Hai, ada yang bisa kami bantu?

[Mitra Pengemudi Shopee] Bagaimana cara melakukan pengembalian barang ke Pengirim pada pesanan SPX Instant dan SPX Sameday?

Jika Anda tidak berhasil mengantarkan paket karena Penerima tidak dapat dihubungi atau menolak paket, Anda wajib mengembalikan paket tersebut kepada Pengirim dengan mengikuti cara berikut: 
  1. Pilih Masalah > pilih Alasan Pengembalian Barang dan segera kembali ke lokasi Pengirim.
  2. Setelah tiba di lokasi dan bertemu dengan Pengirim, pilih Konfirmasi Pengembalian Paket > secara otomatis sistem akan mengirimkan Kode Retur melalui SMS ke no. handphone Pengirim.
  3. Masukkan 4 digit Kode Retur yang sudah diinformasikan Pengirim > pilih Konfirmasi dan Ambil Foto.
  4. Upload bukti pengembalian barang > pilih Ajukan. Pengembalian barang selesai.
 
GIF (4).gif
 

Jika Anda mengalami kendala saat proses pengembalian barang ke Pengirim dengan alasan Pengirim tidak menerima OTP, Pengirim tidak ada di lokasi, atau Toko sudah tutup, Anda dapat menghubungi Customer Service Shopee melalui Live Chat di aplikasi Mitra Pengemudi dengan melampirkan bukti berikut ini:

 

Pengirim tidak menerima kode OTP

  • Foto yang menunjukkan paket dengan resi terlihat jelas.

  • Foto yang menunjukkan paket sudah diterima oleh Pengirim.

  • Screenshot chat via aplikasi Mitra Pengemudi yang menunjukkan paket sudah diterima oleh Pengirim.

 

Pengirim tidak ada di lokasi (khusus pesanan Pengembalian Barang)

  • Foto yang menunjukkan paket dengan resi terlihat jelas.

  • Foto yang menunjukkan Mitra Pengemudi berada di lokasi Pengirim.

  • Screenshot chat via aplikasi Mitra Pengemudi yang menunjukkan Mitra Pengemudi sudah melakukan konfirmasi terkait pengembalian paket.

 

Toko sudah tutup (khusus pesanan SPX Instant (Marketplace) dan SPX Sameday)

  • Foto yang menunjukkan paket dengan resi terlihat jelas.

  • Foto yang menunjukkan kondisi toko tutup.

  • Screenshot chat via aplikasi Mitra Pengemudi yang menunjukkan Mitra Pengemudi sudah melakukan konfirmasi terkait pengembalian paket.

 
⚠️Catatan
Jika Kode Retur yang Anda input masih belum sesuai dan sudah mencapai batas maksimum, Anda dapat menghubungi Customer Service Shopee melalui Live Chat di aplikasi Mitra Pengemudi Shopee untuk bantuan lebih lanjut.
Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak