Hai, ada yang bisa kami bantu?

Informasi Umum

Akun Shopee
Situs Shopee
Panduan
Bantuan
Layanan Lainnya
Kebijakan
Aplikasi Shopee (Android/iOS)
Keamanan dalam Bertransaksi
Shopee Partner

[Keamanan Akun] Bagaimana cara melindungi diri dari penipuan?

Untuk melindungi diri dari penipuan, berikut adalah beberapa praktik terbaik yang dapat dilakukan:



Ketahui beberapa modus penipuan di bawah ini:









Dalam semua contoh di atas, penipu mungkin membuat Anda melakukan hal berikut:

  1. Membagikan Kode Verifikasi (OTP), kata sandi akun, dan/atau PIN ShopeePay Anda.
  2. Membagikan data pribadi Anda, seperti tanggal lahir Anda yang mungkin digunakan oleh Customer Service Shopee untuk memverifikasi identitas Pembeli.
  3. Mengarahkan pembayaran ke nomor yang mereka berikan.
  4. Mengklik tautan yang akan mengarahkan Anda ke halaman pihak ketiga.
  5. Mentransfer uang atau menyelesaikan pesanan sebelum paket diterima.



⚠️Catatan

  1. Pelajari lebih lanjut tentang Garansi Shopee dan Shopee Mall.
  2. Pastikan untuk memeriksa kredibilitas pesan yang Anda terima sebelum mentransfer uang kepada siapa pun.


Shopee tidak akan pernah meminta data pribadi, kata sandi, dan PIN Anda melalui platform yang tidak resmi. Shopee hanya akan menghubungi Anda melalui akun resmi, seperti aplikasi Shopee, akun media sosial yang terverifikasi, atau alamat email yang berakhir dengan @shopee.com.


Selain modus penipuan di atas, ketahui beberapa modus yang sering terjadi di bawah ini:


Bagaimana jika saya terkena penipuan?

Jika Anda terkena penipuan yang mengaku sebagai pihak Shopee, atau terlanjur mengirimkan informasi pribadi apa pun kepada pihak yang mencurigakan, mohon segera hubungi Customer Service Shopee melalui layanan Telepon dan Live Chat di pusat bantuan Aplikasi Shopee untuk pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu, mohon untuk segera mengubah kata sandi akun dan PIN ShopeePay Anda di aplikasi Shopee.


Pelajari lebih lanjut tips belanja XtraAman di Shopee.

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak