Hai, ada yang bisa kami bantu?

[Biaya Pengiriman Pengembalian Barang/Dana] Ongkir Pengembalian untuk SPX Express (Premium) - [Dijemput Kurir]

Mulai 4 Agustus 2025, Shopee akan menerapkan ongkir pengembalian untuk Member Non-Platinum jika menggunakan SPX Express [Dijemput Kurir].

SPX Express (Premium) memiliki keunggulan  yaitu Pembeli tidak perlu mengantar paket ke jasa kirim, melainkan Kurir SPX akan menjemputnya ke alamat Pembeli. Pembeli dapat memilih waktu penjemputan sesuai dengan kebutuhan Pembeli.

Ketentuan ongkir pengembalian  untuk setiap Level Shopee Member:

  • Member Platinum: Tidak dikenakan ongkir pengembalian

  • Member Non-Platinum: Dikenakan ongkir pengembalian sesuai dengan jarak dan berat barang yang akan dikembalikan

  • Pengguna Shopee VIP: Tidak dikenakan ongkir pengembalian

⚠️ Catatan

  • Ongkir pengembalian saat ini adalah sebesar Rp10.000,- dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan tunggal Shopee

  • Untuk metode pengembalian selain SPX Express (Premium) tidak dikenakan ongkir pengembalian

  • Ongkir pengembalian akan dikenakan untuk Member Platinum yang memilih alasan pengembalian “Ingin kembalikan barang sesuai kondisi awal” jika kuota pengembalian telah habis.Pelajari lebih lanjut 



2.  Bagaimana Pembeli akan membayar ongkir pengembalian?

 

Ongkir pengembalian akan dipotong dari total Pengembalian Dana setelah Pembeli berhasil mengembalikan barang dan pengajuan Pengembalian Dana disetujui.

 

⚠️ Catatan

  • Jika total Pengembalian Dana lebih kecil dari ongkir pengembalian, Pembeli tidak akan mendapatkan Pengembalian Dana meskipun setelah mengembalikan barang.

  • Shopee berhak memotong ongkir pengembalian berdasarkan nominal ongkir pengembalian yang tertera pada saat mengatur pengiriman.

 

3. Bagaimana cara Pembeli mengetahui apakah perlu membayar ongkir pengembalian untuk pesanan dan berapa nominalnya?

 

Setelah pengajuan pengembalian Pembeli disetujui, Pembeli akan diminta untuk memilih metode pengiriman. Ongkir pengembalian akan ditampilkan di bawah opsi metode pengiriman berdasarkan kuota pengembalian Pembeli.

 

Member Platinum/Member Shopee VIP

Pembeli akan melihat ongkir pengembalian Rp0 jika Pembeli masih memiliki kuota untuk alasan pengembalian “Ingin kembalikan barang sesuai kondisi awal”. Untuk alasan lainnya, tidak ada kuota pengembalian.

 9fb1aaf860554883985ee316a3a684c1.gif

Member Non-Platinum/Non-Member Shopee VIP

Pembeli akan melihat nominal ongkir pengembalian sesuai dengan metode pengembalian yang dipilih.

 2ab41d0475284f7491dda5df7f0762c7.gif

Pembeli bisa klik “Lihat Rincian” untuk melihat rincian jumlah Pengembalian Dana berdasarkan metode pengembalian yang dipilih.

88b27c60460a4885b6981bd605a6741a.gif
Apakah kamu puas dengan artikelnya?
Puas
Tidak Puas