima kuasa antara Anda dan Shopee, dan juga tidak memberikan wewenang kepada Anda untuk mengeluarkan biaya atau kewajiban apapun atas nama Shopee. 


15.5 Kegagalan Shopee setiap saat atau pada waktu-waktu tertentu untuk mewajibkan pelaksanaan ketentuan apapun dalam Syarat Layanan ini tidak akan memengaruhi haknya dengan cara apapun di waktu kemudian untuk memberlakukan ketentuan tersebut kecuali ketentuan tersebut dikesampingkan secara tertulis.


15.6 Syarat Layanan Stoku ini semata-mata untuk manfaat Anda dan kami saja dan bukan untuk manfaat orang atau entitas lain, kecuali untuk afiliasi dan anak perusahaan Shopee (dan masing-masing penerus dan wakil dari Shopee dan afiliasi dan anak perusahaannya). 


15.7 Ketentuan yang tercantum dalam Syarat Layanan Stoku ini dan setiap perjanjian dan kebijakan yang disertakan atau dirujuk dalam Syarat Layanan Stoku ini membentuk seluruh perjanjian dan pemahaman antara para pihak sehubungan dengan Layanan Stoku dan menggantikan setiap perjanjian atau pemahaman sebelumnya antara para pihak sehubungan dengan hal tersebut. Dengan ini para pihak juga mengecualikan semua ketentuan yang tersirat. Dalam memasuki perjanjian yang dibentuk oleh Syarat Layanan Stoku ini, para pihak tidak bersandar pada informasi, pernyataan, garansi, pemahaman, kesanggupan, janji atau jaminan siapa pun selain yang secara tegas diatur dalam Syarat Layanan Stoku ini. Setiap pihak dengan tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat melepaskan semua klaim, hak dan upaya hukum yang seharusnya dimiliki Bagian ini sehubungan dengan hal apapun dalam ketentuan sebelumnya. Syarat Layanan Stoku ini tidak dapat dibantah, dijelaskan atau dilengkapi dengan bukti perjanjian sebelumnya, perjanjian lisan pada saat yang bersamaan atau setiap ketentuan tambahan yang konsisten.


15.8 Apabila Anda memiliki pertanyaan atau masalah tentang Syarat Layanan Stoku ini atau persoalan yang muncul dalam Layanan Stoku, silakan hubungi kami di: stoku@shopee.com.


SAYA TELAH MEMBACA PERJANJIAN INI DAN MENYETUJUI SEMUA KETENTUAN YANG TERCANTUM DI ATAS DAN SETIAP REVISI YANG DILAKUKAN ATASNYA SESUDAHNYA. DENGAN MENGEKLIK TOMBOL "DAFTAR", SAYA MEMAHAMI BAHWA SAYA SEDANG MEMBUAT TANDA TANGAN DIGITAL, YANG SAYA MAKSUDKAN UNTUK MEMILIKI KEKUATAN DAN AKIBAT YANG SAMA SEPERTI BILA SAYA MENANDATANGANI NAMA SAYA SECARA MANUAL.


Terakhir diubah: 24 Februari 2022

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak