Hai, ada yang bisa kami bantu?

Informasi Umum

Akun Shopee
Situs Shopee
Panduan
Bantuan
Layanan Lainnya
Kebijakan
Aplikasi Shopee (Android/iOS)
Keamanan dalam Bertransaksi
Shopee Partner

Syarat dan Ketentuan ShopeePay

1.    Pengantar

 

1.1    Selamat datang di Platform ShopeePay (“ShopeePay” atau "Platform"), merek uang elektronik PT AirPay International Indonesia. Persyaratan Layanan ini merupakan kontrak antara Anda dan PT AirPay International Indonesia dan mengatur penggunaan seluruh Layanan (sebagaimana diartikan dalam Bagian 2.1 di bawah) oleh Anda. Kami harap Anda membaca Persyaratan Layanan berikut ini sebelum menggunakan Platform atau membuka akun (“Akun”), agar Anda mengetahui hak dan kewajiban hukum Anda terhadap kami, beserta afiliasi dan anak perusahaan kami (secara sendiri-sendiri dan bersama-sama disebut sebagai “Perseroan” atau “kami”).

 

1.2    DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN ATAU MEMBUKA SEBUAH AKUN, ANDA MENYATAKAN PERSETUJUAN YANG TIDAK DAPAT DICABUT ATAS PERSYARATAN LAYANAN INI, YAITU:

a. SYARAT DAN KETENTUAN TAMBAHAN;

b. KEBIJAKAN YANG DISEBUTKAN DISINI DAN/ATAU TERKAIT DI SINI;

c. KEBIJAKAN PRIVASI SHOPEEPAY; DAN

d. SETIAP INFORMASI YANG TERSEDIA DI PLATFORM, TERMASUK HELP CENTRE DAN

e. FREQUENTLY ASKED QUESTIONS DARI PLATFORM.

 

ANDA MERUPAKAN PEMILIK MANFAAT DAN SECARA NYATA MEMILIKI ATAU MEMILIKI KONTROL/PENGENDALIAN ATAS AKUN. JIKA ANDA TIDAK MENYETUJUI PERSYARATAN INI DAN/ATAU ANDA BUKAN MERUPAKAN PEMILIK MANFAAT DAN TIDAK SECARA NYATA MEMILIKI ATAU TIDAK MEMILIKI KONTROL/PENGENDALIAN ATAS AKUN, MOHON TIDAK MENGGUNAKAN LAYANAN ATAU MENGAKSES PLATFORM KAMI.

 

JIKA ANDA BERUSIA DI BAWAH 21 TAHUN ATAU BELUM MENIKAH DAN BERADA DIBAWAH PENGAMPUAN, ANDA HARUS DAN KAMI ANGGAP TELAH MENDAPATKAN IZIN DARI SALAH SATU ORANG TUA ATAU WALI SAH UNTUK MEMBUKA SEBUAH AKUN, DAN ORANG TUA ATAU WALI YANG SAH TERSEBUT HARUS MENYETUJUI PERSYARATAN LAYANAN INI. JIKA ANDA TIDAK MEMAHAMI KETENTUAN BAGIAN 1.2 INI, MOHON TIDAK MEMBUAT AKUN SAMPAI ANDA TELAH MEMINTA PERSETUJUAN ORANG TUA ATAU WALI SAH ANDA. JIKA ANDA ADALAH ORANG TUA ATAU WALI SAH ANAK DI BAWAH UMUR YANG HENDAK MEMBUAT AKUN, ANDA HARUS MENYETUJUI PERSYARATAN LAYANAN INI ATAS NAMA ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT, DAN ANDA AKAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS SELURUH PENGGUNAAN AKUN ATAU LAYANAN, TERMASUK SETIAP TRANSAKSI YANG DIBUAT OLEH ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT, TERLEPAS DARI APAKAH AKUN ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT DIBUKA SAAT INI ATAU DI KEMUDIAN HARI, DAN TERLEPAS DARI APAKAH ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT BERADA ATAU TIDAK BERADA DI BAWAH PENGAWASAN ANDA SELAMA IA MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI.

 

1.3    Kami berhak melakukan revisi atas Persyaratan Layanan ini sewaktu-waktu yang mana revisi tersebut, apabila ada, akan diberitahukan kepada Anda sesegera mungkin atau paling lambat dalam 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum revisi atas Persyaratan Layanan ini, sebagai bentuk permintaan persetujuan kepada Anda melalui suatu pengumuman atau tautan elektronik. Tidak disetujuinya perubahan tersebut oleh Anda dapat mengakibatkan tidak berfungsinya atau timbul masalah di dalam Layanan dan/atau Platform kami kepada Anda.

 

1.4    Selanjutnya, kami berhak pada setiap saat, atas kebijakan kami sepenuhnya, mengganti, mengubah, menangguhkan atau menghentikan bagian mana pun dari Platform atau Layanan, termasuk metode pembayaran, baik untuk sementara maupun selama-lamanya, dengan pemberitahuan kepada Anda sesegera mungkin atau paling lambat dalam 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum mengganti, mengubah, menangguhkan atau menghentikan bagian mana pun dari Platform atau Layanan. Kami dapat merilis beberapa Layanan atau fitur Layanan dalam versi beta, yang mungkin tidak berfungsi dengan baik atau berfungsi dengan cara yang sama seperti versi terakhirnya, yang mana karena sifatnya sebagai versi beta atau percobaan, maka penanganan dan/atau pertanggungjawaban tidak dapat disamakan seperti versi final. Kami juga dapat menentukan batasan pada beberapa fitur atau membatasi akses Platform atau Layanan Anda berdasarkan kebijakan kami sepenuhnya, dengan pemberitahuan sesegera mungkin kepada Anda atau paling lambat dalam 30 (tiga puluh) hari kerja.

 

1.5    Kami dapat untuk menolak memberikan akses Platform atau Layanan kepada Anda atau mengizinkan Anda untuk membuka sebuah Akun, apabila ada alasan yang melarangnya berdasarkan standar keamanan teknologi informasi dan/atau peraturan hukum yang ada dan berlaku. Kami akan memberitahukan kepada Anda apabila pengajuan akun Anda ditolak berdasarkan alasan di atas.

 

2.    Layanan

 

2.1    Layanan yang kami berikan atau sediakan meliputi (a) Platform, (b) layanan yang disediakan melalui Platform dan oleh piranti lunak klien Perseoan (“Piranti Lunak”), dan (c) segala informasi, situs web, halaman tertaut, fitur, data, teks, gambar, foto, grafik, musik, suara, video, pesan, label, konten, pemrograman, piranti lunak, layanan aplikasi (seperti misalnya pada layanan aplikasi seluler dan hal-hal sejenisnya), atau materi-materi lain (“Konten”) yang tersedia melalui Platform atau layanan terkait kami, termasuk afiliasi yang tercantum dalam Bagian 2.3 (secara bersama- sama disebut sebagai “Layanan”). Layanan tunduk pada Persyaratan Layanan ini dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku mengenai uang elektronik dan dompet elekronik. Setiap fitur baru yang ditambahkan ke, atau yang memperbanyak Layanan juga tunduk pada Persyaratan Layanan ini dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku. Persyaratan Layanan ini mencakup, meliputi: (i) penambahan dana ke dalam Akun, (ii) layanan pemrosesan pembayaran secara daring, seperti melakukan pembayaran kepada pihak ketiga yang berpartisipasi, seperti pelaku bisnis, perusahaan telekomunikasi dan perusahaan layanan publik (“Penjual Pihak Ketiga”), (iii) transfer dana yang dilakukan dari suatu Akun ke Akun lainnya (Peer to Peer/P2P) atau ke rekening bank yang terdaftar, dan (iv) layanan lain yang dapat kami tambahkan dari waktu ke waktu sebagaimana disetujui oleh Bank Indonesia dan/atau instansi pemerintah terkait. Layanan yang kami berikan merupakan solusi satu atap untuk pengadaan solusi uang elektronik dan dompet elektronik.

 

Layanan kami dirancang untuk memudahkan para pengguna menggunakan Piranti Lunak kami (“Pengguna”) dalam melakukan pemesanan, menyetujui, menutup, mengelola dan menyelesaikan pesanan untuk pengadaan produk dan jasa secara daring di dalam Platform (“Transaksi”). Kami berhak untuk mengganti, meningkatkan, mengubah, membatasi atau menangguhkan Layanan atau fungsi atau aplikasi terkait pada setiap saat, baik untuk sementara maupun selama-lamanya, dengan pemberitahuan sesegera mungkin atau paling lambat dalam 30 (tiga puluh) hari kerja. Kami berhak memperkenalkan fitur, fungsi atau aplikasi baru Layanan atau versi Layanan yang akan datang. Seluruh fitur, fungsi, aplikasi baru, modifikasi, penggantian ke versi yang lebih baru (upgrade) dan perubahan diatur oleh Persyaratan Layanan ini, kecuali ditentukan lain.

 

2.2 Akun Anda dapat digunakan untuk masuk, menggunakan atau mengakses produk, aplikasi, situs web dan layanan yang disediakan oleh PT AirPay International Indonesia atau yang disediakan oleh afiliasi atau mitra tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada PT Shopee International Indonesia (“Shopee”), PT Commerce Finance, PT Lentera Dana Nusantara, PT Asuransi Jiwa SeaInsure, PT Asuransi Umum SeaInsure, dan/atau PT Bank SeaBank Indonesia. Produk, situs web, dan layanan tersebut terikat oleh syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi afiliasi atau mitra masing-masing, yang Anda setujui dan terima saat menggunakan atau mengakses produk, aplikasi, situs web, atau layanan tersebut. Anda mungkin dapat menggunakan atau mengakses Akun Anda, termasuk metode pembayaran terkait, catatan transaksi, atau pengidentifikasi lainnya, melalui berbagai antarmuka pengguna, termasuk, namun tidak terbatas pada, aplikasi atau situs web Shopee, aplikasi atau situs web ShopeePay, atau melalui produk lain, aplikasi, situs web atau layanan. Anda dapat mendaftar akun melalui Shopee atau ShopeePay. Dengan mendaftarkan Akun, Anda menyetujui dan memahami bahwa, untuk menghubungkan seluruh aplikasi dan layanan serta Layanan Shopee Anda, (i) Akun Anda akan ditautkan dengan akun Anda di Shopee (“Akun Shopee”) jika Anda menggunakan nomor ponsel yang sama untuk mendaftar kedua akun tersebut.

 

2.2.1    Penambahan Dana

 

Anda dapat menambahkan dana ke dalam Akun Anda dengan menggunakan metode di bawah ini:

 

Akun Virtual

Anda dapat menambahkan dana ke Akun Anda dengan menggunakan metode transfer bank melalui akun virtual yang disetujui. Jumlah dana akan dipotong dari rekening bank yang Anda gunakan untuk melakukan transfer. Pengguna akan segera menerima pemberitahuan jika penambahan dana berhasil setelah pembayaran untuk menambah dana berhasil dilakukan.

 

Outlet Fisik (“Outlet”)

Anda dapat menambahkan dana ke Akun Anda dengan mengunjungi Outlet lokal terdekat dan melakukan pembayaran penambahan dana menggunakan metode yang disetujui di Outlet tersebut. Outlet adalah layanan fisik yang dilakukan di gerai yang dilakukan oleh pengecer resmi, yang terdaftar di halaman Penambahan Dana (Isi Saldo), di lokasi- lokasi yang ditentukan. Pengguna akan segera menerima pemberitahuan jika penambahan dana berhasil setelah pembayaran untuk menambah dana berhasil dilakukan.

 

2.2.2    Layanan Pemrosesan Pembayaran Anda dapat melakukan pembayaran kepada suatu pihak ketiga, seperti Penjual Pihak Ketiga melalui Akun Anda. Dengan menggunakan Layanan kami, Anda setuju bahwa kami dapat menggunakan seluruh informasi, termasuk informasi pribadi dan informasi penagihan yang diberikan oleh Anda kepada kami selama penggunaan Layanan (“Instruksi Pembayaran”). Anda mengakui dan setuju bahwa Anda bertanggung jawab penuh untuk memastikan ketepatan, kelengkapan dan keakuratan Instruksi Pembayaran Anda dalam segala hal, dan Anda memahami bahwa diperlukan waktu untuk memproses Instruksi Pembayaran tersebut. Instruksi Pembayaran yang diberikan oleh Anda akan dianggap sebagai instruksi final, dan kami tidak diwajibkan untuk melakukan verifikasi terhadap Instruksi Pembayaran tersebut kepada Anda. Selanjutnya, dengan memberikan Instruksi Pembayaran kepada kami, Anda setuju untuk membayar, atau mengizinkan kami memotong segala biaya dan beban terkait dengan Instruksi Pembayaran dari Akun Anda.

 

Pembayaran kepada Penjual Pihak Ketiga

Kami hanyalah agen pembayaran, dan kami tidak menyimpan stok dalam inventaris kami. Segala masukan dan keluhan mengenai pembelian Anda harus ditujukan kepada Penjual Pihak Ketiga terkait. Instruksi Pembayaran Anda dapat dibuat melalui saldo Akun Anda. Anda dapat menggunakan dana dari Akun Anda untuk melakukan pembayaran atau pembelian.

 

Pengembalian Dana

Akun Anda dapat digunakan untuk menerima pengembalian dana dari Transaksi yang dibatalkan. Ketentuan pengembalian dana tersebut harus tunduk pada syarat layanan yang berlaku untuk Transaksi antara Anda dan Penjual Pihak Ketiga.

 

2.2.3 Transfer Dana

Anda dapat melakukan transfer dana dari Akun terverifikasi Anda (sesuai dengan Bagian 6.1 dari Persyaratan Layanan ini) dengan menggunakan metode di bawah ini. Anda akan diminta untuk memasukkan PIN Akun Anda dan OTP yang dikirimkan ke nomor telepon seluler Anda yang terdaftar agar dapat menyelesaikan permohonan transfer dana.

 

Transfer Dana ke Sesama Akun

Anda dapat melakukan transfer dana ke sesama Akun dan jumlah dana yang ditransfer akan dipotong dari Akun Anda.

 

Transfer Dana ke Rekening Bank

Anda dapat menarik dana dari Akun Anda ke rekening bank yang terdaftar dan valid dan jumlah dana yang ditransfer akan dipotong dari Akun Anda.

 

Jika Anda menggunakan fitur transfer dana, Anda mengakui dan memahami bahwa:

(i) Kami dapat meminta Anda untuk memberikan lebih banyak informasi agar kami dapat menyelesaikan permohonan transfer dana Anda, dan bahwa kami tidak akan bisa memproses permohonan tersebut hingga Anda memberikan informasi yang kami minta;

 

(ii) Jika Anda menerima dan menyetujui transfer dana, Anda memiliki kewajiban kepada kami, bukan hanya atas jumlah dana yang ditransfer, namun juga segala biaya yang mungkin timbul dari pembatalan yang terjadi kemudian karena alasan apa pun, seperti dalam hal transfer tersebut dibalikkan. Anda mengakui dan setuju bahwa kami berhak memperoleh kembali jumlah yang terutang kepada kami, dan memberi izin yang tidak dapat dicabut kepada kami untuk mendebet setiap jumlah yang terutang kepada kami dari saldo Akun Anda, dengan pemberitahuan sesegera mungkin secara sistem. Jika saldo dalam Akun Anda tidak cukup untuk menutup jumlah ini, kami berhak menagih jumlah tersebut pada Instruksi Pembayaran Anda, atau mengambil tindakan hukum lain untuk menagih dana tersebut, sepanjang hal tersebut dibolehkan oleh undang-undang yang berlaku;

 

(iii) Anda memahami dan menyetujui bahwa dalam menggunakan fitur transafer dana Anda akan diminta untuk memasukan detail informasi penerima dan/atau pengirim transfer dana, apabila terjadi kerugian, perselisihan dengan pihak lain dan/atau kendala yang timbul yang diakibatkan oleh kelalaian Anda dalam menggunakan fitur transfer ini, maka hal tersebut sepenuhnya merupakan tanggung jawab Anda dan bukan kami.

 

(iv) Anda dapat dikenakan biaya tambahan atas penggunaan fitur transfer dana dan fitur-fitur sejenis lainnya yang dijelaskan lebih rinci dalam Bagian 2.2.4 di bawah ini.

 

(v) Fitur transfer dana harus digunakan sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku, dan tidak boleh digunakan untuk keperluan yang terkait dengan transaksi yang dilarang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apabila kami mengetahui adanya transaksi yang diduga dilarang tersebut, kami akan memberitahukannya sesegera mungkin atau paling lambat dalam 30 (tiga puluh) hari kerja kepada Anda dan kami berhak mengambil tindakan yaitu, menahan permohonan transfer dana Anda, menempatkan cadangan pada dana Anda, membatasi kemampuan Anda untuk menggunakan Layanan, melaporkan kegiatan tersebut kepada pihak berwenang, atau menonaktifkan Akun Anda sepenuhnya, atau tindakan lain sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku

 

2.2.4 Biaya Layanan

Kami menetapkan biaya yang dikenakan untuk penggunaan Layanan, yang akan dipotong secara otomatis dari Akun Anda, dengan rincian sebagai berikut:

 

(i) Penambahan Dana

(a) Penambahan dana (top-up) saldo Akun melalui akun virtual (virtual account) akan dikenakan biaya administrasi sebesar:

1. Rp 1.000 (seribu Rupiah) per transaksi untuk penambahan dana yang dilakukan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Central Asia (BCA) atau Bank Negara Indonesia (BNI);

2. Rp 500 (lima ratus Rupiah) per transaksi untuk penambahan dana yang dilakukan melalui Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Permata, atau bank-bank lainnya; atau

3. Gratis, apabila penambahan dana dilakukan melalui SeaBank, maka Anda akan dibebaskan dari biaya administrasi.

 

(b) Penambahan dana (top-up) saldo Akun secara langsung melalui gerai-gerai akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 1.500 (seribu lima ratus Rupiah) per transaksi untuk penambahan dana yang dilakukan melalui Indomaret/i.Saku, Alfamart/Alfamidi/Dan+Dan, Circle K, atau KantorPos;

 

(ii) Transfer Dana

(a) Transfer Dana ke Sesama Akun

Transfer dana ke sesama Akun tidak dikenakan biaya/gratis.

 

(b) Transfer Dana ke Rekening Bank (Seluruh Bank)

Transfer dana melalui aplikasi Shopee akan dikenakan biaya senilai Rp 2.500 (dua ribu lima ratus Rupiah) per transaksi. Untuk Pengguna baru yang belum pernah menggunakan fitur transfer dana ke rekening bank maka akan mendapatkan 1 (satu) kali kesempatan gratis biaya admin untuk dana yang ditransfer senilai sama dengan atau lebih dari Rp 50.000 (lima puluh ribu Rupiah). Untuk para Pengguna yang ingin menikmati fitur gratis transfer dana ke rekening bank tanpa batas, maka dapat menggunakannya melalui aplikasi ShopeePay.

 

Penggunaan Transfer Dana di atas dapat dilaksanakan dengan metode BI-FAST, Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), atau Real Time Online (RTOL). Masing-masing metode tersebut dapat kami pilihkan demi efisiensi Anda. "BI-FAST" adalah sistem layanan yang dikembangkan oleh Bank Indonesia untuk menciptakan infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional yang lebih efisien dalam mengakomodir transfer dana secara real time.

 

Apabila di kemudian hari kami mengubah biaya yang dikenakan untuk penggunaan Layanan (sebagaimana dijelaskan dalam Bagian 1.3) maka kami akan memberitahukannya sesegera mungkin atau paling lambat dalam 30 (tiga puluh) hari kerja kepada Anda sebelum berlakunya perubahan tersebut. Biaya lainnya yang dikenakan kepada Anda oleh pihak ketiga, misalnya bank atau gerai dalam hal ini, akan diinformasikan oleh pihak ketiga tersebut kepada Anda berdasarkan ketentuan dan kebijakannya kepada Anda.

 

2.2.5 Tidak Adanya Tanggung Jawab

 

Anda mengakui dan setuju bahwa kami tidak memikul tanggung jawab, seandainya kami tidak dapat menyelesaikan Instruksi Pembayaran yang diajukan oleh Anda, karena alasan apa pun yang berada di luar kendali kami, seperti misalnya:

(i)    Jika, tanpa adanya kesalahan di pihak kami, Akun Anda tidak memiliki dana yang cukup, atau jika pembayaran atau pembelian tersebut akan melampaui batas transaksi yang ditetapkan untuk Akun Anda;

(ii)    Pusat pemrosesan pembayaran kami tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya, dan Anda mengetahui atau telah diberitahukan oleh kami mengenai terjadinya malfungsi tersebut sebelum Anda menjalankan Instruksi Pembayaran;

(iii)    Anda tidak memberikan informasi Akun yang benar kepada kami, atau informasi yang Anda berikan menjadi tidak benar;

(iv)    Kami menemukan atau memiliki alasan yang wajar untuk memercayai bahwa suatu tindakan penipuan, ilegal, terlarang atau kejahatan telah atau akan dilakukan; dan/atau

(v)    Keadaan-keadaan yang berada di luar kendali kami (seperti misalnya kebakaran, banjir, atau gangguan yang disebabkan oleh kekuatan dari luar lainnya), sekalipun keadaan-keadaan tersebut dapat diduga atau diprediksi, yang mencegah pelaksanaan Instruksi Pembayaran dengan sebagaimana mestinya, dan kami telah mengambil langkah-langkah pencegahan yang wajar untuk menghindari keadaan-keadaan tersebut.

 

2.2.6 Dompet Elektronik

 

i. Kami hanya meneruskan instruksi pembayaran Anda kepada pihak penerbit instrumen pembayaran lain yang anda simpan dalam Akun Anda (“Penerbit Instrumen Pembayaran”). Transaksi pembayaran Anda hanya dapat diproses jika pihak Penerbit Instrumen Pembayaran terkait mengotorisasi instruksi tersebut.

 

ii. Transaksi yang telah dikonfirmasi oleh Anda untuk diproses tidak dapat dibatalkan sepihak oleh Anda. Kami memiliki wewenang dan diskresi untuk menentukan keputusan terhadap permintaan pembatalan tersebut berdasarkan penelaahan kasus per kasus oleh kami.

 

iii. Kami merupakan penyelenggara sistem pembayaran dan Anda memahami dan menyetujui bahwa kami tidak memiliki kendali atau bertanggung jawab atas barang atau jasa yang dibayar dengan instrumen pembayaran dalam Layanan. Setiap keluhan dan/atau klaim oleh Anda terhadap Penerbit Instrumen Pembayaran selain kami merupakan tanggung jawab Penerbit Instrumen Pembayaran terkait tersebut. Akan tetapi, kami dapat meneruskan keluhan dan/atau klaim Anda kepada Penerbit Instrumen Pembayaran terkait. Untuk menghindari keraguan, dengan meneruskan keluhan dan/atau klaim Anda, kami tidak bertanggung jawab untuk segala kerugian yang timbul sehubungan dengan keluhan dan/atau klaim tersebut.

 

iv. Anda dapat memberikan instruksi elektronik untuk menghapus data instrumen pembayaran dari fitur dompet elektronik ShopeePay.

