Hai, ada yang bisa kami bantu?

Informasi Umum

Akun Shopee
Situs Shopee
Panduan
Bantuan
Layanan Lainnya
Kebijakan
Aplikasi Shopee (Android/iOS)
Keamanan dalam Bertransaksi
Shopee Partner

Ketentuan Layanan Shopeefood

BAGIAN 1: PENGANTAR

 

1.1 Selamat datang di platform ShopeeFood, suatu platform pemesanan dan pengiriman makanan secara daring (“Platform”) yang dioperasikan oleh PT Shopee International Indonesia serta afiliasi dan anak perusahaannya (secara sendiri-sendiri dan bersama-sama disebut sebagai “kami”, “Shopee” atau “Perseroan”) di Indonesia. Syarat dan ketentuan ini, bersama-sama dengan semua kebijakan yang disebutkan di dalamnya (“Ketentuan Layanan”) memuat syarat dan ketentuan berdasarkan mana penjual, baik yang mendaftarkan diri sebagai penjual terdaftar Shopee maupun yang tidak (“Merchant”), menyediakan makanan dan/atau minuman mereka (“Produk”) yang tercantum di Platform untuk Anda (“Anda” atau “Pelanggan”) dan merupakan suatu perjanjian yang mengikat secara sah antara Anda dan Shopee. Mohon membaca Ketentuan Layanan ini dengan saksama sebelum memesan Produk dari Platform kami. Dengan mengakses dan/atau memesan Produk di Platform kami, Anda setuju untuk terikat oleh Ketentuan Layanan ini dan setiap bagian di dalamnya.

 

Ketentuan Layanan ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Layanan Shopee. Meskipun merupakan satu kesatuan, Ketentuan Layanan inilah yang akan berlaku dalam hal terdapat perbedaan dengan Ketentuan Layanan Shopee.

 

1.2 Shopee adalah perusahaan teknologi yang menyediakan layanan, termasuk layanan platform online yang menyediakan suatu tempat dan peluang untuk penjualan Produk antara Anda dan Merchant, yang dapat dikirimkan kepada Anda oleh penyedia layanan pengiriman pihak ketiga (“Mitra Pengemudi”) atau disiapkan untuk diambil sendiri dari masing-masing Merchant tersebut (jika relevan) (layanan platform online tersebut disebut sebagai “Layanan ShopeeFood”). Kontrak sesungguhnya (i) untuk penjualan Produk adalah langsung antara Anda dan Merchant dan (ii) untuk pengiriman Produk adalah langsung antara Anda dan Mitra Pengemudi, dan Shopee bukan merupakan pihak di dalam kontrak-kontrak tersebut maupun di dalam kontrak lain antara Anda dan Merchant atau Mitra Pengemudi, dan Shopee tidak memikul kewajiban apa pun sehubungan dengan kontrak-kontrak tersebut. Para pihak dalam transaksi tersebut akan sepenuhnya bertanggung jawab atas kontrak penjualan di antara mereka, daftar Produk, pengiriman, dan lain-lain.

 

 

BAGIAN 2: PEMESANAN

 

2.1 Dengan memesan Produk melalui Platform kami (“Pesanan”), Anda setuju dan mengizinkan kami untuk memproses Pesanan tersebut dan meneruskannya kepada Merchant dan/atau Mitra Pengemudi untuk menindaklanjuti Pesanan tersebut, membeli, dan mengirimkan Produk melalui Layanan ShopeeFood, atas nama Anda. Namun, Merchant tetap bertanggung jawab penuh kepada Anda untuk penyiapan dan kualitas Pesanan Anda.

 

2.2 Setiap Pesanan yang Anda masukkan di Platform kami bergantung pada ketersediaan, daya tampung pengiriman, dan penerimaan oleh kami, Merchant dan/atau Mitra Pengemudi.

 

2.3 Setelah Anda berhasil memasukkan Pesanan, Mitra Pengemudi akan menindaklanjuti Pesanan Anda, termasuk, namun tidak terbatas pada, mencari lokasi restoran atau tempat usaha yang dimiliki, dikelola, dan didaftarkan oleh Merchant untuk mendapatkan Layanan ShopeeFood (“Gerai Merchant”), memesan langsung di Gerai Merchant tersebut, membayar dan mengirimkan Produk. Merchant dan/atau Mitra Pengemudi mungkin akan menelepon Anda melalui nomor telepon atau ponsel yang diberikan, atau menghubungi Anda untuk mengkonfirmasi detil Pesanan, perubahan dalam Pesanan (misalnya karena ketidaktersediaan Produk), harga yang harus dibayarkan atau perubahan harga, dan/atau estimasi waktu pengiriman, Untuk menghindari keragu-raguan, Shopee tidak terlibat dalam, dan tidak akan bertanggung jawab atas pengaturan terpisah antara Anda dan Merchant dan/atau Mitra Pengemudi.

 

2.4 Semua Pesanan dianggap pasti/confirmed. Anda tidak berhak membatalkan Pesanan setelah Pesanan tersebut dikonfirmasi. Jika Anda membatalkan suatu Pesanan setelah Pesanan tersebut dikonfirmasi, Anda tetap bertanggung jawab untuk membayar biaya yang berlaku untuk Pesanan tersebut secara penuh, terlepas dari apakah Pesanan tersebut telah disiapkan oleh Merchant. Untuk menghindari keragu-raguan, jika Anda telah memilih untuk mengambil sendiri suatu Pesanan, Anda akan dianggap telah membatalkan Pesanan dengan tidak mengambil Pesanan tersebut dalam jangka waktu yang ditetapkan di Platform atau yang disampaikan oleh Shopee. Shopee maupun Mitra Pengemudi tidak bertanggung jawab untuk menyimpan Pesanan tersebut untuk diambil oleh Anda setelah lewatnya jangka waktu tersebut.

 

2.5 Shopee, Merchant, dan/atau Mitra Pengemudi tidak akan memproses Pesanan Anda dalam hal terjadi hal-hal di bawah ini:

a) Anda tidak berada di tempat saat dilakukan panggilan melalui telepon untuk mengkonfirmasi Pesanan, atau tidak dapat dihubungi;

b) Jika lokasi pengiriman yang diminta berada di luar zona pengiriman yang ditawarkan dalam Layanan ShopeeFood;

c) Terdapat kekurangan informasi, petunjuk atau otorisasi dari Anda pada saat pengiriman; atau

d)  Tidak tersedianya Produk yang dipesan.

 

2.6 Produk yang dibeli dari Platform ini (dan pengirimannya) semata-mata dimaksudkan untuk penggunaan oleh Anda, dan Anda menjamin bahwa Produk yang Anda beli tidak untuk dijual kembali dan bahwa Anda hanya bertindak sebagai prinsipal dan bukan sebagai agen untuk pihak lain saat menerima Produk tersebut.

 

2.7 Kami akan berhati-hati untuk menjaga keamanan detil Pesanan dan pembayaran Anda, namun jika tidak ada kesalahan di pihak kami, kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang mungkin Anda derita jika pihak ketiga memperoleh akses secara tidak sah ke data yang Anda berikan saat mengakses atau memesan dari Platform.

 

2.8 Jika Anda memesan minuman beralkohol, Anda menjamin bahwa Anda berusia 21 tahun dan bersedia menunjukkan kartu identitas Anda kepada Mitra Pengemudi pada saat pengiriman Produk di tempat tujuan pengiriman yang Anda pilih.

 

 

BAGIAN 3: HARGA DAN PEMBAYARAN

 

3.1 Kontrak untuk penyediaan Produk melalui Platform adalah antara Anda dan Merchant. Anda setuju untuk berhati-hati saat memberikan data Anda kepada kami, dan menjamin bahwa data tersebut akurat dan lengkap pada saat Anda melakukan pemesanan.

 

3.2. Anda memahami bahwa harga Produk yang ditampilkan di Platform adalah harga estimasi. Merchant memiliki wewenang penuh untuk menetapkan dan mengubah harga Produk tersebut. Karenanya, kami tidak bertanggung jawab jika terdapat perbedaan antara harga yang tercantum di Platform dan harga yang diberlakukan oleh Merchant.

 

3.3 Harga Produk yang ditunjukkan di Platform mungkin, karena alasan-alasan seperti masalah teknis, kesalahan ketik atau informasi produk yang sudah tidak berlaku lagi yang diberikan oleh Merchant, ditunjukkan secara salah, dan dalam hal demikian, Merchant berhak membatalkan Pesanan(-pesanan) Anda. Anda setuju bahwa Shopee tidak bertanggung jawab atas pembatalan tersebut.

 

3.4. Harga yang harus Anda bayarkan sudah termasuk, namun tidak terbatas pada, harga Produk, biaya pengiriman Produk, pajak penjualan dan pajak daerah (jika ada), , dan/atau setiap biaya lain (termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) (jika ada)) yang kami informasikan dari waktu ke waktu.

 

3.5 Shopee berhak mengubah Produk yang tersedia untuk dijual di Platform dan untuk berhenti mencantumkan Merchant dan Produk.

 

3.6 Semua biaya pengiriman yang tercantum di Platform adalah harga yang benar pada saat dipublikasikan. Namun, kami berhak mengubah harga tersebut di kemudian hari.

 

3.7 Jika ada biaya lain yang timbul sehubungan dengan Pesanan, termasuk, namun tidak terbatas pada, biaya parkir dan biaya masuk gedung, Anda bertanggung jawab penuh atas biaya tersebut, dan Mitra Pengemudi berhak meminta penggantian atas biaya lain tersebut dari Anda dengan menyerahkan bukti pendukung (misalnya struk pembayaran parkir). Untuk beberapa Gerai Merchant yang berlokasi di pusat perbelanjaan seperti mall, Shopee dapat langsung membebankan biaya parkir kepada Anda. 

Dalam beberapa kasus, Merchant mungkin saja mengenakan langsung biaya parkir pada pesanan Anda. Untuk biaya parkir yang tidak secara langsung dibebankan oleh Shopee, Anda memahami bahwa Shopee tidak bertanggung jawab, tidak memiliki kewajiban dan tidak dapat dituntut untuk mengganti atau mengembalikan kelebihan pembayaran biaya, apabila terdapat perbedaan atau selisih biaya parkir

3.8. Anda dapat memilih metode pembayaran yang akan digunakan saat membuat Pesanan. Metode pembayaran yang dapat digunakan adalah tunai, ShopeePay, kartu debit atau kredit dan metode lain yang tersedia di Platform.

 

 

BAGIAN 4: PENGIRIMAN

 

4.1. Waktu pengiriman yang diberitahukan pada saat pemesanan hanya merupakan perkiraan dan dapat berubah. Produk akan dikirimkan oleh Mitra Pengemudi ke alamat yang Anda pilih saat melakukan pemesanan.

 

4.2. Anda atau pihak lain yang Anda tunjuk untuk menerima Pesanan memahami bahwa mereka harus dapat ditemui, dapat dihubungi dan dapat menerima Pesanan saat Pesanan tersebut diantarkan oleh Mitra Pengemudi.

 

4.3. Kami tidak bertanggung jawab kepada Anda atas segala kerugian, pertanggungjawaban, biaya, beban atau pengeluaran yang timbul dari:

(a) Perbedaan antara harga yang tercantum di Platform dan di Gerai Merchant;

(b) Kondisi dan kualitas Produk;

(c) Durasi pengiriman oleh Mitra Pengemudi;

(d) Kegagalan untuk menyelesaikan Pesanan dan/atau pengiriman oleh Mitra Pengemudi;

(e) Pembatalan Pesanan; dan

(f)  Ketidaksesuaian antara Produk yang dipesan dan Produk yang dikirimkan.

 

4.4. Segala risiko dalam Produk akan berpindah kepada Anda saat pengiriman. Setelah selesainya pengantaran Pesanan Anda, Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas keterlambatan/demurrage atau kerugian, kerusakan, kontaminasi, noda atau penahanan Produk (termasuk, namun tidak terbatas pada, wadah), baik yang disebabkan secara langsung maupun tidak langsung oleh Anda atau siapa pun yang bertindak atas nama Anda.

 

4.5. Jika Anda gagal menerima pengiriman Produk saat Produk tersebut siap untuk dikirimkan, atau kami tidak dapat mengirimkan atau mengupayakan pengiriman pada waktu yang ditentukan yang disebabkan oleh kegagalan Anda untuk memberikan instruksi atau otorisasi yang tepat, maka Produk tersebut akan dianggap telah dikirimkan kepada Anda, dan semua risiko dan tanggung jawab terkait Produk tersebut akan berpindah kepada Anda. Setiap biaya penyimpanan, asuransi, dan biaya lain yang kami keluarkan sebagai akibat dari ketidakmampuan untuk mengirimkan Pesanan Anda merupakan tanggung jawab Anda, dan Anda harus mengganti sepenuhnya kerugian kami atas biaya tersebut.

 

4.6. Anda harus memastikan bahwa pada saat pengiriman Produk, terdapat pengaturan yang memadai, termasuk akses, jika diperlukan, untuk keamanan pengiriman Produk. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian, biaya, atau pengeluaran apa pun yang terjadi terhadap Produk atau tempat di mana kerugian, biaya atau pengeluaran tersebut muncul sebagai akibat dari kegagalan untuk menyediakan akses atau pengaturan yang memadai untuk pengiriman.

 

 

BAGIAN 5: PENGIRIMAN PRIORITAS

 

 

5.1 Bagian ini mengatur tentang Pengiriman Prioritas. Anda memahami dan menyetujui bahwa:

 

“Pengiriman Prioritas” berarti fitur tambahan yang disediakan oleh Shopee di dalam layanan ShopeeFood dimana pengantaran Pesanan Anda akan segera diantar kepada titik antar yang diminta tanpa berhenti pada lokasi lain.

 

“Biaya Prioritas” berarti biaya tambahan yang dikenakan oleh Shopee dan wajib dibayarkan oleh Anda apabila menggunakan Pengiriman Prioritas (sudah termasuk PPN).

 

 

5.2. Anda dapat menggunakan layanan Pengiriman Prioritas apabila Anda ingin pengantaran pesanan Anda diprioritaskan oleh Mitra Pengemudi. Anda akan dikenakan Biaya Prioritas, sebagai tambahan dari biaya pengantaran yang dikenakan kepada Anda sesuai yang disebutkan pada Bagian 3 di atas.

 

 

5.3 Dengan menggunakan Pengiriman Prioritas, Anda memahami dan menyetujui bahwa:

 

a.    Pesanan dengan menggunakan Pengiriman Prioritas akan diantar langsung ke titik antar yang diminta tanpa berhenti di lokasi lain;

 

b.    Perkiraan waktu antar yang tertera di halaman pelanggan dapat berbeda dengan waktu pengantaran sebenarnya dikarenakan hal-hal yang tidak dapat diprediksi termasuk namun tidak terbatas pada cuaca buruk dan/atau jumlah antrian yang melebihi perkiraan.

 

 

BAGIAN 6: KEBIJAKAN PENGEMBALIAN DANA

 

 

6.1 Dalam keadaan-keadaan tertentu, seperti ketika Produk yang salah telah dikirimkan kepada Anda, atau jika Pesanan Anda hanya terpenuhi sebagian, Anda dapat mengajukan pengembalian dana. Secara umum, seluruh permintaan dan pemrosesan pengembalian dana hanya dapat dilakukan melalui aplikasi Shopee dengan menekan tombol yang disediakan untuk pengembalian dana.

 

Khusus untuk Merchant-Merchant tertentu (yang ditentukan dan yang dapat diberitahukan oleh Shopee pada Platform Shopee), proses pengembalian dana dapat langsung diajukan oleh Pelanggan kepada Merchant dengan cara Shopee memberikan nomor kontak Merchant kepada Pelanggan dan dapat diproses secara langsung oleh Merchant. Anda dapat mengajukan permintaan pengembalian dana dalam waktu 1x24 jam setelah Pesanan dikirimkan. Anda menyatakan dan menyetujui bahwa Shopee memiliki kewenangan tunggal dan absolut untuk melakukan investigasi atas permintaan pengembalian dana dan untuk memutuskan apakah permintaan pengembalian dana disetujui atau ditolak, dan Anda menyetujui bahwa Anda akan terikat pada keputusan Shopee tersebut.

 

6.2 Kecuali sebagaimana ditentukan pada Pasal 6.1 di atas, Merchant tidak diperbolehkan untuk mengembalikan dana secara langsung kepada Pelanggan melalui cara apapun, termasuk namun tidak terbatas pada, pemberian uang tunai kepada Pelanggan, melalui Mitra Pengemudi, dan/atau pemberian penggantian Produk baru. Masing-masing Merchant dan Pelanggan menyatakan dan menyetujui bahwa seluruh pengembalian dana terkait dengan setiap Pesanan (baik secara keseluruhan maupun sebagian), akan dilakukan melalui Platform Shopee dan Shopee akan memotong saldo pada Akun Merchant untuk tujuan pengembalian dana.

 

 

 

BAGIAN 7: ULASAN PENGGUNA, KOMENTAR DAN KIRIMAN

 

7.1. Shopee menyambut baik ulasan, komentar, dan komunikasi lain, foto, video, atau konten lain apa pun yang Anda kirimkan melalui, atau ke, Platform, selama konten yang Anda kirimkan tersebut sesuai dengan Ketentuan Layanan kami.

 

7.2. Shopee mengizinkan pengguna untuk mengirimkan dan berbagi komentar, umpan balik, kiriman, saran, pertanyaan, ulasan, dan konten lain melalui Platform (“Konten”). Konten harus ditulis dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia.

 

7.3. Dengan mengirimkan Konten, Anda menjamin bahwa (a) Anda adalah satu-satunya penulis dan pemilik Konten; (b) Anda berusia sekurang-kurangnya 18 tahun, atau jika Anda berusia di bawah 18 tahun, Anda berusia sekurang-kurangnya 13 tahun dan kiriman Anda dibuat di bawah pengawasan orang tua atau wali sah yang setuju untuk terikat oleh Ketentuan Layanan ini; dan (c) penggunaan Konten yang Anda sampaikan tidak akan melanggar Ketentuan Layanan kami dan tidak akan menimbulkan kerugian terhadap orang atau entitas mana pun.

 

7.4. Sejauh diizinkan oleh undang-undang yang berlaku, dalam keadaan apa pun, Shopee tidak bertanggung jawab dengan cara apa pun atas Konten, termasuk, namun tidak terbatas pada kesalahan atau kealpaan dalam Konten, atau kerugian apa pun yang terjadi sebagai akibat penggunaan, atau kebergantungan terhadap, Konten yang dipublikasikan, dikirimkan melalui surel, ditransmisikan, atau disediakan di Platform.

 

7.5. Anda mengakui bahwa Shopee dan pihak yang ditunjuk oleh Shopee memiliki hak (namun bukan kewajiban), atas kebijakannya sendiri, untuk melakukan penyaringan awal, menolak, menghilangkan, menghapus, atau memindahkan Konten, termasuk, namun tidak terbatas pada, Konten atau informasi yang dipublikasikan oleh Anda, yang tersedia di Platform.

 

7.6. Anda dengan ini memberi Shopee dan penerus haknya, lisensi yang berlaku terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, dapat digunakan di seluruh dunia, non-eksklusif, bebas royalti, dapat disublisensikan dan dapat dipindahtangankan, untuk menggunakan, menyalin, mendistribusikan, menerbitkan ulang, mentransmisikan, memodifikasi, mengadaptasi, membuat karya turunan dari, menampilkan dan mempertontonkan Konten di hadapan publik, dalam format dan melalui saluran media apa pun, tanpa perlu menyebutkan alasan atau penyebabnya, dan Anda setuju untuk melepaskan setiap hak moral (dan hak serupa di bagian mana pun di dunia) yang ada di dalam Konten.

 

 

BAGIAN 8: INFORMASI

 

8.1. Saat kami meminta informasi dari Anda dalam rangka penyediaan Produk, Anda setuju untuk memberi kami informasi yang akurat dan lengkap.

 

8.2. Anda mengizinkan kami untuk menggunakan, menyimpan atau memproses informasi pribadi Anda dalam rangka pengiriman Produk kepada Anda dan untuk tujuan pemasaran dan pengendalian kredit (“Tujuan”). Tujuan tersebut dapat mencakup pengungkapan informasi pribadi Anda kepada pihak ketiga yang ditetapkan dari waktu ke waktu, di mana kami meyakini bahwa layanan yang ditawarkan oleh pihak ketiga tersebut mungkin menarik bagi Anda, atau jika penggunaan, penyimpanan atau pemrosesan informasi rahasia tersebut diwajibkan oleh undang-undang, atau dalam rangka menyiapkan pengiriman Produk kepada Anda. Informasi lebih lanjut serta tujuan lain untuk pemrosesan informasi pribadi Anda dapat dibaca di Kebijakan Privasi Shopee.

 

 

BAGIAN 9: SITUS TERTAUT

 

9.1. Mungkin terdapat sejumlah tautan di Platform kami ke situs web pihak ketiga yang kami yakini mungkin menarik bagi Anda. Kami tidak menggambarkan kualitas barang atau layanan yang disediakan oleh pihak ketiga tersebut, kami juga tidak memiliki kendali atas konten atau ketersediaan situs tersebut. Kami tidak bertanggung jawab atas konten situs web pihak ketiga atau barang atau layanan yang mungkin mereka berikan kepada Anda.

 

 

BAGIAN 10: KELUHAN

 

10.1. Kami menanggapi keluhan dengan sangat serius dan berupaya menanggapi keluhan Anda dalam jangka waktu 5 hari kerja. Semua keluhan harus diajukan melalui Live Chat atau Telepon Kami.. 

 

 

BAGIAN 11: KEKAYAAN INTELEKTUAL

 

11.1. Semua informasi, profil pengguna, foto, teks, materi, merek dagang, grafik, audio, video, sistem peringkat, ulasan, konsep, data, data lokasi, logo, ikon tombol, foto, gambar, dan iklan di Platform, termasuk tata letak dan antarmuka penggunanya (“Kekayaan Intelektual”) dimiliki atau dilisensikan oleh Shopee. Merek dagang, tampilan produk, kekayaan dan materi intelektual lainnya, gambar, teks, ilustrasi, logo, desain, ikon, dan foto Merchant merupakan milik Merchant.

 

11.2. Tidak ada satu ketentuan pun di Platform ini yang dapat ditafsirkan sebagai pemberian lisensi atau hak penggunaan merek dagang yang ditampilkan di Platform ini. Penggunaan semua merek dagang yang ditampilkan di Platform ini membutuhkan izin tertulis dari pemilik merek dagang yang bersangkutan.

 

11.3. Anda tidak boleh mereproduksi (kecuali sebagaimana disebutkan di atas), mempublikasikan mentransmisikan, mendistribusikan, menampilkan, memodifikasi, menciptakan karya turunan dari, menjual atau berpartisipasi dalam penjualan, atau mengeksploitasi dengan cara apa pun, seluruhnya maupun sebagian, Kekayaan Intelektual, Platform atau perangkat lunak terkait. Semua perangkat lunak yang digunakan di Platform adalah milik Shopee atau pemasoknya, dan dilindungi oleh undang-undang hak cipta. Kekayaan Intelektual dan perangkat lunak di Platform hanya dapat digunakan sebagai suatu sarana belanja. Penggunaan lain apa pun, termasuk reproduksi, modifikasi, distribusi, transmisi, penerbitan ulang, memajang atau mempertunjukkan Kekayaan Intelektual yang ada di Platform ini sangat dilarang.

 

 

BAGIAN 12: BATASAN TANGGUNG JAWAB

 

12.1. Kehati-hatian yang wajar telah dilakukan untuk memastikan bahwa informasi yang tersedia di Platform ini merupakan informasi yang benar dan bebas dari kesalahan. Kami tidak dapat menjamin bahwa penggunaan Platform akan bebas dari kesalahan/error atau sesuai dengan tujuan Platform ini digunakan, tepat waktu, bahwa kerusakan akan diperbaiki, atau bahwa situs web atau server yang menyediakan informasi tersebut bebas dari virus atau bug, atau menggambarkan fungsionalitas, akurasi, keandalan penuh Platform, dan kami tidak membuat jaminan apa pun, baik secara tegas maupun tersirat, mengenai keselarasannya untuk tujuan tertentu, atau akurasinya. Kami tidak bertanggung jawab kepada Anda atas konten di Platform yang menurut Anda ofensif, tidak pantas atau tidak menyenangkan.

 

12.2. Dengan menerima ketentuan penggunaan ini, Anda setuju untuk membebaskan kami dari tanggung jawab apa pun yang timbul dari penggunaan informasi dari pihak ketiga oleh Anda, atau penggunaan platform pihak ketiga oleh Anda, atau pemakaian/konsumsi Produk dari Merchant oleh Anda.

 

12.3. Kami menolak setiap dan semua tanggung jawab kepada Anda atas penyediaan Produk sejauh penolakan tersebut diizinkan berdasarkan undang-undang yang berlaku. Penolakan tersebut tidak memengaruhi hak hukum yang Anda miliki sebagai seorang konsumen. Jika kami terbukti bertanggung jawab atas kerugian yang Anda derita, tanggung jawab tersebut terbatas pada jumlah yang telah Anda bayarkan untuk Produk terkait. Kami tidak bertanggung jawab kepada Anda atas setiap kerugian, kerusakan atau pengeluaran, termasuk kerugian langsung maupun tidak langsung, seperti hilangnya keuntungan Anda, bagaimanapun timbulnya.

 

12.4. Kami tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kegagalan, kesalahan atau kealpaan, atau kehilangan informasi yang dikirimkan, virus atau kontaminasi atau properti destruktif lain yang ditransmisikan kepada Anda atau ke komputer atau perangkat Anda melalui Platform kami.

 

12.5. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian tidak langsung, kerugian yang diakibatkan oleh kegagalan suatu pihak untuk memenuhi kewajibannya berdasarkan kontrak, kehilangan data, kehilangan pendapatan atau keuntungan, kehilangan atau kerusakan terhadap properti dan/atau kerugian yang diakibatkan oleh klaim pihak ketiga yang timbul dari penggunaan Platform atau Produk yang dibeli melalui Platform.

 

12.6. Dalam hal Shopee secara wajar meyakini adanya penyalahgunaan voucher dan/atau kode diskon, peristiwa kecurangan, tindakan yang mengakibatkan ketidaknyamanan terhadap orang lain, pesanan palsu, atau tindakan lain yang mungkin atau dapat dianggap mengakibatkan kerugian dalam bentuk apa pun terhadap orang lain oleh Pelanggan, Shopee dapat menyebabkan Pelanggan tersebut untuk segera diblokir, dan Shopee berhak menolak memberikan layanan di kemudian hari. Selain itu, dalam hal terjadi penyalahgunaan voucher atau kode diskon, Shopee berhak meminta kompensasi dari setiap dan semua pelanggar.

 

12.7. Penawaran diberikan sesuai kebijakan Shopee dan dapat dibatalkan setiap saat dan tanpa pemberitahuan.

 

12.8. Kami berhak membatasi atau menghentikan akun Anda setiap saat dan karena alasan apa pun, atas kebijakan kami sendiri.

 

 

BAGIAN 13: PENGGANTIAN KERUGIAN

 

13.1. Anda setuju untuk melindungi, menjamin dan membebaskan Shopee dan afiliasinya dari dan terhadap setiap dan semua klaim, kerugian, biaya dan pengeluaran, termasuk biaya pengacara, yang timbul dari, atau berkaitan dengan, penggunaan Platform dan layanan oleh Anda, atau pelanggaran terhadap Ketentuan Layanan ini oleh Anda.

 

 

BAGIAN 14: UMUM

 

14.1. Semua harga, biaya layanan, dan biaya pengiriman adalah dalam mata uang Rupiah.

 

14.2. Kami berhak mensubkontrakkan setiap bagian dari layanan kami yang kami berikan kepada Anda dari waktu ke waktu, dan kami berhak mengalihkan atau memperbarui setiap bagian dari hak kami berdasarkan Ketentuan Layanan ini tanpa persetujuan Anda atau kewajiban untuk menyampaikan pemberitahuan kepada Anda.

 

14.3. Kami berhak mengganti atau mengubah Ketentuan Layanan setiap saat tanpa pemberitahuan kepada Anda. Dengan terus menggunakan Platform setelah penggantian atau perubahan tersebut, Anda menyetujui Ketentuan Layanan yang telah diganti atau diubah tersebut.

 

14.4. Dengan menggunakan Platform ini, Anda setuju untuk tidak mengumpulkan atau mengambil informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi dari Platform, menggunakan sistem komunikasi yang disediakan oleh Platform untuk melakukan penjualan, membujuk pengguna Platform untuk melakukan sesuatu terkait penggunaan atas Platform, atau mempublikasikan atau mendistribusikan voucher atau kode sehubungan dengan Platform, atau mengorek informasi atau meretas Platform.

 

14.5. Ketentuan Layanan ini, formulir pemesanan dan instruksi pembayaran merupakan keseluruhan kesepakatan antara Anda dan kami. Tidak ada ketentuan lain, tertulis maupun tersirat, yang merupakan bagian dari Ketentuan Layanan ini. Dalam hal terdapat pertentangan antara Ketentuan Layanan ini dan syarat atau ketentuan lain di Platform, Ketentuan Layanan inilah yang akan berlaku.

 

14.6. Jika terdapat syarat atau ketentuan dalam Ketentuan Layanan ini yang dianggap tidak sah, melanggar hukum atau tidak dapat diberlakukan, para pihak dengan ini sepakat bahwa syarat atau ketentuan tersebut harus dianggap dihapus, dan ketentuan lain dalam Ketentuan Layanan ini akan terus berlaku tanpa syarat atau ketentuan yang dianggap tidak sah, melanggar hukum, atau tidak dapat diberlakukan tersebut.

 

14.7. Ketentuan Layanan ini diatur oleh, dan ditafsirkan sesuai dengan, hukum negara Republik Indonesia, tanpa memandang pertentangan di antara ketentuan hukum yang ada di dalamnya. Kecuali ditetapkan lain oleh undang-undang yang berlaku, setiap sengketa, perselisihan, klaim atau perbedaan apa pun yang timbul dari, atau berkaitan dengan, Ketentuan Layanan ini, yang diajukan terhadap atau terkait Shopee, harus diserahkan kepada, dan diputuskan secara final melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

 

Terakhir diubah : 6 Mei 2024

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak