Hi, how can we help?

Informasi Umum

Akun Shopee
Situs Shopee
Panduan
Bantuan
Layanan Lainnya
Kebijakan
Aplikasi Shopee (Android/iOS)
Keamanan dalam Bertransaksi

Syarat dan Ketentuan Program Cashback Xtra

1. Program Cashback Xtra adalah sebuah program yang diselenggarakan oleh Shopee untuk para Penjual dimana Penjual yang terundang dapat ikut serta untuk mendapatkan subsidi cashback yang dapat digunakan untuk pelanggan toko sesuai dengan syarat dan ketentuan program Cashback Xtra (“Program Cashback Xtra”). Berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang berlaku terhadap Program Cashback Xtra, yang ditentukan oleh Shopee dari waktu ke waktu berdasarkan Kebijakan Shopee, sesuai dengan Persyaratan Layanan.


2. Untuk mengetahui kriteria menjadi Peserta Program (sebagaimana didefinisikan di bawah ini), Penjual dapat membuka tautan ini. Shopee dapat sewaktu-waktu mengubah kriteria untuk menjadi Peserta Program dan rincian Program Cashback Xtra dengan kebijaksanaannya sendiri, berdasarkan Kebijakan Shopee, sesuai dengan Persyaratan Layanan.


3. Program Cashback Xtra hanya dapat diikuti oleh Penjual yang terundang oleh Shopee yang, sebagaimana dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan kebijakan Shopee, memenuhi kriteria antara lain: (a) toko mempunyai minimal 1 produk aktif dengan stok minimal 1 (b) toko memiliki akumulasi poin penalti kurang dari 3 (c) toko berstatus aktif dan menerima pesanan dalam 7 hari terakhir (d) Penjual tidak sedang mengaktifkan fitur toko libur (e) tidak mempunyai riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program lainnya untuk kepentingan pribadi (“Penjual Terundang”). Apabila Penjual bukan Penjual Terundang, maka Shopee dapat menolak permintaan Penjual tersebut untuk ikut serta dalam Program Cashback Xtra. Penjual Terundang akan menjadi peserta Program Cashback Xtra setelah Penjual Terundang menerima konfirmasi dari Shopee (“Peserta Program”). 


4. Peserta Program mengakui dan setuju untuk membayarkan Biaya Layanan Program Cashback Xtra untuk setiap transaksi yang berhasil (“Biaya Layanan Program Cashback Xtra”). Transaksi berhasil yang dimaksud adalah transaksi dimana Pembeli telah menerima Produk dan Penjual telah menerima pembayaran tanpa adanya pengembalian dana maupun barang. 


5. Berikut adalah Biaya Layanan Program Cashback Xtra yang dibebankan kepada Penjual sesuai dengan status Penjual:



Status Penjual 

Total Biaya Layanan

Penjual Non- Star

Biaya Layanan Program Cashback Xtra = Harga original Produk– total diskon produk dan/atau voucher diskon ditanggung Penjual) x 1.4% (Diskon 30% dari Biaya Layanan normal sebesar 2%)

Catatan: belum termasuk Biaya Administrasi Non-Star bagi Penjual Non-Star dengan jumlah pesanan lebih dari 100

Penjual Star & Star+

Biaya Layanan Program Cashback Xtra = (Harga original Produk– diskon produk dan/atau voucher diskon ditanggung Penjual) x 1.4% (Diskon 30% dari Biaya Layanan normal sebesar 2%)


Catatan: belum termasuk Biaya Administrasi Star & Star+ untuk Penjual Star & Star+

Penjual Mall

Biaya Layanan Program Cashback Xtra = (Harga original Produk– diskon produk dan/atau voucher diskon ditanggung Penjual) x 1.4% (Diskon 30% dari Biaya Layanan normal sebesar 2%)


Catatan: belum termasuk Biaya Administrasi untuk Produk Mall bagi Penjual Mall dan Biaya Pembayaran bagi Penjual Mall*

*Ketentuan ini akan mulai berlaku pada tanggal 1 September 2022



6. Untuk menghindari keragu-raguan:


a) Bagi Penjual dengan status Penjual Non-Star dengan jumlah pesanan kurang dari 100, Peserta Program memahami dan setuju bahwa maksimum nilai Biaya Layanan Program Cashback Xtra yang dibayarkan oleh Peserta Program adalah Rp 10.000 (sepuluh ribu Rupiah) per kuantitas produk. 


b) Bagi Penjual dengan status Penjual Non-Star dengan jumlah pesanan lebih dari 100, Penjual Star, Penjual Star+,Penjual Mall, Peserta Program memahami dan setuju bahwa maksimum nilai Biaya Layanan Program Cashback Xtra yang dibayarkan oleh Peserta Program, tidak termasuk Biaya Administrasi untuk Produk Mall bagi Penjual Mall atau Biaya Administrasi Non-Star bagi Penjual Non-Star dengan jumlah pesanan lebih dari 100 atau Biaya Administrasi Star bagi Penjual Star atau Biaya Administrasi Star+ bagi Penjual Star+, adalah Rp 10.000 (sepuluh ribu Rupiah) per kuantitas produk. 


c) Shopee berhak mengubah maksimum nilai Biaya Layanan Program Cashback Xtra dari waktu ke waktu dengan pemberitahuan kepada Peserta Program. 


7. Biaya Layanan Program Cashback Xtra merupakan Biaya Layanan tambahan dari biaya-biaya administrasi lainnya yang dibebankan kepada Penjual secara khusus.


8. Peserta Program akan mendapatkan subsidi dalam bentuk voucher cashback yang dapat digunakan oleh Pembeli (“Subsidi Cashback”) dengan nilai nominal tertentu yang akan diterbitkan dalam bentuk voucher elektronik (“Voucher Cashback”). Voucher Cashback dapat digunakan oleh Pembeli dengan minimum nilai belanja sebesar Rp 50.000,00 (lima puluh ribu Rupiah) (“Nilai Minimum Belanja”) dan cashback sebesar 5% sampai dengan Rp 20.000,00 (dua puluh ribu Rupiah) dengan metode pembayaran ShopeePay/ShopeePayLater. Untuk menghindari keragu-raguan, Voucher Cashback yang dapat digunakan oleh Pembeli akan diberikan di dalam bentuk Koin Shopee. Sewaktu-waktu Shopee berhak untuk mengubah nilai Subsidi Cashback dan Nilai Minimum Belanja sesuai dengan kebijakan dan pertimbangan Shopee dengan pemberitahuan kepada Peserta Program dengan ketentuan bahwa (i) perubahan tersebut akan berlaku secara efektif segera setelah pemberitahuan perubahan disampaikan oleh Shopee kepada Peserta Program melalui media komunikasi yang ditentukan oleh Shopee dan (i) Shopee akan menyesuaikan Syarat dan Ketentuan Program Cashback Xtra untuk merefleksikan perubahan tersebut selambat-lambatnya 7 hari kalender setelah pemberitahuan tersebut disampaikan oleh Shopee.


9. Shopee berhak untuk menangguhkan dan/atau memberhentikan Program Cashback Xtra untuk Peserta Program tertentu apabila:


(a) Shopee menemukan adanya indikasi kecurangan atau penyalahgunaan oleh Peserta Program. Dalam hal Shopee menemukan adanya indikasi kecurangan atau penyalahgunaan oleh Peserta Program yang merugikan Shopee, Shopee berhak untuk meminta Peserta Program untuk menanggung seluruh Subsidi Cashback yang telah diberikan kepada Peserta Program selama mengikuti Program Cashback Xtra; dan/atau


(b) Penjual mendapatkan akumulasi 3 poin penalti atau lebih sesuai dengan Ketentuan Poin Penalti. Ketentuan mengenai poin penalti dan jumlah poin penalti dalam hal ini sesuai dengan yang terdapat di halaman performa toko di Seller Centre (“Ketentuan Poin Penalti”). Untuk menghindari keragu-raguan, “Seller Centre” adalah Seller Centre yang terdapat di dalam Platform Shopee. Dalam hal Program Cashback Xtra diberhentikan dengan alasan penalti, Penjual setuju dan mengakui bahwa tidak ada pengembalian dana atau kompensasi yang akan diberikan dari Shopee untuk Penjual.


10. Apabila Peserta Program bermaksud memberhentikan keikutsertaannya pada program, maka Peserta Program dapat mengisi formulir yang dapat dilihat di tautan ini. Dalam hal Peserta Program mengajukan permintaan untuk memberhentikan keikutsertaannya pada maksimum hari Senin, Pk 23.59 WIB, maka Peserta Program tersebut akan diberhentikan keikutsertaannya pada hari Sabtu yang jatuh pada minggu yang sama. Dalam hal Peserta Program mengajukan permintaan untuk memberhentikan keikutsertaannya setelah hari Senin, Pk 23.59 WIB, maka Peserta Program tersebut akan diberhentikan keikutsertaannya pada hari Sabtu yang jatuh pada minggu berikutnya. 


11. Peserta Program mengakui dan setuju bahwa Biaya Layanan Program Cashback Xtra akan secara tetap dibebankan kepada Peserta Program dalam hal Pembeli menyelesaikan transaksi dengan atau tanpa menggunakan Voucher Cashback yang telah diterbitkan untuk Penjual.


12. Shopee berhak untuk sewaktu-waktu mengubah, menambahkan, atau memodifikasi syarat dan ketentuan ini tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna. 


Terakhir diubah: 26 September 2022











Was this article helpful?
Yes
No