Hai, ada yang bisa kami bantu?

[Pengembalian Pengiriman] Bagaimana cara mengirimkan paket pengembalian barang ke Penjual?

Anda dapat mengirimkan paket yang akan dikembalikan langsung ke alamat pengembalian Penjual menggunakan opsi pengiriman Dijemput Kurir, Antar ke Jasa Kirim Pilihan, atau Atur Pengiriman Mandiri sesuai dengan opsi yang tersedia.
Opsi Pengembalian.gif
Pastikan Anda:
  • Mengirimkan paket dalam waktu 5 (lima) hari sejak pengajuan pengembalian barang disetujui.
  • Mengemas paket yang akan dikembalikan dengan aman dalam kemasan aslinya dan menyimpan video saat mengemas paket yang akan dikembalikan. Jika kemasan asli rusak, Anda dapat menggunakan kemasan Anda sendiri untuk pengembalian paket.
 
Opsi Dijemput Kurir/Antar ke Jasa Kirim Pilihan 
Jika Anda menggunakan opsi pengiriman Dijemput Kurir atau Antar ke Jasa Kirim Pilihan, perhatikan hal-hal berikut ini:
Opsi Pengiriman Dijemput Kurir.jpg
Opsi Pengiriman Antar ke Jasa Kirim Pilihan.jpg
 
Pastikan berat dan ukuran paket tidak melebihi batas berikut:
JNE Reguler Tabel.jpg
 
Opsi Atur Pengiriman Mandiri
Jika Anda menggunakan opsi Atur Pengiriman Mandiri, pastikan jasa kirim yang Anda pilih bisa dilacak melalui nomor resi pengiriman. Kemudian, pilih Masukkan Bukti Pengiriman dan upload informasi pengiriman (no. resi, dokumen pengiriman, dan/atau kuitansi). Biaya pengiriman untuk opsi Atur Pengiriman Mandiri ditanggung Pembeli.
Opsi Atur Pengiriman Mandiri.gif
Setelah paket dikirim, pengajuan pengembalian barang Anda akan diproses dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja. Anda akan diinformasikan mengenai hasil pengajuan tersebut melalui notifikasi pada aplikasi Shopee dan email yang terdaftar.
 

Mengubah Opsi Pengiriman 

Untuk mengubah opsi pengiriman atau jasa kirim, pilih Ubah pada halaman Rincian Pengembalian Barang/Dana > pilih opsi pengiriman atau jasa kirim yang diinginkan > pilih Konfirmasi.

 

Caraa ubah opsi pengiriman.gif

 

Anda dapat menggunakan fitur “Chat” dengan kurir apabila Anda memilih Opsi “Dijemput Kurir” oleh SPX Express. Anda dapat menemukan fitur “Chat” setelah kurir ditugaskan.

 

       1231.png

 

Fitur “Chat” akan tersedia sampai dengan paket sudah selesai pengentaran. 

 

Anda akan mendapatkan pesan otomatis ketika”

  • Kurir sudah ditugaskan untuk menjemput paket anda

  • Kurir sudah hampir sampai di alamat Pembeli 

  • Kurir berhasil menjemput paket

  • Kurir berhasil mengantar paket

 
⚠️️Catatan
  • Jika kurir gagal mengambil paket, Anda dapat menjadwalkan ulang waktu penjemputan atau mengantar paket ke jasa kirim. Pilih Ubah pada halaman Rincian Pengembalian Barang/Dana, lalu pilih jadwal penjemputan baru yang diinginkan.
  • Produk yang dikembalikan akan diperiksa kondisinya oleh tim Penjual dalam waktu 3-5 hari kerja. 
  • Anda masih dapat mengubah opsi pengiriman atau jasa kirim selama masih dalam status Menunggu Pengembalian Barang.
  • Jika pada saat pembelian barang dikirim menggunakan Kargo, maka pada saat pengembalian hanya tersedia Jasa Kirim JNE Kargo
  • Pelajari lebih lanjut mengenai [FAQ] Pengembalian Barang/Dana untuk mengetahui langkah-langkah pengajuan pengembalian barang.
  • Jika paket pengembalian Anda ditolak jasa kirim karena berisikan barang berbahaya (sesuai artikel Pengiriman Produk Berbahaya) atau melebihi ketentuan batas maks. ukuran dan berat paket sesuai ketentuan di atas, mohon untuk mengatur pengiriman dengan jasa kirim lain dengan cara:
    • Klik “Batalkan Pengajuan” pada halaman Rincian Pengembalian Barang/Dana
    • Ajukan ulang Pengembalian Barang dan Dana
    • Pilih opsi “Atur Pengiriman Mandiri
  • Mohon untuk paket sudah dikemas sesuai dengan kriteria pengembalian barang
Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak