1. PENGANTAR
1.1 Selamat datang di Platform ShopeePay (“Platform”). Persyaratan Layanan ini merupakan kontrak antara Anda dan PT AirPay International Indonesia dan mengatur penggunaan seluruh Layanan (sebagaimana diartikan dalam Bagian 2.1 dibawah) oleh Anda. Kami harap Anda membaca Persyaratan Layanan berikut ini sebelum membuka akun merchant ShopeePay (“Akun”) atau menggunakan Layanan kami, agar Anda mengetahui hak dan kewajiban hukum Anda terhadap kami, beserta afiliasi dan anak perusahaan kami (secara sendiri-sendiri dan bersama-sama disebut sebagai “Perseroan” atau “kami”). Syarat dan Ketentuan ini berlaku bagi seluruh merchant, termasuk merchant langsung maupun merchant yang diakuisisi melalui merchant aggregator yang bekerja sama dengan kami, dan akan mengikat mereka sesuai ketentuan.
1.2 DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN ATAU MEMBUKA SEBUAH AKUN, ANDA MENYATAKAN PERSETUJUAN YANG TIDAK DAPAT DICABUT ATAS PERSYARATAN LAYANAN INI, TERMASUK NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, SYARAT DAN KETENTUAN TAMBAHAN, KEBIJAKAN YANG DISEBUTKAN DISINI DAN/ATAU TERKAIT DISINI, KEBIJAKAN PRIVASI SHOPEEPAY, DAN SETIAP INFORMASI YANG TERSEDIA DI PLATFORM TERMASUK HELP CENTRE DAN FREQUENTLY ASKED QUESTIONS DARI PLATFORM. JIKA ANDA TIDAK MENYETUJUI PERSYARATAN INI, MOHON TIDAK MENGGUNAKAN LAYANAN ATAU MENGAKSES PLATFORM KAMI. JIKA ANDA BERUSIA DI BAWAH 21 TAHUN ATAU BELUM MENIKAH DAN BERADA DIBAWAH PENGAMPUAN, ANDA HARUS MENDAPATKAN IZIN DARI SALAH SATU ORANG TUA ATAU WALI SAH UNTUK MEMBUKA SEBUAH AKUN ATAU MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI, DAN ORANG TUA ATAU WALI YANG SAH TERSEBUT HARUS MENYETUJUI PERSYARATAN LAYANAN INI. JIKA ANDA TIDAK MEMAHAMI KETENTUAN BAGIAN 1.2 INI, MOHON TIDAK MEMBUAT AKUN ATAU MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI SAMPAI ANDA TELAH MEMINTA BANTUAN ORANG TUA ATAU WALI SAH ANDA. JIKA ANDA ADALAH ORANG TUA ATAU WALI SAH ANAK DI BAWAH UMUR YANG HENDAK MEMBUAT AKUN ATAU MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI, ANDA HARUS MENYETUJUI PERSYARATAN LAYANAN INI ATAS NAMA ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT, DAN ANDA AKAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS SELURUH PENGGUNAAN AKUN ATAU LAYANAN, TERMASUK SETIAP INSTRUKSI DAN/ATAU TRANSAKSI YANG DIBUAT OLEH ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT, TERLEPAS DARI APAKAH AKUN ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT DIBUKA SAAT INI ATAU DI KEMUDIAN HARI, DAN TERLEPAS DARI APAKAH ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT BERADA ATAU TIDAK BERADA DI BAWAH PENGAWASAN ANDA SELAMA IA MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI.
1.3 Kami berhak melakukan perubahan atas Persyaratan Layanan ini sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan atau persetujuan sebelumnya. Penggunaan Layanan, Platform secara terus menerus oleh Anda, atau registrasi Akun oleh Anda akan dianggap sebagai persetujuan yang tidak dapat dicabut terhadap perubahan yang ada tersebut. Jika anda tidak menyetujui perubahan tersebut, anda dapat menghentikan penggunaan Layanan dan/atau Platform kami.
1.4 Selanjutnya, kami berhak pada setiap saat, atas kebijakan kami sepenuhnya, mengganti, mengubah, menangguhkan atau menghentikan bagian mana pun dari Platform atau Layanan, baik untuk sementara maupun selama-lamanya, tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda. Kami dapat merilis beberapa Layanan atau fitur Layanan dalam versi beta, yang mungkin tidak berfungsi dengan baik atau berfungsi dengan cara yang sama seperti versi terakhirnya, dan kami tidak bertanggung jawab dalam hal demikian. Kami juga dapat menentukan batasan pada beberapa fitur atau membatasi akses Platform atau Layanan Anda berdasarkan kebijakan kami sepenuhnya, dan tanpa pemberitahuan atau kewajiban untuk menyampaikan pemberitahuan.
1.5 Kami berhak menolak memberikan akses Platform atau Layanan kepada Anda atau mengizinkan Anda untuk membuka sebuah Akun, karena alasan apa pun.
1.6 Untuk menghindari keraguan, hanya Pasal-pasal 1, 2 (sebagaimana dijelaskan lebih lanjut dalam sub-bagian khusus di Bagian 2), 4, 5, 6, 7.4, 7.5, 7.6, 7.7, 7.10, 8, 10.1, 10.3, 10.4, 10.5, dan 11 hingga 21 yang berlaku untuk merchant yang diakuisisi oleh merchant aggregator yang bekerja sama dengan kami.
2. LAYANAN
2.1 Layanan yang kami berikan atau sediakan meliputi (a) Platform, (b) layanan yang disediakan melalui Platform dan oleh piranti lunak klien Perseroan (“Piranti Lunak”), dan (c) segala informasi, situs web, halaman tertaut, fitur, data, teks, gambar, foto, grafik, musik, suara, video, pesan, label, konten, pemrograman, piranti lunak, layanan aplikasi (termasuk, namun tidak terbatas pada layanan aplikasi seluler), atau materi-materi lain (“Konten”) yang tersedia melalui Platform atau layanan terkait kami (secara bersama-sama disebut sebagai “Layanan”). Layanan tunduk pada Persyaratan Layanan ini, setiap kebijakan yang diterbitkan oleh kami terkait dengan Layanan dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku. Setiap fitur baru yang ditambahkan ke, atau yang memperbanyak Layanan juga tunduk pada Persyaratan Layanan ini, kebijakan Perseroan dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku. Persyaratan Layanan ini mencakup, namun tidak terbatas pada: (i) penerimaan dan penyelesaian dana dan (ii) layanan lain yang dapat kami tambahkan dari waktu ke waktu sebagaimana disetujui oleh Bank Indonesia dan/atau instansi pemerintah terkait (apabila ada).
2.2 Layanan kami dirancang untuk memudahkan para pengguna menggunakan Piranti Lunak kami (“Pengguna”) dalam menerima dan mengelola dana dari pembeli atas pengadaan produk dan/atau jasa oleh Pengguna dengan menggunakan Platform. Kami berhak untuk mengganti, meningkatkan, mengubah, membatasi atau menangguhkan Layanan atau fungsi atau aplikasi terkait pada setiap saat, baik untuk sementara maupun selama-lamanya, tanpa pemberitahuan sebelumnya. Kami juga berhak memperkenalkan fitur, fungsi atau aplikasi baru Layanan atau versi Layanan yang akan datang. Seluruh fitur, fungsi, aplikasi baru, modifikasi, penggantian ke versi yang lebih baru (upgrade) dan perubahan diatur oleh Persyaratan Layanan ini, kecuali ditentukan lain.
2.2.1 Penerimaan dan Penyelesaian Dana
Anda dapat menampung dana dalam Akun Anda dan menerima dana tersebut ke rekening bank yang Anda daftarkan pada kami, baik penerimaan dana yang dilakukan secara otomatis melalui sistem kami atau secara manual berdasarkan Instruksi (sebagaimana didefinisikan di bawah) Anda, atas pengadaan produk dan/atau jasa oleh Anda dengan menggunakan Platform.
Untuk dana yang telah Anda terima dan berada dalam Akun Anda, apabila kami (berdasarkan kebijakan dan/atau penilaian kami sendiri sepenuhnya) kemudian meyakini bahwa Anda telah melakukan atau terlibat kegiatan-kegiatan terlarang sebagaimana disebutkan di Persyaratan Layanan ini (termasuk tetapi tidak terbatas kepada adanya penipuan atau aktivitas dan/atau transaksi mencurigakan) untuk satu transaksi atau lebih, maka kami berwenang untuk mengambil kembali dana dari Anda (termasuk tetapi tidak terbatas dengan cara mendebet Akun Anda) dengan segera sesuai dengan jumlah dana yang kami tentukan (berdasarkan kebijakan dan/atau penilaian kami sendiri sepenuhnya) untuk transaksi atau transaksi-transaksi yang telah terjadi sehubungan dengan kegiatan-kegiatan terlarang tersebut. Hal ini kami lakukan dengan dengan pemberitahuan tertulis kepada Anda.
Anda mengakui bahwa Akun bukan “tabungan” berdasarkan hukum dan peraturan perbankan yang relevan, sehingga Akun Anda tidak tunduk pada pengaturan penjaminan oleh Lembaga Penjamin Simpanan.
Untuk merchant yang diakuisisi melalui merchant aggregator, merchant aggregator terkait bertanggung jawab atas penerimaan dan penyelesaian dana Anda, termasuk namun tidak terbatas pada pemotongan yang disepakati atau ditentukan sebagai bagian dari merchant aggregator sebelum penyelesaian tersebut, ketentuan perpajakan terkait penyelesaian dana tersebut, serta segala sengketa yang berkaitan dengan penyelesaian dana, sesuai dengan ketentuan dalam perjanjian mereka dengan Anda. Kami tidak memiliki kewajiban atau tanggung jawab apa pun terkait penyelesaian dana antara Anda dengan merchant aggregator.
2.2.2 Biaya-biaya
Penampungan dana dalam Akun Anda dan penerimaan dana tersebut ke rekening bank yang Anda daftarkan pada kami tidak dikenakan biaya/gratis. Namun demikian, jika Anda menggunakan rekening bank selain PT Bank Central Asia Tbk. (BCA), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (Mandiri) dan PT Bank Seabank Indonesia (SeaBank) sebagai rekening pilihan untuk menerima dana dari Akun Anda, kami akan memotong biaya penarikan sebesar Rp. 3.000 (“Biaya Penarikan”) termasuk Pajak Pertambahan Nilai (“PPN”). Perseroan berhak untuk sewaktu-waktu mengubah Biaya Penarikan di atas dan/atau biaya-biaya yang tertera pada Bagian 2.2.2 ini tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda. Anda akan dianggap menyetujui setiap perubahan tersebut dengan terus menggunakan Layanan.
Selain itu, jika Anda menggunakan rekening bank selain BCA, BNI, BRI, Mandiri dan SeaBank sebagai rekening pilihan untuk menerima dana dari Akun Anda, Anda wajib memiliki dana minimal dan melakukan penarikan minimal Rp25.000 (dua puluh lima ribu Rupiah) dalam Akun Anda untuk Perseroan dapat mentransfer dana dalam Akun Anda kepada rekening bank pilihan Anda dengan dikenakan Biaya Penarikan sebagaimana disebut di atas.
Untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui Platform, semua merchant akan dikenakan Merchant Discount Rate (“MDR”). Besaran dan periode penyelesaian MDR akan ditentukan secara terpisah melalui kesepakatan antara Anda dengan kami, serta, jika berlaku, antara Anda dan merchant aggregator.
2.2.3 Tidak Adanya Tanggung Jawab
Dengan menggunakan Layanan kami, Anda setuju bahwa kami dapat menggunakan seluruh informasi dan/atau instruksi yang diberikan oleh Anda atau merchant aggregator kepada kami untuk penggunaan Layanan (“Instruksi”). Anda atau merchant aggregator bertanggung jawab penuh untuk memastikan ketepatan, kelengkapan dan keakuratan Instruksi dalam segala hal, dan diperlukan waktu untuk memproses Instruksi tersebut. Instruksi yang diberikan akan dianggap sebagai Instruksi final, dan kami tidak diwajibkan untuk melakukan verifikasi terhadap Instruksi tersebut. Selanjutnya, sebagaimana sesuai, dengan memberikan Instruksi kepada kami, Anda setuju untuk membayar, atau mengizinkan kami memotong segala biaya dan beban terkait dengan Instruksi dari Akun Anda.
Anda mengakui dan setuju bahwa kami tidak memikul tanggung jawab, seandainya kami tidak dapat menyelesaikan Instruksi yang diberikan, karena alasan apa pun yang berada di luar kendali kami, yang termasuk, namun tidak terbatas pada:
i. Jika, tanpa adanya kesalahan di pihak kami, Akun Anda tidak memiliki dana yang cukup atau jika Instruksi akan melebihi batas transaksi yang ditetapkan untuk Akun anda;
ii. Pusat pemrosesan kami tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya, dan Anda mengetahui atau telah diberitahukan oleh kami atau merchant aggregator mengenai terjadinya malfungsi tersebut sebelum Instruksi dijalankan;
iii. Anda tidak memberikan informasi yang benar kepada kami atau merchant aggregator, atau informasi yang Anda berikan menjadi tidak benar;
iv. Kami menemukan atau memiliki alasan yang wajar untuk mempercayai bahwa suatu tindakan penipuan, ilegal, terlarang atau kejahatan telah atau akan dilakukan; dan/atau
v. Keadaan-keadaan yang berada di luar kendali kami (seperti, namun tidak terbatas pada kebakaran, banjir, atau gangguan yang disebabkan oleh kekuatan dari luar), sekalipun keadaan-keadaan tersebut dapat diduga atau diprediksi, yang mencegah pelaksanaan Instruksi dengan sebagaimana mestinya, dan kami telah mengambil langkah-langkah pencegahan yang wajar untuk menghindari keadaan-keadaan tersebut.
Dengan tunduk pada Bagian 9, dan dengan ketentuan bahwa tidak satupun pengecualian-pengecualian yang disebutkan sebelumnya dapat diberlakukan, jika kami menyebabkan berpindahnya dana dari Akun Anda dalam jumlah yang tidak tepat, atau menyebabkan dana tersebut dipindahkan dengan cara yang tidak sesuai dengan Instruksi yang diberikan, Anda setuju bahwa satu-satunya upaya perbaikan yang dapat Anda lakukan adalah untuk mendapatkan pengembalian atas jumlah yang dipotong secara keliru tersebut ke dalam Akun Anda.
Kami berwenang untuk melakukan entri debet atau kredit ke Akun Anda setiap saat dengan pemberitahuan tertulis kepada Anda, kecuali diatur sebaliknya oleh hukum yang berlaku, berdasarkan alasan-alasan sebagai berikut:
i. untuk memperbaiki kesalahan ketika memproses suatu Instruksi atau transaksi, termasuk namun tidak terbatas pada pembayaran ganda;
ii. dimana Perseroan telah menentukan bahwa Anda telah terlibat dalam penipuan atau aktivitas dan/atau transaksi mencurigakan;
iii. sehubungan dengan hadiah atau potongan harga (apabila ada);
iv. sehubungan dengan biaya yang belum terbayar (apabila ada);
v. sehubungan dengan penyelesaian perselisihan transaksi, termasuk kompensasi yang harus dibayarkan kepada, atau dari, Anda; dan
vi. alasan lain yang relevan dengan Instruksi atau transaksi apapun yang ditentukan oleh Perseroan di masa mendatang.
Anda setuju dan mengakui untuk melepaskan dan mengganti rugi kami dari segala tanggung jawab, kerusakan, kerugian, dan/atau klaim dari pihak ketiga lainnya yang mungkin atau akan timbul sehubungan dengan hal yang tersebut di atas.
2.2.4 Sengketa atas dana yang diterima
Jika Anda tidak menyetujui perhitungan ataupun nominal yang diterima sesuai dengan Bagian 2.2.1 setelah dana di transfer ke rekening Anda, Anda dapat mengajukan keberatan secara tertulis dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja.
Kami akan menanggapi keberatan tersebut dalam waktu 5 (lima) hari kerja sejak diterimanya pemberitahuan dan Para Pihak harus melakukan rekonsiliasi dan mencapai kesepakatan bersama. Untuk tujuan rekonsiliasi, Anda setuju bahwa data Perseroan yang kami hadirkan sehubungan dengan dana yang disengketakan bersifat konklusif dan dianggap final.
Setelah diterimanya dana dan Anda tidak mengajukan sengketa lebih dari 7 (tujuh) hari kerja sejak tanggal pelaksanaan transfer ke rekening Anda, data yang kami gunakan untuk menghitung dana tersebut bersifat konklusif dan dianggap final, maka dari itu, tidak dapat dipertentangkan dan dalam hal ini Anda melepaskan dan membebaskan Perseroan dari kewajiban apapun untuk membayarkan dana apapun di luar daripada dana sejumlah yang telah kami kirimkan ke rekening Anda.
Untuk merchant yang diakuisisi melalui merchant aggregator, setiap sengketa yang berkaitan dengan penyelesaian dana akan diatur dan diselesaikan sesuai dengan ketentuan dalam perjanjian antara Anda dan merchant aggregator.
2.3 Kami dapat membatasi setiap atau seluruh Layanan yang tersedia bagi Pengguna, sesuai dengan Persyaratan Layanan ini, kebijakan Perseroan dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku. Jenis Instruksi berikut manfaat, fitur, dan fungsi lain dari Layanan yang tersedia bagi seorang Pengguna mungkin berbeda-beda untuk berbagai profil risiko yang ada. Kami tidak memberikan jaminan atau pernyataan bahwa jenis dan lingkup transaksi, manfaat, fitur dan fungsi yang sama akan tersedia bagi seluruh Pengguna.
2.4 Kami berhak menolak atau membatalkan Instruksi karena alasan apapun, berdasarkan kebijakan kami sepenuhnya. Situasi yang dapat mengakibatkan ditolak atau dibatalkannya suatu Instruksi adalah termasuk, namun tidak terbatas pada masalah-masalah yang telah diidentifikasi oleh departemen pengendalian penipuan kami, transaksi mencurigakan yang telah diidentifikasi oleh departemen kepatuhan kami, dimana kami memiliki alasan untuk meyakini bahwa Instruksi tersebut tidak sah, melanggar undang-undang, aturan, peraturan, Persyaratan Layanan ini atau esensi dari Persyaratan Layanan ini, atau mungkin mengakibatkan kami atau afiliasi kami harus memikul tanggung jawab. Kami mungkin juga memerlukan verifikasi atau informasi tambahan sebelum menjalankan Instruksi.
2.5 Kami dapat menerapkan aturan, pembatasan, larangan, atau langkah-langkah tambahan lain yang, menurut kebijakan kami sepenuhnya, perlu atau wajar dalam setiap Instruksi.
2.6 Anda bertanggung jawab atas semua aktivitas yang dibuat melalui Platform, dengan atau tanpa kuasa, sepengetahuan atau izin Anda, dan tidak akan mengajukan klaim terhadap kami sehubungan dengan penggunaan atau penggunaan yang diakui dilakukan oleh Anda tersebut.
2.7 Anda wajib memastikan bahwa Uniform Resource Locator (“URL”), sebagaimana berlaku, yang didaftarkan kepada kami dapat diakses dan bahwa URL tersebut tidak berasal atau didapatkan dari platform e-commerce manapun.
2.8 Anda wajib memastikan bahwa produk dan/atau jasa yang Anda jual merupakan produk nyata yang terdapat dan diberikan pada toko/gerai/platform Anda.
2.9 Bagi Anda yang telah melakukan aktivasi atas fitur top-up ShopeePay pada toko/gerai/ platform Anda, Anda sepenuhnya memahami dan menerima bahwa kami atas kebijakan kami sendiri akan mematikan dan/atau menon-aktifkan promosi cashback langsung dalam bentuk apapun yang terdapat pada platform Anda, termasuk namun tidak terbatas dalam hal adanya indikasi penipuan/kecurangan atau aktivitas dan/atau transaksi mencurigakan.
3. PERPAJAKAN
3.1 Kami akan menerbitkan faktur pajak sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku, untuk dikirimkan melalui email atau cara lain yang kami tentukan setelah Anda mengisi Formulir Permohonan Faktur Pajak (“Formulir”) secara lengkap, benar dan akurat, yang tersedia pada tautan berikut ini: Faktur Pajak Merchant ShopeePay. Informasi yang Anda isikan pada Formulir tersebut dapat kami pakai sejak tanggal informasi tersebut diberikan di dalam Formulir dan tidak berlaku surut.
3.2 Jika Anda tidak mengisi Formulir tersebut maka kami tidak akan menerbitkan faktur pajak standar kepada Anda. Anda setuju untuk membebaskan Perseroan dari kewajiban menyerahkan dokumen faktur pajak yang telah diterbitkan jika Anda tidak mengisi Formulir.
3.3 Jika ada perbedaan antara informasi yang ditulis di dalam Formulir dengan dokumen yang Anda unggah, kami berhak untuk menggunakan hanya informasi yang Anda tulis di dalam Formulir.
3.4 Setelah Anda mengisi Formulir sebagaimana dimaksud di atas, kami akan menerbitkan faktur pajak, untuk kami kirimkan kepada Anda, untuk memungut PPN yang berlaku sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku. Kami akan melakukan verifikasi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)/Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagaimana berlaku yang telah ditulis oleh Anda di dalam Formulir melalui sistem uploader efaktur. NPWP/NIK yang tidak berhasil diverifikasi tidak akan digunakan di dalam faktur pajak yang kami terbitkan. Kami tidak berkewajiban untuk memberitahukan atau melakukan konfirmasi ulang kepada Anda atas NPWP/NIK yang tidak berhasil diverifikasi tersebut.
3.5 MDR akan dikenakan pemotongan pajak penghasilan sesuai dengan berdasarkan ketentuan perpajakan yang berlaku.
3.6 Apabila terdapat perubahan terhadap informasi dan dokumen yang Anda berikan melalui Formulir, Anda wajib melaporkan perubahan data merchant melalui tautan berikut ini: Faktur Pajak Merchant ShopeePay dengan segera sehingga data Anda selalu dalam kondisi benar, lengkap dan akurat. Perubahan informasi akan berlaku sejak tanggal data tersebut dilaporkan dan kami terima dan tidak berlaku surut. Faktur pajak yang kami terbitkan kepada Anda akan merujuk kepada informasi merchant yang tertera di dalam Formulir pada saat dokumen tersebut diterbitkan. Kami tidak berkewajiban untuk mengubah atau membetulkan informasi merchant di dalam faktur pajak, setelah faktur pajak tersebut diterbitkan.
3.7 Anda setuju untuk membebaskan dan memberikan ganti rugi kepada kami dari dan atas seluruh klaim, tindakan, proses peradilan, atau tuntutan ganti rugi dari pihak manapun dan dalam bentuk apapun yang mungkin timbul atas penerbitan faktur pajak sebagaimana disebutkan di Bagian 3.2 atau dikarenakan informasi yang disampaikan Anda melalui Formulir, yang tidak benar, menyesatkan dan/atau keliru.
4. PRIVASI
4.1 Privasi Anda sangatlah penting bagi kami. Untuk melindungi hak Anda secara lebih baik, kami telah menetapkan Kebijakan Privasi Perseroan untuk menjelaskan praktik privasi kami secara rinci. Kami persilakan Anda untuk menelaah Kebijakan Privasi tersebut, untuk memahami bagaimana kami mengumpulkan dan menggunakan informasi yang terkait dengan Akun Anda dan/atau penggunaan Layanan oleh Anda. Dengan menggunakan Layanan atau menyetujui Persyaratan Layanan ini, Anda berarti telah menyetujui pengumpulan, penggunaan, pengungkapan, dan/atau pemrosesan data pribadi atau data perusahaan Anda oleh kami, dan konten yang mungkin telah Anda tambahkan ke Platform, sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi.
4.2 Para Pengguna yang memiliki data pribadi Pengguna lain (“Pihak Penerima Informasi”) wajib (i) tunduk pada undang-undang yang berlaku mengenai perlindungan data pribadi; (ii) mengizinkan Pengguna lain (“Pihak Pengungkap Informasi”) untuk menghapus sendiri dirinya dari basis data Pihak Penerima Informasi; dan (iii) mengizinkan Pihak Pengungkap Informasi untuk mengkaji informasi apa saja yang telah dikumpulkan mengenai mereka oleh Pihak Penerima Informasi.
5. LISENSI TERBATAS
Kami memberikan lisensi terbatas kepada Anda untuk mengakses dan menggunakan Layanan, dengan tunduk pada syarat dan ketentuan yang tercantum dalam Persyaratan Layanan ini, kebijakan Perseroan dan setiap hukum dan peraturan yang berlaku. Kecuali jika kami memberikan persetujuan kepada Anda, lisensi ini tidak memungkinkan Anda untuk menggunakan Layanan untuk kepentingan komersial atau derivatif (termasuk, namun tidak terbatas pada elemen atau Konten pribadi kami). Segala Konten terkait kepemilikan, merek dagang, merek layanan, nama merek, logo dan kekayaan intelektual lainnya yang ditampilkan pada Platform merupakan milik Perseroan, dan jika ada, pemilik pihak ketiga yang disebutkan pada Platform. Kami tidak memberikan hak atau lisensi secara langsung atau tidak langsung kepada pihak manapun yang mengakses Platform untuk menggunakan atau mereproduksi Konten terkait kepemilikan, merek dagang, merek layanan, nama merek, logo dan kekayaan intelektual lainnya, dan tidak satupun pihak yang mengakses Platform dapat mengklaim hak, kepemilikan atau kepentingan apapun atasnya. Dengan menggunakan atau mengakses Layanan, Anda setuju untuk mematuhi hak cipta, merek dagang, merek layanan, dan undang-undang yang berlaku yang melindungi Layanan, Platform dan Konten kami. Anda setuju untuk tidak meniru, mendistribusikan, mempublikasi ulang, menyebarkan, memamerkan secara terbuka, mempertontonkan secara terbuka, mengubah, mengadaptasi, menyewakan, menjual, atau menciptakan karya turunan dari bagian manapun dari Layanan, Platform atau Konten kami. Anda juga dilarang, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami, menduplikasi basis data ke server lain (mirroring) atau membingkai sebagian atau seluruh Konten Platform ini pada server lain atau sebagai bagian dari situs web lain. Selain itu, Anda setuju bahwa Anda tidak akan menggunakan robot, penggali informasi (spider) atau perangkat otomatis maupun proses manual lain untuk memantau atau meniru Konten kami, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami (persetujuan tersebut dianggap diberikan untuk teknologi mesin pencari standar yang digunakan oleh situs web pencari internet guna mengarahkan Pengguna ke situs web ini).
6. PIRANTI LUNAK
Kecuali disertai dengan perjanjian lisensi tersendiri, setiap Piranti Lunak yang disediakan oleh kami kepada Anda sebagai bagian dari Layanan, tunduk pada ketentuan Persyaratan Layanan ini. Piranti Lunak tersebut memiliki lisensi, tidak dijual, dan kami mencadangkan seluruh hak dan kepemilikan atas Piranti Lunak tersebut yang tidak secara tegas diberikan oleh kami. Skrip atau kode pihak ketiga yang ditautkan ke, atau dirujuk dari Layanan, dilisensikan kepada Anda oleh pihak ketiga yang memiliki skrip atau kode tersebut, bukan oleh kami.
7. AKUN DAN KEAMANAN
7.1 Untuk mengakses Layanan kami, Pengguna diharuskan melakukan pendaftaran Akun, dengan memberikan nomor telepon seluler, alamat surel (e-mail) dan informasi atau data lain yang mungkin dipersyaratkan oleh kami dan memilih kata sandi dan PIN. Anda harus mengirimkan dokumen Anda seperti, sebagaimana sesuai, dokumen identitas (seperti Kartu Tanda Penduduk/KTP dan/atau Surat Izin Mengemudi/SIM), dokumen perusahaan, izin usaha dan/atau dokumen lainnya sebagaimana dipersyaratkan dalam kebijakan Perseroan untuk keperluan pendaftaran Akun. Dengan melakukan pendaftaran untuk membuka Akun, Anda mengonfirmasikan bahwa (a) Anda telah memberikan persetujuan kepada kami untuk menggunakan data pribadi atau data perusahaan Anda untuk pelaksanaan Layanan; dan (b) Anda akan membayar atau mengizinkan kami untuk memotong dari Akun Anda seluruh biaya yang terkait dengan penggunaan Layanan oleh Anda (apabila ada).
7.2 Anda dapat menggunakan Akun Anda untuk mendapatkan akses ke produk, situs web atau layanan lain yang kami telah aktifkan aksesnya, atau yang memiliki ikatan atau bekerja sama dengan kami. Kami belum memeriksa dan tidak bertanggung jawab atas konten, fungsionalitas, keamanan, layanan, kebijakan privasi, atau praktik lain pihak ketiga atas produk, situs web atau layanan tersebut. Jika Anda melakukannya, persyaratan layanan yang berlaku bagi produk, situs web atau layanan tersebut, termasuk kebijakan privasi mereka masing-masing, jika berbeda dengan Persyaratan Layanan ini dan/atau Kebijakan Privasi kami, juga berlaku atas penggunaan produk, situs web atau layanan tersebut oleh Anda.
7.3 Anda setuju untuk (a) menjaga kerahasiaan kata sandi dan PIN Anda, dan hanya menggunakan kata sandi Akun pribadi Anda saat masuk ke Akun, (b) memastikan bahwa Anda menutup dan/atau mengunci Akun Anda pada akhir setiap sesi di Platform, (c) segera memberitahu kami mengenai penggunaan Akun Anda secara tidak sah, dan (d) memastikan bahwa informasi Akun Anda benar, lengkap, akurat dan terbaru. Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas seluruh kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan Akun Anda, bahkan jika kegiatan atau penggunaan tersebut tidak dilakukan oleh Anda. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kehilangan atau kerugian yang timbul dari penggunaan kata sandi Anda secara tidak sah atau kegagalan Anda untuk mematuhi Bagian 7.3 ini.
7.4 Kami dapat meminta Anda untuk menyampaikan dokumen tambahan agar Anda dapat mengakses Layanan kami secara optimal.
7.5 Anda bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang benar dan akurat saat melakukan registrasi dengan kami atau melalui merchant aggregator, dan untuk selalu menjaga kemutakhiran informasi Anda, atau memberitahu kami dalam hal terjadi perubahan atas informasi tersebut. Untuk merchant langsung, jika Anda ingin mengganti nomor telepon Anda, Anda harus menghubungi kami seperti yang ditentukan dalam Bagian 15.
7.6 Anda setuju bahwa kami, karena alasan apapun berdasarkan kebijakan kami sepenuhnya, dan tanpa pemberitahuan atau kewajiban untuk menyampaikan pemberitahuan kepada Anda atau kepada pihak ketiga, segera menghentikan Akun Anda atau Layanan kami, serta menghapus atau membuang segala Konten yang berkaitan dengan Akun Anda dari Platform. Dasar penghentian tersebut meliputi, namun tidak terbatas pada, (a) atas permintaan Anda, (b) pelanggaran terhadap isi atau semangat Persyaratan Layanan ini, kebijakan Perseroan dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku, (c) tindakan penipuan/kecurangan, pelecehan, pencemaran, pengancaman atau penghinaan, (d) tindakan yang merugikan Pengguna lain, pihak ketiga, atau kepentingan bisnis Perseroan, atau (e) sebagaimana diinstruksikan oleh institusi pemerintah yang berwenang atau aparat penegak hukum terkait. Penggunaan Akun atau Layanan untuk tujuan ilegal, penipuan/kecurangan, pelecehan, pencemaran, pengancaman atau penghinaan akan diserahkan kepada otoritas penegak hukum tanpa pemberitahuan kepada Anda. Jika Anda mengajukan tuntutan (karena sebab apapun), baik terhadap kami, atau yang dengan cara apapun melibatkan kami, maka kami dapat menghentikan Akun Anda atau Layanan kami. Anda setuju dan mengakui bahwa Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk, dan akan melepaskan dan mengganti rugi kami dari segala kerusakan, kerugian dan klaim dari Anda atau pihak ketiga sehubungan dengan penghentian yang tersebut diatas.
7.7 Akun Anda atau Layanan kami dapat dihentikan jika Anda ingin menghentikan kerjasama Anda dengan kami. Dalam skenario ini, Anda perlu mengajukan permintaan kepada kami dan menyelesaikan semua kewajiban Anda, termasuk memastikan bahwa Akun Anda tidak dibekukan/diblokir sebelum dapat dihentikan secara otomatis. Penghentian akan dilakukan sesegera mungkin setelah permintaan diajukan, dengan ketentuan Anda tidak memiliki kewajiban yang tertunda. Untuk merchant yang diakuisisi melalui merchant aggregator, apabila Anda ingin mengakhiri atau menghentikan Layanan kami, Anda harus melakukannya melalui merchant aggregator masing-masing.
7.8 Jika terjadi penghentian Akun, Anda berhak untuk mendapatkan pengembalian sisa saldo dalam Akun (“Pengembalian”), setelah pemotongan biaya operasional (apabila ada). Metode Pengembalian diatur dalam metode penerimaan dana sebagaimana disebutkan dalam Bagian 2.2.1 dari Persyaratan Layanan ini. Jika saldo dalam Akun tidak mencukupi untuk pemotongan biaya yang harus dibayar, Anda diminta untuk menyelesaikan kewajiban ini dengan cara metode yang ditetapkan secara terpisah oleh kami.
7.9 Jika Akun Anda diblokir karena penyelidikan oleh pemerintah atau institusi yang berwenang, kami berhak untuk menahan dana Anda tanpa batas waktu dan/atau melepaskan dana tersebut berdasarkan instruksi dari pemerintah atau institusi yang berwenang tersebut.
7.10 Anda diizinkan untuk menggunakan Layanan dan/atau membuka sebuah Akun jika yurisdiksi tempat Anda tinggal mengizinkan Anda untuk menyetujui Persyaratan Layanan ini.
8. PENGHENTIAN SEMENTARA DAN GANGGUAN SISTEM
Jika Anda tidak dapat menggunakan Layanan sebagai akibat pengoperasian Piranti Lunak secara tidak tepat, yang disebabkan oleh salah satu alasan di bawah ini, Anda setuju untuk tidak mewajibkan kami atau afiliasi kami untuk menyampaikan pemberitahuan pada saat kapan pun mengenai:
a. penghentian sementara atau pemeliharaan sistem pada Platform kami;
b. kegagalan transmisi data, yang disebabkan oleh gangguan atau penghentian sementara peralatan dan/atau sistem telekomunikasi;
c. kegagalan pengoperasian sistem yang disebabkan oleh peristiwa keadaan memaksa, yang meliputi, namun tidak terbatas pada angin topan, gempa bumi, tsunami, banjir, pemadaman listrik, perang, serangan teroris, yang berada di luar kendali wajar kami; dan/atau
d. terganggu atau tertundanya Layanan yang disebabkan oleh peretasan, pemeliharaan, penggantian ke versi yang lebih baru (upgrade), lembaga perbankan atau regulator, dan sebab-sebab lainnya.
Anda setuju dan mengakui bahwa Anda akan melepaskan dan mengganti rugi kami dari segala tanggung jawab, kerusakan, kerugian dan klaim dari Anda atau pihak ketiga sehubungan dengan penghentian sementara dan gangguan sistem yang tersebut diatas.
9. KESALAHAN DAN INSTRUKSI TIDAK SAH
9.1 Dalam hal terjadi Instruksi tidak sah atau kesalahan pada Akun Anda akibat kesalahan dan/atau kelalaian kami, kami hanya akan melakukan penggantian dan/atau memberikan ganti rugi atas nilai Instruksi tidak sah atau kesalahan tersebut, sepanjang Anda mengikuti prosedur yang ditetapkan di bawah ini. Dalam hal apapun, cakupan penggantian kami hanya sebatas kerugian langsung yang dialami oleh Anda. Untuk menghindari keraguan, jika Anda memberi akses kepada seseorang ke Akun Anda (dengan memberi informasi login, kata sandi dan/atau PIN Anda kepada mereka), dan mereka melakukan transaksi dan/atau memberikan Instruksi tanpa sepengetahuan atau izin Anda, Anda bertanggung jawab atas akibat yang timbul dari penggunaan tersebut, tanpa batasan.
9.2 Anda harus segera memberitahu kami jika Anda meyakini:
· telah terjadi Instruksi atau pengaksesan tidak sah ke Akun Anda;
· terdapat kesalahan dalam riwayat Akun Anda;
· kata kunci, PIN dan/atau kode pembuka kunci Anda telah disusupi;
· telepon seluler yang digunakan untuk mengaktifkan Akun Anda hilang, dicuri atau dinonaktifkan; atau
· Anda memerlukan informasi lebih mengenai transaksi yang tercatat dalam riwayat transaksi atau konfirmasi transaksi.
9.3 Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan dari Instruksi tidak sah atau kesalahan pada Akun Anda sesuai Bagian 9.1 dari Persyaratan Layanan ini, Anda harus memberitahu kami dalam waktu dua puluh empat (24) jam setelah Anda mengetahui adanya Instruksi tidak sah atau kesalahan pada Akun tersebut, namun dalam hal apapun, dalam waktu selambat-lambatnya tiga puluh (30) hari setelah Instruksi tidak sah atau kesalahan pada Akun tersebut pertama kali muncul dalam riwayat Akun Anda. Dengan menyampaikan alasan yang masuk akal dan dapat dibuktikan berdasarkan pertimbangan Anda sepenuhnya, kami akan memperpanjang jangka waktu tersebut, seperti perawatan di rumah sakit, yang menghalangi Anda untuk menyampaikan pemberitahuan kepada kami dalam batas waktu tersebut. Anda harus secara berkala masuk ke Akun Anda dan meninjau riwayat Akun Anda, untuk memastikan tidak terjadi Instruksi tidak sah atau kesalahan. Kami juga mungkin akan mengirim surel ke alamat surel utama yang Anda berikan, untuk memberitahu Anda mengenai setiap transaksi yang terjadi dari Akun Anda. Anda juga harus memeriksa konfirmasi transaksi tersebut untuk memastikan bahwa setiap transaksi telah diotorisasi dan benar.
9.4 Untuk Instruksi tidak sah atau kesalahan dalam Akun Anda, Anda dapat memberitahu kami melalui metode-metode sebagaimana diatur dalam Bagian 15. Saat Anda memberitahu kami, mohon sampaikan informasi sebagai berikut kepada kami:
· Nama Anda, nomor kontak dan/atau alamat surel yang terdaftar di Akun Anda sebagaimana dimintakan oleh Perseroan;
· Rincian wajar dugaan Instruksi tidak sah atau kesalahan, dan penjelasan mengapa Anda yakin bahwa Instruksi tersebut tidak benar, atau mengapa Anda memerlukan lebih banyak informasi untuk mengidentifikasi Instruksi tersebut; dan
· Nilai dugaan Instruksi tidak sah atau kesalahan tersebut.
Jika Anda memberitahu kami secara lisan, kami dapat meminta Anda untuk menyampaikan keluhan atau pertanyaan Anda tersebut dalam bentuk tertulis, dalam waktu sepuluh (10) hari kerja. Selama masa penyelidikan, kami mungkin akan meminta informasi tambahan dari Anda.
9.5 Segera setelah Anda memberitahu kami mengenai dugaan Instruksi tidak sah atau kesalahan, atau jika kami mengetahui terjadinya hal tersebut:
· Kami akan mengadakan penyelidikan untuk memastikan apakah benar telah terjadi Instruksi tidak sah atau kesalahan, yang memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan.
· Kami akan merampungkan penyelidikan dalam waktu sepuluh (10) hari kerja terhitung sejak kami menerima pemberitahuan Anda mengenai dugaan Instruksi tidak sah atau kesalahan tersebut. Jika Akun Anda baru (transaksi pertama Akun Anda terjadi kurang dari tiga puluh (30) hari kerja sejak tanggal Anda menyampaikan pemberitahuan kepada kami), kami mungkin memerlukan waktu hingga dua puluh (20) hari kerja untuk merampungkan penyelidikan ini. Jika kami membutuhkan tambahan waktu, kami mungkin memerlukan waktu hingga empat puluh lima (45) hari kerja untuk merampungkan penyelidikan kami (atau hingga sembilan puluh (90) hari kerja untuk Akun baru, atau jika transaksi Anda terjadi di titik penjualan dimana Anda hadir secara fisik).
· Kami akan memberitahukan keputusan yang kami ambil setelah merampungkan penyelidikan.
Jika kami menetapkan bahwa Instruksi tidak sah atau kesalahan telah terjadi, kami akan segera mengkreditkan nilai tersebut ke Akun Anda dalam waktu satu (1) Hari Kerja sejak keputusan kami tersebut. Jika kami menetapkan bahwa tidak terjadi Instruksi tidak sah atau kesalahan, kami akan menyertakan penjelasan mengenai keputusan kami dalam surel kami kepada Anda. Anda dapat meminta salinan dokumen yang kami gunakan dalam penyelidikan kami.
9.6 Kami akan memperbaiki kesalahan yang kami temukan berdasarkan kebijakan kami sepenuhnya. Jika kesalahan tersebut mengakibatkan Anda menerima kurang dari jumlah yang seharusnya Anda terima, kami akan mengkreditkan selisihnya ke Akun Anda. Jika kesalahan tersebut mengakibatkan Anda menerima lebih dari jumlah yang seharusnya Anda terima, Anda setuju bahwa kami dapat mendebet kelebihan dana tersebut dari Akun Anda. Jika kami tidak dapat mendebet Akun Anda karena alasan apa pun, Anda memberikan otorisasi kepada kami untuk mendebet ulang, ditambah biaya yang berlaku, atau untuk memotong saldo Akun Anda dengan debit dan biaya yang berlaku di kemudian hari. Sejauh diizinkan oleh hukum, Anda selanjutnya setuju bahwa kami dapat mengambil tindakan hukum dan melakukan segala upaya yang wajar untuk menagih kelebihan pembayaran, termasuk menggunakan jasa penagihan atau menempuh upaya hukum.
9.7 Jika Anda secara keliru memberikan informasi rekening bank yang salah, satu-satunya upaya yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi pihak yang menerima dana berdasarkan Instruksi yang Anda berikan, dan meminta mereka mengembalikan dana tersebut. Kami tidak akan menggantikan atau membalikkan pengiriman dana yang telah kekeliruan Anda.
10. PERNYATAAN PENYANGKALAN
10.1 Kami bukan bank atau lembaga penyimpanan lainnya, atau penerbit kartu kredit, kartu debit, rekening tabungan atau metode layanan pembayaran prabayar lainnya, kecuali dinyatakan lain.
10.2 ANDA BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEGALA BIAYA DAN/ATAU PENDEBETAN KE SALDO AKUN ANDA, YANG TIMBUL KARENA INSTRUKSI ANDA ATAU INSTRUKSI YANG DILAKUKAN DARI AKUN ANDA, SESUAI DENGAN PERSYARATAN LAYANAN INI. ANDA MENGAKUI DAN SETUJU BAHWA ANDA BERTANGGUNG JAWAB PENUH ATAS AKUN ANDA, DAN KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEAKURATAN ATAU KETERSEDIAAN INFORMASI YANG ANDA MASUKKAN ATAU SIMPAN DALAM PIRANTI LUNAK, TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA APAKAH INFORMASI TERSEBUT MERUPAKAN INFORMASI TERKINI ATAU TIDAK.
10.3 LAYANAN INI DISEDIAKAN SECARA "APA ADANYA" DAN “SEBAGAIMANA YANG TERSEDIA”, SERTA TANPA JAMINAN, HAK ATAU PERNYATAAN APA PUN YANG DIBUAT OLEH KAMI DALAM BENTUK TERSURAT, TERSIRAT ATAU MENURUT UNDANG-UNDANG, SEHUBUNGAN DENGAN LAYANAN, TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, JAMINAN MUTU, PENCAPAIAN, TIDAK DILAKUKANNYA PELANGGARAN, KELAYAKAN UNTUK DIPERDAGANGKAN, ATAU KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU, DAN JUGA TIDAK ADANYA JAMINAN YANG DIBUAT SELAMA TRANSAKSI, SELAMA PELAKSANAAN ATAU PENGGUNAAN UNTUK PERDAGANGAN. DENGAN TIDAK MEMBATASI KETENTUAN DI ATAS, KAMI TIDAK MENJAMIN BAHWA LAYANAN ATAU FUNGSI YANG TERDAPAT DI DALAMNYA AKAN TERSEDIA, DAPAT DIAKSES, TANPA GANGGUAN, TEPAT WAKTU, AMAN, AKURAT, LENGKAP ATAU BEBAS DARI KESALAHAN, BAHWA KECACATAN, BILA ADA, AKAN DIPERBAIKI, ATAU BAHWA PLATFORM INI DAN/ATAU SERVER YANG MEMUNGKINKAN KETERSEDIAAN LAYANAN ATAU FUNGSI TERSEBUT BEBAS DARI VIRUS, DENYUTAN/CLOCKS, PENCATAT WAKTU/TIMER, PROGRAM YANG MELAKUKAN PROSES PERHITUNGAN BERKELANJUTAN/COUNTER, CACING KOMPUTER (COMPUTER WORM), KUNCI PIRANTI LUNAK, MEKANISME PENONAKTIFKAN PERANGKAT/DROP DEAD DEVICE, PROGRAM TROJAN-HORSES, PROSES PENGIRIMAN DATA DARI SATU JARINGAN KE JARINGAN LAIN/ROUTINGS, JEBAKAN UNTUK MENJEBAK ADMINISTRATOR AGAR MENJALANKAN PERINTAH TERTENTU/TRAPDOORS, BOM WAKTU, ATAU KODE, INSTRUKSI, PROGRAM ATAU KOMPONEN BERBAHAYA LAINNYA. KAMI AKAN MELAKUKAN PERBAIKAN SECARA BERKALA APABILA DITEMUKAN KENDALA PADA LAYANAN KAMI.
10.4 ANDA MENGAKUI BAHWA SEGALA RISIKO YANG TIMBUL DARI PENGGUNAAN ATAU PENYELENGGARAAN PLATFORM DAN/ATAU LAYANAN DITANGGUNG OLEH ANDA, SEPANJANG DIIZINKAN OLEH UNDANG-UNDANG YANG BERLAKU. SECARA KHUSUS, ANDA SETUJU BAHWA ANDA BERTANGGUNG JAWAB PENUH UNTUK MENJAGA KERAHASIAAN KATA SANDI, PIN, DAN KODE KEAMANAN YANG DIBERIKAN KEPADA ANDA, DAN ANDA TIDAK DAPAT MENUNTUT KAMI ATAS SETIAP KEHILANGAN ATAU KERUGIAN YANG DIAKIBATKAN OLEH KEGAGALAN ANDA DALAM MENJAGA KERAHASIAAN TERSEBUT.
10.5 Anda sepenuhnya menanggung risiko atas setiap pengunduhan data dari sistem kami, dan kami tidak menjamin bahwa data atau sistem kami bebas dari virus komputer atau kode, agen, program, atau makro, yang berbahaya, bersifat destruktif atau merusak.
10.6 Jika Anda memberikan informasi rekening bank yang salah, kami dapat memutuskan untuk membantu Anda berdasarkan itikad baik, dengan menghubungi pihak yang menerima dana tersebut untuk meminta pengembalian dana. Namun, kami tidak berkewajiban mengganti pembayaran atau membalikkan Instruksi yang telah Anda lakukan, yang disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian Anda.
11. PENGECUALIAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB
11.1 DALAM KEADAAN APAPUN, KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB, BAIK DI DALAM KONTRAK, JAMINAN, DI LUAR KONTRAK (TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA KELALAIAN (BAIK KELALAIAN YANG MENGAKIBATKAN KERUGIAN, KELALAIAN YANG DIAKIBATKAN OLEH TIDAK DILAKUKANNYA SUATU TINDAKAN ATAU KEWAJIBAN, ATAU KELALAIAN YANG DIALAMATKAN KEPADA KAMI KARENA TINDAKAN ORANG LAIN YANG MENJADI TANGGUNG JAWAB KAMI SECARA HUKUM), TANGGUNG JAWAB PRODUK, TANGGUNG JAWAB MUTLAK ATAU TANGGUNG JAWAB BERDASARKAN TEORI LAIN), ATAU PENYEBAB LAIN DARI TINDAKAN MENURUT ATURAN HUKUM ATAU ASAS KEADILAN, BERDASARKAN UNDANG-UNDANG ATAU ATURAN LAIN, ATAS KERUGIAN KARENA PEMAKAIAN, KEHILANGAN KEUNTUNGAN, KEHILANGAN PENDAPATAN, KEHILANGAN ASET TIDAK BERWUJUD (GOODWILL), KEHILANGAN PENGHEMATAN YANG DIHARAPKAN, ATAU ATAS KERUGIAN YANG BERSIFAT TIDAK LANGSUNG, INSIDENTIL, KHUSUS ATAU KONSEKUENSIAL (TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA HILANGNYA DATA, GANGGUAN LAYANAN, KERUSAKAN KOMPUTER, TELEPON ATAU PERANGKAT SELULER), YANG TIMBUL DARI, ATAU SEHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN ATAU KETIDAKMAMPUAN UNTUK MENGGUNAKAN PLATFORM ATAU LAYANAN, TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, KERUGIAN YANG DIAKIBATKAN OLEH HAL-HAL TERSEBUT DI ATAS, BAHKAN JIKA KAMI TELAH DIBERITAHU MENGENAI KEMUNGKINAN KERUGIAN TERSEBUT.
11.2 KAMI DAPAT MENETAPKAN PRAKTIK UMUM DAN PEMBATASAN TERKAIT PENGGUNAAN LAYANAN. KAMI BERHAK SEWAKTU-WAKTU MENGUBAH, MENGHENTIKAN SEMENTARA ATAU MENGHENTIKAN BAGIAN MANA PUN DARI LAYANAN, TANPA PEMBERITAHUAN DAN KEWAJIBAN UNTUK MENYAMPAIKAN PEMBERITAHUAN. KAMI DAPAT MENOLAK UNTUK MEMPROSES SUATU TRANSAKSI ATAU INSTRUKSI TANPA PEMBERITAHUAN SEBELUMNYA KEPADA ANDA. KHUSUSNYA JIKA (A) TRANSAKSI ATAU INSTRUKSI TERSEBUT TIDAK MEMENUHI SYARAT DAN KETENTUAN PERSYARATAN LAYANAN INI ATAU SYARAT, ATURAN DAN KEBIJAKAN LAIN YANG BERLAKU, ATAU (B) JIKA KAMI MEMILIKI ALASAN UNTUK MEYAKINI BAHWA TRANSAKSI ATAU INSTRUKSI TERSEBUT AKAN MELANGGAR UNDANG-UNDANG, ATURAN ATAU PERATURAN YANG MUNGKIN MENGAKIBATKAN KAMI ATAU AFILIASI KAMI HARUS MENANGGUNG KEWAJIBAN.
11.3 SATU-SATUNYA HAK YANG ANDA MILIKI SEHUBUNGAN DENGAN MASALAH ATAU KETIDAKPUASAN TERHADAP LAYANAN ADALAH MENUTUP AKUN ANDA DAN BERHENTI MENGGUNAKAN LAYANAN.
11.4 KETENTUAN BAGIAN 11.1 DAN 11.2, JIKA OLEH BADAN PERADILAN PADA YURISDIKSI YANG BERWENANG KAMI TERBUKTI WAJIB BERTANGGUNG JAWAB (TERMASUK ATAS KELALAIAN NYATA), TANGGUNG JAWAB KAMI KEPADA ANDA ATAU KEPADA PIHAK KETIGA TERBATAS PADA KERUGIAN LANGSUNG YANG ANDA ALAMI.
11.5 TIDAK ADA SATU KETENTUAN PUN DALAM PERSYARATAN LAYANAN INI YANG MEMBATASI ATAU MENIADAKAN TANGGUNG JAWAB ATAS KEMATIAN ATAU CEDERA PRIBADI YANG DISEBABKAN OLEH KELALAIAN KAMI, ATAS PENIPUAN/KECURANGAN ATAU ATAS KEWAJIBAN LAIN YANG SECARA HUKUM TIDAK DAPAT DIBATASI DAN/ATAU DIKECUALIKAN.
12. PERBUATAN YANG DILARANG
12.1 Lisensi untuk penggunaan Platform and Layanan berlaku hingga diakhiri oleh kami atau sebagaimana dimungkinkan berdasarkan cara sebagaimana diatur dalam Persyaratan Layanan ini, atau jika Anda gagal mematuhi syarat atau ketentuan Persyaratan Layanan ini. Dalam hal demikian, kami tidak wajib menyampaikan pemberitahuan untuk melakukan pengakhiran tersebut.
12.2 Anda setuju untuk tidak:
a. melanggar Persyaratan Layanan, Kebijakan Privasi, aturan dan peraturan internal kami, termasuk peraturan untuk acara-acara promosi, dan/atau melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku;
b. bertindak dengan cara yang melanggar hukum, berbahaya, mengancam, kasar, melecehkan, menggelisahkan, menyusahkan, tidak jujur, mencemarkan, tidak sopan, cabul, merugikan nama baik, melanggar privasi orang lain, kebencian, atau rasis, atau tidak pantas, terhadap karyawan dan agen kami, atau Pengguna lain;
c. menggunakan Layanan untuk mencelakai anak di bawah umur atau pihak manapun juga;
d. memberikan informasi palsu, tidak benar atau menyesatkan;
e. menggunakan Layanan atau bagian dari Layanan untuk kegiatan ilegal;
f. menggunakan Akun Anda dengan cara yang dapat menimbulkan sengketa, gugatan atau kewajiban lain terhadap kami, Pengguna lain, pihak ketiga, atau yang dapat dianggap sebagai penyalahgunaan sistem kami;
g. menggunakan Layanan untuk menyamar sebagai orang atau entitas lain, atau memalsukan hubungan Anda dengan seseorang atau suatu entitas;
h. mengarang-ngarang judul Konten, atau memanipulasi pengidentifikasi guna menyamarkan asal Konten yang dikirimkan melalui Layanan;
i. menghapus pemberitahuan mengenai kepemilikan dari Platform;
j. melakukan, mengizinkan atau memberi wewenang untuk melakukan perubahan, penciptaan karya turunan atau penyalinan Layanan tanpa izin yang jelas dari kami;
k. menggunakan Layanan dengan cara yang dilarang berdasarkan lisensi yang diberikan dalam Persyaratan Layanan;
l. menggunakan Layanan untuk tujuan penipuan/kecurangan, termasuk namun tidak terbatas pada situasi ketika kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan Layanan kami dengan cara yang tidak dimaksudkan, atau jika Anda melakukan tindakan apa pun yang dapat berdampak buruk pada pihak ketiga mana pun;
m. menolak untuk bekerja sama dalam penyelidikan atau memberikan konfirmasi atas identitas atau informasi yang Anda berikan kepada kami;
n. berusaha melakukan dekompilasi, rekayasa mundur, membongkar atau meretas Layanan (atau bagian dari Layanan), atau untuk mengalahkan atau menguasai teknologi enkripsi atau langkah-langkah keamanan yang kami terapkan sehubungan dengan Layanan dan/atau data yang kami kirim, olah atau simpan;
o. mengumpulkan atau secara tidak sah menggunakan informasi mengenai atau sehubungan dengan pemegang Akun lain, termasuk, namun tidak terbatas pada data atau informasi pribadi;
p. mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan, atau menyediakan Konten yang tidak berhak Anda sediakan berdasarkan undang-undang atau kontrak atau hubungan berdasarkan prinsip kepercayaan (seperti informasi internal, informasi kepemilikan dan informasi rahasia yang diketahui atau diungkapkan sebagai bagian dari hubungan kerja atau berdasarkan perjanjian kerahasiaan);
q. mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan atau menyediakan Konten yang melanggar hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta atau hak kepemilikan lain pihak mana pun;
r. mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan atau menyediakan iklan dan materi promosi yang tidak diminta atau tidak sah, “surat sampah”, “spam”, “surat berantai”, “bisnis dengan skema piramida” atau bentuk ajakan tidak sah lainnya;
s. mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan atau menyediakan materi yang mengandung virus piranti lunak, cacing komputer, program Trojan-horses atau kode, prosedur rutin, berkas, atau program yang dirancang untuk secara langsung maupun tidak langsung menghalangi, memanipulasi, mengganggu, merusak atau membatasi fungsi atau keutuhan piranti lunak atau piranti keras komputer atau data atau peralatan telekomunikasi;
t. mengganggu aliran normal dialog, mengakibatkan layar “bergulir” melebihi kemampuan mengetik Pengguna lain Layanan, atau bertindak dengan cara yang berdampak negatif terhadap kemampuan Pengguna lain untuk melaksanakan pertukaran secara waktu nyata;
u. menghalangi, memanipulasi atau mengganggu Layanan atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan atau penggunaan dan kenikmatan Pengguna lain dalam menggunakan Layanan, atau tidak mematuhi persyaratan, prosedur, kebijakan atau peraturan jaringan yang terhubung ke Platform;
v. mengambil tindakan atau terlibat dalam suatu tindakan yang secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak, melumpuhkan, membebani, atau mengganggu Layanan, atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan;
w. menggunakan Layanan untuk secara sengaja maupun tidak sengaja melanggar undang-undang, aturan, kitab undang-undang, petunjuk, pedoman, kebijakan, atau peraturan setempat, negara, nasional atau internasional yang berlaku, termasuk, namun tidak terbatas pada peraturan perundang-undangan (baik yang memiliki kekuatan hukum maupun yang tidak) yang berkaitan dengan anti pencucian uang atau pencegahan pendanaan terorisme;
x. menggunakan Layanan untuk memberikan dukungan atau menyediakan sumber daya material (atau untuk menyembunyikan atau menyamarkan sifat, lokasi, sumber, atau kepemilikan dukungan atau sumber daya material) kepada organisasi-organisasi yang ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia sebagai organisasi teroris asing atau sebagaimana ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan yang berlaku;
y. menggunakan Layanan untuk melanggar privasi orang lain atau untuk "menguntit" atau melecehkan orang lain;
z. menjual atau menawarkan produk investasi, penggalangan dana dari masyarakat umum, pembiayaan, dan/atau layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi (peer-to-peer lending) atau kegiatan usaha lainnya yang belum mendapatkan izin atau persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”), Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), dan/atau otoritas pemerintah lainnya yang berwenang atas kegiatan usaha tersebut di Republik Indonesia;
aa. menjual produk yang dilarang atau melanggar ketentuan hukum dan/atau peraturan yang berlaku di Republik Indonesia termasuk namun tidak terbatas pada senjata api ilegal, narkotika, pornografi, dan/atau judi;
bb. menggunakan Layanan untuk mengumpulkan atau menyimpan data pribadi tentang Pengguna lain sehubungan dengan tindakan dan aktivitas terlarang yang disebutkan di atas; dan/atau
cc. menggunakan Layanan untuk kegiatan-kegiatan lain yang dianggap terlarang di yurisdiksi tempat Anda tinggal.
12.3 Jika kami, berdasarkan kebijakan dan/atau penilaian kami sepenuhnya, meyakini bahwa Anda telah melakukan kegiatan-kegiatan terlarang sebagaimana disebutkan di atas, kami dapat mengambil berbagai tindakan, termasuk, namun tidak terbatas pada tindakan-tindakan di bawah ini:
a. Menghentikan sementara atau membatasi akses ke Akun Anda, termasuk namun tidak terbatas pada fitur dan/atau promosi di dalam Platform sehubungan dengan pelanggaran yang Anda lakukan dan kami kategorikan sebagai pelanggaran ringan sampai sedang berdasarkan penilaian kami sendiri sepenuhnya;
b. Menolak memberikan Layanan kepada Anda ketika Anda tidak lulus dalam proses pendaftaran (onboarding) sebagai Merchant berdasarkan penilaian kami sendiri sepenuhnya;
c. Menangguhkan sementara Akun Anda, termasuk namun tidak terbatas pada fitur dan/atau promosi di dalam Platform hingga seratus delapan puluh (180) hari kalender, jika hal tersebut secara wajar diperlukan untuk melindungi diri terhadap risiko pertanggungjawaban, sehubungan dengan pelanggaran yang Anda lakukan dan kami kategorikan sebagai pelanggaran sedang sampai berat berdasarkan penilaian kami sendiri sepenuhnya atau jika Anda telah melanggar Persyaratan Layanan, Kebijakan Privasi, kebijakan Perseroan dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku di yurisdiksi tempat Anda tinggal;
d. Menghentikan secara permanen dan total Layanan kepada Anda serta menghapus dan mencabut hak-hak Anda sebagai merchant sehubungan dengan pelanggaran yang telah Anda lakukan dan kami kategorikan sebagai pelanggaran berat berdasarkan penilaian kami sendiri sepenuhnya;
e. Mengambil tindakan hukum terhadap Anda; dan/atau
f. Mengambil tindakan lain yang sesuai dalam situasi tertentu berdasarkan kebijakan Perseroan dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.
12.4 Anda memahami bahwa seluruh Konten, baik yang diposting secara terbuka atau dikirimkan secara pribadi, sepenuhnya merupakan tanggung jawab orang yang memposting atau mengirimkan Konten tersebut. Ini berarti bahwa Anda, dan bukan kami, sepenuhnya bertanggung jawab atas Konten yang Anda unggah, posting, kirimkan melalui surel, sebarkan atau sediakan melalui Platform. Kami tidak mengawasi Konten yang diposting di Platform, dan karenanya, kami tidak menjamin keakuratan, keutuhan atau kualitas Konten tersebut. Anda memahami bahwa dengan menggunakan Platform ini, Anda mungkin akan menemukan Konten yang Anda rasa menghina, tidak senonoh atau tidak pantas. Dalam keadaan dan dengan cara apa pun kami tidak bertanggung jawab atas setiap Konten, termasuk, namun tidak terbatas pada kesalahan atau penghilangan dalam Konten, atau kehilangan atau kerugian dalam bentuk apapun yang terjadi sebagai akibat penggunaan, kepercayaan terhadap Konten yang diposting, dikirimkan melalui surel, disebarkan atau tersedia di Platform.
12.5 Anda mengakui bahwa kami mungkin melakukan atau tidak melakukan penyaringan awal terhadap Konten, namun kami dan pihak-pihak yang kami tunjuk berhak (tetapi tidak wajib), berdasarkan kebijakan mereka sepenuhnya, melakukan penyaringan awal, menolak, menghapus atau memindahkan Konten yang tersedia di Platform. Tanpa membatasi ketentuan tersebut di atas, kami dan pihak-pihak yang kami tunjuk berhak menghapus Konten yang melanggar Persyaratan Layanan ini, jika kami menerima keluhan dari Pengguna lain, jika kami menerima pemberitahuan mengenai adanya pelanggaran terhadap kekayaan intelektual atau perintah hukum lain untuk melakukan penghapusan, atau jika Konten tersebut tidak pantas. Kami juga dapat memblokir pengiriman komunikasi (termasuk, namun tidak terbatas pada pembaruan status, pengunggahan, pesan dan/atau obrolan) ke, atau dari Layanan, sebagai bagian dari upaya kami untuk melindungi Layanan atau Pengguna kami, atau untuk melaksanakan ketentuan Persyaratan Layanan ini. Anda setuju bahwa Anda harus mengevaluasi dan menanggung segala risiko yang berkaitan dengan penggunaan Konten, termasuk, namun tidak terbatas pada kebergantungan terhadap keakuratan, kelengkapan, atau kegunaan Konten tersebut. Dalam hal ini, Anda mengakui bahwa Anda tidak dapat mempercayai Konten yang dibuat oleh, atau dikirimkan kepada kami, termasuk, namun tidak terbatas pada informasi yang terdapat di seluruh bagian Platform.
12.6 Anda mengakui, mengizinkan dan setuju bahwa kami dapat mengakses, menyimpan dan mengungkapkan informasi Anda dan Konten Anda, jika kami dengan itikad baik meyakini bahwa akses, penyimpanan atau pengungkapan tersebut memang secara wajar diperlukan untuk: (a) mematuhi proses hukum, yaitu, diwajibkan oleh undang-undang, atau sesuai dengan perintah pengadilan atau otoritas pemerintah atau badan regulasi yang memiliki yurisdiksi atas kami; (b) melaksanakan Persyaratan Layanan ini; (c) menanggapi klaim yang menyatakan bahwa Konten melanggar hak pihak ketiga; (d) menanggapi permintaan Anda untuk layanan pelanggan; atau (e) menanggapi setiap keluhan atau permintaan yang Anda ajukan kepada kami atau rekan bisnis kami; dan/atau (f) melindungi hak, kepemilikan atau keamanan pribadi Perseroan, Pengguna kami dan/atau masyarakat.
13. KONTRIBUSI ANDA TERHADAP LAYANAN
13.1 Dengan mengirimkan Konten untuk disertakan pada Layanan, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah memperoleh semua izin yang diperlukan untuk memberikan lisensi di bawah ini kepada kami. Lebih lanjut Anda mengakui dan setuju bahwa Anda bertanggung jawab penuh terhadap segala sesuatu yang Anda posting atau sediakan pada, atau melalui Layanan, termasuk, namun tidak terbatas pada keakuratan, reliabilitas, sifat, prosedur pemberian lisensi atas kekayaan intelektual, kepatuhan terhadap undang-undang dan pembatasan hukum terkait kontribusi Konten. Anda dengan ini memberikan kepada kami dan penerus hak kami, lisensi yang tidak dapat dicabut, berlaku di seluruh dunia, bersifat non-eksklusif, bebas royalti, dapat disublisensikan dan dipindahtangankan, untuk menggunakan, meniru, mendistribusikan, mempublikasi ulang, menyebarkan, mengubah, mengadaptasi, menciptakan karya turunan, memamerkan secara terbuka, dan mempertontonkan secara terbuka kontribusi Konten tersebut pada, melalui atau sehubungan dengan Layanan, dalam format media apa pun, dan melalui saluran media manapun, termasuk, namun tidak terbatas untuk mempromosikan dan mendistribusikan ulang bagian Layanan (dan karya turunan kami). Lisensi yang diberikan oleh Anda berakhir segera setelah salah satu pihak menghapus kontribusi Konten Anda dari Layanan. Anda memahami bahwa kontribusi Anda mungkin disebarkan melalui berbagai jaringan, dan diubah demi mematuhi dan menyesuaikan dengan persyaratan teknis.
13.2 Setiap materi, informasi atau gagasan yang Anda posting pada, atau melalui Layanan, atau diserahkan kepada kami dengan cara apa pun (masing-masing disebut sebagai “Kiriman”), tidak dianggap sebagai rahasia oleh kami, dan dapat disebarluaskan atau digunakan oleh kami atau afiliasi kami untuk tujuan apapun, tanpa kompensasi atau kewajiban apapun kepada Anda, termasuk, namun tidak terbatas pada pengembangan, pembuatan dan pemasaran produk. Dengan menyerahkan Kiriman kepada kami, Anda mengakui dan setuju bahwa kami dan/atau pihak ketiga lainnya dapat secara independen mengembangkan piranti lunak, aplikasi, antarmuka, produk dan modifikasi serta perbaikan terhadap piranti lunak, aplikasi, antarmuka dan produk tersebut, yang identik atau serupa dalam hal fungsi, kode atau karakteristik lainnya, dengan gagasan yang terkandung dalam Kiriman Anda. Oleh karena itu, Anda dengan ini memberikan kepada kami dan penerus hak kami, lisensi yang tidak dapat dicabut, berlaku di seluruh dunia, bersifat non-eksklusif, bebas royalti, dapat disublisensikan dan dipindahtangankan, untuk mengembangkan piranti lunak, aplikasi, antarmuka dan produk yang disebutkan di atas, dan untuk menggunakan, meniru, mendistribusikan, mempublikasi ulang, menyebarkan, mengubah, mengadaptasi, menciptakan karya turunan, memamerkan secara terbuka, dan mempertontonkan secara terbuka Kiriman tersebut pada, melalui, atau sehubungan dengan Layanan dalam format media apa pun, dan melalui saluran media manapun, termasuk, namun tidak terbatas untuk mempromosikan dan mendistribusikan ulang bagian Layanan (dan karya turunan kami). Lisensi yang diberikan oleh Anda ini akan terus berlaku selama kami memutuskan untuk menggunakan Kiriman Anda. Ketentuan ini tidak berlaku bagi informasi pribadi yang tunduk pada kebijakan privasi kami, kecuali apabila Anda membuat informasi pribadi tersebut tersedia untuk umum pada, atau melalui Layanan.
14. KONTRIBUSI PIHAK KETIGA TERHADAP LAYANAN
Masing-masing kontributor data, teks, gambar, suara, video, piranti lunak dan Konten lain dari Layanan bertanggung jawab penuh atas keakuratan, reliabilitas, sifat, prosedur pemberian lisensi atas kekayaan intelektual, kepatuhan terhadap undang-undang dan pembatasan hukum terkait kontribusi Konten mereka. Oleh karena itu, kami tidak bertanggung jawab atas, dan tidak akan memantau atau memeriksa secara berkala keakuratan, reliabilitas, sifat, prosedur pemberian lisensi atas kekayaan intelektual, kepatuhan terhadap undang-undang dan pembatasan hukum terkait kontribusi Konten. Anda tidak dapat meminta pertanggungjawaban kami atas setiap tindakan atau tidak dilakukannya tindakan oleh Pengguna, termasuk, namun tidak terbatas pada segala sesuatu yang diposting atau disediakan oleh mereka melalui Layanan.
15. MASUKAN DAN PEMBERITAHUAN
Jika Anda memiliki keluhan, masukan, atau meyakini bahwa seorang Pengguna pada Platform kami melanggar Persyaratan Layanan ini, Anda dapat menghubungi kami dengan:
i. menghubungi Live Chat Customer Service Shopee (24 jam); atau
ii. menelepon Internet Call Customer Service Shopee (07.00 - 23.59).
16. MENGAJUKAN KLAIM PELANGGARAN TERHADAP HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
16.1 Jika Anda meyakini bahwa karya Anda (yang disertakan pada Layanan) telah ditiru, dipamerkan, atau disebarkan dengan cara yang merupakan pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual (HKI), Anda dapat menyampaikan pemberitahuan kepada kami melalui berbagai metode yang tersedia, sebagaimana tercantum dalam Bagian 15.
16.2 Pemberitahuan mengenai klaim pelanggaran harus dibuat dalam bentuk komunikasi tertulis sebagaimana diatur di bawah ini, dan pada pokoknya harus menyertakan semua hal berikut: (a) tanda tangan fisik atau elektronik orang yang diberi kuasa untuk bertindak atas nama pemilik HKI yang diduga dilanggar; (b) uraian mengenai HKI tersebut dan identifikasi mengenai materi dalam HKI tersebut yang diklaim telah dilanggar; (c) uraian mengenai sebutan jelas HKI yang dilanggar dan letak HKI yang dilanggar pada Layanan; (d) informasi yang cukup, yang memungkinkan kami untuk dapat menghubungi Anda, seperti alamat fisik, nomor telepon dan alamat surel Anda; (e) pernyataan bahwa Anda memiliki itikad baik bahwa penggunaan materi yang dijelaskan dalam klaim dilarang oleh pemilik HKI, agen kami, atau undang-undang; (f) pernyataan Anda bahwa informasi dalam pemberitahuan tersebut akurat, dan di bawah sumpah Anda menyatakan bahwa Anda berwenang untuk bertindak atas nama pemilik HKI.
Perwakilan kami dapat dihubungi melalui berbagai metode yang tersedia, sebagaimana tercantum dalam Bagian 15.
Perwakilan kami hanya akan menanggapi klaim yang menyangkut dugaan pelanggaran HKI.
17. PERNYATAAN DAN JAMINAN ANDA
Anda menyatakan dan menjamin bahwa:
a. Anda memiliki kapasitas hukum (dan dalam hal Anda adalah anak di bawah umur, Anda memperoleh izin yang sah dari orang tua atau wali sah Anda), hak dan kecakapan untuk mengikatkan diri pada Persyaratan Layanan ini, dan untuk memenuhi persyaratan kami;
b. Anda akan menggunakan Layanan hanya untuk tujuan yang sah dan sesuai dengan Persyaratan Layanan ini, berikut seluruh undang-undang, aturan, kitab undang-undang, petunjuk, pedoman, kebijakan dan peraturan yang berlaku;
c. Anda hanya akan menggunakan Layanan pada perangkat dimana penggunaan Layanan tersebut diizinkan oleh pemilik perangkat;
d. Anda akan menggunakan Layanan dengan itikad baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk undang-undang terkait anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme;
e. Anda bertanggung jawab penuh untuk menjaga kerahasiaan kata sandi, PIN, dan kode keamanan yang diberikan kepada Anda dan Anda tidak dapat mengajukan klaim terhadap kami atas setiap kerugian atau kerusakan akibat penggunaan kata sandi Anda yang tidak sah atau kegagalan Anda untuk menjaga kerahasiaan tersebut;
f. Seluruh informasi yang diberikan sehubungan dengan pendaftaran Anda dengan kami adalah benar, lengkap, akurat dan terkini;
g. kecuali ditentukan lain, Anda akan bertanggung jawab penuh atas pembayaran pajak, bea, atau pungutan, pembebanan, atau biaya pemerintah lainnya, yang mungkin dikenakan pada Layanan.
18. GANTI RUGI
Anda setuju untuk, dengan biaya Anda sendiri, mengganti rugi, melindungi dan membebaskan Perseroan, dan para pemegang saham, anak perusahaan, afiliasi, pejabat, agen, pemilik merek bersama dan mitra lainnya, serta para karyawannya (secara bersama-sama disebut sebagai “Pihak Yang Diberi Ganti Rugi”), dari dan terhadap setiap dan segala klaim, tindakan, proses hukum, serta gugatan dan seluruh kewajiban, kerugian, pelunasan, penalti, denda, biaya dan pengeluaran terkait (termasuk, namun tidak terbatas pada biaya hukum yang wajar dan pengeluaran lain terkait penyelesaian sengketa), yang dikeluarkan oleh Pihak Yang Diberi Ganti Rugi, yang timbul dari, atau sehubungan dengan: (a) penyelenggaraan, pengoperasian, pengelolaan dan/atau pengadministrasian Layanan oleh, atau atas nama kami, (b) pelanggaran yang dilakukan oleh Anda terhadap ketentuan Persyaratan Layanan ini, atau kebijakan atau pedoman yang dirujuk dalam Persyaratan Layanan ini, (c) setiap penggunaan atau penyalahgunaan Akun dan/atau Layanan oleh Anda atau pihak lain menggunakan Akun Anda, (d) pelanggaran hukum atau hak pihak ketiga oleh Anda, (e) setiap kesalahan yang dilakukan oleh pihak selain kami, baik yang disengaja maupun berupa kelalaian, atau (f) pemblokiran Akun Anda berdasarkan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.
Ketentuan ganti rugi ini akan tetap berlaku walaupun Akun Anda telah ditutup.
19. KETERPISAHAN
Apabila ada ketentuan dalam Persyaratan Layanan ini yang dianggap melanggar hukum, tidak berlaku, atau karena alasan apapun tidak dapat diberlakukan berdasarkan hukum dalam suatu yurisdiksi, maka ketentuan tersebut harus dianggap terpisah dari Persyaratan Layanan ini, dan tidak akan mempengaruhi keabsahan dan keberlakuan ketentuan lain dalam Persyaratan Layanan di yurisdiksi tersebut, maupun keabsahan dan keberlakuan ketentuan yang dianggap melanggar hukum, tidak berlaku atau tidak dapat diberlakukan tersebut berdasarkan hukum yang berlaku di yurisdiksi lain.
20. HUKUM YANG MENGATUR
Persyaratan Layanan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memandang pertentangan antara aturan-aturan hukum yang ada. Setiap sengketa, perselisihan, tuntutan atau perbedaan dalam bentuk apa pun, yang timbul dari, atau sehubungan dengan Persyaratan Layanan ini, terhadap atau yang berkaitan dengan kami atau Pihak Yang Diberi Ganti Rugi berdasarkan Persyaratan Layanan ini akan diserahkan ke, dan diselesaikan melalui arbitrase di Singapura, sesuai dengan Aturan Arbitrase Singapore International Arbitration Centre (SIAC) yang berlaku pada saat itu, aturan mana dianggap telah dimasukkan seluruhnya dalam Bagian 20 ini. Proses arbitrase akan diselenggarakan oleh satu (1) orang arbiter, dengan menggunakan Bahasa Inggris.
21. KETENTUAN UMUM
21.1 Kami mencadangkan seluruh hak yang tidak secara tegas diberikan dalam Persyaratan Layanan ini.
21.2 Kami dapat mengubah Persyaratan Layanan ini setiap saat dengan mengunggah Persyaratan Layanan yang direvisi di Platform ini. Penggunaan Platform oleh Anda setelah perubahan tersebut diunggah dianggap sebagai penerimaan Anda terhadap Persyaratan Layanan yang direvisi tersebut.
21.3 Anda dilarang mengalihkan, mensublisensikan atau memindahkan setiap hak yang diberikan kepada Anda berdasarkan Persyaratan Layanan ini, atau mensubkontrakkan salah satu atau lebih kewajiban Anda.
21.4 Tidak ada satu ketentuan pun dalam Persyaratan Layanan ini yang dapat diartikan sebagai pembentukan hubungan kemitraan, usaha patungan atau hubungan pemberi kerja dan agen, antara Anda dan kami, atau memberikan hak kepada Anda untuk membebankan biaya atau kewajiban apa pun atas nama kami.
21.5 Kegagalan kami sewaktu-waktu atau pada setiap saat untuk menuntut pelaksanaan ketentuan Persyaratan Layanan ini tidak akan mempengaruhi hak kami di kemudian hari untuk memberlakukan ketentuan tersebut, kecuali ketentuan tersebut dikesampingkan secara tertulis.
21.6 Persyaratan Layanan ini disusun semata-mata untuk kepentingan Anda dan kami, dan bukan untuk kepentingan orang atau entitas lain, kecuali untuk afiliasi dan anak perusahaan kami (dan masing-masing penerus dan penerima pengalihan hak Perseroan, afiliasi dan anak perusahaan kami).
21.7 Syarat-syarat yang tercantum dalam Persyaratan Layanan ini, berikut perjanjian dan kebijakan yang dicantumkan atau dirujuk dalam Persyaratan Layanan ini merupakan keseluruhan kesepakatan dan pemahaman antara para pihak sehubungan dengan Layanan dan Platform, dan menggantikan kesepakatan atau kesepahaman sebelumnya antara para pihak sehubungan dengan pokok permasalahan tersebut. Para pihak dengan ini juga mengecualikan semua ketentuan yang sesungguhnya tersirat. Dalam mengikatkan diri dengan perjanjian yang dibentuk berdasarkan Persyaratan Layanan ini, para pihak tidak mengandalkan laporan, pernyataan, jaminan, kesepahaman, kesanggupan, janji atau kepastian yang diberikan oleh siapapun, selain yang secara tegas dituangkan dalam Persyaratan Layanan ini. Masing-masing pihak, dengan tidak dapat dicabut dan tanpa syarat, melepaskan segala klaim, hak dan upaya perbaikan yang, kecuali untuk Bagian 21.7 ini, mungkin telah dimilikinya sehubungan dengan segala sesuatu yang disebutkan sebelumnya. Persyaratan Layanan ini tidak boleh bertentangan, dipertegas atau ditambah, dengan bukti perjanjian sebelumnya, perjanjian lisan yang dibuat pada saat yang bersamaan, atau syarat tambahan yang bersesuaian dengan perjanjian tersebut.
21.8 Anda setuju untuk mematuhi hukum, undang-undang, peraturan dan kitab undang-undang yang berlaku terkait anti penyuapan dan anti korupsi, termasuk, namun tidak terbatas pada Undang-Undang No. 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap, Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2001, Undang-Undang Penyuapan Inggris (sebagaimana relevan), dan Undang-Undang Praktik Korupsi Luar Negeri AS (sebagaimana relevan) serta menegaskan bahwa Anda telah dan akan mengimplementasikan kebijakan dan prosedur yang diperlukan untuk menjamin kepatuhan terhadap ketentuan tersebut.
21.9 Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait Persyaratan Layanan ini, atau mengenai masalah-masalah yang dikemukakan dalam Persyaratan Layanan ini atau di Platform, Anda dapat menghubungi kami melalui berbagai cara yang tersedia, sebagaimana tercantum dalam Bagian 15.
SAYA TELAH MEMBACA PERSYARATAN LAYANAN INI, DAN MENYETUJUI SELURUH KETENTUAN SEBAGAIMANA TERCANTUM DI ATAS, BERIKUT SETIAP REVISI YANG DIBUAT SETELAHNYA. SEBAGAIMANA SESUAI, DENGAN MENGKLIK TOMBOL "DAFTAR SEKARANG" ATAU TINDAKAN LAIN YANG SERUPA SEBAGAIMANA DIATUR DI BAWAH INI, SAYA MEMAHAMI BAHWA SAYA SEDANG MEMBUAT TANDA TANGAN DIGITAL, YANG SAYA MAKSUDKAN UNTUK MEMILIKI KEKUATAN DAN AKIBAT HUKUM YANG SAMA, SEPERTI BILA SAYA MEMBUBUHKAN NAMA SAYA SECARA MANUAL.