Pengajuan banding merupakan permintaan peninjauan ulang atas sanksi yang didapat oleh Mitra Pengemudi dengan memberikan keterangan yang jujur dan jelas agar proses peninjauan ulang sanksi dapat ditindaklanjuti sebagai perbaikan pada sistem.
Mitra Pengemudi Shopee dapat mengajukan banding apabila merasa adanya ketidaksesuaian sanksi dengan kejadian yang sebenarnya, tentunya dengan menyebutkan atau melampirkan bukti.
Untuk mempermudah Mitra Pengemudi, kini pengajuan banding atas pelanggaran kode etik dapat dilakukan langsung melalui aplikasi ShopeeFood Driver di beberapa area tertentu.
Selama fitur belum muncul di Aplikasi, proses pengajuan banding masih tetap dilakukan melalui Formulir Pengajuan Banding.
Ketentuan Pengajuan Banding:
Pengajuan banding hanya bisa dilakukan 1 kali untuk setiap pelanggaran.
Proses peninjauan banding berlangsung maksimal 3 hari kerja.
Pengajuan banding hanya berlaku 7 (tujuh) hari setelah Mitra mendapatkan sanksi.
Pastikan data yang diisi sesuai dengan data di Aplikasi Mitra Pengemudi.
Unggah bukti pendukung (seperti restoran tutup, pindah lokasi, dan lainnya).
Isi jawaban dengan benar untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya (khusus pengajuan banding melalui formulir).
Mitra dapat melihat artikel Pelanggaran Kode Etik Mitra Pengemudi ShopeeFood & Shopee Xpress Non-Standard sebagai panduan.
Hasil banding akan diinformasikan melalui Aplikasi Mitra Pengemudi Shopee atau WhatsApp terdaftar.
Cara Mengisi Formulir Pengajuan Banding:
Mitra Pengemudi Shopee WAJIB mengisi alamat email yang terdaftar dan menjawab 5 (lima) pertanyaan dengan tepat > pilih Berikutnya atau Next > Pastikan semua data yang telah diisi sudah tepat dan sesuai > Klik Submit

Cara Mengajukan Banding melalui Aplikasi:
Buka Profil > Pilih Poin Penalti > Pilih pelanggaran kode etik yang ingin diajukan banding > Pilih ikon formulir di bagian kanan atas > Isi deskripsi banding > Unggah bukti foto untuk mendukung pengajuan banding > Pilih Ajukan

⚠️Catatan
Pengajuan banding melalui aplikasi saat ini baru tersedia di area Bandung dan akan diperluas secara bertahap ke area lainnya. Pastikan aplikasi ShopeeFood Driver sudah diperbarui ke versi terbaru.
Apabila wilayah operasional dan bentuk pelanggaran tidak terdaftar, Mitra Pengemudi Shopee dapat menghubungi Customer Service Shopee melalui Live Chat di Aplikasi Shopee.
Jika Mitra Pengemudi Shopee memiliki bukti atas pelanggaran seperti foto, lampirkan bukti tersebut dengan menghubungi Customer Service Shopee melalui live chat.
PERHATIAN! Jangan pernah memberikan kode apa pun kepada orang lain. Shopee TIDAK PERNAH menelepon untuk meminta Mitra Pengemudi Shopee menyebutkan Kode Verifikasi (OTP), password, nomor rekening, dan data lain yang bersifat pribadi dengan alasan apa pun.