Hai, ada yang bisa kami bantu?

[Mitra Pengemudi Shopee] Bagaimana cara melaporkan dan mengajukan penggantian dana untuk pesanan/order fiktif?

Jika Anda sudah terlanjur membeli pesanan namun Pelanggan tidak dapat dihubungi/ditemukan (pesanan/order fiktif), pastikan Anda melakukan hal berikut:
  1. Konfirmasi pesanan dan alamat kepada Pelanggan sebelum melanjutkan pesanan.
  2. Telepon ke Pelanggan min. 3 (tiga) kali dalam kurun waktu min. 15 menit, meskipun tidak ada jawaban atau nomor tidak dapat dihubungi.
  3. Kirimkan pesan (chat) ke Pelanggan min. 3 (tiga) kali dalam kurun waktu min. 15 menit, meskipun tidak mendapatkan balasan.
  4. Simpan tangkapan layar (screenshot) riwayat panggilan telepon atau pesan (chat) sebagai bukti konfirmasi Anda ke Pelanggan.
 
Jika masih tidak ada jawaban dari Pelanggan:
  1. Jika pesanan sudah dibeli, Anda tetap harus mencoba untuk mengantarkan pesanan ke alamat pengantaran sesuai aplikasi.
  2. Jangan selesaikan pesanan dan segera hubungi Customer Service Shopee melalui chat di aplikasi Mitra Pengemudi Shopee atau layanan Driver Care Online untuk bantuan lebih lanjut.
  3. Anda dapat melakukan proses pengembalian dana melalui Customer Service Shopee atau melalui formulir pelaporan order fiktif.
  4. Pengajuan pengembalian dana dapat dilakukan maks. 7 (tujuh) hari kalender sejak Anda mendapatkan pesanan tersebut.
 
Solusi yang dapat dilakukan sesuai waktu terjadinya order fiktif:
 

Waktu Order Fiktif

Solusi

 

Senin - Minggu
pukul 05:00 WIB - 21:59 WIB

 

1. Berikan makanan/minuman tersebut ke panti asuhan/panti jompo/yayasan sosial.

2. Foto bukti menyerahkan makanan ke panti asuhan/panti jompo/yayasan sosial.

3. Foto Tanda Terima Resmi dari Panti/Yayasan (resmi dituliskan pada kuitansi lengkap dengan KOP panti asuhan).

4. Setelah itu, isi Formulir Pelaporan Order Fiktif untuk melakukan pembatalan pesanan dan penggantian dana.

 

Senin - Minggu
pukul 22:00 WIB - 04:59 WIB

 

1. Jika memungkinkan, Anda dapat memberikan makanan/minuman tersebut ke panti asuhan/panti jompo/yayasan sosial yang beroperasi 24 jam.

2. Jika Anda tidak menemukan panti asuhan/panti jompo/yayasan sosial yang buka di jam tersebut dan/Makanan sudah tidak layak, Anda dapat:

  • Simpan makanan/minuman dan jangan membuangnya sampai Anda melapor ke Driver Care Online.
  • Hubungi layanan Driver Care Online di esok harinya.
  • Tunjukkan pesanan (makanan/minuman) tersebut.

 

3. Simpan makanan/minuman dan jangan membuangnya sampai Anda melapor ke Driver Care Online.

4. Hubungi layanan Driver Care Online di esok harinya.

5. Tunjukkan pesanan (makanan/minuman) tersebut.

 
Jika pengajuan telah disetujui, Anda akan mendapatkan penggantian dana ke Dompet Aplikasi ShopeeFood Driver dalam waktu 1-3 hari kerja.
 
 
Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak