Hai, ada yang bisa kami bantu?

Kebijakan Privasi SPayLater

1.    PENDAHULUAN
 
1.1.    Selamat datang di platform ("Platform") yang dioperasikan oleh PT Commerce Finance ("Perseroan" atau "kami") yang menyediakan fasilitas dan layanan pembiayaan dari Perseroan, yaitu layanan SPayLater dan layanan lain yang dapat disediakan oleh Perseroan dari waktu ke waktu (sebagaimana berlaku) (layanan-layanan tersebut disebut sebagai, "Layanan"). Perseroan dengan serius bertanggung jawab berdasarkan peraturan perundang-undangan tentang privasi dan/atau pelindungan data pribadi yang berlaku di Indonesia (“Peraturan Yang Berlaku“) dan berkomitmen untuk menghormati hak dan masalah privasi semua pengguna Layanan dan Platform kami. Kami mengakui pentingnya data pribadi yang telah Anda percayakan kepada kami dan percaya bahwa merupakan tanggung jawab kami untuk mengelola, melindungi dan memproses data pribadi Anda dengan baik. Kebijakan Privasi ini (“Kebijakan Privasi“ atau ”Kebijakan“) dirancang untuk membantu Anda memahami bagaimana kami mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau memproses data pribadi yang telah Anda percayakan kepada kami dan/atau kami miliki tentang Anda, baik di masa sekarang maupun di masa mendatang, serta untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat sebelum memberikan data pribadi Anda kepada kami. Kebijakan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Dokumen Layanan (sebagaimana didefinisikan dalam Syarat dan Ketentuan Layanan).
 
1.2.    ”Data Pribadi" atau ”data pribadi“ berarti data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi berdasarkan informasi (baik dilakukan secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya) baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau nonelektronik. Contoh umum data pribadi dapat mencakup nama, nomor identifikasi dan informasi kontak.
 
1.3.    “Syarat dan Ketentuan Layanan” merujuk pada dokumen atau informasi apa pun, termasuk format elektronik, yang menguraikan syarat dan ketentuan untuk menggunakan dan menerima Layanan, yang harus Anda pahami dan setujui agar Anda dapat menerima Layanan yang disediakan oleh Perseroan.
 
1.4.    Dengan menggunakan Layanan, mendaftarkan akun pada kami, atau mengakses dan menggunakan Layanan, Anda mengakui dan setuju bahwa Anda menerima praktik, persyaratan, dan/atau kebijakan yang diuraikan dalam Kebijakan Privasi ini, dan Anda dengan ini memberikan persetujuan Anda dan mengizinkan kami untuk mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau memproses data pribadi Anda seperti yang dijelaskan di sini. DENGAN TERUS MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI ATAU MENDAFTARKAN AKUN PADA PLATFORM KAMI, BERARTI ANDA SETUJU DAN MENGIZINKAN PEMROSESAN DATA PRIBADI ANDA SEPERTI YANG DIJELASKAN DALAM KEBIJAKAN PRIVASI INI. Apabila kami mengubah Kebijakan Privasi kami, kami akan memposting perubahan tersebut atau Kebijakan Privasi yang telah diubah pada Platform kami. Kami berhak untuk mengubah Kebijakan Privasi ini setiap saat, kecuali jika perubahan tersebut memengaruhi Layanan atau ketentuan Layanan kami. Perubahan yang memengaruhi Layanan atau ketentuan Layanan kami akan disampaikan dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum berlakunya perubahan tersebut. Anda memahami bahwa Anda memiliki hak untuk menyampaikan konfirmasi persetujuan Anda terhadap perubahan atau untuk menolak perubahan dan mengakhiri penggunaan Layanan dalam jangka waktu tersebut.
 
1.5.    Kebijakan ini berlaku sehubungan dengan pemberitahuan lain, klausul kontrak, klausul persetujuan yang berlaku terkait dengan pengumpulan, penyimpanan, penggunaan, pengungkapan dan/atau pemrosesan data pribadi Anda oleh kami dan tidak dimaksudkan untuk mengesampingkan pemberitahuan atau klausul tersebut kecuali kami nyatakan sebaliknya.
 
1.6.    Kebijakan Privasi ini tunduk pada Peraturan Yang berlaku dan hukum dan peraturan perundang-undangan lainnya di Indonesia, termasuk ketentuan peraturan Otoritas Jasa Keuangan. Jika terdapat ketentuan yang mewajibkan Perseroan atau Anda untuk melakukan penyesuaian atau melakukan tindakan tertentu yang terkait dengan setiap tindakan dalam Kebijakan Privasi ini, maka ketentuan tersebut dianggap telah tercantum di dalam Kebijakan Privasi ini dan secara otomatis berlaku terhadap tindakan tersebut dan wajib dilakukan oleh Perseroan dan Anda.
 
2.    KAPAN KAMI AKAN MENGUMPULKAN DATA PRIBADI?
 
2.1.    Kami akan/mungkin mengumpulkan data pribadi Anda:
a.    saat Anda mendaftar pada Platform kami dan/atau menggunakan Layanan kami, atau membuka sebuah akun dengan kami atau mengajukan fasilitas pinjaman kepada kami.
b.    saat Anda mengirimkan formulir apapun, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, formulir permohonan atau formulir lainnya yang berkaitan dengan produk dan layanan kami, baik secara online maupun dalam bentuk fisik;
c.    saat Anda membuat perjanjian atau memberikan dokumen atau informasi lainnya sehubungan dengan interaksi Anda dengan kami, saat Anda mendapatkan fasilitas pinjaman, atau saat Anda menggunakan Layanan kami;
d.    saat Anda berinteraksi dengan kami, seperti melalui sambungan telepon (yang mungkin direkam), surat, faks, pertemuan tatap muka, platform media sosial dan email, termasuk saat Anda berinteraksi dengan agen layanan pelanggan kami;
e.    saat Anda menggunakan layanan elektronik kami, atau berinteraksi dengan kami melalui aplikasi kami atau menggunakan Layanan atau Platform kami. Ini termasuk, dengan tidak terbatas pada, melalui cookies yang mungkin kami gunakan saat Anda berinteraksi dengan aplikasi atau website kami;
f.    saat Anda memberikan izin pada perangkat Anda untuk berbagi informasi dengan aplikasi atau Platform kami;
g.    apabila Anda menautkan akun pengguna Anda dengan media sosial Anda atau akun eksternal lainnya atau menggunakan fitur media sosial lainnya, sesuai dengan kebijakan penyedia;
h.    saat Anda melakukan transaksi melalui Platform atau Layanan kami;
i.    saat Anda menyampaikan kritik dan saran atau keluhan kepada kami;
j.    saat Anda mendaftarkan diri untuk suatu kontes; atau
k.    saat Anda mengirimkan data pribadi Anda kepada kami dengan alasan apapun.
Daftar di atas tidak dimaksudkan sebagai suatu daftar yang lengkap dan hanya menetapkan beberapa contoh umum tentang kapan data pribadi Anda mungkin diambil.
 
2.2.    Kami dapat mengumpulkan data pribadi Anda dari Anda, afiliasi kami, pihak ketiga, dan dari sumber lainnya, termasuk namun tidak terbatas dari mitra bisnis (seperti penyedia layanan logistik atau pembayaran), biro kredit atau agensi penilai, penyedia atau mitra layanan pemasaran, program rujukan atau loyalitas, pengguna lain atas Layanan kami atau data lain yang tersedia untuk publik atau bersumber dari pemerintah.
 
2.3.    Dalam situasi tertentu, Anda dapat memberikan data pribadi dari individu lain kepada kami (seperti anggota keluarga atau teman Anda). Jika Anda memberikan data pribadi mereka kepada kami, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah memperoleh persetujuan dari individu tersebut atas pengumpulan, penyimpanan, penggunaan, pengungkapan dan/atau pemrosesan data pribadinya sesuai dengan Kebijakan ini.
 
3.    DATA PRIBADI APA YANG AKAN DIKUMPULKAN OLEH KAMI?
 
3.1.    Data pribadi yang mungkin dikumpulkan Perseroan termasuk tetapi tidak terbatas pada:
a.    nama;
b.    nomor identitas;
c.    alamat;
d.    alamat surel;
e.    tempat dan tanggal lahir;
f.    kewarganegaraan;
g.    pekerjaan;
h.    alamat dan nomor telepon kantor;
i.    nomor telepon;
j.    jenis kelamin;
k.    status perkawinan;
l.    agama;
m.    informasi yang dikirimkan oleh atau berkaitan dengan perangkat(-perangkat) yang digunakan untuk mengakses Layanan atau Platform kami;
n.    informasi pembayaran;
 o.    foto atau rekaman audio atau video yang Anda bagikan dengan kami;
 p.    pengidentifikasi biometrik, termasuk namun tidak terbatas pada sidik jari dan/atau gambar wajah Anda (termasuk untuk keperluan identifikasi dan/atau verifikasi);
q.    identifikasi yang dikeluarkan pemerintah atau informasi lain yang diperlukan untuk uji tuntas kami, kegiatan know your customer (KYC), verifikasi identitas, atau tujuan pencegahan penipuan, informasi lain apapun tentang pengguna saat Anda mendaftarkan diri untuk menggunakan Layanan atau Platform kami, dan saat Anda menggunakan Layanan atau Platform, serta informasi yang berkaitan dengan bagaimana Anda menggunakan Layanan atau Platform kami; dan
r.    seluruh data tentang konten yang digunakan Anda.
 
3.2.    Anda setuju untuk tidak mengirimkan informasi apapun yang tidak akurat atau menyesatkan kepada kami, dan Anda setuju untuk memberitahukan kepada kami atas setiap ketidakakuratan atau perubahan terhadap informasi tersebut. Kami berhak atas kebijakan kami sendiri untuk meminta dokumen lebih lanjut untuk memverifikasi informasi yang Anda telah berikan, termasuk tidak terbatas apabila dipersyaratkan oleh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
3.3.    Apabila Anda mendaftarkan diri untuk menjadi pengguna dari Platform dan/atau Layanan kami dengan menggunakan akun media sosial (“Akun Media Sosial”) (sebagaimana berlaku), menghubungkan akun Anda dengan Akun Media Sosial atau menggunakan setiap fitur media sosial, kami dapat mengakses informasi tentang Anda yang secara sukarela Anda serahkan kepada penyedia Akun Media Sosial sesuai dengan kebijakan penyedia media sosial, dan kami akan mengatur dan menggunakan data pribadi tersebut sesuai dengan Kebijakan ini sepanjang waktu.
 
3.4.    Apabila Anda tidak ingin kami mengumpulkan informasi/data pribadi yang disebutkan di atas, Anda dapat menolaknya setiap saat dengan memberitahu Layanan Pelanggan kami secara tertulis. Informasi lebih lanjut tentang penolakan pemberian persetujuan atas pengumpulan informasi/data pribadi Anda dapat ditemukan di bagian di bawah ini yang berjudul “Bagaimana Anda dapat melakukan pengaturan atas informasi yang telah Anda berikan kepada kami?”. Akan tetapi harap diperhatikan bahwa dengan menolak atau menarik persetujuan Anda terhadap pengumpulan, penyimpanan, penggunaan, pengungkapan dan/atau pemrosesan data pribadi Anda oleh kami dapat memengaruhi penggunaan Layanan dan Platform oleh Anda. Misalnya, penolakan pemberian persetujuan atas pengumpulan informasi lokasi akan menyebabkan fitur-fitur berbasis lokasi tidak dapat digunakan.
 
4.    PENGUMPULAN DATA LAINNYA
 
4.1.    Sama seperti kebanyakan platform dan aplikasi seluler, perangkat Anda mengirimkan informasi yang mungkin termasuk data tentang Anda yang dicatat oleh server web saat Anda menjelajahi Platform kami. Ini biasanya termasuk dengan tidak terbatas pada alamat IP perangkat, sistem operasi komputer/perangkat seluler dan jenis peramban, jenis perangkat seluler, karakteristik perangkat seluler, Pengenal Perangkat Unik (Unique Device Identifier) atau Identitas Unik Perangkat Seluler (Mobile Equipment Identifier) Anda, alamat situs perujuk (jika ada), halaman di situs web dan aplikasi seluler kami yang Anda kunjungi dan waktu kunjungan, dan terkadang ”cookie“ (yang dapat dinonaktifkan dengan menggunakan preferensi peramban Anda) guna membantu Platform mengingat kunjungan terakhir Anda. Apabila Anda login, informasi ini dikaitkan dengan akun pribadi Anda. Informasi juga disertakan dalam statistik anonim untuk memungkinkan kami memahami bagaimana pengunjung menggunakan Platform kami.
 
4.2.    Platform atau aplikasi seluler kami mungkin mengumpulkan informasi yang tepat tentang lokasi perangkat seluler Anda dengan menggunakan teknologi seperti GPS, Wi-Fi, dsb. Kami mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau memproses informasi ini untuk satu Tujuan atau lebih termasuk, dengan tidak terbatas pada, layanan berbasis lokasi yang Anda minta atau untuk mengirimkan konten yang relevan dengan Anda berdasarkan lokasi Anda atau untuk memungkinkan Anda berbagi lokasi Anda dengan pengguna lainnya sebagai bagian dari layanan aplikasi seluler kami. Untuk kebanyakan perangkat seluler, Anda dapat menarik persetujuan Anda terhadap pemerolehan informasi yang kami lakukan tentang lokasi Anda ini melalui pengaturan perangkat Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana cara menonaktifkan layanan lokasi perangkat seluler Anda, silakan hubungi penyedia layanan perangkat seluler atau produsen perangkat Anda.
 
4.3.    Seperti ketika Anda melihat halaman situs web atau aplikasi seluler kami, ketika Anda menonton konten dan iklan dan mengakses perangkat lunak lain di Platform kami atau melalui Layanan, informasi tersebut mungkin dikirimkan kepada kami (termasuk, tanpa batasan, alamat IP, sistem operasi dan lain-lain); tetapi, alih-alih tampilan halaman, perangkat Anda mengirimkan informasi kepada kami tentang konten, iklan yang dilihat dan/atau perangkat lunak yang dipasang oleh Layanan atau Platform serta waktu.
 
5.    COOKIES
 
5.1.    Dari waktu ke waktu kami atau penyedia layanan resmi kami dapat menggunakan ”cookies“ atau fitur lainnya guna memungkinkan kami atau pihak ketiga untuk mengumpulkan atau berbagi informasi sehubungan dengan penggunaan Anda atas Platform kami dan Layanan yang kami tawarkan. Fitur tersebut membantu kami memperbaiki Platform atau Layanan atau membantu kami menawarkan layanan dan fitur baru. “Cookies” adalah pengidentifikasi yang disimpan dalam komputer atau perangkat lunak Anda yang merekam data tentang komputer atau perangkat seluler Anda mengenai bagaimana dan kapan Layanan atau Platform digunakan atau dikunjungi, oleh berapa banyak orang serta aktivitas lainnya dalam Platform kami. Kami dapat menautkan informasi cookie ke data pribadi. Cookies juga tertaut pada informasi tentang barang yang telah Anda pilih untuk dibeli dan halaman yang telah Anda lihat. Misalnya, informasi ini digunakan untuk melacak keranjang belanja Anda, untuk mengirimkan konten yang sesuai dengan minat Anda dan memantau penggunaan Layanan.
 
5.2.    Anda dapat menolak penggunaan cookies dengan memilih pengaturan yang sesuai pada peramban Anda atau perangkat Anda. Akan tetapi, harap diperhatikan bahwa apabila Anda melakukan hal ini, Anda mungkin tidak dapat menggunakan fungsi penuh Platform atau Layanan kami.
 
6.    BAGAIMANA KAMI MENGGUNAKAN INFORMASI YANG ANDA BERIKAN KEPADA KAMI?
 
6.1.    Kami dapat mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau memproses data pribadi Anda untuk satu atau lebih dari tujuan-tujuan berikut ini:
a.    menjalankan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada uji tuntas pelanggan, analisis atau penilaian kredit, tagihan dan pelunasan fasilitas pinjaman;
b.    mempertimbangkan dan/atau memproses aplikasi/transaksi Anda dengan kami atau transaksi maupun komunikasi Anda dengan pihak ketiga melalui Layanan;
c.    mengelola, mengoperasikan, menyediakan dan/atau mengurus penggunaan dan/atau akses Anda ke Layanan kami dan Platform kami, serta hubungan Anda dan akun pengguna Anda dengan kami;
d.    mengelola, mengoperasikan, mengurus, menyediakan kepada Anda dan memfasilitasi pengadaan Layanan kami, termasuk, dengan tidak terbatas pada, mengingat preferensi Anda;
e.    menyesuaikan pengalaman Anda melalui Layanan dengan menampilkan konten sesuai dengan minat dan preferensi Anda, menyediakan metode yang lebih cepat untuk Anda mengakses akun Anda dan mengirimkan informasi kepada kami serta mengizinkan kami untuk menghubungi Anda, jika perlu;
f.    menanggapi, memproses, berurusan dengan atau menyelesaikan transaksi dan/atau memenuhi permintaan Anda untuk produk dan layanan tertentu serta memberi tahu Anda tentang masalah layanan dan tindakan akun yang tidak lazim;
g.    memberlakukan Syarat dan Ketentuan Layanan terkait atau perjanjian lisensi pengguna akhir apapun yang berlaku;
h.    melindungi keselamatan pribadi dan hak, milik atau keselamatan pihak lainnya;
i.    untuk tujuan identifikasi, verifikasi, uji tuntas, atau proses know your customer (KYC);
j.    memelihara dan mengelola setiap pembaruan Platform dan/atau pembaruan lainnya serta dukungan yang mungkin diperlukan dari waktu ke waktu untuk memastikan kelancaran Layanan kami;
k.    berurusan dengan atau memfasilitasi permintaan layanan pelanggan, melaksanakan instruksi Anda, berurusan dengan atau menanggapi setiap pertanyaan yang diajukan oleh (atau konon diajukan oleh) Anda atau atas nama Anda;
l.    menghubungi Anda atau berkomunikasi dengan Anda melalui panggilan telepon, pesan teks dan/atau pesan faks, email dan/atau surat pos atau cara lainnya untuk tujuan mengurus dan/atau mengelola hubungan Anda dengan kami atau penggunaan Layanan kami oleh Anda, seperti tetapi tidak terbatas pada mengkomunikasikan informasi administratif kepada Anda yang berkaitan dengan Layanan kami. Anda mengakui dan setuju bahwa komunikasi semacam itu oleh kami dapat dilakukan dengan mengirimkan surat, dokumen atau pemberitahuan kepada Anda, yang dapat melibatkan pengungkapan data pribadi tertentu tentang Anda untuk melakukan pengiriman tersebut serta tercantum juga pada sampul luar amplop/paket pos;
m.    mengadakan kegiatan penelitian, analisis dan pengembangan (termasuk, tetapi tidak terbatas pada, analisis data, survei, pengembangan produk dan layanan dan/atau pembuatan profil), untuk menganalisis bagaimana Anda menggunakan Layanan kami, meningkatkan Layanan atau produk kami dan/atau meningkatkan pengalaman pelanggan Anda;
n.    memungkinkan audit dan survei lainnya untuk, antara lain, memvalidasi ukuran dan komposisi audiens sasaran kami, serta memahami pengalaman Anda dengan Layanan;
o.    dalam hal Anda telah memberikan persetujuan, untuk pemasaran dan periklanan, dan dalam hal ini, mengirimi Anda melalui berbagai moda komunikasi, informasi pemasaran dan promosi serta materi yang berkaitan dengan produk dan/atau layanan (termasuk, tetapi tidak terbatas pada produk dan/atau layanan pihak ketiga yang berkolaborasi atau terkait dengan Perseroan) yang mana Perseroan (dan/atau afiliasinya, atau korporasi terkait) dapat menjual, memasarkan atau mempromosikan, baik produk atau layanan tersebut ada sekarang, atau dibuat di waktu mendatang. Anda dapat berhenti berlangganan dari penerimaan informasi pemasaran setiap waktunya dengan menggunakan fungsi berhenti berlangganan di dalam materi pemasaran elektronik. Kami dapat menggunakan informasi kontak anda untuk mengirimkan newsletter dari kami dan dari perusahaan yang terkait oleh kami kepada anda sesuai dengan persetujuan yang Anda berikan kepada kami;
p.    menanggapi proses hukum atau mematuhi atau sebagaimana diwajibkan oleh setiap hukum, persyaratan pemerintah atau peraturan yang berlaku dengan yurisdiksi yang relevan atau dimana kami memiliki keyakinan dengan itikad baik bahwa pengungkapan tersebut diperlukan, termasuk, dengan tidak terbatas pada, memenuhi persyaratan untuk melakukan pengungkapan berdasarkan persyaratan hukum yang mengikat Perseroan atau perusahaan terkait atau afiliasinya; (termasuk, sebagaimana berlaku, tampilan nama Anda, rincian kontak dan rincian perusahaan);
q.    menghasilkan statistik dan penelitian untuk pelaporan internal dan yang diwajibkan oleh hukum dan/atau persyaratan penyimpanan arsip;
r.    melaksanakan uji tuntas atau kegiatan penyaringan lainnya (termasuk, dengan tidak terbatas pada, pemeriksaan latar belakang) sesuai dengan kewajiban hukum atau peraturan atau prosedur manajemen risiko kami yang mungkin diwajibkan oleh hukum atau yang telah diberlakukan oleh kami;
s.    untuk mengevaluasi dan membuat keputusan sehubungan dengan kredit Anda atau resiko profil dan kelayakan Anda untuk mendapatkan produk pinjaman, pay-later atau kredit, yang mana yang berlaku;
t.    mengaudit Layanan kami atau bisnis Perseroan;
u.    mencegah atau menyelidiki pelanggaran nyata atau dugaan pelanggaran dari Syarat dan Ketentuan Layanan setiap penipuan, kegiatan yang melanggar hukum, pembiaran atau kesalahan, baik yang berhubungan dengan penggunaan Layanan kami oleh Anda atau setiap hal lain apapun yang timbul dari hubungan Anda dengan kami;
v.    menanggapi klaim yang diancamkan atau yang aktual yang diajukan terhadap kami atau klaim lain suatu konten melanggar hak pihak ketiga;
w.    menyimpan, menyelenggarakan, membuat cadangan (baik untuk pemulihan setelah bencana atau hal lainnya) data pribadi Anda, baik di dalam maupun di luar wilayah Indonesia;
x.    berurusan dengan/dan atau memfasilitasi transaksi aset bisnis atau kemungkinan transaksi aset bisnis, di mana transaksi tersebut melibatkan Perseroan sebagai peserta atau hanya melibatkan perusahaan terkait atau afiliasi Perseroan sebagai peserta atau melibatkan Perseroan dan/atau satu perusahaan terkait atau afiliasi Perseroan atau lebih sebagai peserta, dan mungkin juga ada organisasi pihak ketiga lainnya yang menjadi peserta dalam transaksi tersebut. “Transaksi aset bisnis” mengacu pada pembelian, penjualan, penyewaan, penggabungan, peleburan atau bentuk akuisisi, pelepasan atau pembiayaan suatu organisasi atau bagian dari suatu organisasi atau bisnis maupun aset apapun dari suatu organisasi; dan/atau
y.    memberlakukan dan melindungi hak- hak Perseroan atau anak perusahaan, afiliasi atau perusahaan terkaitnya;
z.    melindungi kepentingan yang sah dari Perseroan atau anak perusahaan, afiliasi atau perusahaan terkaitnya, termasuk tetapi    tidak terbatas pada menjalankan tujuan operasional internal Perseroan atau anak perusahaan, afiliasi atau perusahaan terkaitnya. Misalnya, keamanan tempat dan properti kami, analisis data, jaminan kualitas layanan, asuransi, audit, teknologi informasi dan keamanan jaringan dan manajemen risiko dan kredit;
aa.    setiap tujuan lain yang akan kami beritahukan kepada Anda pada saat memperoleh persetujuan Anda.
(secara bersama-sama disebut sebagai “Tujuan”).
 
6.2.    Anda mengakui, menyetujui dan sepakat bahwa kami dapat mengakses, menyimpan dan mengungkapkan informasi dan konten Akun Anda jika diminta oleh hukum atau sesuai dengan perintah pengadilan atau oleh prioritas pemerintah atau regulator yang memiliki yurisdiksi atas Perseroan atau dengan keyakinan itikad baik bahwa penyimpanan atau pengungkapan akses tersebut secara wajar diperlukan untuk: (a) mematuhi proses hukum; (b) memenuhi permintaan dari otoritas pemerintah atau regulator manapun yang memiliki yurisdiksi atas Perseroan; (c) menegakkan Syarat dan Ketentuan Layanan terkait atau Kebijakan Privasi ini; (d) menanggapi setiap klaim yang mengancam atau aktual terhadap Perseroan atau klaim lain bahwa suatu Konten melanggar hak pihak ketiga; (e) menanggapi permintaan Anda untuk layanan pelanggan; atau (f) melindungi hak, properti atau keamanan pribadi Perseroan, penggunanya dan/atau publik.
 
6.3.    Karena tujuan kami akan/mungkin mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, mengungkapkan atau memproses data pribadi Anda tergantung pada situasi yang dihadapi, tujuan tersebut mungkin tidak tertera di atas. Akan tetapi, kami akan memberitahu Anda tentang tujuan lain semacam itu pada saat memperoleh persetujuan Anda, kecuali pemrosesan data yang berlaku tanpa persetujuan Anda diizinkan oleh Peraturan Yang Berlaku.
 
7.    BAGAIMANA PERSEROAN MELINDUNGI DAN MENYIMPAN INFORMASI PELANGGAN?
 
7.1.    Kami menerapkan berbagai langkah pengamanan dan berusaha untuk memastikan keamanan data pribadi Anda di sistem kami dan dengan melakukan pemrosesan data pribadi secara terbatas dan spesifik, sah secara hukum, dan transparan. Data pribadi pengguna berada di belakang jaringan yang aman dan hanya dapat diakses oleh sejumlah kecil karyawan yang memiliki hak akses khusus ke sistem tersebut. Namun demikian, tidak adanya jaminan atau keamanan absolut tidak dapat terhindarkan.
 
7.2.    Kami akan menyimpan data pribadi sesuai dengan Peraturan Yang Berlaku dan/atau hukum dan peraturan perundang-undangan lainnya yang berlaku. Karenanya, kami akan memusnahkan atau membuat anonim data pribadi Anda saat kami telah menetapkan secara wajar bahwa (i) tujuan data pribadi tersebut dikumpulkan tidak lagi tercapai dengan penyimpanan data pribadi tersebut; (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan hukum atau bisnis apapun; dan (iii) tidak ada kepentingan yang sah lainnya yang memerlukan penyimpanan data pribadi tersebut.
 
7.3.    Anda dapat berhenti menggunakan Platform, atau izin Anda untuk menggunakan Platform dan/atau Layanan diakhiri atau ditarik kembali, atau Anda mengakhiri atau menarik permohonan penggunaan Layanan kami, atau Anda dapat menarik persetujuan Anda untuk pengumpulan, penyimpanan, penggunaan, pengungkapan dan/atau pemrosesan data pribadi Anda dengan cara mengirimkan email atau melakukan panggilan telepon kepada Layanan Pelanggan kami di alamat email atau nomor telepon yang tercantum di bawah di Bagian 14, dan kami akan memproses permintaan Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini dan kewajiban-kewajiban kami berdasarkan Peraturan Yang Berlaku.
 
7.4.    Apabila Anda berhenti menggunakan Platform, atau izin Anda untuk menggunakan Platform dan/atau Layanan diakhiri atau ditarik, kami dapat terus menyimpan, menggunakan dan/atau mengungkapkan data pribadi Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini dan kewajiban kami berdasarkan Peraturan Yang Berlaku. Dengan tunduk pada Peraturan Yang Berlaku dan kebijakan Perseroan, kami dapat membuang data pribadi Anda secara aman tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda jika telah di luar masa retensi penyimpanan data.
 
8.    APAKAH PERSEROAN MENGUNGKAPKAN INFORMASI YANG DIKUMPULKANNYA DARI PENGUNJUNG KEPADA PIHAK LUAR?
 
8.1.    Dalam menjalankan bisnis kami, dengan persetujuan Anda, kami akan/mungkin perlu mengungkapkan data pribadi Anda kepada penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait kami, dan/atau pihak ketiga lainnya, entah berlokasi di Indonesia atau di luar Indonesia, untuk satu atau lebih Tujuan yang disebutkan di atas. Penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait dan/atau pihak ketiga lainnya tersebut akan memproses data pribadi Anda atas nama kami atau pihak lainnya, untuk satu atau lebih Tujuan yang disebutkan di atas. Pihak ketiga tersebut termasuk, dengan tidak terbatas pada:
a.    anak perusahaan, afiliasi dan perusahaan terkait kami;
b.    pembeli atau penjual yang Anda telah melakukan transaksi dengannya atau berinteraksi dengannya di Platform atau di platform(-platform) lain atau terkait dengan penggunaan Anda atas Layanan untuk tujuan-tujuan tersebut di atas;
c.    kontraktor, agen, penyedia layanan dan pihak ketiga lainnya yang kami gunakan untuk mendukung bisnis kami. Ini termasuk tetapi tidak terbatas pada pihak-pihak tersebut yang menyediakan layanan administratif atau lainnya kepada kami seperti, jasa pos, penyedia jasa logistik, penyedia jasa keuangan, perusahaan telekomunikasi, perusahaan teknologi informasi dan pusat data;
d.    pemerintah atau regulator yang berwenang yang memiliki yurisdiksi atas Perseroan atau sebagaimana diizinkan dalam Bagian 6.2;
e.    pembeli atau penerus lainnya dalam hal terjadi penggabungan, divestasi, restrukturisasi, reorganisasi, pembubaran atau penjualan atau pengalihan lainnya atas beberapa atau semua aset Perseroan, baik secara berkelanjutan atau sebagai bagian dari kepailitan, likuidasi atau proses serupa, di mana data pribadi yang dimiliki oleh Perseroan tentang pengguna Layanan kami adalah salah satu aset yang dialihkan; atau kepada rekanan dalam suatu transaksi aset bisnis yang melibatkan Perseroan atau salah satu afiliasi atau perusahaan terkaitnya;
f.    pihak ketiga kepada siapa kami mengungkapkan data tersebut untuk satu Tujuan atau lebih dan pihak ketiga tersebut pada gilirannya akan mengumpulkan dan memproses data pribadi Anda untuk satu Tujuan atau lebih; dan
g.    setiap pihak melalui pengumuman atau publikasi sehubungan dengan institusi pemerintah atau peraturan perundang-undangan yang berlaku yang terkait, termasuk untuk tujuan terkait perpajakan.
 
8.2.    Ini mungkin memerlukan, antara lain, untuk kami berbagi informasi, termasuk statistik dan demografis tentang pengguna kami dan informasi mengenai penggunaan mereka atas Layanan oleh mereka kepada pemasok iklan dan pemrograman.
 
8.3.    Untuk menghindari keraguan, dalam hal Peraturan Yang Berlaku atau hukum dan peraturan perundang-undangan lainnya yang berlaku mengizinkan suatu organisasi seperti kami untuk mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau memproses data pribadi Anda tanpa persetujuan Anda, persetujuan yang diberikan oleh hukum tersebut akan terus berlaku.
 
8.4.    Pihak ketiga mungkin menyadap atau mengakses data pribadi yang dikirimkan ke atau tersimpan di Platform tanpa izin, teknologi mungkin mengalami kerusakan fungsi atau tidak bekerja seperti yang diharapkan, atau seseorang mungkin mengakses, memanfaatkan atau menyalahgunakan informasi tanpa ada kesalahan dari pihak kami. Meski demikian kami akan menggunakan pengaturan keamanan yang wajar untuk melindungi data pribadi Anda seperti yang disyaratkan oleh Peraturan Yang Berlaku; akan tetapi tidak dapat dihindari, tidak ada jaminan keamanan mutlak seperti tetapi tidak terbatas pada pengungkapan tanpa izin yang timbul dari peretasan yang berbahaya dan canggih tanpa adanya kesalahan dari pihak kami.
 
8.5.    Sebagaimana berlaku, pengguna yang memiliki data pribadi pengguna lain melalui penggunaan Layanan ("Pihak Penerima") dengan ini setuju bahwa, mereka akan (i) mematuhi semua undang-undang perlindungan data pribadi yang berlaku sehubungan dengan data semacam itu; (ii) mengizinkan pengguna yang data pribadinya telah dikumpulkan oleh Pihak Penerima ("Pihak Pengungkap") untuk menghapus datanya yang dikumpulkan dari database Pihak Penerima; dan (iii) mengizinkan Pihak Pengungkap untuk meninjau informasi apa yang telah dikumpulkan tentang mereka oleh Pihak Penerima, dalam setiap kasus (ii) dan (iii) di atas, sesuai dengan dan jika diwajibkan oleh hukum yang berlaku.
 
9.    INFORMASI MENGENAI ANAK-ANAK DI BAWAH UMUR
 
Layanan ini tidak ditujukan untuk digunakan oleh anak-anak di bawah usia 18 (delapan belas) tahun. Kami tidak secara sengaja mengumpulkan atau menyimpan setiap data pribadi atau informasi yang tidak dapat diidentifikasi secara personal dari siapapun yang berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun dan bagian manapun dari Platform kami atau Layanan lainnya tidak ditujukan untuk anak-anak di bawah 18 (delapan belas) tahun. Sebagai orang tua atau wali hukum yang sah, mohon untuk tidak memberikan izin bagi anak-anak dibawah umur yang berada di asuhan Anda untuk menyerahkan data pribadi kepada kami. Dalam hal data pribadi dari anak-anak di bawah usia 18 (delapan belas) tahun yang berada di bawah asuhan Anda dibuka kepada kami, Anda dengan ini menyetujui pemrosesan data pribadi anak tersebut dan menerima serta menyetujui untuk terikat pada Kebijakan Privasi ini atas nama anak tersebut. Kami akan menutup setiap akun yang digunakan secara khusus oleh anak-anak di bawah 18 (delapan belas) tahun dan akan menghapus setiap data pribadi yang kami yakini dikirimkan tanpa persetujuan orang tua atau wali hukum yang sah oleh anak-anak di bawah 18 (delapan belas) tahun.
 
10.    PENYANGKALAN TENTANG KEAMANAN DAN SITUS PIHAK KETIGA
 
10.1.    KAMI TIDAK MENJAMIN KEAMANAN DATA PRIBADI DAN/ATAU INFORMASI LAIN YANG ANDA BERIKAN DI SITUS PIHAK KETIGA. Kami menerapkan berbagai langkah pengamanan untuk menjaga keamanan data pribadi Anda yang kami miliki atau berada di bawah kendali kami. Data pribadi Anda berada di belakang jaringan yang aman dan hanya dapat diakses oleh sejumlah kecil orang yang memiliki hak akses khusus ke sistem tersebut, dan diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan data pribadi tersebut. Saat Anda melakukan pesanan atau mengakses data pribadi Anda, kami menawarkan penggunaan server yang aman. Semua data pribadi atau informasi sensitif yang Anda berikan dienkripsi ke dalam database kami hanya untuk diakses seperti yang disebutkan di atas.
 
10.2.    Dalam upaya untuk memberikan nilai yang lebih baik kepada Anda, kami mungkin memilih berbagai situs web pihak ketiga untuk ditautkan dan dibingkai dalam Platform. Kami juga dapat berpartisipasi dalam pencitraan merek bersama dan hubungan lainnya untuk menawarkan solusi pembayaran serta layanan dan fitur lainnya kepada pengunjung kami. Situs tautan ini memiliki kebijakan privasi serta pengaturan keamanan yang terpisah dan berdiri sendiri. Bahkan jika pihak ketiga tersebut terafiliasi dengan kami, kami tidak memiliki kendali atas situs tautan tersebut, dan masing-masing situs tersebut memiliki praktik privasi dan pengumpulan data yang terpisah dari kami dan berdiri sendiri. Data yang dikumpulkan oleh mitra kami dalam pencitraan merek bersama atau situs web pihak ketiga (bahkan jika ditawarkan di atau melalui Platform kami) mungkin tidak diterima oleh kami.
 
10.3.    Karenanya kami tidak bertanggung jawab atau memiliki kewajiban apapun atas konten, pengaturan keamanan (atau tidak adanya hal tersebut) dan kegiatan situs tertaut ini. Situs tertaut ini hanya untuk kenyamanan Anda dan karenanya Anda mengaksesnya dengan risiko Anda sendiri. Meski demikian, kami berupaya untuk melindungi integritas Platform kami dan masing-masing tautan yang ditempatkan dan karenanya kami menyambut setiap umpan balik tentang situs tertaut tersebut (termasuk, dengan tidak terbatas pada, bila tautan tertentu tidak berfungsi).
 
11.    APAKAH KAMI MENGALIHKAN INFORMASI ANDA KE LUAR NEGERI?
 
Data dan/atau informasi pribadi Anda dapat dialihkan ke, disimpan atau diproses di luar negara Anda. Kami hanya akan memindahkan informasi Anda ke luar negeri sesuai dengan Peraturan Yang Berlaku.
 
12.    BAGAIMANA ANDA DAPAT MELAKUKAN PENGATURAN ATAS INFORMASI YANG TELAH ANDA BERIKAN KEPADA KAMI?
 
12.1.    Menarik persetujuan serta mengakhiri pemrosesan, menghapus dan/atau memusnahkan data pribadi anda.

12.1.1.    Anda dapat menarik persetujuan Anda untuk pengumpulan, penyimpanan, penggunaan, pengungkapan dan/atau pemrosesan data pribadi Anda yang kami miliki atau berada di bawah kendali kami, serta dapat mengakhiri pemrosesan, menghapus dan/atau memusnahkan data pribadi Anda dengan mengirimkan email atau melakukan panggilan telepon kepada Layanan Pelanggan kami di alamat email dan nomor telepon kami yang tercantum di bawah di Bagian 14, dan kami akan memproses permintaan Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini dan kewajiban-kewajiban kami berdasarkan Peraturan Yang Berlaku.
 
12.1.2.    Akan tetapi, pencabutan persetujuan Anda dapat menyebabkan akibat hukum tertentu yang timbul dari pencabutan tersebut. Dalam hal ini, tergantung pada sejauh mana pencabutan persetujuan untuk kami memproses data pribadi Anda, ini dapat berarti bahwa kami tidak akan dapat terus menyediakan Layanan kepada Anda, kami mungkin perlu mengakhiri hubungan dan/atau kontrak yang Anda miliki dengan kami, dsb., sesuai keadaannya, yang akan kami beritahukan kepada Anda.
 
12.2.    Meminta akses atas atau pembetulan data pribadi
 
12.2.1.    Apabila Anda memiliki akun dengan kami, Anda dapat mengakses dan/atau membetulkan sendiri data pribadi Anda yang saat ini kami miliki atau kendalikan melalui halaman Pengaturan Akun di Platform atau dengan cara mengirimkan email atau melakukan panggilan telepon kepada Layanan Pelanggan kami di alamat email atau dan nomor telepon yang tercantum di bawah di Bagian 14. Apabila Anda tidak memiliki akun dengan kami, Anda dapat meminta untuk mengakses dan/atau membetulkan data pribadi Anda yang saat ini kami miliki atau kendalikan dengan mengirimkan permintaan tertulis kepada kami. Kami akan membutuhkan cukup informasi dari Anda untuk memastikan identitas Anda serta sifat permintaan Anda agar kami dapat menangani permintaan Anda. Karenanya, silakan kirim permintaan tertulis Anda dengan cara mengirimkan email atau melakukan panggilan telepon kepada Layanan Pelanggan kami di alamat email atau dan nomor telepon yang tercantum di bawah di Bagian 14.
 
12.2.2.    Dalam kondisi tertentu, kami berhak untuk mengenakan biaya yang wajar kepada Anda untuk penanganan dan pemrosesan permintaan Anda untuk mengakses data pribadi Anda dengan memberikan informasi atas perkiraan biaya yang akan dikenakan kepada Anda, dengan tunduk kepada Peraturan Yang Berlaku. Kami tidak wajib untuk menanggapi atau memproses permintaan Anda kecuali Anda sudah setuju untuk membayar biayanya.
 
12.2.3.    Kami akan membetulkan/memperbaharui data pribadi Anda jika dipersyaratkan oleh hukum yang berlaku atau berdasarkan permintaan Anda sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Yang Berlaku, kecuali diatur sebaliknya dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku lainnya.
 
13.    PENAWARAN, PEMASARAN, DAN PERIKLANAN
 
13.1    Berdasarkan persetujuan Anda, kami dapat mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, mengungkapkan, dan/atau memproses data pribadi Anda untuk penawaran, pemasaran, dan periklanan dan dalam hal ini, untuk mengirimkan kepada Anda melalui berbagai macam komunikasi, termasuk melalui sarana komunikasi pribadi, mengenai:
a.    informasi dan materi pemasaran dan promosi yang berkaitan dengan produk dan/atau layanan (termasuk, dengan tidak terbatas pada, produk dan/atau layanan pihak ketiga yang mungkin bekerja sama atau terikat dengan Perseroan) yang mungkin dijual, dipasarkan atau dipromosikan oleh Perseroan (dan/atau afiliasi atau perusahaan terkaitnya), baik apakah produk atau layanan tersebut sudah ada sekarang atau diciptakan di masa mendatang;
b.    penawaran program loyalitas, mitra dan bonus dan upaya pemasaran co-branded lainnya, seperti program loyalitas merchant, penawaran penjual atau kartu kredit co-branded dalam kolaborasi dengan pihak ketiga.
 
13.2    Apabila saat penawaran, pemasaran, dan periklanan sebagaimana diatur dalam Bagian 13.1 dilakukan dengan berinteraksi dengan kami melalui sambungan telepon dan/atau video, kami akan melakukan perekaman suara dan/atau video dan kami akan mendokumentasikan rekaman tersebut.
 
13.3    Setelah mendapatkan persetujuan Anda untuk penawaran, pemasaran, dan periklanan melalui sarana komunikasi pribadi, kami akan:
a.    hanya melakukan komunikasi pada hari Senin sampai dengan Sabtu di luar hari libur nasional dari pukul 08.00 - 18.00 waktu setempat, kecuali atas persetujuan atau permintaan Anda;
b.    menginformasikan nama kami dan menjelaskan maksud dan tujuan kami sebelum menawarkan produk dan/atau layanan; dan
c.    apabila kami memperoleh data dan/atau informasi pribadi Anda dari pihak lain, kami akan menginformasikan sumber data dan/atau informasi pribadi tersebut.
 
13.4    Anda dapat menarik persetujuan Anda untuk penawaran, pemasaran, dan periklanan dengan mengirimkan email atau melakukan panggilan telepon kepada Layanan Pelanggan kami di alamat email dan nomor telepon yang tercantum di Bagian 14 atau melakukan penghentian langganan melalui pesan promosi yang dikirim ke aplikasi pesan singkat pada perangkat Anda, jika ada.
 
14.    PERTANYAAN, MASALAH ATAU KELUHAN? HUBUNGI KAMI
Apabila Anda memiliki pertanyaan, masalah atau keluhan terkait dengan Kebijakan Privasi ini, Anda dapat menghubungi kami melalui:
Terkait dengan PT COMMERCE FINANCE (untuk Layanan):
●    Email: customerservice@cmf.co.id; atau
●    nomor telepon: (021) 8060 4253
 
15.    PENYELESAIAN SENGKETA
 
Apabila terjadi perselisihan atau sengketa yang timbul berdasarkan Kebijakan ini, Anda telah menyetujui dari awal untuk menyelesaikannya dengan itikad baik terlebih dahulu dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat. Apabila sengketa tersebut tidak dapat diselesaikan dengan cara musyawarah, Anda sepakat untuk menyelesaikan sengketa tersebut di tingkat akhir melalui arbitrase di Indonesia yang diselenggarakan oleh Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (“LAPS SJK”), sesuai dengan aturan LAPS SJK yang berlaku.
 
Terakhir diubah: 16 Oktober 2024
Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak