Hai, ada yang bisa kami bantu?

[Baru di Shopee] Program Tukar Tambah Terpadu Shopee

1. Apa itu Program Tukar Tambah?

Program Tukar Tambah Terpadu Shopee merupakan program kerjasama Shopee dengan PT. Laku6 Online Indonesia yang memungkinkan Pembeli untuk melakukan pembelian ponsel baru di Shopee menggunakan skema tukar tambah dengan ponsel bekas milik Pembeli yang dapat diikutsertakan dalam program.


Pelajari selengkapnya mengenai Syarat dan Ketentuan Program Tukar Tambah Terpadu Shopee


2. Bagaimana cara melakukan tukar tambah Shopee?

  • Cari produk ponsel dari toko yang memiliki keterangan tukar tambah, lalu klik Cek Sekarang pada pilihan “Tukar Tambah” di halaman produk atau klik centang di halaman checkout.

  • Pilih model perangkat bekas serta informasi kapasitas penyimpanan internal.

  • Isi survei terkait kondisi perangkat bekas secara objektif berdasarkan kondisi sebenarnya.

  • Setelah melengkapi informasi pada survei, harga estimasi untuk perangkat bekas akan ditampilkan.

  • Klik centang pada pernyataan persetujuan Syarat dan Ketentuan, dan lakukan pembayaran.

  • Setelah pembayaran berhasil, penjadwalan akan dilakukan oleh pihak Laku6 melalui WhatsApp untuk proses pengecekan perangkat bekas, serta serah terima perangkat baru di lokasi Pembeli.


Pelajari selengkapnya terkait Panduan Program Tukar Tambah Terpadu Shopee.


3. Siapa yang akan mengambil perangkat tukar tambah dari saya?

Proses tukar tambah, termasuk pengecekan perangkat bekas dan serah terima perangkat baru, akan dilakukan oleh PT Laku6 Online Indonesia selaku mitra resmi Shopee pada Program Tukar Tambah Terpadu Shopee.


4. Bisakah saya melakukan tukar tambah beberapa perangkat dalam satu pesanan?

Saat ini, Program Tukar Tambah Terpadu Shopee hanya dapat melayani skema tukar tambah untuk 1 (satu) ponsel bekas milik Pembeli per transaksi.


5. Bagaimana jika nilai estimasi survei berbeda dengan hasil pemeriksaan kurir saat pengambilan? (misal: perangkat penyok atau retak)

Nilai tukar tambah final akan ditentukan setelah ponsel bekas diperiksa oleh kurir Laku6 saat proses pengecekan di lokasi Pembeli. 


Jika ada perbedaan antara kondisi yang Pembeli isi melalui survei dan kondisi hasil pemeriksaan, maka nilai akhir tukar tambah akan disesuaikan dan Pembeli perlu melakukan pembayaran tambahan sesuai selisih nilai tersebut.


6. Apa saja yang perlu saya persiapkan untuk melakukan tukar tambah?

  • Pastikan data di perangkat Anda telah dibackup, seluruh data pribadi telah dihapus, dan Anda telah keluar dari akun iCloud atau akun Google lainnya sebelum kurir tiba.

  • Lepaskan semua aksesori dari perangkat (misalnya kartu SIM, kartu memori).

  • Jika Pembeli menggunakan iPhone dan ingin melakukan bertransaksi di lokasi selain rumah, pastikan fitur Perlindungan Perangkat Curian sudah dinonaktifkan.

  • Lakukan factory reset secara mandiri agar perangkat siap untuk proses tukar tambah. Jika Pembeli belum melakukannya secara mandiri, proses factory reset akan dilakukan oleh pihak Laku6 setelah proses tukar tambah selesai. Kurir Laku6 tidak menerima permintaan dan menunggu proses backup data saat proses tukar tambah dan pengiriman berlangsung.

  • Siapkan kartu identitas (KTP) untuk ditunjukkan ke kurir Laku6 sebagai bagian dari proses verifikasi transaksi ketika serah terima perangkat di lokasi Pembeli. 


7. Apa saja kondisi perangkat yang wajib dipenuhi agar memenuhi syarat?

  • Perangkat bekas harus berfungsi secara normal, termasuk namun tidak terbatas pada layar, tombol, dan port pengisian daya.

  • Bukan perangkat versi ekspor (iOS: Model berakhiran ZP/A; Android: harus dibeli di distributor resmi Indonesia)

  • IMEI perangkat harus sesuai dengan model yang terdaftar.

  • Perangkat tidak terkunci oleh akun seperti Google, Mi Account atau iCloud.

  • Perangkat tidak terhubung ke Remote Management (contoh: Apple MDM, DEP, Samsung Knox).

  • Jaringan seluler & Wi-Fi harus terhubung dengan baik. Transaksi tukar tambah tidak dapat dilanjutkan dan akan dibatalkan jika jaringan seluler & Wi-Fi pada perangkat lama tidak bisa terbaca.

  • Perangkat bekas dengan kondisi mati total tidak dapat diterima untuk transaksi tukar tambah.

  • Perangkat bekas dengan model Android tanpa Google Service tidak dapat diterima untuk transaksi tukar tambah.

  • Khusus perangkat tipe Fold & Flip, perangkat harus bisa terbuka dengan sempurna. Jika perangkat tersebut mati ketika kondisi perangkat tertutup setengah / dalam 

  • kondisi sebagian tertutup, makan proses tukar tambah tidak dapat dilanjutkan dan akan dibatalkan.

  • Pembeli wajib menyediakan Stylus Pen yang sesuai dan berfungsi dengan baik saat melakukan tukar unit pada unit bekas (jika perangkat bekas tersebut memiliki fitur Stylus Pen)


8. Jika saya mengajukan pengembalian, apakah saya bisa mendapatkan handphone lama saya kembali setelah ditukar tambah?

Tidak. Perangkat bekas yang telah diserahkan dalam proses tukar tambah tidak dapat dikembalikan.


9. Bagaimana jika saya ingin mengajukan pengembalian untuk perangkat baru saya?

Pembeli dapat mengajukan pengembalian barang/dana sesuai dengan kebijakan pengembalian barang/dana Shopee.


10. Siapa yang dapat saya hubungi jika ada pertanyaan atau masalah terkait tukar tambah?

Untuk pertanyaan atau kendala, silakan hubungi layanan Customer Service Shopee melalui aplikasi, atau Customer Service Laku6 melalui WhatsApp: 0815-1004-9115 (Customer Service Laku6)

Apakah kamu puas dengan artikelnya?
Puas
Tidak Puas