 

v. Jika Anda meminta pengembalian dana (refund) pada instrumen pembayaran lain pada dompet elektronik ShopeePay, maka klaim pengembalian dana tersebut dapat disampaikan langsung ke penjual terkait. Kami akan meneruskan klaim pengembalian dana instrumen pembayaran lain berdasarkan permintaan penjual kepada penerbit instrumen pembayaran terkait. Anda juga dapat menyampaikan klaim pengembalian dana instrumen pembayaran lain kepada kami selambat-lambatnya dalam waktu 3 (tiga) bulan sejak tanggal Transaksi dengan menyampaikan bukti pendukung yang cukup. Selanjutnya kami akan meneruskan klaim pengembalian dana instrumen pembayaran lain kepada penerbit instrumen pembayaran terkait berdasarkan hasil tinjauan kami atas klaim tersebut.

 

Dengan mengacu dan tunduk pada Bagian 9, dan dengan ketentuan bahwa tidak satu pun pengecualian-pengecualian yang disebutkan sebelumnya dapat diberlakukan, jika kami menyebabkan berpindahnya dana dari Akun Anda dalam jumlah yang tidak tepat, atau menyebabkan dana dari Akun Anda dipindahkan dengan cara yang tidak sesuai dengan instruksi yang Anda berikan, Anda setuju bahwa satu- satunya upaya perbaikan yang dapat Anda lakukan adalah untuk mendapatkan pengembalian atas jumlah yang dipotong secara keliru tersebut ke dalam Akun Anda.

 

Anda setuju dan menyatakan bahwa Anda bertanggung jawab sendiri secara pribadi atas segala kerusakan, kerugian dan klaim dari pihak ketiga sehubungan dengan hal yang tersebut di atas. Dalam hal suatu Transaksi dihentikan, kami dapat, berdasarkan penilaian kami yang didasari oleh praktik penyediaan jasa pembayaran yang umum dan patut, menentukan apakah wajar untuk mengembalikan sebagian atau seluruh dana kepada Pengguna tersebut.

 

2.2.7 BI-FAST

 

i. Metode BI-FAST diproses dengan menggunakan Proxy Address (sebagaimana didefinisikan di bawah ini).

 

ii. "Proxy Address" adalah data alias yang digunakan untuk menggantikan identitas penerima dalam transaksi menggunakan BI-FAST.

 

iii. Proxy Address dapat menggunakan nomor telepon genggam, alamat email, atau data lain berdasarkan ketentuan Bank Indonesia. Anda dapat mendaftarkan lebih dari 1 (satu) Proxy Address terhadap 1 (satu) rekening tujuan (destination).

 

iv. Untuk menggunakan Proxy Address, Anda diwajibkan melakukan pendaftaran melalui kanal yang disediakan oleh kami dengan menggunakan data identitas diri berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercatat atau tersimpan pada sistem kami.

 

v. Atas pendaftaran Proxy Address yang dilakukan akan diproses oleh kami maksimum dalam 2 (dua) Hari Kerja, untuk selanjutnya Anda akan menerima notifikasi dari kami berkenaan dengan status pendaftaran Proxy Address Anda.

 

vi. Anda menyetujui dan memahami bahwa nomor telepon genggam dan/atau alamat email yang digunakan pada Proxy Address dapat sewaktu-waktu digunakan oleh pengguna bank atau penyelenggara jasa pembayaran lain sepanjang penggunaan tersebut dilakukan atau didaftarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di bank atau penyelenggara jasa pembayaran tersebut, dan atas pemindahan Proxy Address tersebut Anda dengan ini membebaskan kami dari seluruh tuntutan kerugian baik materil dan/atau immateriil dari pengguna dan/atau pihak ketiga lainnya yang memiliki manfaat atas penggunaan Proxy Address.

 

vii. Atas dasar ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku dan/atau atas kebijakan kami, kami dapat melakukan penolakan pendaftaran, pemblokiran dan/atau penghapusan atas Proxy Address dan/atau data Proxy Address yang diselenggarakan kami.

 

viii. Anda dapat melakukan penghapusan atau perubahan atau blokir atau pembukaan blokir atas Proxy Address yang dimilikinya melalui kanal yang kami sediakan.

 

ix. Dalam hal Proxy Address Anda terblokir baik atas permintaan Anda atau kebijakan kami, Anda tetap dapat melakukan kegiatan transfer dana dengan menggunakan identitas nomor rekening Anda.

 

x. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian dan/atau kerusakan yang terjadi, baik langsung maupun tidak langsung yang disebabkan atas kelalaian dan/atau ketidak hati-hatian dan/atau kesalahan yang disengaja dan/atau penyalahgunaan yang dilakukan oleh Anda dan/atau pihak ketiga yang memiliki manfaat penggunaan Proxy Address.

 

xi. Dalam hal metode transfer yang digunakan adalah metode lain selain BI-FAST, maka berlaku ketentuan-ketentuan atas metode tersebut sesuai dengan hukum, peraturan, dan/atau ketentuan terkait metode tersebut yang berlaku di Indonesia.

 

2.2.8 Produk Digital dan Produk Shopee Lainnya
(i) Perseroan dapat menyediakan melalui Layanan produk dan/atau layanan tertentu yang berasal dari dan tersedia di platform Shopee seperti yang ditawarkan oleh Shopee termasuk namun tidak terbatas pada produk dalam kategori pulsa telepon seluler, isi ulang, penagihan, tagihan utilitas , transportasi, asuransi, akomodasi, kredit, kartu kredit, pendidikan, retribusi, dan hiburan (“Produk Digital”) serta produk lainnya yang disediakan melalui Shopee dari waktu ke waktu di Platform.
 
(ii) Dalam mengakses atau bertransaksi dengan layanan tersebut, dan sebagai ketentuan penggunaan atau pembelian produk dan layanan tersebut, Anda dengan ini menerima dan menyetujui Syarat Layanan dan Kebijakan Privasi Shopee. Anda mengetahui dan menyetujui bahwa pembelian atau transaksi jenis produk dan/atau layanan ini tunduk pada Syarat Layanan Shopee dan, oleh karena itu, PT AirPay International Indonesia tidak bertanggung jawab atau berkewajiban jika terjadi kegagalan atau kesalahan apa pun terkait dengan produk atau layanan tersebut. 
 
(iii) Anda dapat menghubungi layanan pelanggan Shopee secara langsung jika Anda memiliki pertanyaan atau mengalami masalah apa pun sehubungan dengan pembelian atau transaksi Produk Digital dan produk atau layanan lain yang disediakan oleh Shopee.

 

2.2.9 Produk Afiliasi, Anak Perseroan, atau Mitra Perseroan Lainnya
 
(i) Perseroan dapat menyediakan melalui Layanan produk dan/atau layanan tertentu yang berasal dari atau ditawarkan oleh afiliasi, anak perusahaan atau mitra Perseroan dan produk lain yang disediakan oleh mereka dari waktu ke waktu di Platform.
 
(ii) Anda mengetahui dan menyetujui bahwa pembelian atau transaksi jenis produk dan/atau layanan ini tunduk pada Ketentuan Layanan untuk masing-masing produk atau layanan, yang secara terpisah Anda setujui dan terima saat menggunakan atau mengakses produk, aplikasi tersebut, situs web atau layanan dan oleh karena itu PT AirPay International Indonesia tidak bertanggung jawab atau berkewajiban jika terjadi kegagalan atau kesalahan apa pun terkait dengan pembelian atau transaksi produk atau layanan tersebut. 
 
(iii) Anda dapat menghubungi Shopee secara langsung jika Anda memiliki pertanyaan atau mengalami masalah apa pun sehubungan dengan pembelian atau transaksi produk atau layanan yang disediakan oleh Shopee.

 

2.3 Dalam hal suatu Transaksi dihentikan, kami dapat, berdasarkan penilaian kami yang didasari oleh praktik penyediaan jasa pembayaran yang umum dan patut, menentukan apakah wajar untuk mengembalikan sebagian atau seluruh dana kepada Pengguna tersebut.

 

2.4 Kami dapat membatasi setiap atau seluruh Layanan yang tersedia bagi Pengguna, sesuai dengan Persyaratan Layanan ini dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku. Jenis Transaksi berikut manfaat, fitur, dan fungsi lain dari Layanan yang tersedia bagi seorang Pengguna mungkin berbeda-beda untuk jenis Akun, profil risiko dan saldo Akun yang berbeda. Kami tidak memberikan jaminan atau pernyataan bahwa jenis dan lingkup transaksi, manfaat, fitur dan fungsi yang sama akan tersedia bagi seluruh Pengguna.

 

2.5 Kami dapat menolak atau membatalkan Transaksi karena alasan yang diperbolehkan atau dilarang berdasarkan peraturan hukum yang berlaku dan berdasarkan penilaian kami yang didasari oleh praktik penyediaan jasa pembayaran yang umum dan patut. Situasi yang dapat mengakibatkan ditolak atau dibatalkanya suatu Transaksi adalah seperti pada masalah-masalah yang berhasil diidentifikasi oleh Penjual Pihak Ketiga terkait, transaksi mencurigakan yang berhasil diidentifikasi oleh departemen operasional kami, ketika kami memiliki alasan untuk meyakini bahwa Transaksi tersebut tidak sah, melanggar undang-undang, aturan, atau peraturan, atau mungkin mengakibatkan kami atau afiliasi kami harus memikul tanggung jawab yang bukan wewenang kami. Kami akan menginformasikan kepada Anda dalam hal terjadi penolakan atau pembatalan Transaksi seperti ini sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku dan mungkin juga memerlukan verifikasi atau informasi tambahan sebelum menjalankan Transaksi.

 

2.6 Kami dapat menerapkan aturan, pembatasan, larangan, atau langkah-langkah tambahan lain yang berdasarkan ketentuan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme dan/atau peraturan hukum lainnya sehingga tindakan pencegahan perlu atau wajar kami ambil dalam mengawasi setiap Transaksi

 

2.7 Anda bertanggung jawab atas semua Transaksi yang dilakukan melalui Platform via Akun yang Anda lakukan atau otorisasi, baik secara pribadi atau menggunakan kuasa, sepengetahuan atau izin Anda, dan tidak akan mengajukan klaim terhadap kami sehubungan dengan penggunaan yang memang benar dilakukan atau diotorisasi oleh Anda tersebut.

 

3.    Privasi

 

3.1 Privasi Anda sangatlah penting bagi kami. Untuk melindungi hak Anda secara lebih baik, kami telah menetapkan Kebijakan Privasi Perseroan untuk menjelaskan praktik privasi kami secara rinci. Kami persilakan Anda untuk menelaah Kebijakan Privasi tersebut, untuk memahami bagaimana kami mengumpulkan dan menggunakan informasi yang terkait dengan Akun Anda dan/atau penggunaan Layanan oleh Anda. Dengan menggunakan Layanan atau menyetujui Persyaratan Layanan ini, Anda menyetujui pengumpulan, penggunaan, pengungkapan, dan/atau pemrosesan data pribadi Anda oleh kami sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi, dan konten yang mungkin telah Anda tambahkan ke Platform.

 

3.2 Para Pengguna yang memiliki data pribadi Pengguna lain (“Pihak Penerima Informasi”) wajib:

(i) tunduk pada undang- undang yang berlaku mengenai perlindungan data pribadi;

(ii) mengizinkan Pengguna lain (“Pihak Pengungkap Informasi”) untuk menghapus sendiri dirinya dari basis data Pihak Penerima Informasi; dan

(iii) mengizinkan Pihak Pengungkap Informasi untuk mengkaji informasi apa saja yang telah dikumpulkan mengenai mereka oleh Pihak Penerima Informasi.

 

4.    Lisensi Terbatas

Kami memberikan lisensi terbatas kepada Anda untuk mengakses dan menggunakan Layanan, dengan tunduk pada syarat dan ketentuan yang tercantum dalam Persyaratan Layanan ini dan setiap hukum dan peraturan yang berlaku. Kecuali jika kami memberikan persetujuan kepada Anda, lisensi ini tidak memungkinkan Anda untuk menggunakan Layanan untuk kepentingan komersial atau derivatif (seperti misalnya untuk elemen atau Konten pribadi kami). Segala Konten terkait kepemilikan, merek dagang, merek layanan, nama merek, logo dan kekayaan intelektual lainnya yang ditampilkan pada Platform merupakan milik Perseroan, dan jika ada, pemilik pihak ketiga yang disebutkan pada Platform. Kami tidak memberikan hak atau lisensi secara langsung atau tidak langsung kepada pihak mana pun yang mengakses Platform untuk menggunakan atau mereproduksi Konten terkait kepemilikan, merek dagang, merek layanan, nama merek, logo dan kekayaan intelektual lainnya, dan tidak satu pun pihak yang mengakses Platform dapat mengklaim hak, kepemilikan atau kepentingan apa pun atasnya. Dengan menggunakan atau mengakses Layanan, Anda setuju untuk mematuhi hak cipta, merek dagang, merek layanan, dan hukum yang berlaku yang melindungi Layanan, Platform dan Konten kami. Anda setuju untuk tidak meniru, mendistribusikan, mempublikasi ulang, menyebarkan, memamerkan secara terbuka, mempertontonkan secara terbuka, mengubah, mengadaptasi, menyewakan, menjual, atau menciptakan karya turunan dari bagian mana pun dari Layanan, Platform atau Konten kami. Anda juga dilarang, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami, menduplikasi basis data ke server lain (mirroring) atau membingkai sebagian atau seluruh konten Platform ini pada server lain atau sebagai bagian dari situs web lain. Selain itu, Anda setuju bahwa Anda tidak akan menggunakan robot, penggali informasi (spider) atau perangkat otomatis maupun proses manual lain untuk memantau atau meniru Konten kami, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami (persetujuan tersebut dianggap diberikan untuk teknologi mesin pencari standar yang digunakan oleh situs web pencari internet guna mengarahkan Pengguna ke situs web ini).

 

5.    Piranti Lunak

Kecuali disertai dengan perjanjian lisensi tersendiri, setiap piranti lunak yang disediakan oleh kami kepada Anda sebagai bagian dari Layanan, tunduk pada ketentuan Persyaratan Layanan ini. Piranti lunak tersebut memiliki lisensi, tidak dijual, dan kami mencadangkan seluruh hak atas piranti lunak tersebut yang tidak secara tegas diberikan oleh kami. Skrip atau kode milik pihak ketiga yang ditautkan ke, atau dirujuk dari Layanan, dilisensikan kepada Anda oleh pihak ketiga yang memiliki skrip atau kode tersebut, bukan oleh kami.

 

6.    Akun dan Keamanan

 

6.1 Untuk mengakses Layanan kami, Pengguna diharuskan melakukan registrasi Akun, dengan memberikan nomor telepon seluler, alamat surat elektronik (e-mail) Anda dan memilih kata sandi serta PIN. Setelah Akun dibuat, Anda dapat langsung bertransaksi. Namun, tanpa verifikasi lanjutan, Anda hanya dapat menyimpan maksimal Rp 2.000.000 (dua juta Rupiah) di dalam Akun Anda. Dengan membuat Akun, Anda mengkonfirmasikan bahwa Anda telah memberikan persetujuan kepada kami untuk menggunakan informasi pribadi Anda yang disimpan oleh Penjual Pihak Ketiga terkait untuk verifikasi apabila diperlukan seperti misalnya ketika telepon seluler yang terdaftar di Akun Anda telah hilang, dicuri atau dinonaktifkan seperti yang dijelaskan dalam Bagian 8.3 Apabila Anda ingin menjadi pengguna yang terverifikasi, Anda harus mengirimkan foto Anda dan kartu identitas (Kartu Tanda Penduduk/KTP, Kartu Izin Tinggal Terbatas/KITAS), alamat tempat tinggal sesuai KTP/KITAS, alamat tempat tinggal lain (apabila ada), tanggal dan tempat lahir Anda, jenis kelamin, kewarganegaraan, pekerjaan, nomor telepon seluler, nama ibu dan nomor kartu identitas Anda untuk melengkapi proses KYC (Know Your Customer). Setelah terverifikasi, Anda dapat menyimpan maksimal Rp 20.000.000 (dua puluh juta Rupiah) di dalam Akun Anda. Batas maksimal dana masuk per bulan untuk Akun yang terverifikasi adalah senilai Rp 40.000.000 (empat puluh juta Rupiah) dan Akun yang tidak terverifikasi adalah senilai Rp 20.000.000 (dua puluh juta Rupiah). Dengan melakukan pendaftaran untuk membuka Akun, Anda mengkonfirmasikan bahwa:

(a) Anda telah memberikan persetujuan kepada kami untuk menggunakan data pribadi Anda untuk pelaksanaan Layanan; dan

(b) Anda akan membayar atau mengizinkan kami untuk memotong seluruh biaya yang terkait dengan penggunaan Layanan oleh Anda.

 

6.2 Anda dapat menggunakan Akun Anda untuk mendapatkan akses ke produk, situs web atau layanan lain yang kami telah aktifkan aksesnya, atau yang memiliki ikatan atau bekerja sama dengan kami. Sehubungan dengan penyediaan oleh pihak ketiga, tanggung jawab kami terbatas atas konten, fungsionalitas, keamanan, layanan, kebijakan privasi, atau praktik lain dari pihak ketiga atas produk, situs web atau layanan tersebut. Oleh karena itu, persyaratan layanan yang berlaku bagi produk, situs web atau layanan pihak ketiga tersebut, termasuk kebijakan privasi mereka masingmasing, jika berbeda dengan Persyaratan Layanan ini dan/atau Kebijakan Privasi kami, juga berlaku atas penggunaan produk, situs web atau layanan tersebut oleh Anda.

 

6.3 Anda setuju untuk (a) menjaga kerahasiaan kata sandi dan PIN Anda, dan hanya menggunakan kata sandi dan PIN Akun pribadi Anda saat masuk ke Akun, (b) memastikan bahwa Anda menutup dan mengunci Akun Anda pada akhir setiap sesi di Platform, (c) segera memberitahu kami mengenai penggunaan Akun Anda secara tidak sah, dan (d) memastikan bahwa informasi Akun Anda benar, lengkap, akurat dan terbaru. Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas seluruh kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan Akun Anda, bahkan jika kegiatan atau penggunaan tersebut tidak dilakukan oleh Anda. Setelah masuk (log in) ke Akun, Anda akan tetap masuk sampai Anda keluar (log out).

 

Jika seseorang (Anda atau orang lain) salah memasukkan kata sandi dan/atau PIN sebanyak 5 (lima) kali berturut-turut dalam 1 (satu) hari, maka Akun Anda akan diblokir. Untuk memulihkan Akun Anda yang diblokir, Anda harus menghubungi kami seperti yang ditentukan dalam Bagian 14. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kehilangan atau kerugian yang timbul dari penggunaan kata sandi Anda secara tidak sah atau kegagalan Anda untuk mematuhi Bagian 6.3 ini.

 

6.4 Kami dapat meminta Anda untuk menyampaikan dokumen, seperti dokumen identitas, kepada kami, agar Anda dapat mengakses Layanan kami. Jika Anda ingin mengganti nomor telepon Anda, Anda harus menghubungi kami seperti yang ditentukan dalam Bagian 14. Hanya Pengguna yang terverifikasi yang diperbolehkan untuk melakukan perubahan tersebut.

 

6.5 Anda bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang benar dan akurat saat melakukan registrasi Akun, dan untuk selalu menjaga kemutakhiran informasi Anda, atau memberitahu kami dalam hal terjadi perubahan atas informasi tersebut.

 

6.6 Anda setuju bahwa kami, karena alasan apa pun berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada Anda sesegera mungkin atau paling lambat dalam 30 (tiga puluh) hari kerja, dapat segera memblokir atau menutup Akun Anda, serta menghapus atau membuang segala Konten yang berkaitan dengan Akun Anda dari Platform. Dasar pemblokiran atau penutupan tersebut karena:

(a) permintaan Anda;

(b) pelanggaran terhadap isi atau semangat Persyaratan Layanan ini dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku;

(c) tidak ada Transaksi pada Akun selama jangka waktu 2 (dua) tahun atau lebih;

(d) tindakan penipuan/kecurangan, pelecehan, pencemaran, pengancaman atau penghinaan;

(e) tindakan yang merugikan Pengguna lain, pihak ketiga, atau kepentingan bisnis Perseroan;

(f) sebagaimana diinstruksikan oleh institusi pemerintah yang berwenang atau aparat penegak hukum terkait; atau

(g) alasan lain yang kami anggap merupakan bentuk pelanggaran dari Persyaratan Layanan ini atau peraturan perundang-undangan yang berlaku;

 

Penggunaan Akun untuk tujuan ilegal, penipuan/kecurangan, pelecehan, pencemaran, pengancaman atau penghinaan akan diserahkan kepada otoritas penegak hukum tanpa pemberitahuan kepada Anda. Jika Anda mengajukan tuntutan (karena sebab apa pun), baik terhadap kami, atau yang dengan cara apa pun melibatkan kami, maka kami dapat memblokir atau menutup Akun Anda. Anda setuju dan mengakui bahwa Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk, melepaskan dan mengganti rugi langsung segala kerusakan, kerugian dan klaim yang mungkin Anda alami atau antara Anda dengan pihak ketiga lainnya sehubungan dengan pemblokiran atau penutupan yang disebabkan oleh alasan-alasan di atas.

 

6.7 Untuk Penjual Pihak Ketiga tertentu, akun Penjual Pihak Ketiga Anda dapat ditutup jika Anda ingin menutup Akun Anda dengan kami. Dalam skenario ini, Anda perlu mengajukan permintaan kepada kami (seperti yang dijelaskan dalam Bagian 6.5 atau layanan pelanggan Penjual Pihak Ketiga yang bersangkutan secara langsung dan menyelesaikan semua kewajiban Anda dan memastikan bahwa Akun Anda tidak dibekukan/diblokir sebelum dapat ditutup secara otomatis. Penutupan akan dilakukan sesegera mungkin setelah permintaan diajukan (maksimal dalam 24 jam), dengan ketentuan Anda tidak memiliki kewajiban yang tertunda.

 

6.8 Pada saat kami melakukan pemblokiran atau penutupan Akun berdasarkan hal-hal tersebut dalam Bagian 6.6 di atas, kami dapat menahan, menarik, dan/atau mendebet sisa saldo dalam Akun, termasuk memotong biaya operasional (apabila ada). Anda dapat mengajukan klaim pengembalian terhadap sisa saldo tersebut (setelah pemotongan biaya operasional (apabila ada)) kepada kami apabila Akun Anda diblokir atau ditutup dikarenakan alasan selain dari alasan dalam Bagian 6.6 huruf (b), (d), (e), atau (f), dengan tunduk kepada hasil verifikasi kami dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

6.9 Terlepas dari hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, jika Akun Anda diblokir atau ditutup karena penyelidikan oleh pemerintah atau badan yang berwenang, kami berhak untuk menahan uang Anda tanpa batas waktu dan/atau melepaskan uang tersebut berdasarkan instruksi dari pemerintah atau badan yang berwenang tersebut.

 

6.10 Anda diizinkan untuk menggunakan Layanan dan/atau membuka sebuah Akun jika yurisdiksi tempat Anda tinggal mengizinkan Anda untuk menyetujui Persyaratan Layanan ini.

 

6.11 Anda dapat membuat Akun melalui Shopee atau melalui ShopeePay. Pengumpulan, penggunaan dan pemrosesan data Pengguna antara PT AirPay International Indonesia dan Shopee diatur oleh masing-masing Kebijakan Privasi ShopeePay dan Kebijakan Privasi Shopee. Dengan membuat Akun melalui ShopeePay atau mengakses atau menggunakan Layanan kami, Anda menyetujui Kebijakan Privasi ShopeePay.

 

7.    Penghentian

 

Jika Anda tidak dapat menggunakan Layanan sebagai akibat pengoperasian Piranti Lunak secara tidak tepat, yang disebabkan oleh salah satu alasan di bawah ini, Anda setuju untuk tidak mewajibkan kami atau afiliasi kami untuk menyampaikan pemberitahuan mengenai :

 

(a) kegagalan transmisi data, yang disebabkan oleh gangguan atau penghentian sementara peralatan dan/atau sistem telekomunikasi;

 

(b) kegagalan pengoperasian sistem yang disebabkan oleh peristiwa keadaan kahar, yang meliputi, namun tidak terbatas pada angin topan, gempa bumi, tsunami, banjir, pemadaman listrik, perang, serangan teroris, yang berada di luar kendali wajar kami; atau

 

(c) terganggu atau tertundanya Layanan yang disebabkan oleh peretasan, pemeliharaan, penggantian ke versi yang lebih baru (upgrade), lembaga perbankan atau badan regulasi, dan sebab-sebab lainnya.

 

Anda setuju dan mengakui bahwa Anda akan melepaskan kami dari segala kewajiban kerusakan, kerugian dan klaim dari Anda atau pihak ketiga sehubungan dengan penghentian sementara dan gangguan sistem yang tersebut di atas.

 

8.    Kesalahan

 

8.1. Jika terdapat kesalahan dalam pemrosesan Transaksi apa pun, Anda memberi wewenang kepada kami untuk memulai entri debit atau kredit ke saldo Rekening Anda untuk memperbaiki kesalahan tersebut, dengan ketentuan bahwa koreksi tersebut dilakukan sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Jika kami tidak dapat mendebit saldo Rekening Anda karena alasan apa pun, Anda mengizinkan kami untuk melakukan ulang debit, ditambah biaya yang berlaku, atau untuk mengurangi debit dan biaya yang berlaku dari saldo Rekening Anda di masa mendatang.

 

8.2 Dalam hal terjadi Transaksi tidak sah atau kesalahan pada Akun Anda yang bukan disebabkan oleh Anda, kami dapat atas kebijakan mutlak kami, mengganti nilai Transaksi tidak sah atau kesalahan tersebut, sepanjang Anda mengikuti prosedur yang ditetapkan di bawah ini. Dalam hal apapun, cakupan penggantian kami hanya sebatas jumlah saldo terakhir Akun Anda di sistem kami, atau Rp 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah), yang mana yang lebih rendah. Transaksi tidak sah terjadi saat pembayaran dikirimkan dari Akun Anda, tanpa otorisasi Anda, dan tidak memberi manfaat untuk Anda. Contoh, jika seseorang mencuri kata sandi dan/atau PIN Anda, ia menggunakan kata sandi dan/atau PIN tersebut untuk mengakses Akun Anda, dan mengirim pembayaran dari Akun Anda, saat itulah terjadi Transaksi tidak sah. Jika Anda memberi akses kepada seseorang ke Akun Anda (dengan memberi informasi login Anda kepada mereka), dan mereka melakukan transaksi tanpa sepengetahuan atau izin Anda, Anda bertanggung jawab atas akibat yang timbul dari penggunaan tersebut.

 

8.3 Anda harus segera memberitahu kami jika Anda meyakini:

(i) telah terjadi Transaksi atau pengaksesan tidak sah ke Akun Anda;

(ii) terdapat kesalahan dalam riwayat Akun Anda;

(iii) kata sandi, PIN dan/atau kode pembuka kunci Anda telah disusupi;

(iv) telepon seluler yang digunakan untuk mengaktifkan Akun Anda hilang, dicuri atau dinonaktifkan; atau

(v) Anda memerlukan informasi lebih mengenai transaksi yang tercatat dalam riwayat transaksi atau konfirmasi transaksi.

 

8.4 Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan dari Transaksi tidak sah, Anda harus memberitahu kami dalam waktu dua puluh empat (24) jam setelah Anda mengetahui adanya Transaksi tidak sah tersebut, namun dalam hal apa pun, dalam waktu selambat-lambatnya tiga puluh (30) hari setelah Transaksi tidak sah tersebut pertama kali muncul dalam riwayat Akun Anda. Dengan menyampaikan alasan yang masuk akal dan dapat dibuktikan berdasarkan pertimbangan Anda sepenuhnya, kami akan memperpanjang jangka waktu tersebut, seperti perawatan di rumah sakit, yang menghalangi Anda untuk menyampaikan pemberitahuan kepada kami dalam batas waktu tersebut. Anda harus secara berkala masuk ke Akun Anda dan meninjau riwayat Akun Anda, untuk memastikan tidak terjadi Transaksi tidak sah atau kesalahan. Kami juga mungkin akan mengirim surel ke alamat surel utama yang Anda berikan, untuk memberitahu Anda mengenai setiap transaksi yang terjadi dari Akun Anda. Anda juga harus memeriksa konfirmasi transaksi tersebut untuk memastikan bahwa setiap transaksi telah diotorisasi dan benar.

 

8.5 Untuk Transaksi tidak sah atau Kesalahan dalam Akun Anda, Anda dapat memberitahu kami melalui metode-metode sebagaimana diatur dalam Bagian 14.

Saat Anda memberitahu kami, mohon sampaikan informasi sebagai berikut kepada kami:

(i) Nama Anda, nomor kontak dan alamat surel yang terdaftar di Akun Anda;

(ii) Rincian wajar dugaan Transaksi tidak sah atau kesalahan, dan penjelasan mengapa Anda yakin bahwa Transaksi tersebut tidak benar, atau mengapa Anda memerlukan lebih banyak informasi untuk mengidentifikasi Transaksi tersebut; dan

(iii) Nilai dugaan Transaksi tidak sah atau kesalahan tersebut.

 

Jika Anda memberitahu kami secara lisan, kami dapat meminta Anda untuk menyampaikan keluhan atau pertanyaan Anda tersebut dalam bentuk tertulis, dalam waktu sepuluh (10) Hari Kerja. Selama masa penyelidikan, kami mungkin akan meminta informasi tambahan dari Anda.

 

8.6 Segera setelah Anda memberitahu kami mengenai dugaan Transaksi tidak sah atau kesalahan, atau jika kami mengetahui terjadinya hal tersebut:

 

(i) Kami akan mengadakan penyelidikan untuk memastikan apakah benar telah terjadi Transaksi tidak sah atau kesalahan, yang memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan

(ii) Kami akan merampungkan penyelidikan dalam waktu sepuluh (10) Hari Kerja terhitung sejak kami menerima pemberitahuan Anda mengenai dugaan Transaksi tidak sah atau kesalahan tersebut. Jika Akun Anda baru (transaksi pertama Akun Anda terjadi kurang dari tiga puluh (30) Hari Kerja sejak tanggal Anda menyampaikan pemberitahuan kepada kami), kami mungkin memerlukan waktu hingga dua puluh (20) Hari Kerja untuk merampungkan penyelidikan ini. Jika kami membutuhkan tambahan waktu, kami mungkin memerlukan waktu hingga empat puluh lima (45) Hari Kerja untuk merampungkan penyelidikan kami (atau hingga sembilan puluh (90) Hari Kerja untuk Akun baru, atau jika transaksi Anda terjadi di titik penjualan dimana Anda hadir secara fisik).

(iii) Jika kami memerlukan tambahan waktu untuk merampungkan penyelidikan, kami dapat, berdasarkan kebijakan kami sepenuhnya, untuk sementara mengkredit Akun Anda senilai Transaksi tidak sah atau kesalahan tersebut.

(iv) Kami akan memberitahukan keputusan yang kami ambil setelah merampungkan penyelidikan.

 

8.7 Jika kami menetapkan bahwa Transaksi tidak sah atau kesalahan telah terjadi, kami akan segera mengkreditkan nilai tersebut ke Akun anda dalam waktu satu (1) Hari Kerja sejak keputusan kami tersebut. Atau, jika Anda telah menerima kredit sementara, Anda akan diizinkan untuk menyimpan jumlah tersebut. Jika kami menetapkan bahwa tidak terjadi Transaksi tidak sah atau kesalahan, kami akan menyertakan penjelasan mengenai keputusan kami dalam surel kami kepada Anda. Jika Anda telah menerima kredit sementara, kami akan menghapusnya dari Akun Anda, dan memberitahu Anda mengenai tanggal dan jumlah pendebetan. Anda dapat meminta salinan dokumen yang kami gunakan dalam penyelidikan kami.

 

8.8 Kami akan memperbaiki kesalahan yang kami temukan berdasarkan kebijakan kami sepenuhnya. Jika kesalahan tersebut mengakibatkan Anda menerima kurang dari jumlah yang seharusnya Anda terima, kami akan mengkreditkan selisihnya ke Akun Anda. Jika kesalahan tersebut mengakibatkan Anda menerima lebih dari jumlah yang seharusnya Anda terima, Anda setuju bahwa kami dapat mendebet kelebihan dana tersebut dari Akun Anda.

 

8.9 Jika Anda secara keliru mengirim pembayaran ke pihak yang salah, atau mengirim pembayaran dengan jumlah yang salah (misalnya karena kesalahan ketik), kami, atas kebijakan kami sendiri, dapat memilih untuk membantu anda menghubungi pihak yang Anda kirimi pembayaran, dan meminta mereka mengembalikan pembayaran tersebut. Kami tidak akan menggantikan atau membalikkan pembayaran yang telah Anda lakukan secara keliru.

 

9.    Pernyataan dan Penyangkalan

 

9.1 Kami bukan bank atau lembaga penyimpanan lain, atau penerbit kartu kredit, kartu debit, rekening tabungan atau metode layanan pembayaran prabayar lainnya, kecuali dinyatakan lain. Untuk Transaksi yang difasilitasi dengan AirPay, kami menangani pembayaran kepada Penjual Pihak Ketiga dan pembebanan Akun Anda untuk melakukan pembayaran atas pembelian yang Anda lakukan.

 

9.2 ANDA BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEGALA BIAYA DAN/ATAU PENDEBETAN KE SALDO AKUN ANDA, YANG MUNGKIN TIMBUL KARENA PEMBELIAN YANG DILAKUKAN DARI AKUN, SESUAI DENGAN PERSYARATAN LAYANAN INI. ANDA MENGAKUI DAN SETUJU BAHWA ANDA BERTANGGUNG JAWAB PENUH ATAS AKUN ANDA, DAN KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEAKURATAN, KETERSEDIAAN, ATAU KESESUAIAN INFORMASI YANG ANDA MASUKKAN ATAU SIMPAN DALAM PIRANTI LUNAK, DAN APAKAH INFORMASI TERSEBUT SUDAH TERKINI ATAU TIDAK

 

9.3 KAMI AKAN BERUPAYA UNTUK MENJALANKAN LAYANAN INI SEBAIK MUNGKIN SEBAGAIMANA DIATUR DALAM PERSYARATAN LAYANAN INI, NAMUN KAMI TIDAK DAPAT MEMBERIKAN JAMINAN SETIAP WAKTU SELAMA PELAKSANAAN ATAU PENGGUNAAN LAYANAN, KLAIM ATAU PERNYATAAN APAPUN SEHUBUNGAN DENGAN TEKNIS LAYANAN, SEPERTI MISALNYA PADA JAMINAN MUTU, PENCAPAIAN, TIDAK DILAKUKANNYA PELANGGARAN, KELAYAKAN UNTUK MASING – MASING JENIS PERDAGANGAN ATAU KESESUAIN UNTUK TUJUAN TERTENTU, DAN TIDAK ADA JAMINAN TANPA KENDALA DALAM SETIAP TRANSAKSI, LAYANAN KAMI MEMILIKI KETERBATASAN YANG MUNGKIN MEMBUAT LAYANAN TIDAK TERSEDIA BEBERAPA SAAT ATAU TIDAK DAPAT SELALU DIAKSES, TERDAPAT GANGGUAN, TIDAK TEPAT WAKTU, KURANG AMAN, TIDAK AKURAT ATAU TERDAPAT KENDALA KECATATAN ATAU KESALAHAN, KAMI AKAN BERUSAHA LANGSUNG MELAKUKAN PERBAIKAN APABILA TERDAPAT KENDALA TERSEBUT. KAMI JUGA TIDAK MENJAMIN BAHWA PLATFORM INI DAN/ATAU SERVER YANG MEMUNGKINKAN KETERSEDIAAN LAYANAN ATAU FUNGSI TERSEBUT AKAN BEBAS DARI VIRUS, DENYUTAN/CLOCKS, PENCATAT WAKTU/TIMER, PROGRAM YANG MELAKUKAN PROSES PERHITUNGAN BERKELANJUTAN/COUNTER, CACING KOMPUTER, KUNCI PIRANTI LUNAK, MEKANISME PENONAKTIFKAN PERANGKAT/DROP DEAD DEVICE, PROGRAM TROJAN- HORSES, PROSES PENGIRIMAN DATA DARI SATU JARINGAN KE JARINGAN LAIN/ROUTINGS, JEBAKAN UNTUK MENJEBAK ADMINISTRATOR AGAR MENJALANKAN PERINTAH TERTENTU/TRAPDOORS, BOM WAKTU, ATAU KODE, INSTRUKSI, PROGRAM ATAU KOMPONEN BERBAHAYA LAINNYA. KAMI AKAN MELAKUKAN PERBAIKAN SECARA BERKALA APABILA DITEMUKAN KENDALA PADA LAYANAN KAMI.

 

9.4 ANDA MEMAHAMI DAN MENYETUJUI BAHWA ANDA BERTANGGUNG JAWAB PENUH UNTUK MENJAGA KERAHASIAAN KODE KEAMANAN YANG DIBERIKAN KEPADA ANDA, DAN ANDA TIDAK DAPAT MENUNTUT KAMI ATAS SETIAP KEHILANGAN ATAU KERUGIAN YANG DIAKIBATKAN OLEH KELALAIAN ANDA DALAM MENJAGA KERAHASIAAN TERSEBUT.

 

9.5 Anda sepenuhnya menanggung risiko dan bertanggung jawab atas setiap akses yang tidak sah dari luar sistem kami yang di luar kendali dan tanggung jawab kami karena akses yang tidak sah atau pengunduhan data tersebut bisa disusupi oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab sehingga ada kemungkinan dan risiko mengandung virus komputer atau kode, agen, program, atau makro, yang berbahaya, bersifat destruktif atau merusak.

 

9.6 Jika Anda mengirim dana ke pihak yang salah atau mengirim dana dengan jumlah yang salah, kami dapat memutuskan untuk membantu Anda berdasarkan itikad baik, dengan menghubungi pihak yang menerima dana tersebut untuk meminta pengembalian dana. Namun, kami tidak berkewajiban mengganti pembayaran atau membalikkan Transaksi yang telah Anda lakukan, yang disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian Anda.

 

10.    Pengecualian dan Batasan Tanggung Jawab

 

10.1 KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KELALAIAN ANDA DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN BAIK SECARA SENGAJA ATAU TIDAK DISENGAJA YANG KEMUDIAN MENYEBABKAN KERUGIAN DALAM BENTUK BIAYA, BUNGA, KERUSAKAN, ATAU KERUGIAN YANG ANDA ATAU PIHAK KETIGA ALAMI. KARENA KELALAIAN ANDA DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN.

 

10.2 KAMI DAPAT MENETAPKAN PRAKTIK UMUM DAN PEMBATASAN TERKAIT PENGGUNAAN LAYANAN. KAMI BERHAK MENGUBAH, MENGHENTIKAN SEMENTARA ATAU MENGHENTIKAN BAGIAN MANA PUN DARI LAYANAN, DENGAN PEMBERITAHUAN SESEGERA MUNGKIN ATAU PALING LAMBAT DALAM 30 (TIGA PULUH) HARI KERJA. DENGAN MEMPERHATIKAN KETENTUAN MENGENAI PEMBERITAHUAN, KAMI DAPAT MENOLAK UNTUK MEMPROSES SUATU TRANSAKSI. KHUSUSNYA JIKA:

(A) TRANSAKSI TERSEBUT TIDAK MEMENUHI SYARAT DAN KETENTUAN PERSYARATAN LAYANAN INI ATAU KEBIJAKAN PRIVASI, SYARAT, ATURAN DAN KEBIJAKAN LAIN YANG BERLAKU, ATAU

(B) JIKA KAMI MEMILIKI ALASAN UNTUK MEYAKINI BAHWA TRANSAKSI TERSEBUT AKAN MELANGGAR PERATURAN UNDANG-UNDANG YANG BERLAKU YANG MUNGKIN MENGAKIBATKAN KAMI ATAU AFILIASI KAMI HARUS MENANGGUNG AKIBATNYA.

 

10.3 HAK YANG ANDA MILIKI SEHUBUNGAN DENGAN MASALAH ATAU KETIDAKPUASAN TERHADAP LAYANAN ADALAH DENGAN MENGAJUKAN PENGADUAN SESUAI DENGAN KETENTUAN PERSYARATAN LAYANAN INI ATAU LANGSUNG MENUTUP AKUN ANDA.

 

10.4 MENYIMPANG DARI KETENTUAN BAGIAN 10.1 DAN 10.2, JIKA OLEH PENGADILAN PADA YURISDIKSI YANG BERWENANG KAMI TERBUKTI WAJIB BERTANGGUNG JAWAB (TERMASUK ATAS KELALAIAN NYATA), TANGGUNG JAWAB KAMI KEPADA ANDA ATAU KEPADA PIHAK KETIGA TERBATAS PADA JUMLAH NOMINAL UANG ELEKTRONIK ANDA YANG BERMASALAH TERSEBUT.

10.5 TIDAK ADA SATU KETENTUAN PUN DALAM PERSYARATAN LAYANAN INI YANG MEMBATASI ATAU MENIADAKAN TANGGUNG JAWAB ATAS PENIPUAN/KECURANGAN ATAU ATAS KEWAJIBAN LAIN YANG SECARA HUKUM TIDAK DAPAT DIBATASI DAN/ATAU DIKECUALIKAN.

 

11.    Perbuatan yang Dilarang

 

11.1 Lisensi untuk penggunaan Platform dan Layanan berlaku hingga diakhiri. Lisensi ini akan berakhir dengan cara sebagaimana diatur dalam Persyaratan Layanan ini, atau jika Anda gagal mematuhi syarat atau ketentuan Persyaratan Layanan ini. Dalam hal demikian, kami akan memberitahukan sesegera mungkin atau paling lambat dalam 30 (tiga puluh) hari kerja kepada Anda untuk pengakhiran tersebut.

 

11.2 Anda setuju untuk tidak:

a. melanggar Persyaratan Layanan, Kebijakan Privasi, aturan dan peraturan internal kami, termasuk peraturan untuk acara-acara promosi, dan/atau melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku;

b. bertindak dengan cara yang melanggar hukum, berbahaya, mengancam, kasar, melecehkan, menggelisahkan, menyusahkan, tidak jujur, mencemarkan, tidak sopan, cabul, merugikan nama baik, melanggar privasi orang lain, kebencian, atau rasis, atau tidak pantas, terhadap

karyawan dan agen kami, atau Pengguna lain;

c. menggunakan Layanan untuk merugikan hak anak di bawah umur;

d. memberikan informasi palsu, tidak benar atau menyesatkan;

e. menggunakan Layanan atau bagian dari Layanan untuk kegiatan ilegal;

f. menggunakan Akun Anda dengan cara yang dapat menimbulkan sengketa, gugatan atau kewajiban lain terhadap kami, Pengguna lain, pihak ketiga, atau yang dapat dianggap sebagai penyalahgunaan sistem kami;

g. menggunakan Layanan untuk menyamar sebagai orang atau entitas lain, atau memalsukan hubungan Anda dengan seseorang atau suatu entitas;

h. mengarang-ngarang judul Konten, atau memanipulasi pengidentifikasi guna menyamarkan asal Konten yang dikirimkan melalui Layanan

i. menghapus pemberitahuan mengenai kepemilikan dari Platform;

j. melakukan, mengizinkan atau memberi wewenang untuk melakukan perubahan, penciptaan karya turunan atau penyalinan Layanan tanpa izin yang jelas dari kami.

k. menggunakan Layanan dengan cara yang dilarang berdasarkan lisensi yang diberikan dalam Persyaratan Layanan

l. menggunakan Layanan untuk tujuan penipuan/kecurangan;

m. menolak untuk bekerja sama dalam penyelidikan atau memberikan konfirmasi atas identitas atau informasi yang Anda berikan kepada kami;

n. berusaha melakukan dekompilasi, rekayasa mundur, membongkar atau meretas Layanan (atau bagian dari Layanan), atau untuk mengalahkan atau menguasai teknologi enkripsi atau langkah-langkah keamanan yang kami terapkan sehubungan dengan Layanan dan/atau data yang kami kirim, olah atau simpan;

o. mengumpulkan atau secara tidak sah menggunakan informasi mengenai atau sehubungan dengan pemegang Akun lain, misalnya data atau informasi pribadi;

p. mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan, atau menyediakan Konten yang tidak berhak Anda sediakan berdasarkan undang-undang atau kontrak atau hubungan berdasarkan prinsip kepercayaan (seperti informasi internal, informasi kepemilikan dan informasi rahasia yang diketahui atau diungkapkan sebagai bagian dari hubungan kerja atau berdasarkan perjanjian kerahasiaan);

q. mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan atau menyediakan Konten yang melanggar hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta atau hak kepemilikan lain pihak mana pun;

r. mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan atau menyediakan iklan dan materi promosi yang tidak diminta atau tidak sah, “surat sampah”, “spam”, “surat

berantai”, “bisnis dengan skema piramida” atau bentuk ajakan tidak sah lainnya;

s. mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan atau menyediakan materi yang mengandung virus piranti lunak, cacing komputer, program Trojan-horses atau kode, prosedur rutin, berkas, atau program yang dirancang untuk secara langsung maupun tidak langsung menghalangi, memanipulasi, mengganggu, merusak atau membatasi fungsi atau keutuhan piranti lunak atau piranti keras komputer atau data atau peralatan telekomunikasi;

t. mengganggu aliran normal dialog, mengakibatkan layar “bergulir” melebihi kemampuan mengetik Pengguna lain Layanan, atau bertindak dengan cara yang berdampak negatif terhadap kemampuan Pengguna lain untuk melaksanakan pertukaran secara waktu nyata;

u. menghalangi, memanipulasi atau mengganggu Layanan atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan atau penggunaan dan kenikmatan Pengguna lain dalam menggunakan Layanan, atau tidak mematuhi persyaratan, prosedur, kebijakan atau peraturan jaringan yang terhubung ke Platform;

v. mengganggu, memanipulasi atau mengacaukan Layanan, atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan atau penggunaan dan kenikmatan penggunaan Layanan oleh Pengguna lain, atau tidak mematuhi persyaratan, prosedur,

kebijakan atau peraturan jaringan yang terhubung ke Platform;

w. mengambil tindakan atau terlibat dalam suatu tindakan yang secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak, melumpuhkan, membebani, atau mengganggu Layanan, atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan;

x. menggunakan Layanan untuk secara sengaja maupun tidak sengaja melanggar undang-undang, aturan, kitab undang-undang, petunjuk, pedoman, kebijakan, atau peraturan setempat, negara, nasional atau internasional yang berlaku, misalnya peraturan perundang-undangan (baik yang memiliki kekuatan hukum maupun yang akan mengikat di kemudian hari) yang berkaitan dengan anti pencucian uang atau pencegahan pendanaan terorisme.

y. menggunakan Layanan untuk memberikan dukungan atau menyediakan sumber daya material (atau untuk menyembunyikan atau menyamarkan sifat, lokasi, sumber, atau kepemilikan dukungan atau sumber daya material) kepada organisasi-organisasi yang ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia sebagai organisasi teroris asing atau sebagaimana ditetapkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku;

z. menggunakan Layanan untuk melanggar privasi orang lain atau untuk 'menguntit' atau melecehkan orang lain;

aa. menggunakan Layanan untuk mengumpulkan atau menyimpan data pribadi tentang Pengguna lain sehubungan dengan tindakan dan aktivitas terlarang yang disebutkan di atas; dan/atau

bb. menggunakan Layanan untuk kegiatan-kegiatan lain yang dianggap terlarang di yurisdiksi tempat Anda tinggal.

 

11.3 Apabila menurut penilaian kami berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia bahwa Anda diduga melakukan kegiatan-kegiatan terlarang sebagaimana disebutkan di atas, kami dapat mengambil salah satu atau beberapa tindakan sebagai berikut:

a. Menghentikan sementara atau membatasi akses ke Akun Anda;

b. Menolak memberikan Layanan kepada Anda;

c. Menempatkan penahan pada Akun Anda hingga seratus delapan puluh (180) hari, jika hal tersebut secara wajar diperlukan untuk melindungi diri terhadap risiko pertanggungjawaban, atau jika Anda telah melanggar Persyaratan Layanan, Kebijakan Privasi dan/atau hukum

dan peraturan yang berlaku di yurisdiksi tempat Anda tinggal;

d. Mengambil tindakan hukum terhadap Anda; dan/atau

e. Mengambil tindakan lain yang sesuai dalam situasi tertentu.

 

11.4 Anda memahami bahwa seluruh Konten, baik yang di posting secara terbuka atau dikirimkan secara pribadi, sepenuhnya merupakan tanggung jawab orang yang memposting atau mengirimkan Konten tersebut. Ini berarti bahwa Anda, dan bukan kami, sepenuhnya bertanggung jawab atas Konten yang Anda unggah, posting , kirimkan melalui surel, sebarkan atau sediakan melalui Platform. Kami tidak mengawasi Konten yang diposting di Platform, dan karenanya, kami tidak menjamin keakuratan, keutuhan atau kualitas Konten tersebut. Anda memahami bahwa dengan menggunakan Platform ini, Anda mungkin akan menemukan Konten yang Anda rasa menghina, tidak senonoh atau tidak pantas. Dalam keadaan dan dengan cara apa pun kami tidak bertanggung jawab atas setiap Konten misalnya pada kesalahan atau penghilangan dalam Konten, atau kehilangan atau kerugian dalam bentuk apa pun yang terjadi sebagai akibat penggunaan, kepercayaan terhadap Konten yang diposting, dikirimkan melalui surel disebarkan atau tersedia di Platform.

 

11.5 Anda mengakui bahwa kami mungkin melakukan atau tidak melakukan penyaringan awal terhadap Konten, namun kami dan pihak-pihak yang kami tunjuk berhak, berdasarkan kebijakan mereka sepenuhnya, melakukan penyaringan awal, menolak, menghapus atau memindahkan Konten yang tersedia di Platform. Tanpa membatasi ketentuan tersebut di atas, kami dan pihak-pihak yang kami tunjuk berhak menghapus Konten yang melanggar Persyaratan Layanan ini, jika kami menerima keluhan dari Pengguna lain, jika kami menerima pemberitahuan mengenai adanya pelanggaran terhadap kekayaan intelektual atau perintah hukum lain untuk melakukan penghapusan, atau jika Konten tersebut tidak pantas. Kami juga dapat memblokir pengiriman komunikasi (misalnya pembaruan status, pengunggahan, pesan dan/atau obrolan) ke, atau dari Layanan, sebagai bagian dari upaya kami untuk melindungi Layanan atau Pengguna kami, atau untuk melaksanakan ketentuan Persyaratan Layanan ini. Anda setuju bahwa Anda harus mengevaluasi dan menanggung segala risiko yang berkaitan dengan penggunaan Konten, termasuk pada kebergantungan terhadap keakuratan, kelengkapan, atau kegunaan Konten tersebut. Dalam hal ini, Anda mengakui bahwa Anda tidak dapat memercayai Konten yang dibuat oleh, atau dikirimkan kepada kami, termasuk, namun tidak terbatas pada informasi yang terdapat di seluruh bagian Platform.

 

11.6 Anda mengakui, mengizinkan dan setuju bahwa kami dapat mengakses, menyimpan dan mengungkapkan informasi Akun dan Konten Anda, jika kami dengan itikad baik meyakini bahwa akses, penyimpanan atau pengungkapan tersebut memang secara wajar diperlukan untuk: (a) mematuhi proses hukum, yaitu, diwajibkan oleh undang-undang, atau sesuai dengan perintah pengadilan atau otoritas pemerintah atau badan regulasi yang memiliki yurisdiksi atas kami; (b) melaksanakan Persyaratan Layanan ini; (c) menanggapi klaim yang menyatakan bahwa Konten melanggar hak pihak ketiga; (d) menanggapi permintaan Anda untuk layanan pelanggan; atau (e) menanggapi setiap keluhan atau permintaan yang diajukan oleh Anda kepada kami atau mitra bisnis kami; dan/atau (f) melindungi hak, kepemilikan atau keamanan pribadi Perseroan, Pengguna kami dan/atau masyarakat.

 

12.    Kontribusi Anda Terhadap Layanan

 

12.1 Dengan mengirimkan Konten untuk disertakan pada Layanan, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah memperoleh semua izin yang diperlukan untuk memberikan lisensi di bawah ini kepada kami. Lebih lanjut Anda mengakui dan setuju bahwa Anda bertanggung jawab penuh terhadap segala sesuatu yang Anda posting atau sediakan pada, atau melalui Layanan, yaitu pada keakuratan, reliabilitas, sifat, prosedur pemberian lisensi atas kekayaan intelektual, kepatuhan terhadap undang- undang dan pembatasan hukum terkait kontribusi Konten. Anda dengan ini memberikan kepada kami dan penerus hak kami, lisensi yang tidak dapat dicabut, berlaku di seluruh dunia, bersifat non-eksklusif, bebas royalti, dapat disublisensikan dan dipindahtangankan, untuk menggunakan, meniru, mendistribusikan, mempublikasi ulang, menyebarkan, mengubah, mengadaptasi, menciptakan karya turunan, memamerkan secara terbuka, dan mempertontonkan secara terbuka kontribusi Konten tersebut pada, melalui atau sehubungan dengan Layanan, dalam format media apa pun, dan melalui saluran media mana pun, seperti untuk mempromosikan dan mendistribusikan ulang bagian Layanan (dan karya turunan kami). Lisensi yang diberikan oleh Anda berakhir segera setelah salah satu pihak menghapus kontribusi Konten Anda dari Layanan. Anda memahami bahwa kontribusi Anda mungkin disebarkan melalui berbagai jaringan, dan diubah demi mematuhi dan menyesuaikan dengan persyaratan teknis.

 

12.2 Setiap materi, informasi atau gagasan yang Anda posting pada, atau melalui Layanan, atau diserahkan kepada kami dengan cara apa pun (masing-masing disebut sebagai 'Kiriman'), tidak dianggap sebagai rahasia oleh kami, dan dapat disebarluaskan atau digunakan oleh kami atau afiliasi kami untuk tujuan apa pun, tanpa kompensasi atau kewajiban pemberitahuan apa pun kepada Anda, seperti pengembangan, pembuatan dan pemasaran produk. Dengan menyerahkan Kiriman kepada kami, Anda mengakui dan setuju bahwa kami dan/atau pihak ketiga lainnya dapat secara independen mengembangkan piranti lunak, aplikasi, antarmuka, produk dan modifikasi serta perbaikan terhadap piranti lunak, aplikasi, antarmuka dan produk tersebut, yang identik atau serupa dalam hal fungsi, kode atau karakteristik lainnya, dengan gagasan yang terkandung dalam Kiriman Anda. Oleh karena itu, Anda dengan ini memberikan kepada kami dan penerus hak kami, lisensi yang tidak dapat dicabut, berlaku di seluruh dunia, bersifat non-eksklusif, bebas royalti, dapat disublisensikan dan dipindahtangankan, untuk mengembangkan piranti lunak, aplikasi, antarmuka dan produk yang disebutkan di atas, dan untuk menggunakan, meniru, mendistribusikan, mempublikasi ulang, menyebarkan, mengubah, mengadaptasi, menciptakan karya turunan, memamerkan secara terbuka, dan mempertontonkan secara terbuka Kiriman tersebut pada, melalui, atau sehubungan dengan Layanan dalam format media apa pun, dan melalui saluran media mana pun, seperti mempromosikan dan mendistribusikan ulang bagian Layanan (dan karya turunan kami). Lisensi yang diberikan oleh Anda ini akan terus berlaku selama kami memutuskan untuk menggunakan Kiriman Anda. Ketentuan ini tidak berlaku bagi informasi pribadi yang tunduk pada kebijakan privasi kami, kecuali apabila Anda membuat informasi pribadi tersebut tersedia untuk umum pada, atau melalui Layanan.

 

13.    Kontribusi Pihak Ketiga Terhadap Layanan dan Tautan Eksternal

 

Masing-masing kontributor data, teks, gambar, suara, video, piranti lunak dan Konten lain di dalam Layanan bertanggung jawab penuh atas keakuratan, reliabilitas, sifat, prosedur pemberian lisensi atas kekayaan intelektual, kepatuhan terhadap undang-undang dan pembatasan hukum terkait kontribusi Konten mereka sesuai dengan status dan kedudukan mereka baik sebagai Pengguna lainnya, vendor, atau merchant kami. Oleh karena itu, kami tidak bertanggung jawab atas, dan tidak akan memantau atau memeriksa secara berkala keakuratan, reliabilitas, sifat, prosedur pemberian lisensi atas kekayaan intelektual, kepatuhan terhadap undang-undang dan pembatasan hukum terkait kontribusi Konten. Anda tidak dapat meminta pertanggungjawaban kami atas setiap tindakan atau tidak dilakukannya tindakan oleh Pengguna, misalnya pada segala sesuatu yang di posting atau disediakan oleh Pihak Ketiga melalui Layanan.

 

14.    Masukan dan Pemberitahuan

 

14.1 Demi komitmen kami untuk selalu meningkatkan dan memberikan Layanan kami yang terbaik kepada Anda, maka apabila Anda memiliki keluhan, masukan, atau meyakini bahwa seorang Pengguna pada Platform kami melanggar Persyaratan Layanan ini, Anda dapat menghubungi bagian Pelayanan Pelanggan (Customer Service) kami:

(i) dengan menggunakan fungsi masukan di https://help.shopee.co.id/; atau

(ii) melalui hotline kami di nomor 021-39500300

 

14.2 Apabila Anda tidak menyepakati hasil penanganan dan penyelesaian yang dilakukan oleh kami, maka Anda dapat menyampaikan pengaduan kepada badan atau lembaga penyelesaian sengketa konsumen yang kompeten dalam hal itu atau kepada Bank Indonesia.

 

15.    Mengajukan Klaim Pelanggaran Terhadap Kekayaan Intelektual

 

15.1 Jika Anda meyakini bahwa karya Anda (yang disertakan pada Layanan) telah ditiru, dipamerkan, atau disebarkan dengan cara yang merupakan pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual (HKI), Anda dapat menyampaikan pemberitahuan kepada kami melalui berbagai metode yang tersedia, sebagaimana tercantum dalam Bagian 14.

 

15.2 Pemberitahuan mengenai klaim pelanggaran harus dibuat dalam bentuk komunikasi tertulis sebagaimana diatur di bawah ini, dan pada pokoknya harus menyertakan semua hal berikut:

(a) tanda tangan fisik atau elektronik orang yang diberi kuasa untuk bertindak atas nama pemilik HKI yang diduga dilanggar;

(b) uraian mengenai HKI tersebut dan identifikasi mengenai materi dalam HKI tersebut yang diklaim telah dilanggar;

(c) uraian mengenai sebutan jelas HKI yang dilanggar dan letak HKI yang dilanggar pada Layanan;

(d) informasi yang cukup, yang memungkinkan kami untuk dapat menghubungi Anda, seperti alamat fisik, nomor telepon dan alamat surel Anda;

(e) pernyataan bahwa Anda memiliki itikad baik bahwa penggunaan materi yang dijelaskan dalam klaim dilarang oleh pemilik HKI, agen kami, atau undang-undang;

(f) pernyataan Anda bahwa informasi dalam pemberitahuan tersebut akurat, dan di bawah sumpah Anda menyatakan bahwa Anda berwenang untuk bertindak atas nama pemilik HKI.

 

Perwakilan kami dapat dihubungi melalui berbagai metode yang tersedia, sebagaimana tercantum dalam Bagian 14. Perwakilan kami hanya akan menanggapi klaim yang menyangkut dugaan pelanggaran HKI.

 

16. Pernyataan dan Jaminan Anda

 

Anda menyatakan dan menjamin bahwa:

a. Anda memiliki kapasitas hukum (dan dalam hal Anda adalah anak di bawah umur, Anda memperoleh izin yang sah dari orang tua atau wali sah Anda), hak dan kecakapan untuk mengikatkan diri pada Persyaratan Layanan ini, dan untuk memenuhi persyaratan kami;

 

b. Anda akan menggunakan Layanan hanya untuk tujuan yang sah dan sesuai dengan Persyaratan Layanan ini, berikut seluruh undang-undang, aturan, kitab undang- undang, petunjuk, pedoman, kebijakan dan peraturan yang berlaku;

 

c. Anda hanya akan menggunakan Layanan pada perangkat dimana penggunaan Layanan tersebut diizinkan oleh pemilik perangkat;

 

d. Anda akan menggunakan Layanan dengan itikad baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk undang-undang terkait anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme;

 

e. Anda bertanggung jawab penuh untuk menjaga kerahasiaan kata sandi atau kode keamanan yang diberikan kepada Anda dan Anda tidak dapat mengajukan klaim terhadap kami atas setiap kerugian atau kerusakan akibat penggunaan kata sandi Anda yang tidak sah atau kegagalan Anda untuk menjaga kerahasiaan tersebut;

 

f. Seluruh informasi yang diberikan untuk Akun atau sehubungan dengan pendaftaran Akun adalah benar, lengkap, akurat dan terkini;

 

g. Anda bertanggung jawab penuh untuk membayar pajak, bea, atau pungutan, beban dan biaya yang ditetapkan oleh pemerintah, yang mungkin dikenakan terhadap Layanan.

 

17. Ganti Rugi

 

Dengan mendaftarkan Akun Anda dan menggunakan Layanan, Anda setuju untuk membebaskan Kami, pihak yang memberi lisensi kepada Kami, afiliasi Kami dan setiap pegawai, direktur, komisaris, karyawan, wakil dan agen Kami, dari dan terhadap setiap dan seluruh klaim, biaya, kerusakan, kerugian, tanggung jawab dan pengeluaran (termasuk biaya jasa hukum) yang timbul atau sehubungan dengan:

 

(a) Pelanggaran Anda atas Ketentuan ini atau ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik yang direferensikan atau yang tidak direferensikan dalam Persyaratan Layanan ini;

 

(b) Pelanggaran Anda atas hak pihak ketiga lainnya sehubungan dengan Akun dan/atau Layanan;

 

(c) Setiap penggunaan atau penyalahgunaan Akun dan/atau Layanan oleh Anda atau pihak lain menggunakan akun Anda;

 

(d) Setiap kesalahan yang dilakukan oleh pihak selain Kami, baik yang disengaja maupun berupa kelalaian; atau

 

(e) Pemblokiran Akun Anda berdasarkan hal-hal yang diatur dalam Persyaratan Layanan ini.

 

Ketentuan ganti rugi ini akan tetap berlaku walaupun Akun Anda telah ditutup.

 

18. Keterpisahan

 

Apabila ada ketentuan dalam Persyaratan Layanan ini yang dianggap melanggar hukum, tidak berlaku, atau karena alasan apa pun tidak dapat diberlakukan berdasarkan hukum dalam suatu yurisdiksi, maka ketentuan tersebut harus dianggap terpisah dari syarat dan ketentuan ini, dan tidak akan mempengaruhi keabsahan dan keberlakuan ketentuan lain dalam Persyaratan Layanan di yurisdiksi tersebut, maupun keabsahan dan keberlakuan ketentuan yang dianggap melanggar hukum, tidak berlaku atau tidak dapat diberlakukan tersebut berdasarkan hukum yang berlaku di yurisdiksi lain.

 

19. Hukum yang Mengatur

 

Persyaratan Layanan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia. Setiap sengketa, perselisihan, tuntutan atau perbedaan dalam bentuk apa pun, yang timbul dari, atau sehubungan dengan Persyaratan Layanan ini, terhadap atau yang berkaitan dengan kami atau Pihak Yang Diberi Ganti Rugi berdasarkan Persyaratan Layanan ini akan diserahkan ke, dan diselesaikan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

 

20. Ketentuan Umum

 

20.1 Kami mencadangkan seluruh hak yang tidak secara tegas diberikan dalam Persyaratan Layanan ini.

 

20.2 Kami dapat mengubah Persyaratan Layanan ini setiap saat dengan mengunggah Persyaratan Layanan yang direvisi di Platform ini, setelah melakukan pemberitahuan kepada Anda sesegera mungkin atau paling lambat dalam 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum pemberlakuan perubahan tersebut. Penggunaan Platform oleh Anda setelah menerima pemberitahuan akan perubahan tersebut juga dapat dianggap sebagai penerimaan Anda terhadap Persyaratan Layanan yang telah direvisi tersebut.

 

20.3 Anda dilarang mengalihkan, mensublisensikan atau memindahkan setiap hak yang diberikan kepada Anda berdasarkan Persyaratan Layanan ini, atau mensubkontrakkan salah satu atau lebih kewajiban Anda.

 

20.4 Tidak ada satu ketentuan pun dalam Persyaratan Layanan ini yang dapat diartikan sebagai pembentukan hubungan kemitraan, usaha patungan atau hubungan pemberi kerja dan agen, antara Anda, Penjual Pihak Ketiga, dan kami, atau memberikan hak kepada Anda untuk membebankan biaya atau kewajiban apa pun atas nama kami.

 

20.5 Kegagalan kami sewaktu-waktu atau pada setiap saat untuk menuntut pelaksanaan ketentuan Persyaratan Layanan ini tidak akan memengaruhi hak kami di kemudian hari untuk memberlakukan ketentuan tersebut, kecuali ketentuan tersebut dikesampingkan secara tertulis.

 

20.6 Persyaratan Layanan ini disusun semata-mata untuk kepentingan Anda dan kami, dan bukan untuk kepentingan orang atau entitas lain, kecuali untuk afiliasi dan anak perusahaan kami (dan masing-masing penerus dan penerima pengalihan hak Perseroan, afiliasi dan anak perusahaan kami).

 

20.7 Syarat-syarat yang tercantum dalam Persyaratan Layanan ini, berikut perjanjian dan kebijakan yang dicantumkan atau dirujuk dalam Persyaratan Layanan ini merupakan keseluruhan kesepakatan dan pemahaman antara para pihak sehubungan dengan Layanan dan Platform, dan menggantikan kesepakatan atau pemahaman sebelumnya antara para pihak sehubungan dengan pokok permasalahan tersebut. Para pihak dengan ini juga mengecualikan semua ketentuan yang sesungguhnya tersirat. Dalam mengikatkan diri dengan perjanjian yang dibentuk berdasarkan Persyaratan Layanan ini, para pihak tidak mengandalkan laporan, pernyataan, jaminan, pemahaman, kesanggupan, janji atau kepastian yang diberikan oleh siapa pun, selain yang secara tegas dituangkan dalam Persyaratan Layanan ini. Masing-masing pihak, dengan tidak dapat dicabut dan tanpa syarat, melepaskan segala klaim, hak dan upaya perbaikan yang, kecuali untuk Bagian 20.7 ini, mungkin telah dimilikinya sehubungan dengan segala sesuatu yang disebutkan sebelumnya. Persyaratan Layanan ini tidak boleh bertentangan, dipertegas atau ditambah, dengan bukti perjanjian sebelumnya, perjanjian lisan yang dibuat pada saat yang bersamaan, atau syarat tambahan yang bersesuaian dengan perjanjian tersebut.

 

20.8 Anda setuju untuk mematuhi peraturan undang-undang yang berlaku, termasuk setiap perubahannya (apabila ada), terkait anti penyuapan dan anti korupsi, misalnya Undang- Undang No. 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap, Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2001, Undang-Undang Penyuapan Inggris (sebagaimana relevan), dan Undang-Undang Praktik Korupsi Luar Negeri AS (sebagaimana relevan), serta menegaskan bahwa Anda telah dan akan mengimplementasikan kebijakan dan prosedur yang diperlukan untuk menjamin kepatuhan terhadap ketentuan tersebut.

 

20.9 Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait Persyaratan Layanan ini, atau mengenai masalah-masalah yang dikemukakan dalam Persyaratan Layanan ini atau di Platform, Anda dapat menghubungi kami melalui berbagai cara yang tersedia, sebagaimana tercantum dalam Bagian 14.

 

SAYA TELAH MEMBACA PERSYARATAN LAYANAN INI, DAN MENYETUJUI SELURUH KETENTUAN SEBAGAIMANA TERCANTUM DI ATAS, BERIKUT SETIAP REVISI YANG DIBUAT SETELAHNYA. DENGAN MENGKLIK TOMBOL 'DAFTAR SEKARANG' ATAU TINDAKAN LAIN YANG SERUPA SEBAGAIMANA DIATUR DI BAWAH INI, SAYA MEMAHAMI BAHWA SAYA SEDANG MEMBUAT TANDA TANGAN DIGITAL, YANG SAYA MAKSUDKAN UNTUK MEMILIKI KEKUATAN DAN AKIBAT HUKUM YANG SAMA, SEPERTI BILA SAYA MEMBUBUHKAN NAMA SAYA SECARA MANUAL.

 

Terakhir diubah tanggal : 30 Mei 2024

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak