Hai, ada yang bisa kami bantu?

Informasi Umum

Akun Shopee
Situs Shopee
Panduan
Bantuan
Layanan Lainnya
Kebijakan
Aplikasi Shopee (Android/iOS)
Keamanan dalam Bertransaksi
Shopee Partner

Syarat dan Ketentuan Program Streamer Partner

1. Pendahuluan


1.1 Selamat datang di Program Streamer Partner. Program Streamer Partner ini adalah layanan tambahan yang disediakan oleh PT Shopee International Indonesia dan afiliasinya dan anak perusahaannya (“Shopee”) dimana Shopee akan menyediakan jasa promosi dengan memberikan Shopee Streamer untuk Penjual untuk mempromosikan produk Penjual melalui fitur Shopee Live sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh Shopee (“Program Streamer Partner” atau “Program”). “Shopee Streamer” adalah yang orang yang ditunjuk oleh Shopee untuk menjadi Host di sesi livestreaming pada fitur Shopee Live. Apabila Anda adalah Penjual yang mengikuti Program Streamer Partner, Anda dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan pada Syarat dan Ketentuan Program Streamer Partner dan Kebijakan Shopee, yang mana Syarat dan Ketentuan Program Streamer Partner ini adalah salah satu bagian daripadanya, dengan partisipasi berkelanjutan Anda pada Program. Syarat dan Ketentuan Program Streamer Partner adalah tambahan dari Syarat Layanan dan Kebijakan Shopee lainnya – mohon baca Syarat Layanan dan Kebijakan Shopee lainnya yang tersedia pada Situs karena Syarat Layanan dan Kebijakan Shopee lainnya mengandung informasi penting sehubungan hak dan kewajiban Anda. Setiap ketentuan yang digunakan pada Syarat dan Ketentuan Program Streamer Partner yang tidak didefinisikan disini akan memiliki definisi yang sama dengan yang diberikan pada ketentuan tersebut di dalam Syarat Layanan dan/atau Kebijakan Shopee lainnya yang berlaku. Seluruh syarat dan ketentuan yang dijelaskan di Syarat dan Ketentuan Program Streamer Partner dapat berubah sesuai dengan diskresi Shopee sesuai dengan Syarat Layanan.


1.2 Shopee berhak untuk mengganti, mengubah, menangguhkan atau menghentikan semua atau bagian apapun dari Program setiap saat atau setelah memberikan pemberitahuan sebagaimana dipersyaratkan oleh undang-undang dan peraturan setempat. Shopee juga dapat membatasi fitur tertentu atau membatasi akses Anda ke bagian atau seluruh, Program atas kebijakannya sendiri dan tanpa pemberitahuan atau pertanggungjawaban.

 

2. Partisipasi Sebagai Peserta Program


2.1 Penjual akan menjadi peserta Program apabila Penjual terpilih oleh Shopee dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Shopee agar Penjual bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan terkait layanan promosi dan pemasaran lewat mekanisme yang telah ditetapkan oleh Shopee (“Peserta Program”).


2.2 Peserta Program wajib setuju dan/atau menandatangani Formulir Partisipasi Program Streamer Partner , dalam bentuk yang disediakan dan disetujui oleh Shopee, yang berisi hal-hal rinci terkait dengan partisipasi Penjual pada Program Streamer Partner (“Formulir Partisipasi”). Formulir Partisipasi akan berlaku dan dianggap sebagai suatu perjanjian yang sah dan mengikat antara Penjual dan Shopee sehubungan dengan Program Streamer Partner.


2.3 Dengan menjadi Peserta Program, Penjual akan mendapatkan Shopee Live advisor dan Shopee Streamer untuk mempromosikan produk Penjual sesuai dengan jadwal yang akan disepakati oleh Penjual dan Shopee.


3. Ketentuan Umum Program Streamer Partner


3.1 Penjual akan resmi terdaftar menjadi peserta Program setelah Penjual melakukan pembayaran biaya jasa kepada Shopee. Shopee akan memberikan informasi tautan pembayaran untuk Penjual dan pembayaran wajib dilakukan pada waktu yang telah disetujui oleh pihak Penjual dan Shopee. Apabila Penjual tidak melakukan pembayaran pada waktu yang ditentukan, maka pendaftaran dianggap batal.


3.2 Setelah melakukan pembayaran, Penjual akan mendapatkan konfirmasi bahwa telah terdaftar menjadi Peserta Program. Setiap minggu pada jadwal yang telah ditentukan, Shopee LIVE Advisor (SLA) akan berdiskusi dengan pihak penjual untuk merencanakan dan menjalankan Program Streamer Partner. Adapun informasi-informasi terkait yang diminta oleh Shopee, antara lain:


a. Tipe paket yang dipilih;

b. Ciri-ciri Shopee Streamer (Host) yang diinginkan; mencakup jenis kelamin, rentang usia, dan kategori produk yang dijual.

c. Jadwal penayangan;

d. Pesan utama sebagai masukan untuk Host;

e. Tautan kepada SKU yang akan dipromosikan.

f. Promosi yang akan diberikan selama jadwal penayangan.

 

3.3 Shopee akan memberikan rekomendasi Shopee Streamer (maksimal 3 Host) sesuai dengan ciri-ciri Host yang telah diinformasikan sebelumnya, paling lambat 3 hari sebelum tanggal tayang.


3.4 Pembayaran tidak termasuk harga barang yang dikirimkan ke Shopee untuk kebutuhan promosi dan biaya pengiriman dari Penjual ke Shopee. Biaya pengiriman barang ditanggung oleh pihak Penjual.


3.5 Penjual setuju untuk menyerahkan produk secara fisik kepada Shopee pada waktu dan tanggal yang telah ditentukan oleh Shopee. Apabila Penjual menginginkan pengembalian produk fisik setelah penayangan dilakukan, maka Penjual dapat menginformasikan hal tersebut kepada Shopee.


3.6 Jika Penjual menginginkan pengembalian produk fisik setelah livestreaming dilakukan, Host dapat mengembalikan Produk ke tempat Penjual maksimal 7 hari setelah livestreaming berakhir. Ongkos kirim maksimal yang ditanggung oleh Host adalah Rp 150.000 dan apabila ongkos kirim lebih dari Rp 150.000, maka Penjual yang harus menanggung kelebihan nya.


3.7 Penjual memahami bahwa: (a) Apabila Penjual telah melakukan pembayaran namun tidak mengirimkan barang kepada Shopee, maka uang pembayaran tidak dapat dikembalikan ke saldo Penjual; dan (b) Apabila Penjual telah mengirimkan barang tanpa melakukan pembayaran, maka penjual tidak akan mendapatkan keuntungan dari program Streamer Partner serta barang tidak menjadi tanggung jawab pihak Shopee.


3.8 Penjual setuju bahwa setelah pembayaran dilakukan, Penjual tidak dapat mengganti paket yang dibeli dan berkomitmen untuk memenuhi semua komitmen serta syarat dan ketentuan yang berlaku dalam program Streamer Partner.


3.9 Shopee berhak untuk menolak pendaftaran Penjual apabila (a) Penjual bukanlah penjual terundang; atau (b) produk yang akan dipromosikan oleh Penjual dianggap tidak sesuai dengan Kebijakan Shopee.


4. Ketentuan Khusus Terkait Pandemi Covid-19 di Indonesia


4.1 Shopee mendukung dan mematuhi peraturan pemerintah Indonesia terkait upaya menekan angka penyebaran COVID-19 di Indonesia. Oleh karena itu, sampai waktu yang ditentukan, penyediaan jasa Host Shopee Live saat ini hanya terbatas pada pengiriman produk dari Penjual ke alamat Host yang sudah ditentukan oleh tim Shopee LIVE.


4.2 Selama adanya pembatasan kegiatan yang diatur oleh Pemerintah Republik Indonesia, Shopee tidak menganjurkan Host untuk secara fisik mengunjungi atau mendatangi tempat/studio Penjual. Bila dalam keadaan khusus yang tidak bisa terhindarkan dibutuhkan penyediaan jasa Host untuk secara fisik mengunjungi atau mendatangi tempat/studio Penjual, maka beberapa hal tersebut penting untuk diperhatikan oleh pihak Penjual adalah sebagai berikut:


(i) Apabila diminta oleh Penjual, Shopee akan mencoba, namun tidak berkewajiban untuk, mengakomodir permintaan Penjual untuk mencari Host yang bersedia untuk secara fisik mengunjungi atau mendatangi tempat/studio Penjual;

(ii) Kegiatan livestreaming harus tetap disesuaikan dengan prosedur kesehatan pencegahan COVID-19 seperti yang telah ditentukan oleh Pemerintah Republik Indonesia;

(iii) Penjual dan Host yang mendatangi tempat Penjual secara fisik berkewajiban untuk melakukan tes antigen, minimal 1 kali setiap minggunya. Biaya yang dikeluarkan untuk tes antigen akan ditanggung oleh pihak Penjual.

(iv) Shopee tidak bertanggung jawab atas semua kemungkinan kejadian yang terjadi saat kegiatan livestreaming berlangsung di tempat Penjual.


5. Ketentuan Terkait Produk yang Akan Dipromosikan


5.1 Produk yang akan dipromosikan melalui Program Streamer Partner wajib memenuhi ketentuan di dalam Kebijakan Shopee.


5.2 Apabila Penjual memilih untuk mengirimkan Produk kepada Host, maka Penjual wajib mengirimkan Produk tersebut ke alamat Host dengan ongkos kirim yang ditanggung oleh Penjual.


5.3 Penjual memahami bahwa:


a. Produk yang dikirim untuk Program tidak akan dikembalikan ke Penjual apabila termasuk dalam kategori kecantikan (contoh: lipstik, bedak, mouthwash, dan sebagainya) dan makanan dan minuman.

b. Jumlah produk yang disarankan oleh Shopee untuk direview dalam waktu 1 jam yang diberikan adalah sebagai berikut: (i) Produk Fashion maksimum 8 SKU/jam (ii) Produk non Fashion maksimum 6 SKU/jam.

c. Apabila produk yang terima oleh Shopee melanggar/ tidak sesuai dengan daftar list rekomendasi barang, maka pihak Shopee berhak membatalkan jasa

d. Semua produk yang dikirimkan harus dalam kondisi baru (full size), kecuali produk elektronik seperti handphone dapat dikirimkan dalam bentuk produk sample.


6. Pernyataan dan Jaminan oleh Peserta Program


6.1 Penjual menjamin kebenaran seluruh informasi dan pernyataan yang diberikan oleh Penjual kepada Shopee sehubungan dengan pendaftaran penjual untuk menjadi Peserta Program. Khusus untuk Penjual Mall, Penjual menjamin dan menyatakan bahwa, dalam hal Penjual mengisi formulir dan menyerahkan dokumen yang diminta oleh Shopee terkait dengan kepesertaan Penjual di dalam Program ini, pengisian formulir dan penyerahan dokumen tersebut adalah benar dilakukan oleh individu (apabila Penjual adalah perseorangan) atau perwakilan yang berwenang dari badan hukum (apabila Penjual adalah suatu badan hukum) yang mewakilkan toko Peserta Program.


6.2 Kecuali ditentukan lain oleh Shopee dan dengan pemberitahuan kepada Penjual, seluruh pembayaran untuk berpartipasi di dalam Program akan dilakukan melalui Shopee Marketing Solutions. Shopee akan memberikan tautan pembayaran untuk Penjual dapat menyelesaikan pembayaran. Penjual dapat melakukan pembayaran penuh atau secara angsuran sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan di dalam Formulir Partisipasi Program.


Terakhir diubah: 31 Agustus 2021

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak