Hai, ada yang bisa kami bantu?

SYARAT LAYANAN MITRA

1.    PENDAHULUAN
 
1.1    Selamat datang di platform Mitra (“Platform Mitra” atau atau “Platform”). Silakan baca Syarat Layanan Mitra (“Syarat Layanan” atau “Syarat Layanan Mitra”) berikut dengan cermat sebelum menggunakan Platform Mitra ini atau membuka akun Mitra (“Akun Mitra” atau “Akun”) agar Anda mengetahui tentang hak dan kewajiban hukum Anda sehubungan dengan PT Dana Sukses Nusantara dan afiliasinya dan anak perusahaannya (masing-masing dan bersama-sama, ”Perseroan”, atau “kami”).
 
1.2    Sebelum menjadi Mitra dan/atau pengguna dari Platform (“Pengguna” atau “Mitra”), Anda harus membaca dan menerima semua syarat dan ketentuan dalam, dan yang berkaitan dengan, Syarat Layanan Mitra ini dan Anda harus memberikan persetujuan atas pemrosesan data pribadi Anda sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi yang terkait dengan Syarat Layanan ini.
 
1.3    Perseroan berhak untuk mengganti, mengubah, menangguhkan atau menghentikan semua atau bagian apapun dari Platform ini atau Layanan (sebagaimana didefinisikan di bawah) setiap saat atau setelah memberikan pemberitahuan sebagaimana dipersyaratkan oleh undang-undang dan peraturan setempat. Perseroan dapat meluncurkan Layanan tertentu atau fitur tertentu dalam versi beta, yang mungkin tidak berfungsi dengan baik atau sama seperti versi akhir, dan kami tidak bertanggung jawab dalam hal demikian. Perseroan juga dapat membatasi fitur tertentu atau membatasi akses Anda ke bagian atau seluruh Platform atau Layanan atas kebijakannya sendiri dan tanpa pemberitahuan atau kewajiban.
 
1.4    Perseroan berhak untuk menolak memberikan akses ke Platform atau Layanan kepada Anda atau mengizinkan Anda untuk membuka Akun Mitra dengan alasan apapun.
 
DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI ATAU MEMBUKA AKUN, ANDA MEMBERIKAN PENERIMAAN DAN PERSETUJUAN YANG TIDAK DAPAT DICABUT ATAS PERSYARATAN PERJANJIAN INI, TERMASUK SYARAT DAN KETENTUAN TAMBAHAN SERTA KEBIJAKAN YANG DISEBUTKAN DI SINI DAN/ ATAU TERKAIT DI SINI.
 
APABILA ANDA TIDAK MENYETUJUI KETENTUAN INI, MOHON JANGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI ATAU MENGAKSES PLATFORM. APABILA ANDA DI BAWAH USIA 21 TAHUN ATAU BELUM MENIKAH DAN BERADA DIBAWAH PENGAMPUAN, ANDA HARUS MENDAPATKAN IZIN DARI ORANG TUA ATAU WALI UNTUK MEMBUKA AKUN DAN ORANG TUA ATAU WALI TERSEBUT HARUS MENYETUJUI KETENTUAN PERJANJIAN INI. APABILA ANDA TIDAK MEMAHAMI BAGIAN INI, MOHON JANGAN MEMBUAT AKUN SAMPAI ANDA TELAH MEMINTA BANTUAN ORANG TUA ATAU WALI ANDA. APABILA ANDA ADALAH ORANG TUA ATAU WALI ANAK DI BAWAH UMUR YANG MEMBUAT AKUN, ANDA HARUS MENERIMA KETENTUAN PERJANJIAN INI ATAS NAMA ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT DAN ANDA AKAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEMUA PENGGUNAAN AKUN ATAU LAYANAN PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN AKUN TERSEBUT, BAIK APAKAH AKUN TERSEBUT SUDAH DIBUKA SAAT INI ATAU DIBUAT DI MASA MENDATANG.
 
2.    LAYANAN
 
2.1    Layanan yang kami berikan atau sediakan meliputi (a) Platform, (b) layanan yang disediakan melalui Platform dan oleh piranti lunak Perseroan (“Piranti Lunak”), dan (c) segala informasi, situs web, halaman tertaut, fitur, data, teks, gambar, foto, grafik, musik, suara, video, pesan, label, konten, pemrograman, piranti lunak, layanan aplikasi (seperti misalnya pada layanan aplikasi seluler dan hal-hal sejenisnya), atau materi-materi lain (“Konten”) yang tersedia melalui Platform atau layanan terkait kami, termasuk afiliasi yang tercantum dalam Bagian 2.2 (secara bersama- sama disebut sebagai “Layanan”). Layanan tunduk pada Syarat Layanan ini dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku. Setiap fitur baru yang ditambahkan ke, atau yang memperbanyak Layanan juga tunduk pada Syarat Layanan ini dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku.
 
Layanan kami dirancang untuk memudahkan Pengguna menggunakan Piranti Lunak kami dalam melakukan pemesanan, menyetujui, menutup, mengelola dan menyelesaikan pesanan untuk pengadaan produk dan jasa (“Produk”) secara daring di dalam Platform (“Transaksi”). Kami berhak untuk mengganti, meningkatkan, mengubah, membatasi atau menangguhkan Layanan atau fungsi atau aplikasi terkait pada setiap saat, baik untuk sementara maupun selama-lamanya. Kami berhak memperkenalkan fitur, fungsi atau aplikasi baru Layanan atau versi Layanan yang akan datang. Seluruh fitur, fungsi, aplikasi baru, modifikasi, penggantian ke versi yang lebih baru (upgrade) dan perubahan diatur oleh Syarat Layanan ini, kecuali ditentukan lain.
 
2.2    Akun Anda dapat digunakan untuk masuk, menggunakan atau mengakses produk, aplikasi, situs web dan layanan yang disediakan oleh Perseroan atau yang disediakan oleh afiliasi, anak perusahaan atau mitra tertentu dari Perseroan (“Partner”). Produk, situs web dan layanan tersebut terikat oleh syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi afiliasi atau mitra masing-masing, yang Anda setujui dan terima saat menggunakan atau mengakses produk, aplikasi, situs web atau layanan tersebut. Anda mungkin dapat menggunakan atau mengakses Akun Anda, termasuk metode pembayaran terkait, catatan transaksi, atau pengidentifikasi lainnya, melalui berbagai antarmuka pengguna, termasuk, namun tidak terbatas pada, Platform atau situs web Perseroan, atau melalui produk lain, aplikasi, situs web atau layanan.
 
2.3    Perseroan dapat menyediakan melalui Layanan produk dan/atau layanan tertentu yang berasal dari atau ditawarkan oleh Partner dan produk lain yang disediakan oleh mereka dari waktu ke waktu di Platform.
 
Anda mengetahui dan menyetujui bahwa pembelian atau transaksi jenis produk dan/atau layanan ini tunduk pada ketentuan layanan untuk masing-masing produk atau layanan, yang secara terpisah Anda setujui dan terima saat menggunakan atau mengakses produk, aplikasi tersebut, situs web atau layanan dan oleh karena itu Perseroan tidak bertanggung jawab atau berkewajiban jika terjadi kegagalan atau kesalahan apa pun terkait dengan pembelian atau transaksi produk atau layanan tersebut.
 
Anda dapat menghubungi Partner secara langsung jika Anda memiliki pertanyaan atau mengalami masalah apa pun sehubungan dengan pembelian atau transaksi produk atau layanan yang disediakan oleh Partner.
 
2.4    Kami dapat membatasi setiap atau seluruh Layanan yang tersedia bagi Pengguna, sesuai dengan Syarat Layanan ini dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku. Jenis Transaksi berikut manfaat, fitur, dan fungsi lain dari Layanan yang tersedia bagi seorang Pengguna mungkin berbeda-beda untuk jenis Akun dan profil risiko yang berbeda. Kami tidak memberikan jaminan atau pernyataan bahwa jenis dan lingkup transaksi, manfaat, fitur dan fungsi yang sama akan tersedia bagi seluruh Pengguna.
 
2.5    Kami dapat menolak atau membatalkan Transaksi karena alasan yang diperbolehkan atau dilarang berdasarkan peraturan hukum yang berlaku dan berdasarkan penilaian kami yang didasari oleh praktik penyediaan jasa yang umum dan patut. Situasi yang dapat mengakibatkan ditolak atau dibatalkannya suatu Transaksi adalah seperti transaksi mencurigakan yang berhasil diidentifikasi oleh departemen operasional kami, ketika kami memiliki alasan untuk meyakini bahwa Transaksi tersebut tidak sah, melanggar undang-undang, aturan, atau peraturan, atau mungkin mengakibatkan kami atau afiliasi kami harus memikul tanggung jawab yang bukan wewenang kami. Kami akan menginformasikan kepada Anda dalam hal terjadi penolakan atau pembatalan Transaksi seperti ini sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku dan mungkin juga memerlukan verifikasi atau informasi tambahan sebelum menjalankan Transaksi.
 
2.6    Kami dapat menerapkan aturan, pembatasan, larangan, atau langkah-langkah tambahan lain yang berdasarkan ketentuan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme dan/atau peraturan hukum lainnya sehingga tindakan pencegahan perlu atau wajar kami ambil dalam mengawasi setiap Transaksi.
 
2.7    Anda bertanggung jawab atas semua Transaksi yang dilakukan melalui Platform via Akun Anda yang Anda lakukan atau otorisasi, baik secara pribadi atau menggunakan kuasa, sepengetahuan atau izin Anda, dan tidak akan mengajukan klaim terhadap kami sehubungan dengan penggunaan yang memang benar dilakukan atau diotorisasi oleh Anda tersebut.
 
3.    PRIVASI
 
3.1    Privasi Anda sangatlah penting bagi kami di Perseroan. Untuk melindungi hak-hak Anda dengan lebih baik kami telah menyediakan Kebijakan Privasi untuk menjelaskan praktik privasi kami secara rinci. Silakan baca Kebijakan Privasi untuk memahami bagaimana Perseroan mengumpulkan dan menggunakan informasi yang berkaitan dengan Akun Mitra dan/ atau penggunaan Layanan oleh Anda (“Informasi Pengguna”). Dengan menggunakan Layanan atau memberikan informasi di Platform Mitra, Anda:
(a)    menyetujui tindakan Perseroan untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/ atau mengolah Konten, data pribadi dan Informasi Pengguna Anda sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi;
(b)    menyetujui dan mengakui bahwa hak kepemilikan atas Informasi Pengguna dimiliki secara bersama oleh Anda dan Perseroan; dan
 (c)    tidak akan, baik secara langsung maupun tidak langsung, mengungkapkan Informasi Pengguna Anda kepada setiap pihak ketiga, atau sebaliknya memperbolehkan setiap pihak ketiga untuk mengakses atau menggunakan Informasi Pengguna Anda, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Perseroan.
 
3.2    Pengguna yang memiliki data pribadi Pengguna lainnya melalui penggunaan Layanan (“Pihak Penerima“) dengan ini setuju bahwa, mereka akan (i) mematuhi semua undang-undang perlindungan data pribadi yang berlaku sehubungan dengan data tersebut; (ii) mengizinkan Pengguna yang data pribadinya telah dikumpulkan oleh Pihak Penerima (“Pihak yang Mengungkapkan“) untuk menghapus datanya yang telah dikumpulkan dari database Pihak Penerima; dan (iii) mengizinkan Pihak yang Mengungkapkan untuk meninjau informasi apa saja yang telah dikumpulkan tentang mereka oleh Pihak Penerima, dalam setiap kasus (ii) dan (iii) di atas, dilakukan sesuai dengan dan bilamana diwajibkan oleh hukum yang berlaku.
 
4.    LISENSI TERBATAS
 
Kami memberikan lisensi terbatas kepada Anda untuk mengakses dan menggunakan Layanan, dengan tunduk pada syarat dan ketentuan yang tercantum dalam Syarat Layanan ini dan setiap hukum dan peraturan yang berlaku. Kecuali jika kami memberikan persetujuan kepada Anda, lisensi ini tidak memungkinkan Anda untuk menggunakan Layanan untuk kepentingan komersial atau derivatif (seperti misalnya untuk elemen atau Konten pribadi kami). Segala Konten terkait kepemilikan, merek dagang, merek layanan, nama merek, logo dan kekayaan intelektual lainnya yang ditampilkan pada Platform merupakan milik Perseroan, dan jika ada, pemilik pihak ketiga yang disebutkan pada Platform. Kami tidak memberikan hak atau lisensi secara langsung atau tidak langsung kepada pihak mana pun yang mengakses Platform untuk menggunakan atau mereproduksi Konten terkait kepemilikan, merek dagang, merek layanan, nama merek, logo dan kekayaan intelektual lainnya, dan tidak satu pun pihak yang mengakses Platform dapat mengklaim hak, kepemilikan atau kepentingan apa pun atasnya. Dengan menggunakan atau mengakses Layanan, Anda setuju untuk mematuhi hak cipta, merek dagang, merek layanan, dan hukum yang berlaku yang melindungi Layanan, Platform dan Konten kami. Anda setuju untuk tidak meniru, mendistribusikan, mempublikasi ulang, menyebarkan, memamerkan secara terbuka, mempertontonkan secara terbuka, mengubah, mengadaptasi, menyewakan, menjual, atau menciptakan karya turunan dari bagian manapun dari Layanan, Platform atau Konten kami. Anda juga dilarang, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami, menduplikasi basis data ke server lain (mirroring) atau membingkai sebagian atau seluruh konten Platform ini pada server lain atau sebagai bagian dari situs web lain. Selain itu, Anda setuju bahwa Anda tidak akan menggunakan robot, penggali informasi (spider) atau perangkat otomatis maupun proses manual lain untuk memantau atau meniru Konten kami, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami (persetujuan tersebut dianggap diberikan untuk teknologi mesin pencari standar yang digunakan oleh situs web pencari internet guna mengarahkan Pengguna ke Platform).
 
5.    PIRANTI LUNAK
 
Kecuali disertai dengan perjanjian lisensi tersendiri, setiap piranti lunak yang disediakan oleh kami kepada Anda sebagai bagian dari Layanan, tunduk pada ketentuan Syarat Layanan ini. Piranti lunak tersebut memiliki lisensi, tidak dijual, dan kami mencadangkan seluruh hak atas piranti lunak tersebut yang tidak secara tegas diberikan oleh kami. Skrip atau kode milik pihak ketiga yang ditautkan ke, atau dirujuk dari Layanan, dilisensikan kepada Anda oleh pihak ketiga yang memiliki skrip atau kode tersebut, bukan oleh kami.
 
6.    AKUN DAN KEAMANAN
 
6.1    Untuk mengakses Layanan kami, Pengguna diharuskan melakukan registrasi Akun, dengan memberikan nomor telepon seluler, alamat surat elektronik (e-mail) Anda dan informasi atau data lain yang mungkin dipersyaratkan oleh kami dan memilih kata sandi. Setelah Akun dibuat, Anda dapat langsung bertransaksi. Kami dapat meminta Anda untuk menyampaikan dokumen, seperti dokumen identitas, kepada kami, agar Anda dapat mengakses Layanan kami. Anda bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang benar dan akurat saat melakukan registrasi Akun, dan untuk selalu menjaga kemutakhiran informasi Anda, atau memberitahu kami dalam hal terjadi perubahan atas informasi tersebut. Jika Anda ingin mengganti nomor telepon Anda, Anda harus menghubungi kami seperti yang ditentukan dalam Bagian 23.7. Hanya Pengguna yang terverifikasi yang diperbolehkan untuk melakukan perubahan tersebut.
 
Anda masih dapat menggunakan nomor telepon Anda yang terdaftar pada akun Anda di PT Shopee International Indonesia (“Shopee”) untuk masuk ke Akun Anda. Untuk keperluan ini, pengumpulan, penyimpanan, penggunaan, pengungkapan dan pemrosesan data pribadi Anda diatur oleh Kebijakan Privasi Shopee.
 
6.2    Anda dapat menggunakan Akun Anda untuk mendapatkan akses ke produk, situs web atau layanan lain yang kami telah aktifkan aksesnya, atau yang memiliki ikatan atau bekerja sama dengan kami. Sehubungan dengan penyediaan oleh pihak ketiga, tanggung jawab kami terbatas atas konten, fungsionalitas, keamanan, layanan, kebijakan privasi, atau praktik lain dari pihak ketiga atas produk, situs web atau layanan tersebut. Oleh karena itu, persyaratan layanan yang berlaku bagi produk, situs web atau layanan pihak ketiga tersebut, termasuk kebijakan privasi mereka masing-masing, jika berbeda dengan Syarat Layanan ini dan/atau Kebijakan Privasi kami, juga berlaku atas penggunaan produk, situs web atau layanan tersebut oleh Anda.
 
6.3    Anda setuju untuk (a) menjaga kerahasiaan kata sandi dan PIN Anda, dan hanya menggunakan kata sandi dan PIN Akun pribadi Anda saat masuk ke Akun, (b) memastikan bahwa Anda menutup dan mengunci Akun Anda pada akhir setiap sesi di Platform, (c) segera memberitahu kami mengenai penggunaan Akun Anda secara tidak sah, dan (d) memastikan bahwa informasi Akun Anda benar, lengkap, akurat dan terbaru. Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas seluruh kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan Akun Anda, bahkan jika kegiatan atau penggunaan tersebut tidak dilakukan oleh Anda. Setelah masuk (log in) ke Akun, Anda akan tetap masuk sampai Anda keluar (log out). Jika seseorang (Anda atau orang lain) salah memasukkan kata sandi dan/atau PIN sebanyak 5 (lima) kali berturut-turut dalam 1 (satu) hari, maka Akun Anda akan diblokir. Untuk memulihkan Akun Anda yang diblokir, Anda harus menghubungi kami seperti yang ditentukan dalam Bagian 23.7. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kehilangan atau kerugian yang timbul dari penggunaan kata sandi Anda secara tidak sah atau kegagalan Anda untuk mematuhi Bagian 6.3 ini.
 
Anda dilarang memperjualbelikan Akun Anda untuk akun lain, jenis akun lain atau untuk uang atau nilai uang atau mengalihkan kepemilikan Akun atau kemampuan untuk mengoperasikan Akun Anda kepada pihak ketiga. Menjual dan membeli Akun dari serta mengalihkan kepemilikan atau kemampuan untuk mengoperasikan Akun kepada pihak ketiga (kecuali pengalihan kepemilikan Akun yang disebabkan karena pengalihan kepemilikan badan usaha pemilik Akun terkait yang dilakukan secara sah menurut hukum yang berlaku) merupakan pelanggaran atas Syarat Layanan ini.
 
6.4    Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Perseroan tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada:
(a)    meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain;
(b)    mengakses tautan yang diberikan oleh pihak lain;
(c)    memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi OTP, kata sandi atau e-mail kepada pihak lain;
(d)    kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
 
6.5    Anda setuju bahwa kami, karena alasan apa pun, dapat segera memblokir atau menutup Akun Anda, serta menghapus atau membuang segala Konten yang berkaitan dengan Akun Anda dari Platform. Kami akan memberikan pemberitahuan kepada Anda mengenai kejadian tersebut. Dasar pemblokiran atau penutupan tersebut karena:
(a)    permintaan Anda;
(b)    pelanggaran terhadap isi atau semangat Syarat Layanan ini dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku;
(c)    tidak ada Transaksi pada Akun selama jangka waktu 6 (enam) bulan atau lebih;
(d)    tindakan penipuan/kecurangan, pelecehan, pencemaran, pengancaman atau penghinaan;
(e)    tindakan yang merugikan Pengguna lain, pihak ketiga, atau kepentingan bisnis Perseroan;
(f)    sebagaimana diinstruksikan oleh institusi pemerintah yang berwenang atau aparat penegak hukum terkait; atau
(g)    alasan lain yang kami anggap merupakan bentuk pelanggaran dari Syarat Layanan ini atau hukum dan peraturan yang berlaku.

Penggunaan Akun untuk tujuan ilegal, penipuan/kecurangan, pelecehan, pencemaran, pengancaman atau penghinaan akan diserahkan kepada otoritas penegak hukum tanpa pemberitahuan kepada Anda. Jika Anda mengajukan tuntutan (karena sebab apa pun), baik terhadap kami, atau yang dengan cara apa pun melibatkan kami, maka kami dapat memblokir atau menutup Akun Anda. Anda setuju dan mengakui bahwa Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk, melepaskan dan mengganti rugi langsung segala kerusakan, kerugian dan klaim yang mungkin Anda alami atau antara Anda dengan pihak ketiga lainnya sehubungan dengan pemblokiran atau penutupan yang disebabkan oleh alasan-alasan di atas.
 
6.6    Pada saat kami melakukan pemblokiran atau penutupan Akun berdasarkan hal-hal tersebut dalam Bagian 6.5 di atas, kami dapat menahan, menarik, dan/atau mendebet sisa saldo dalam Saldo Mitra, termasuk memotong biaya operasional (apabila ada). Anda dapat mengajukan klaim pengembalian terhadap sisa saldo tersebut (setelah pemotongan biaya operasional (apabila ada)) kepada kami apabila Akun Anda diblokir atau ditutup dikarenakan alasan selain dari alasan dalam Bagian 6.5 huruf (b), (d), (e), (f) atau (g), dengan tunduk kepada hasil verifikasi kami dan/atau peraturan perundang undangan yang berlaku.
 
6.7    Terlepas dari hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, jika Akun Anda diblokir atau ditutup karena penyelidikan oleh pemerintah atau badan yang berwenang, kami berhak untuk menahan uang Anda tanpa batas waktu dan/atau melepaskan uang tersebut berdasarkan instruksi dari pemerintah atau badan yang berwenang tersebut.
 
7.    PENGAJUAN MITRA
 
7.1    Transaksi pada Platform Mitra hanya dapat dilakukan oleh Pengguna yang telah terdaftar sebagai Mitra.
 
7.2    Pengguna harus mengajukan permohonan di Platform Mitra untuk dapat menjadi Mitra. Dengan mengajukan permohonan tersebut maka Pengguna setuju dan memahami bahwa pada saat yang bersamaan Pengguna melakukan pendaftaran sebagai pengguna dan merchant ShopeePay yang dioperasikan oleh PT AirPay International Indonesia dan setuju untuk terikat pada Syarat dan Ketentuan Pengguna ShopeePay dan Syarat Layanan Merchant ShopeePay.
 
7.3    Atas pengajuan permohonan Pengguna, Perseroan akan melakukan proses verifikasi atas data yang diunduh oleh Pengguna. Pengguna hanya akan secara resmi menjadi Mitra setelah Perseroan memberikan konfirmasi kepada Mitra.
 
7.4    Pengguna menjamin dan bertanggung jawab atas keabsahan informasi dan dokumen yang diberikan saat mengajukan permohonan pendaftaran sebagai Mitra.
 
7.5    Pengguna menyetujui bahwa Perseroan dapat mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, memproses, dan termasuk membagikan informasi dan dokumen yang diberikan pada saat melakukan pendaftaran kepada pihak ketiga untuk proses pelaksanaan verifikasi atau kegiatan lainnya sehubungan dengan pendaftaran Mitra, termasuk namun tidak terbatas kepada Partner.
 
7.6    Perseroan tidak memungut biaya pendaftaran apapun bagi para Pengguna yang ingin menjadi Mitra.
  
8.    PENGELOLAAN SALDO MITRA
 
8.1    Saldo Mitra memungkinkan Mitra untuk menyimpan uang yang akan digunakan untuk melakukan Transaksi.
 
8.2    Saldo Mitra hanya dapat digunakan oleh Pengguna tertentu yang ditentukan berdasarkan kebijakan tunggal Perseroan dari waktu ke waktu, dan Perseroan dapat menonaktifkan penggunaan Saldo Mitra untuk Pengguna yang tidak lagi memenuhi kriteria Perseroan. Mitra yang tidak lagi dapat menggunakan Saldo Mitra dapat melakukan penarikan dana dari Saldo Mitra sebagaimana dijelaskan di sini dan sesuai dengan Syarat Layanan ini.
 
8.3    Batas maksimum Saldo Mitra, dan batas minimum dan maksimum untuk isi ulang Saldo Mitra diatur dalam bagian  Help Centre dan Frequently Asked Questions dari Platform.
 
8.4    Anda dapat melakukan penarikan atas Saldo Mitra Anda (hingga jumlah Saldo Mitra Anda atau sebagaimana ditentukan oleh Perseroan) dengan mengirimkan permintaan penarikan (“Permintaan Penarikan Saldo Mitra”) dalam frekuensi harian yang wajar untuk Saldo Mitra sebagaimana ditentukan oleh Perseroan.
 
8.5    Setelah diajukan, Anda tidak dapat mengubah atau membatalkan Permintaan Penarikan Saldo Mitra.
 
8.6    Mitra tidak dapat melakukan tindakan pengalihan atas Saldo Mitra dalam bentuk apapun kepada pihak lainnya.
 
8.7    Mitra setuju bahwa Saldo Mitra tidak akan menghasilkan bunga dari jumlah saldo.
 
8.8    Mitra dapat melakukan penarikan Saldo Mitra dengan ketentuan:
(a)    Penarikan dana minimum sebesar Rp 25.000 (dua puluh lima ribu Rupiah) dan maksimum sebesar jumlah Saldo Mitra yang tersedia.
(b)    Permintaan Penarikan Saldo Mitra dapat diajukan setiap hari. Namun demikian, Perseroan akan memproses Permintaan Penarikan Saldo Mitra hanya di hari Senin sampai dengan Jumat (tidak termasuk hari libur nasional yang ditetapkan pemerintah Republik Indonesia). Pemrosesan Permintaan Penarikan Saldo Mitra akan dilakukan oleh Perseroan paling cepat dalam waktu 1x24 jam setelah Permintaan Penarikan Saldo Mitra dilakukan oleh Mitra.
 
8.9    Pengguna menyetujui bahwa Perseroan berhak melakukan pemeriksaan, penundaan dan/ atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan Pengguna sebagaimana ditentukan oleh Perseroan, apabila Pengguna diduga melakukan pelanggaran terhadap Syarat Layanan Mitra atau melakukan penipuan, manipulasi atau tindakan kriminal.
 
8.10    Jika terjadi kesalahan dalam memproses transaksi apapun, Mitra memberikan kuasa kepada Perseroan untuk melakukan entri debit dari atau kredit ke rekening bank yang ditunjuk atau rekening bank yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi terkait, untuk memperbaiki kesalahan tersebut, dengan ketentuan bahwa koreksi tersebut dilakukan sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Jika kami tidak dapat mendebet rekening bank yang ditunjuk atau rekening bank yang Mitra gunakan untuk melakukan transaksi terkait dengan alasan apapun, Anda memberikan kuasa kepada kami untuk mengajukan ulang debit, ditambah biaya yang berlaku, ke rekening bank lain atau instrumen pembayaran yang Mitra miliki dengan kami atau memotong debit dan biaya yang berlaku dari saldo Saldo Mitra Anda di masa mendatang.
 
8.11    Anda mengakui dan setuju bahwa kami tidak memikul tanggung jawab, seandainya kami tidak dapat menyelesaikan instruksi pembayaran yang diajukan oleh Anda, karena alasan apa pun yang berada di luar kendali kami, seperti misalnya:
(a)    Jika, tanpa adanya kesalahan di pihak kami, Akun Anda tidak memiliki dana yang cukup, atau jika pembayaran atau pembelian tersebut akan melampaui batas transaksi yang ditetapkan untuk Akun Anda;
(b)    Pusat pemrosesan pembayaran tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya, dan Anda mengetahui atau telah diberitahukan oleh kami mengenai terjadinya malfungsi tersebut sebelum Anda menjalankan instruksi pembayaran;
(c)    Anda tidak memberikan informasi yang benar kepada kami, atau informasi yang Anda berikan menjadi tidak benar;
(d)    Kami menemukan atau memiliki alasan yang wajar untuk mempercayai bahwa suatu tindakan penipuan, ilegal, terlarang atau kejahatan telah atau akan dilakukan; dan/atau
(e)    Keadaan-keadaan yang berada di luar kendali kami (seperti misalnya kebakaran, banjir, atau gangguan yang disebabkan oleh kekuatan dari luar lainnya), sekalipun keadaan-keadaan tersebut dapat diduga atau diprediksi, yang mencegah pelaksanaan instruksi pembayaran dengan sebagaimana mestinya, dan kami telah mengambil langkah-langkah pencegahan yang wajar untuk menghindari keadaan-keadaan tersebut.
 
8.12    Dengan mengacu dan tunduk pada Bagian 19, dan dengan ketentuan bahwa tidak satu pun pengecualian-pengecualian yang disebutkan sebelumnya dapat diberlakukan, jika kami menyebabkan berpindahnya dana dari Saldo Mitra Anda dalam jumlah yang tidak tepat, atau menyebabkan dana dari Saldo Mitra Anda dipindahkan dengan cara yang tidak sesuai dengan instruksi yang Anda berikan, Anda setuju bahwa satu- satunya upaya perbaikan yang dapat Anda lakukan adalah untuk mendapatkan pengembalian atas jumlah yang dipotong secara keliru tersebut ke dalam Saldo Mitra Anda.
 
9.    TRANSAKSI
 
9.1    Mitra wajib melakukan Transaksi sesuai prosedur transaksi yang ditetapkan Perseroan.
 
9.2    Mitra bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/ deskripsi dari Produk sebelum melakukan Transaksi.
 
9.3    Mitra mengakui dan menyetujui bahwa transaksi yang dilakukan oleh Mitra dengan pihak ketiga yang tidak melalui Platform Mitra dan/atau tanpa sepengetahuan Perseroan menjadi tanggung jawab pribadi Mitra.
 
9.4    Dalam hal Perseroan mendeteksi bahwa terdapat permasalahan atas Akun Mitra, Perseroan berwenang untuk menolak pembayaran dari Mitra tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Mitra.
 
9.5    Pengguna bertanggung jawab secara pribadi atas kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/ atau data pembayaran oleh Pengguna kepada pihak lain.
 
10.    PENGEMBALIAN DANA KE SALDO MITRA DAN PEMBATALAN
 
10.1    Terlepas dari ketentuan lain dalam Syarat Layanan ini, pengembalian dana dari Perseroan kepada Mitra, baik sebagian maupun seluruhnya, hanya dapat dilakukan dalam keadaan: 
10.1.1.    kesalahan Produk yang diterima oleh Mitra, 
10.1.2.    Perseroan mengidentifikasi bahwa terdapat masalah pengiriman Produk yang secara jelas disebabkan oleh Partner yang mengakibatkan pesanan Produk tidak sampai; dan/ atau
10.1.3.    alasan lain yang dinyatakan sah oleh pihak Perseroan.
 
10.2    Proses pengembalian dana akan dilakukan melalui metode pembayaran yang digunakan oleh Mitra, yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
 
10.3    Dalam hal terdapat permasalahan dimana Produk tidak sampai kepada Mitra yang disebabkan karena kesalahan atau kelalaian Partner, Perseroan berwenang memfasilitasi dan menentukan solusi atas permasalahan transaksi yang belum terselesaikan antara Partner dan Mitra dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Perseroan adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan wajib dipatuhi Partner dan Mitra.
 
10.4    Mitra wajib melakukan pembayaran sesuai jumlah dan kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran di Platform.
 
10.5    Perseroan tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Mitra apabila Mitra melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah dan kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran di Platform.
 
11.    HARGA
 
11.1    Harga Produk dalam Platform Mitra adalah harga yang ditetapkan oleh Perseroan atau Partner atas kebijaksanaannya sendiri.
 
11.2    Pengguna menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya Platform Mitra milik Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna.
 
11.3    Pengguna setuju bahwa Pengguna wajib memeriksa setiap harga Produk yang tertera pada halaman transaksi. Pengguna setuju bahwa Perseroan tidak bertanggung jawab dalam hal timbul masalah yang disebabkan akibat kelalaian Pengguna dalam melihat harga Produk yang tertera di Platform.
 
11.4    Mitra setuju bahwa total biaya yang harus dibayarkan ketika memesan produk pada Platform Mitra adalah total biaya yang tertera dalam halaman pembayaran, termasuk harga Produk dan biaya-biaya lain yang secara tegas tertera di halaman pembayaran di Platform.
 
11.5    Mitra menyetujui untuk melakukan pembayaran atas Transaksi melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Mitra dan yang tersedia pada Platform Mitra (“Partner Pembayaran”) sebagaimana dapat ditambahkan atau diubah oleh kami dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan tunggal kami. Dalam hal Mitra memilih untuk menggunakan Partner Pembayaran sebagai metode pembayaran Transaksi, maka Mitra sepakat untuk mengikatkan diri dengan segala ketentuan sehubungan dengan fitur Partner Pembayaran dan setuju untuk mengalihkan Platform Mitra ke platform Partner Pembayaran atau platform lain yang ditetapkan, sebagaimana berlaku, untuk metode pembayaran tertentu guna memfasilitasi dan melanjutkan proses pembayaran. Fitur Partner Pembayaran pada Platform hanya akan dapat digunakan apabila Mitra telah melakukan pendaftaran sebagai pengguna Partner Pembayaran, sebagaimana berlaku, dan setuju untuk terikat pada syarat dan ketentuan Partner Pembayaran.
 
12.    PENANGGUHAN ATAU KERUSAKAN SISTEM
 
Jika Anda tidak dapat menggunakan Layanan sebagai akibat pengoperasian Piranti Lunak secara tidak tepat, yang disebabkan oleh salah satu alasan di bawah ini, Anda setuju untuk tidak mewajibkan kami atau afiliasi kami untuk menyampaikan pemberitahuan mengenai:
a)    penangguhan atau pemeliharaan sistem pada Platform kami;
b)    kegagalan transmisi data, yang disebabkan oleh gangguan atau penghentian sementara peralatan dan/atau sistem telekomunikasi;
c)    kegagalan pengoperasian sistem yang disebabkan oleh peristiwa keadaan kahar, yang meliputi, namun tidak terbatas pada angin topan, gempa bumi, tsunami, banjir, pemadaman listrik, perang, serangan teroris, yang berada di luar kendali wajar kami; atau
d)    terganggu atau tertundanya Layanan yang disebabkan oleh peretasan, pemeliharaan, penggantian ke versi yang lebih baru (upgrade), badan regulasi, dan sebab-sebab lainnya.
 
13.     PERBUATAN YANG DILARANG
 
13.1    Lisensi untuk penggunaan Platform dan Layanan berlaku hingga diakhiri. Lisensi ini akan berakhir dengan cara sebagaimana diatur dalam Syarat Layanan ini, atau jika Anda gagal mematuhi syarat atau ketentuan Syarat Layanan ini.
Anda setuju untuk tidak:
(a)    melanggar Syarat Layanan, Kebijakan Privasi, aturan dan peraturan internal kami, termasuk peraturan untuk acara-acara promosi, dan/atau melanggar hukum dan peraturan yang berlaku;
(b)    bertindak dengan cara yang melanggar hukum, berbahaya, mengancam, kasar, melecehkan, menggelisahkan, menyusahkan, tidak jujur, mencemarkan, tidak sopan, cabul, merugikan nama baik, melanggar privasi orang lain, kebencian, atau rasis, atau tidak pantas, terhadap karyawan dan agen kami, atau Pengguna lain;
(c)    menggunakan Layanan untuk merugikan hak anak di bawah umur;
(d)    memberikan informasi palsu, tidak benar atau menyesatkan;
(e)    menggunakan Layanan atau bagian dari Layanan untuk kegiatan ilegal;
(f)    menggunakan Akun Anda dengan cara yang dapat menimbulkan sengketa, gugatan atau kewajiban lain terhadap kami, Pengguna lain, pihak ketiga, atau yang dapat dianggap sebagai penyalahgunaan sistem kami;
(g)    menggunakan Layanan untuk menyamar sebagai orang atau entitas lain, atau memalsukan hubungan Anda dengan seseorang atau suatu entitas;
(h)    mengarang-ngarang judul Konten, atau memanipulasi pengidentifikasi guna menyamarkan asal Konten yang dikirimkan melalui Layanan;
(i)    menghapus pemberitahuan mengenai kepemilikan dari Platform;
(j)    melakukan, mengizinkan atau memberi wewenang untuk melakukan perubahan, penciptaan karya turunan atau penyalinan Layanan tanpa izin yang jelas dari kami;
(k)    menggunakan Layanan dengan cara yang dilarang berdasarkan lisensi yang diberikan dalam Syarat Layanan;
(l)    menggunakan Layanan untuk tujuan penipuan/kecurangan, termasuk namun tidak terbatas pada situasi dimana kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan metode pembayaran yang tersedia di Platform kami dengan cara yang tidak ditujukan sebagai alat pembayaran, atau jika Anda melakukan tindakan apa pun yang dapat berdampak buruk pada pihak ketiga mana pun dengan memproses penarikan uang tunai/gesek tunai atau terlibat dalam aktivitas selain penyalahgunaan metode pembayaran yang disebutkan sebelumnya;
(m)    menolak untuk bekerja sama dalam penyelidikan atau memberikan konfirmasi atas identitas atau informasi yang Anda berikan kepada kami;
(n)    berusaha melakukan dekompilasi, rekayasa mundur, membongkar atau meretas Layanan (atau bagian dari Layanan), atau untuk mengalahkan atau menguasai teknologi enkripsi atau langkah-langkah keamanan yang kami terapkan sehubungan dengan Layanan dan/atau data yang kami kirim, olah atau simpan;
(o)    mengumpulkan atau secara tidak sah menggunakan informasi mengenai atau sehubungan dengan pemegang Akun lain, misalnya data atau informasi pribadi;
(p)    mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan, atau menyediakan Konten yang tidak berhak Anda sediakan berdasarkan undang-undang atau kontrak atau hubungan berdasarkan prinsip kepercayaan (seperti informasi internal, informasi kepemilikan dan informasi rahasia yang diketahui atau diungkapkan sebagai bagian dari hubungan kerja atau berdasarkan perjanjian kerahasiaan);
(q)    mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan atau menyediakan Konten yang melanggar hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta atau hak kepemilikan lain pihak mana pun;
(r)    mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan atau menyediakan iklan dan materi promosi yang tidak diminta atau tidak sah, “surat sampah”, “spam”, “surat berantai”, “bisnis dengan skema piramida” atau bentuk ajakan tidak sah lainnya;
(s)    mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan atau menyediakan materi yang mengandung virus piranti lunak, cacing komputer, program Trojan-horses atau kode, prosedur rutin, berkas, atau program yang dirancang untuk secara langsung maupun tidak langsung menghalangi, memanipulasi, mengganggu, merusak atau membatasi fungsi atau keutuhan piranti lunak atau piranti keras komputer atau data atau peralatan telekomunikasi;
(t)    mengganggu aliran normal dialog, mengakibatkan layar “bergulir” melebihi kemampuan mengetik Pengguna Layanan lainnya, atau bertindak dengan cara yang berdampak negatif terhadap kemampuan Pengguna lain untuk melaksanakan pertukaran secara waktu nyata;
(u)    menghalangi, memanipulasi atau mengganggu Layanan atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan atau penggunaan dan kenikmatan Pengguna lain dalam menggunakan Layanan, atau tidak mematuhi persyaratan, prosedur, kebijakan atau peraturan jaringan yang terhubung ke Platform;
(v)    menciptakan dan/atau menggunakan alat, perangkat dan/atau fitur yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Perseroan, termasuk namun tidak terbatas pada, manipulasi data, scraping/crawling, kegiatan otomatisasi dalam transaksi dan aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem;
(w)    mengambil tindakan atau terlibat dalam suatu tindakan yang secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak, melumpuhkan, membebani, atau mengganggu Layanan, atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan;
(x)    menggunakan Layanan untuk secara sengaja maupun tidak sengaja melanggar undang-undang, aturan, kitab undang-undang, petunjuk, pedoman, kebijakan, atau peraturan setempat, negara, nasional atau internasional yang berlaku, misalnya peraturan perundang-undangan (baik yang memiliki kekuatan hukum maupun yang akan mengikat di kemudian hari) yang berkaitan dengan anti pencucian uang atau pencegahan pendanaan terorisme;
(y)    menggunakan Layanan untuk memberikan dukungan atau menyediakan sumber daya material (atau untuk menyembunyikan atau menyamarkan sifat, lokasi, sumber, atau kepemilikan dukungan atau sumber daya material) kepada organisasi-organisasi yang ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia sebagai organisasi teroris asing atau sebagaimana ditetapkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku;
(z)    menggunakan Layanan untuk melanggar privasi orang lain atau untuk 'menguntit' atau melecehkan orang lain;
(aa)    menggunakan Layanan untuk mengumpulkan atau menyimpan data pribadi tentang Pengguna lain sehubungan dengan tindakan dan aktivitas terlarang yang disebutkan di atas; dan/atau
menggunakan Layanan untuk kegiatan-kegiatan lain yang dianggap terlarang di yurisdiksi tempat Anda tinggal.
 
13.2    Apabila menurut penilaian kami berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku bahwa Anda diduga melakukan kegiatan-kegiatan terlarang sebagaimana disebutkan di atas, kami dapat mengambil salah satu atau beberapa tindakan sebagai berikut:
(a)    Menghentikan sementara atau membatasi akses ke Akun Anda;
(b)    Menolak memberikan Layanan kepada Anda;
(c)    Menempatkan penahan pada Akun Anda hingga seratus delapan puluh (180) hari, jika hal tersebut secara wajar diperlukan untuk melindungi diri terhadap risiko pertanggungjawaban, atau jika Anda telah melanggar Syarat Layanan, Kebijakan Privasi dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku di yurisdiksi tempat Anda tinggal;
(d)    Mengambil tindakan hukum terhadap Anda, termasuk namun tidak terbatas pada, tuntutan pidana dan gugatan perdata, yang meliputi pengajuan klaim untuk kerugian dan/atau ganti rugi sementara atau perintah ganti rugi oleh pengadilan; dan/atau
(e)    Mengambil tindakan lain yang sesuai dalam situasi tertentu.
 
13.3    Anda memahami bahwa seluruh Konten, baik yang di posting secara terbuka atau dikirimkan secara pribadi, sepenuhnya merupakan tanggung jawab orang yang memposting atau mengirimkan Konten tersebut. Ini berarti bahwa Anda, dan bukan kami, sepenuhnya bertanggung jawab atas Konten yang Anda unggah, posting, kirimkan melalui surel, sebarkan atau sediakan melalui Platform. Kami tidak mengawasi Konten yang diposting di Platform, dan karenanya, kami tidak menjamin keakuratan, keutuhan atau kualitas Konten tersebut. Anda memahami bahwa dengan menggunakan Platform ini, Anda mungkin akan menemukan Konten yang Anda rasa menghina, tidak senonoh atau tidak pantas. Dalam keadaan dan dengan cara apa pun kami tidak bertanggung jawab atas setiap Konten misalnya pada kesalahan atau penghilangan dalam Konten, atau kehilangan atau kerugian dalam bentuk apa pun yang terjadi sebagai akibat penggunaan, kepercayaan terhadap Konten yang diposting, dikirimkan melalui surel disebarkan atau tersedia di Platform.
 
13.4    Anda mengakui bahwa kami mungkin melakukan atau tidak melakukan penyaringan awal terhadap Konten, namun kami dan pihak-pihak yang kami tunjuk berhak, berdasarkan kebijakan mereka sepenuhnya, melakukan penyaringan awal, menolak, menghapus atau memindahkan Konten yang tersedia di Platform. Tanpa membatasi ketentuan tersebut di atas, kami dan pihak-pihak yang kami tunjuk berhak menghapus Konten yang melanggar Syarat Layanan ini, jika kami menerima keluhan dari Pengguna lain, jika kami menerima pemberitahuan mengenai adanya pelanggaran terhadap kekayaan intelektual atau perintah hukum lain untuk melakukan penghapusan, atau jika Konten tersebut tidak pantas. Kami juga dapat memblokir pengiriman komunikasi (misalnya pembaruan status, pengunggahan, pesan dan/atau obrolan) ke, atau dari Layanan, sebagai bagian dari upaya kami untuk melindungi Layanan atau Pengguna kami, atau untuk melaksanakan ketentuan Syarat Layanan ini. Anda setuju bahwa Anda harus mengevaluasi dan menanggung segala risiko yang berkaitan dengan penggunaan Konten, termasuk pada kebergantungan terhadap keakuratan, kelengkapan, atau kegunaan Konten tersebut. Dalam hal ini, Anda mengakui bahwa Anda tidak dapat memercayai Konten yang dibuat oleh, atau dikirimkan kepada kami, termasuk, namun tidak terbatas pada informasi yang terdapat di seluruh bagian Platform.
 
13.5    Anda mengakui, mengizinkan dan setuju bahwa kami dapat mengakses, menyimpan dan mengungkapkan informasi Akun dan Konten Anda, jika kami dengan itikad baik meyakini bahwa akses, penyimpanan atau pengungkapan tersebut memang secara wajar diperlukan untuk: (a) mematuhi proses hukum, yaitu, diwajibkan oleh undang-undang, atau sesuai dengan perintah pengadilan atau otoritas pemerintah atau badan regulasi yang memiliki yurisdiksi atas kami; (b) melaksanakan Syarat dan Ketentuan ini; (c) menanggapi klaim yang menyatakan bahwa Konten melanggar hak pihak ketiga; (d) menanggapi permintaan Anda untuk layanan pelanggan; atau (e) menanggapi setiap keluhan atau permintaan yang diajukan oleh Anda kepada kami atau mitra bisnis kami; dan/atau (f) melindungi hak, kepemilikan atau keamanan pribadi Perseroan, Pengguna kami dan/atau masyarakat.
 
13.6    Apabila Anda yakin bahwa seorang Pengguna di Platform Mitra kami melanggar Syarat Layanan Platform Mitra ini, silakan kontak kami melalui berbagai metode yang tersedia sebagaimana tercantum dalam Bagian 23.7.
 
14.    HUBUNGAN PERSEROAN DENGAN MITRA
 
Mitra adalah individu atau bisnis independen, dan mereka tidak mempunyai hubungan dengan Perseroan dalam cara apapun kecuali hubungan perantara jual beli (jika berlaku) yang timbul saat melakukan Transaksi. Tanggung jawab Perseroan hanyalah sebatas sampai dengan pengiriman Produk, dan tanggung jawab tersebut akan berakhir setelah Produk diterima oleh pengguna akhir.
 
15.    BIAYA
 
15.1.    Perseroan mengenakan biaya untuk seluruh penarikan berhasil yang dilakukan melalui Saldo Mitra sebagaimana diatur dalam bagian Help Centre dan Frequently Asked Questions  dari Platform.
 
15.2.    ShopeePay mengenakan biaya untuk seluruh transaksi top up ShopeePay berhasil melalui Platform Mitra sebagaimana diatur dalam bagian Help Centre dan Frequently Asked Questions dari Platform.
 
15.3.    Apabila ada biaya yang harus dibayarkan, semua itu akan dikenakan PPN dan pajak lain yang berlaku. Dalam hal Mitra bertanggung jawab untuk pajak tersebut, Mitra mengakui dan setuju bahwa Perseroan dapat memotong biayanya dan setiap pajak yang berlaku dari Saldo Mitra.
 
15.4.    Perseroan berhak untuk sewaktu-waktu mengubah biaya-biaya yang diatur pada Bagian 15 ini tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Mitra.
 
16.    HUKUM YANG MENGATUR DAN PENYELESAIAN SENGKETA
 
Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia. Dalam hal timbul masalah dalam suatu transaksi, Mitra setuju untuk terlebih dahulu berkomunikasi melalui Platform Mitra untuk menyelesaikan permasalahan atas dasar diskusi bersama, yang mana Perseroan akan menggunakan usaha komersial yang wajar untuk memfasilitasi. Apabila permasalahan tersebut tidak dapat diselesaikan atas dasar diskusi bersama, permasalahan tersebut akan diserahkan ke dan diselesaikan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
   
17.    PEMBARUAN
 
Syarat Layanan Mitra ini mungkin diubah dan/ atau diperbaharui tanpa pemberitahuan sebelumnya, oleh karena itu Perseroan menghimbau agar Mitra membaca secara cermat dan memeriksa halaman Syarat Layanan Mitra ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Mitra yang tetap mengakses dan menggunakan Platform Mitra dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat Layanan Mitra ini. Mitra memahami bahwa apabila Mitra tidak menyetujui perubahan-perubahan tersebut, satu-satunya pilihan bagi Mitra adalah dengan menutup Akunnya dan mengakhiri penggunaan Layanan.
 
18.    PENAFIAN
 
18.1.    LAYANAN DISEDIAKAN "APA ADANYA" DAN TANPA GARANSI, KLAIM ATAU PERNYATAAN APAPUN YANG DIBUAT OLEH PERSEROAN DALAM BENTUK APAPUN BAIK TERSURAT, TERSIRAT ATAU MENURUT UNDANG-UNDANG SEHUBUNGAN DENGAN LAYANAN, TERMASUK, DENGAN TIDAK TERBATAS PADA, GARANSI KUALITAS, KINERJA, TIDAK ADANYA PELANGGARAN, KELAYAKAN UNTUK DIPERDAGANGKAN, ATAU KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU, DAN JUGA TIDAK ADA JAMINAN YANG DIBUAT SELAMA HUBUNGAN, SELAMA PELAKSANAAN ATAU PENGGUNAAN PERDAGANGAN. DENGAN TIDAK MEMBATASI KETENTUAN DI ATAS DAN SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, PERSEROAN TIDAK MENJAMIN BAHWA LAYANAN, PLATFORM MITRA INI ATAU FUNGSI YANG TERDAPAT DI DALAMNYA AKAN TERSEDIA, DAPAT DIAKSES, TANPA GANGGUAN, TEPAT WAKTU, AMAN, AKURAT, LENGKAP ATAU BEBAS DARI KESALAHAN, BAHWA KECACATAN, BILA ADA, AKAN DIPERBAIKI, ATAU BAHWA PLATFORMI MITRA INI DAN/ ATAU SERVER YANG MEMUNGKINKAN PLATFORM MITRA INI MENJADI TERSEDIA BEBAS DARI VIRUS, JAM, TIMER, PENGHITUNG, WORM, PENGUNCIAN PERANGKAT LUNAK, DROP DEAD DEVICE, TROJAN HORSE, PERUTUSAN, PINTU JEBAKAN, BOM WAKTU ATAU SETIAP KODE, INSTRUKSI, PROGRAM ATAU KOMPONEN BERBAHAYA LAINNYA.
 
18.2.    ANDA MENGAKUI BAHWA SELURUH RISIKO YANG TIMBUL DARI PENGGUNAAN ATAU KINERJA PLATFORM MITRA DAN/ATAU LAYANAN TETAP DITANGGUNG OLEH ANDA SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU.
 
18.3.    PERSEROAN TIDAK MEMILIKI KENDALI ATAS DAN, SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, TIDAK MENJAMIN ATAU BERTANGGUNG JAWAB UNTUK KESESUAIAN TUJUAN, KEBERADAAN, KUALITAS, KEAMANAN ATAU LEGALITAS BARANG YANG TERSEDIA MELALUI LAYANAN; SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, MITRA MEMBEBASKAN PERSEROAN DAN AFILIASINYA DARI SETIAP DAN SEMUA KLAIM, TUNTUTAN DAN GANTI RUGI YANG TIMBUL DARI ATAU SEHUBUNGAN DENGAN PERMASALAHAN TERSEBUT.
  
19.    PENGECUALIAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB
 
19.1.    SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, DALAM KEADAAN APAPUN PERSEROAN TIDAK AKAN BERTANGGUNG JAWAB BAIK DALAM HAL KONTRAK, GARANSI, PERBUATAN MELAWAN HUKUM (TERMASUK, DENGAN TIDAK TERBATAS PADA, PENGABAIAN (BAIK APAKAH AKTIF, PASIF ATAU DIPERHITUNGKAN), KEWAJIBAN PRODUK, KEWAJIBAN KETAT ATAU TEORI LAINNYA), ATAU PENYEBAB LAINNYA DARI TINDAKAN HUKUM, DALAM KEADILAN, OLEH UNDANG-UNDANG ATAU HAL LAINNYA, UNTUK:
 
19.1.1.    (A) HILANGNYA PENGGUNAAN;
(B) HILANGNYA KEUNTUNGAN;    
(C) HILANGNYA PENDAPATAN;
(D) HILANGNYA DATA;
(E) HILANGNYA GOOD WILL; ATAU
(F) KEGAGALAN MEREALISASIKAN
SIMPANAN YANG DIPERKIRAKAN UNTUK SETIAP KASUS BAIK SECARA LANGSUNG MAUPUN TIDAK LANGSUNG; ATAU
 
19.1.2.    SETIAP KERUGIAN TIDAK LANGSUNG, INSIDENTIL, KHUSUS ATAU KONSEKUENSIAL, YANG TIMBUL DARI ATAU SEHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN ATAU KETIDAKMAMPUAN UNTUK MENGGUNAKAN PLATFORM MITRA INI ATAU LAYANAN, TERMASUK, DENGAN TIDAK TERBATAS PADA, SETIAP KERUGIAN YANG DIAKIBATKAN OLEHNYA, BAHKAN JIKA PERSEROAN TELAH DIBERI TAHU TENTANG KEMUNGKINAN KERUGIAN TERSEBUT.
 
19.2.    ANDA MENGAKUI DAN SETUJU BAHWA SATU-SATUNYA HAK ANDA SEHUBUNGAN DENGAN SETIAP MASALAH ATAU KETIDAKPUASAN DENGAN LAYANAN ADALAH UNTUK MEMINTA PENGAKHIRAN AKUN ANDA DAN/ ATAU BERHENTI MENGGUNAKAN LAYANAN.
 
19.3.    JIKA, MENYIMPANG DARI BAGIAN SEBELUMNYA, OLEH PENGADILAN DI YURISDIKSI YANG KOMPETEN PERSEROAN DITEMUKAN BERTANGGUNG JAWAB (TERMASUK UNTUK KELALAIAN BERAT), MAKA, SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM, TANGGUNG JAWABNYA KEPADA ANDA ATAU KEPADA PIHAK KETIGA TERBATAS PADA YANG LEBIH KECIL ANTARA: (A) SETIAP JUMLAH YANG JATUH TEMPO DAN HARUS DIBAYAR KEPADA ANDA BERDASARKAN TRANSAKSI; DAN (B) RP 1.000.000 (SATU JUTA RUPIAH).
 
19.4.    TIDAK ADA HAL APAPUN DALAM SYARAT LAYANAN INI YANG AKAN MEMBATASI ATAU MENGECUALIKAN TANGGUNG JAWAB UNTUK KEMATIAN ATAU CEDERA PRIBADI YANG DISEBABKAN OLEH KELALAIAN PERSEROAN, UNTUK PENIPUAN ATAU UNTUK TANGGUNG JAWAB LAIN PADA PIHAK PERSEROAN YANG TIDAK DAPAT DIBATASI DAN/ ATAU DIKECUALIKAN SECARA HUKUM.
 
20.    PERNYATAAN DAN JAMINAN
 
20.1.    Anda menyatakan dan menjamin bahwa:
(A)    Anda memiliki kapasitas hukum (dan dalam hal anak di bawah umur, persetujuan yang sah dari orang tua atau wali), hak dan kemampuan untuk mengikatkan diri pada Syarat Layanan Mitra ini dan mematuhi ketentuan-ketentuannya; dan
(B)    Anda akan menggunakan Layanan untuk tujuan yang sah saja dan sesuai dengan Syarat Layanan Mitra ini serta semua undang-undang, aturan, kode, arahan, pedoman, kebijakan dan peraturan yang berlaku.
 
21.    GANTI RUGI
 
Anda setuju untuk mengganti rugi, membela dan membebaskan Perseroan, dan para pemegang saham, anak perusahaan, afiliasi, direktur, petugas, agen, pemilik merek bersama dan mitra lainnya, serta karyawannya (secara bersama-sama disebut "Pihak yang Diberi Ganti Rugi") dari dan terhadap setiap dan semua klaim, tindakan hukum (termasuk namun tidak terbatas pada tindakan hukum perdata dan pidana), proses hukum, dan gugatan dan semua hal yang berkaitan dengan kewajiban, kerugian, penyelesaian, penalti, denda, biaya dan pengeluaran (termasuk, dengan tidak terbatas pada, setiap biaya penyelesaian permasalahan lainnya) yang dikeluarkan oleh Pihak yang Diberi Ganti Rugi yang timbul dari atau berkaitan dengan: (a) setiap transaksi yang dibuat di Platform Mitra, atau setiap permasalahan terkait dengan transaksi tersebut (kecuali dimana Perseroan adalah penjual di dalam transaksi yang terkait dengan permasalahan tersebut), (b) hosting, pengoperasian, pengelolaan dan/ atau administrasi Layanan oleh atau atas nama Perseroan, (c) pelanggaran atas ketentuan apapun dari Syarat Layanan Mitra ini atau setiap kebijakan atau pedoman yang dirujuk di sini oleh Anda, (d) penggunaan atau penyalahgunaan Layanan oleh Anda, (e) pelanggaran terhadap hukum atau hak pihak ketiga oleh Anda.
 
22.    KETERPISAHAN
 
Apabila ada ketentuan dari Syarat Layanan Mitra ini yang dianggap melanggar hukum, batal, atau karena alasan apapun tidak dapat diberlakukan berdasarkan hukum di yurisdiksi tersebut, maka ketentuan tersebut harus dianggap dapat dipisahkan dari Syarat Layanan ini dan tidak akan mempengaruhi keabsahan dan keberlakuan setiap ketentuan yang tersisa di yurisdiksi tersebut maupun keabsahan dan keberlakuan ketentuan tersebut berdasarkan hukum di yurisdiksi lainnya.
 
23.    KETENTUAN UMUM
 
23.1.    Perseroan mencadangkan semua hak yang tidak secara tegas diberikan di sini.
 
23.2.    Anda tidak boleh memberikan, mensublisensikan atau memindahkan hak apapun yang diberikan kepada Anda di sini atau mensubkontrakkan salah satu kewajiban Anda. Tanpa mengesampingkan hal di atas, anda menyatakan dan menyetujui bahwa Perseroan berhak mensubkontrakkan setiap bagian dari Layanan yang Perseroan berikan kepada Anda dari waktu ke waktu dan/atau mengalihkan atau memperbarui setiap dan seluruh bagian dari hak dan kewajiban Perseroan berdasarkan Syarat Layanan ini tanpa persetujuan Anda, baik dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Anda terlebih dahulu.
 
23.3.    Tidak ada hal dalam Syarat Layanan ini yang dapat diartikan sebagai hubungan kemitraan, usaha patungan atau pemberi kuasa-penerima kuasa antara Anda dan Perseroan, dan juga tidak memberikan wewenang kepada Anda untuk mengeluarkan biaya atau kewajiban apapun atas nama Perseroan.
 
23.4.    Kegagalan Perseroan setiap saat atau pada waktu-waktu tertentu untuk mewajibkan pelaksanaan ketentuan apapun dalam Syarat Layanan ini tidak akan memengaruhi haknya dengan cara apapun di waktu kemudian untuk memberlakukan ketentuan tersebut kecuali ketentuan tersebut dikesampingkan secara tertulis.
 
23.5.    Syarat Layanan ini semata-mata untuk manfaat Anda dan kami saja dan bukan untuk manfaat orang atau entitas lain, kecuali untuk afiliasi dan anak perusahaan Perseroan (dan masing-masing penerus dan wakil dari Perseroan dan afiliasi dan anak perusahaannya).
 
23.6.    Ketentuan yang tercantum dalam Syarat Layanan ini dan setiap perjanjian dan kebijakan yang disertakan atau dirujuk dalam Syarat Layanan ini membentuk seluruh perjanjian dan pemahaman antara para pihak sehubungan dengan Layanan dan Platform Mitra dan menggantikan setiap perjanjian atau pemahaman sebelumnya antara para pihak sehubungan dengan hal tersebut. Dengan ini para pihak juga mengecualikan semua ketentuan yang tersirat. Dalam memasuki perjanjian yang dibentuk oleh Syarat Layanan ini, para pihak tidak bersandar pada informasi, pernyataan, garansi, pemahaman, kesanggupan, janji atau jaminan siapapun selain yang secara tegas diatur dalam Syarat Layanan ini. Setiap pihak dengan tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat melepaskan semua klaim, hak dan upaya hukum yang seharusnya dimiliki Bagian ini sehubungan dengan hal apapun dalam ketentuan sebelumnya. Syarat Layanan ini tidak dapat dibantah, dijelaskan atau dilengkapi dengan bukti perjanjian sebelumnya, perjanjian lisan pada saat yang bersamaan atau setiap ketentuan tambahan yang konsisten.
 
23.7.    Apabila Anda memiliki pertanyaan atau masalah tentang Syarat Layanan ini atau persoalan yang muncul dalam Syarat Layanan ini atau di Platform Mitra, silakan kontak kami di: Live Chat Customer Service (24 Jam) Senin - Minggu termasuk libur nasional.
 
SAYA TELAH MEMBACA PERJANJIAN INI DAN MENYETUJUI SEMUA KETENTUAN YANG TERCANTUM DI ATAS DAN SETIAP REVISI YANG DILAKUKAN ATASNYA SESUDAHNYA. DENGAN MENGKLIK TOMBOL "DAFTAR", SAYA MEMAHAMI BAHWA SAYA SEDANG MEMBUAT TANDA TANGAN DIGITAL, YANG SAYA MAKSUDKAN UNTUK MEMILIKI KEKUATAN DAN AKIBAT YANG SAMA SEPERTI BILA SAYA MENANDATANGANI NAMA SAYA SECARA MANUAL.
 
Terakhir dirubah: 16 April 2025
Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak