Hai, ada yang bisa kami bantu?

Syarat dan Ketentuan Garansi Bebas Pengembalian

 

1.1 Apa itu Garansi Bebas Pengembalian

 

Garansi Bebas Pengembalian adalah suatu program yang diselenggarakan oleh Shopee bagi Penjual dan Pembeli yang memungkinkan Pembeli untuk melakukan pengembalian barang sejauh memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Shopee (“Garansi Bebas Pengembalian”). Halaman ini berisi syarat dan ketentuan Garansi Bebas Pengembalian (“Syarat dan Ketentuan Garansi Bebas Pengembalian”) yang berlaku untuk Pembeli dan Penjual. 

 

Dengan berpartisipasi dalam Garansi Bebas Pengembalian Penjual dan/atau Pembeli dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan yang dijelaskan dalam dokumen “Syarat dan Ketentuan Garansi Bebas Pengembalian”.

 

Syarat dan Ketentuan Garansi Bebas Pengembalian ini melengkapi Syarat Layanan Shopee, Kebijakan Privasi, Kebijakan Pengembalian Barang dan Dana, serta Kebijakan Shopee lainnya.

 

Seluruh syarat dan ketentuan yang dijelaskan dalam Ketentuan Layanan Garansi Bebas Pengembalian ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan Shopee yang mengacu pada Syarat dan Ketentuan Shopee.

 

Shopee dapat mengubah Syarat dan Ketentuan Garansi Bebas Pengembalian sewaktu-waktu dengan tanpa pemberitahuan kepada Penjual dan/atau Pembeli.

 

1.2 Definisi

 

Penjual dan/atau Pembeli sepakat bahwa:

 

“Program” berarti Garansi Bebas Pengembalian.

 

“Paket” berarti paket siap kirim milik Penjual yang terdiri dari satu atau lebih produk atau barang yang akan dikirimkan oleh Penjual kepada Pembeli dengan menggunakan Jasa Kirim.

 

“Biaya Pengiriman Awal/ Forward Shipping Fee” adalah biaya pengiriman awal dari Penjual ke Pembeli.

 

“Biaya Pengembalian/ Reverse Shipping Fee” adalah biaya pengembalian barang dari Pembeli ke Penjual.

 

“Pengajuan Pengembalian” adalah proses pengajuan pengembalian barang oleh Pembeli untuk mengembalikan barang sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Program Garansi Bebas Pengembalian ini.

 

“Kebijakan Shopee” berarti seluruh syarat dan ketentuan penggunaan Situs yang tercantum pada https://help.shopee.co.id/portal/article/71187 dan Kebijakan Privasi.

 

“Kebijakan Privasi” berarti kebijakan privasi Shopee yang tercantum pada https://help.shopee.co.id/portal/article/71188

 

1.3 Pendaftaran Program Garansi Bebas Pengembalian dan Biaya-Biaya

 

  1. Dengan menjadi Penjual di Platform Shopee, Penjual akan tergabung dalam Garansi Bebas Pengembalian. Dengan terus menggunakan layanan Shopee (termasuk tetap menggunakan akun Shopee), Penjual dianggap menyetujui bergabung dalam Garansi Bebas Pengembalian dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Garansi Bebas Pengembalian.
  2. Untuk saat ini, Penjual tidak dikenakan biaya apapun untuk berpartisipasi dalam Program. Shopee akan sepenuhnya menanggung biaya pengiriman (Biaya Pengiriman Awal/ Forward Shipping Fee dan Biaya Pengembalian/ Reverse Shipping Fee) dan tidak mengenakan biaya apapun kepada Penjual yang bergabung pada Program Garansi Bebas Pengembalian.

 

1.4 Batasan dan Cara Pengembalian Barang Dalam Program

 

Penjual dan/atau Pembeli sepakat bahwa:

a. Pengajuan Pengembalian hanya berlaku untuk (i) produk yang memenuhi kriteria Program (sebagaimana ditentukan oleh Shopee) dan (ii) produk dijual oleh Penjual yang telah bergabung dengan Program.

b.  Shopee akan meninjau Pengajuan Pengembalian dan atas kebijakannya sendiri akan menentukan apakah Pengajuan Pengembalian dapat diterima atau tidak berdasarkan Program Garansi Bebas Pengembalian ini.

c.   Pengembalian Barang dapat dilakukan dengan alur sebagai berikut:

 

  • Pesanan masih dalam masa garansi Shopee .
  • Pembeli wajib mengirimkan barang dalam waktu 5 hari sejak Pengajuan Pengembalian ke alamat pengembalian Penjual yang diberikan oleh Shopee melalui Platform Shopee. Penjual dan/atau Shopee dapat menolak Pengajuan Pengembalian apabila Pembeli gagal untuk mengirimkan barang dalam waktu 5 hari sejak Pengajuan Pengembalian. 
  • Pesanan barang yang dikembalikan harus dalam kondisi sebagai berikut: 

Jenis Kemasan

Syarat & Ketentuan Kondisi Kemasan dalam Garansi Bebas Pengembalian

Contoh

 
 

Label/ Tag

Dalam keadaan baik (Tidak lepas/ rusak).

Harus dikembalikan.

Label Brand, Label Petunjuk Perawatan, Hang Tag

 

Segel

Hologram, Stiker Brand, Gasket Seal, Caution Seal, Center Seal, Plastik Segel Shrink/ Heat Wrap, Face Seal, Sachet, Blister, Round Transparent Seal

 

Kotak (dengan logo/ nama/ foto produk)

Box sepatu, box elektronik

 

Dustbag (dengan logo/ nama/ foto produk)

Dust Bag untuk tas, sepatu

 

Sertifikat/ Garansi/ Buku Panduan

Kartu/Buku Garansi untuk produk elektronik, buku panduan manual

 

Plastik

Boleh dibuka.

Tidak perlu dikembalikan.

Kemasan yang diperlukan untuk pengiriman kepada Pembeli

 

Packing Kayu

 

Bubble Wrap

 

Wrapping Paper

 

Honeycomb Paper

 
  • Semua barang yang dikembalikan harus dikemas kembali dengan baik menggunakan kemasan seperti box/ bubble wrap/ kemasan atau material pelindung awal/ tas pembungkus untuk melindungi produk dari kerusakan saat pengiriman kembali ke Penjual.

 

d.  Penjual dapat mengajukan banding atas Pengajuan Pengembalian berdasarkan penilaian dan validasi Penjual dan/atau Shopee, dalam hal Produk tidak memenuhi kriteria yang ditentukan oleh Shopee dan tidak di dalam kondisi sebagaimana disebutkan di dalam Syarat dan Ketentuan Garansi Bebas Pengembalian ini. 

 

 

1.5 Kategori dan Jenis Produk yang termasuk dalam Program

 

Berikut adalah produk-produk yang dapat dikembalikan berdasarkan kategorinya pada Program Garansi Bebas Pengembalian, antara lain:

 

 

Kategori

Kategori Produk

Produk yang  dapat dikembalikan

Kondisi yang diterima saat di kembalikan

Fashion

Aksesoris Fashion

Semua produk kecuali:

          Perhiasan berbahan logam mulia dan Batu Mulia seperti emas dan permata

          Perhiasan Berharga

          Produk Custom

-     Harus sesuai dengan syarat dan ketentuan 1.4c

-     Ukuran/ bentuk harus sesuai kondisi awal dikirim (tidak ada modifikasi)

-     Produk dikembalikan dengan kondisi tidak ada noda/ tidak kotor/ tidak dicuci

-     Semua dokumentasi seperti kartu keaslian/garansi (misalnya untuk branded bag), buku panduan, dan kartu garansi dengan NFC (misalnya untuk jam tangan) harus dikembalikan dalam kondisi belum terpakai/diaktifkan

-     Semua aksesoris atau hadiah gratis yang disertakan harus dikembalikan dengan lengkap bersama dengan produk utama (misalnya kancing tambahan)

Tas Pria

Semua produk kecuali Produk custom

Pakaian Pria

Semua produk kecuali:

          Pakaian dalam

          Pakaian tidur

          Kaos kaki

          Baju renang

          Produk Custom

Sepatu Pria

 

Semua produk kecuali produk custom

Fashion Muslim

Semua produk kecuali:

          Baju renang

          Manset

          Produk custom

Koper & Tas Travel

Semua produk, kecuali produk custom

Tas Wanita

Semua produk, kecuali produk custom

Pakaian Wanita

Semua produk kecuali:

          Pakaian dalam

          Produk sisa ekspor

          Kain

          Pakaian tidur

          Kaos kaki

          Baju renang

          Bodysuit

          Tanktop dan Camisole

          Legging dan Tregging

          Produk custom, misalnya kain meteran yang sudah dipotong sesuai permintaan Pembeli

Sepatu Wanita

Semua produk, kecuali produk custom

Fashion Bayi & Anak

Semua produk kecuali:

          Pakaian dalam

          Pakaian tidur

          Kaos kaki

          Baju renang

          Produk custom

Jam Tangan

Semua produk, kecuali produk custom

Elektronik

Audio

Semua produk, kecuali produk custom

-     Harus sesuai dengan syarat dan ketentuan 1.4c

-     Tidak ada modifikasi pada produk

-     Produk masih dalam kondisi seperti saat terkirim dan tidak terindikasi adanya penggunaan

-     Semua dokumentasi seperti kartu keaslian/garansi, buku panduan harus dikembalikan dalam kondisi belum terpakai/diaktifkan

-     Kualitas produk masih sesuai seperti pada saat dikirim oleh Penjual dan beroperasi dengan baik seperti pada saat awal diterima oleh Pembeli

-     Semua aksesoris atau hadiah gratis yang disertakan harus dikembalikan dengan lengkap bersama dengan produk utama. (contoh: kabel charging, eartips)

 

Kamera & Drone

Semua produk, kecuali produk custom

Komputer & Aksesoris

Semua produk, kecuali produk custom (contoh: komputer/laptop dengan instalasi Windows, RAM atau Motherboard)

Gaming & Konsol

Semua produk, kecuali produk custom

Peralatan Rumah Tangga

Semua produk, kecuali produk custom

Handphone & Aksesoris

Semua produk kecuali:

          Sim card

          Produk custom (contoh: custom warna di luar katalog dan bordir nama)

Kebutuhan Harian

Perawatan & Kecantikan

Semua produk kecuali:

          Parfum

          Produk Custom

-     Harus sesuai dengan syarat dan ketentuan 1.4c

-     Produk masih dalam kondisi seperti saat terkirim dan tidak terindikasi adanya penggunaan

-     Kualitas produk masih sesuai seperti pada saat dikirim oleh Penjual dan beroperasi dengan baik seperti pada saat awal diterima oleh Pembeli

 

Kesehatan

Semua produk kecuali:

    Obat dengan resep

    Sarung tangan dan masker medis

    Produk Custom

Ibu & Bayi

Semua produk kecuali:

    Susu formula dan makanan bayi

    Susu ibu hamil

    Produk custom, misalnya warna custom dan bordir nama

 

Gaya Hidup


 

Automobiles

Semua produk, kecuali produk custom

-     Harus sesuai dengan syarat dan ketentuan 1.4c

-     Ukuran/bentuk produk yang dikembalikan harus sesuai dan tidak ada modifikasi

-     Produk masih dalam kondisi seperti saat terkirim dan tidak terindikasi adanya penggunaan (misalnya furniture yang sudah dipasang/dicabut)

-     kuantitas dan kualitas produk masih sesuai seperti pada saat dikirim oleh Penjual. dan dapat beroperasi dengan baik seperti pada saat awal diterima oleh Pembeli

 


 

Buku & Majalah

Semua produk kecuali:

          E-book

          Produk custom

Hobi & Koleksi

Semua produk, kecuali produk custom (contoh: souvenir dan selempang acara wisuda/bridal shower/sejenisnya)

Buku & Alat Tulis

Semua produk, kecuali produk custom (contoh: bordir nama)

Olahraga & Outdoor

Semua produk kecuali:

    Baju renang dan diving

    Produk custom

Aksesoris & Makanan Hewan Peliharaan

Semua produk Aksesoris & Makanan Hewan Peliharaan kecuali:

    Produk makanan hewan peliharaan

    Produk custom (contoh: produk sudah di bordir nama)

     Hewan

Perlengkapan Rumah

Semua produk, kecuali produk custom (contoh: produk sudah di instalasi dan custom warna)

Aksesoris Sepeda Motor 

Semua produk aksesoris sepeda motor, kecuali unit sepeda motor 

 

 

 

  • Barang lain yang tidak disebutkan di atas tidak dapat dikembalikan sesuai Program ini. 
  • Untuk seluruh kategori produk, produk dengan hadiah, mystery box, produk defect dan produk custom tidak dapat dikembalikan sesuai dengan Program Garansi Bebas Pengembalian ini.
 
Shopee dapat sewaktu-waktu mengubah, menambah, dan/atau mengurangi ketentuan di dalam Syarat dan Ketentuan Garansi Bebas Pengembalian ini tanpa pemberitahuan kepada Penjual dan Pembeli. 

 

 

Terakhir kali diubah: 17 Oktober 2024

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak