Mulai 4 Agustus 2025, Shopee akan menerapkan ongkir pengembalian untuk Member Non-Platinum jika menggunakan SPX Express [Dijemput Kurir].
SPX Express (Premium) memiliki keunggulan yaitu Pembeli tidak perlu mengantar paket ke jasa kirim, melainkan Kurir SPX akan menjemputnya ke alamat Pembeli. Pembeli dapat memilih waktu penjemputan sesuai dengan kebutuhan Pembeli.
Ketentuan ongkir pengembalian untuk setiap Level Shopee Member:
Member Platinum: Tidak dikenakan ongkir pengembalian
Member Non-Platinum: Dikenakan ongkir pengembalian sesuai dengan jarak dan berat barang yang akan dikembalikan
Pengguna Shopee VIP: Tidak dikenakan ongkir pengembalian
⚠️ Catatan
Ongkir pengembalian saat ini adalah sebesar Rp10.000,- dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan tunggal Shopee
Untuk metode pengembalian selain SPX Express (Premium) tidak dikenakan ongkir pengembalian
Ongkir pengembalian akan dikenakan untuk Member Platinum yang memilih alasan pengembalian “Ingin kembalikan barang sesuai kondisi awal” jika kuota pengembalian telah habis.Pelajari lebih lanjut
2. Bagaimana Pembeli akan membayar ongkir pengembalian?
Ongkir pengembalian akan dipotong dari total Pengembalian Dana setelah Pembeli berhasil mengembalikan barang dan pengajuan Pengembalian Dana disetujui.
⚠️ Catatan
Jika total Pengembalian Dana lebih kecil dari ongkir pengembalian, Pembeli tidak akan mendapatkan Pengembalian Dana meskipun setelah mengembalikan barang.
Shopee berhak memotong ongkir pengembalian berdasarkan nominal ongkir pengembalian yang tertera pada saat mengatur pengiriman.
3. Bagaimana cara Pembeli mengetahui apakah perlu membayar ongkir pengembalian untuk pesanan dan berapa nominalnya?
Setelah pengajuan pengembalian Pembeli disetujui, Pembeli akan diminta untuk memilih metode pengiriman. Ongkir pengembalian akan ditampilkan di bawah opsi metode pengiriman berdasarkan kuota pengembalian Pembeli.
Member Platinum/Member Shopee VIP
Pembeli akan melihat ongkir pengembalian Rp0 jika Pembeli masih memiliki kuota untuk alasan pengembalian “Ingin kembalikan barang sesuai kondisi awal”. Untuk alasan lainnya, tidak ada kuota pengembalian.
Member Non-Platinum/Non-Member Shopee VIP
Pembeli akan melihat nominal ongkir pengembalian sesuai dengan metode pengembalian yang dipilih.
Pembeli bisa klik “Lihat Rincian” untuk melihat rincian jumlah Pengembalian Dana berdasarkan metode pengembalian yang dipilih.