Hai, ada yang bisa kami bantu?

Informasi Umum

Akun Shopee
Situs Shopee
Panduan
Bantuan
Layanan Lainnya
Kebijakan
Aplikasi Shopee (Android/iOS)
Keamanan dalam Bertransaksi
Shopee Partner

Syarat dan Ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan

1.1  Apa itu Pengembalian dalam Perjalanan

Pengembalian dalam Perjalanan adalah kebijakan di mana Pembeli dapat mengajukan pengembalian barang dan dana saat status pesanan sudah di jemput (pick up) oleh kurir hingga sebelum pesanan sampai di lokasi transit hub terakhir (atau pesanan yang berada “Dalam Perjalanan”), dengan terbatas pada syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Shopee (“Pengembalian dalam Perjalanan”). Halaman ini berisi syarat dan ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan (“Syarat dan Ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan”) yang berlaku untuk Pembeli dan Penjual.

 

Syarat dan Ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan ini melengkapi Syarat Layanan Shopee, Kebijakan Privasi, Kebijakan Pengembalian Barang dan Dana, serta Kebijakan Shopee lainnya.

 

Seluruh syarat dan ketentuan yang dijelaskan dalam Ketentuan Layanan Pengembalian dalam Perjalanan ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan Shopee yang mengacu pada Syarat dan Ketentuan Shopee, tanpa dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Penjual dan/atau Pembeli.

 

1.2  Definisi

Penjual dan/atau Pembeli sepakat bahwa:

 

“Kebijakan” berarti kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan.

 

“Paket” berarti paket siap kirim milik Penjual yang terdiri dari satu atau lebih produk atau barang yang akan dikirimkan oleh Penjual kepada Pembeli dengan menggunakan Jasa Kirim.

 

“Biaya Pengiriman Awal/ Forward Shipping Fee” adalah biaya pengiriman awal dari Penjual ke Pembeli.

 

“Biaya Pengembalian/ Reverse Shipping Fee” adalah biaya pengembalian barang dari Pembeli ke Penjual.

 

“Pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan” adalah proses pengajuan pengembalian Paket oleh Pembeli untuk mengembalikan Paket yang sedang Dalam Perjalanan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan ini. 

 

“Kebijakan Shopee” berarti seluruh syarat dan ketentuan penggunaan Situs yang tercantum pada https://help.shopee.co.id/portal/article/71187 dan Kebijakan Privasi.

 

“Kebijakan Privasi” berarti kebijakan privasi Shopee yang tercantum pada https://help.shopee.co.id/portal/article/71188

 

1.3  Kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan dan Biaya-Biaya

  Kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan akan secara otomatis berlaku terhadap seluruh Penjual Shopee secara bertahap sesuai dengan kebijakan Shopee. Dengan terus menggunakan layanan Shopee (termasuk tetap menggunakan akun Shopee), Penjual dianggap menyetujui Syarat dan Ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan ini.

   Untuk saat ini, Penjual yang tergabung dalam Kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan tidak akan dikenakan biaya apapun. Shopee akan sepenuhnya menanggung biaya pengiriman (Biaya Pengiriman Awal/ Forward Shipping Fee dan Biaya Pengembalian/ Reverse Shipping Fee) dan tidak mengenakan biaya apapun kepada Penjual untuk pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan.

 

1.4  Batasan dan Cara Pengembalian Barang Dalam Kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan

Penjual dan/atau Pembeli sepakat bahwa:

 

A.  Pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan hanya berlaku untuk:

(i)   produk tertentu yang memenuhi kriteria Syarat dan Ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan (sebagaimana ditentukan oleh Shopee)

(ii)  produk yang dijual oleh Penjual yang memenuhi Syarat dan Ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan

(iii)  pengiriman yang diantar oleh jasa kirim yang menerima Pengembalian dalam Perjalanan

 

B.  Pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan hanya dapat dilakukan oleh Pembeli untuk alasan pengembalian berikut ini:

(i)     alamat Pengiriman salah;

(ii)    Rincian Pesanan salah;

(iii)  Pembeli menganggap bahwa pengiriman Paket yang sedang Dalam Perjalanan memakan waktu yang lama; atau

(iv)    Berubah Pikiran sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Garansi Bebas Pengembalian.

 

C.  Shopee akan meninjau Pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan dan atas kebijakannya sendiri menentukan apakah Pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan akan diterima atau tidak.

 

 

D.   Pengembalian dalam Perjalanan dapat dilakukan dengan alur sebagai berikut:

  Pesanan masih dalam status pengiriman kepada Pembeli yaitu saat status pesanan telah di jemput (pick up) oleh kurir hingga sebelum pesanan sampai di lokasi transit hub terakhir (Dalam Perjalanan) .

   Pembeli wajib menunggu konfirmasi dari Shopee terkait persetujuan pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan

 Pesanan yang dapat dikembalikan saat Dalam Perjalanan akan mengikuti Kebijakan Pengembalian Barang dan Dana yang sudah ada.

 

E.  Penjual dapat mengajukan klaim  kompensasi berdasarkan penilaian dan validasi Penjual dan/atau Shopee,  jika  Produk yang diterima kembali oleh Penjual sebagai hasil dari Pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan yang berhasil sudah tidak sesuai dengan kondisi saat pengiriman. Pengajuan kompensasi atas Pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan akan mengikuti alur kompensasi Shopee dengan kondisi berikut:

      Apabila Penjual telah mendaftarkan produk pada asuransi pengiriman Shopee (sebelum pesanan dibuat), Penjual akan mendapatkan kompensasi penuh senilai harga jual akhir.

      Apabila Penjual tidak mendaftarkan produk pada asuransi pengiriman Shopee (sebelum pesanan dibuat), Penjual hanya akan mendapatkan kompensasi sebesar maksimum 10x ongkos kirim atau senilai harga jual akhir, manapun yang nominalnya lebih rendah.

 

F.  Saat ini, Kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan hanya dapat dilakukan oleh jasa kirim tertentu yang mendukung Pengembalian dalam Perjalanan.

 

1.5 Kategori dan Jenis Produk yang termasuk dalam Kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan

Kategori dan Jenis Produk yang termasuk dalam Kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan adalah sebagai berikut, tunduk pada ketentuan di atas termasuk kebijaksanaan tunggal Shopee mengenai apakah permohonan Pengembalian Dalam Perjalanan akan diterima atau tidak:

 

 

Kategori

Kategori Produk

Produk yang  dapat dikembalikan

Fashion

Aksesoris Fashion

Semua produk kecuali Perhiasan berbahan logam mulia,Batu Mulia seperti emas dan permata, dan Perhiasan Berharga.

Tas Pria

Semua produk

Pakaian Pria

Semua produk kecuali pakaian dalam, pakaian tidur, kaos kaki, dan baju renang

Sepatu Pria

 Semua produk kecuali produk custom

Fashion Muslim

Semua produk kecuali baju renang

Koper & Tas Travel

Semua produk

Tas Wanita

Semua produk

Pakaian Wanita

Semua produk kecuali pakaian dalam, produk sisa ekspor, kain, pakaian tidur, kaos kaki, kain, dan baju renang

Sepatu Wanita

Semua produk

Fashion Bayi & Anak

Semua produk kecuali pakaian dalam, pakaian tidur, kaos kaki, dan baju renang

Jam Tangan

Semua produk

Elektronik

Audio

Semua produk

Kamera & Drone

Semua produk

Komputer & Aksesoris

Semua produk

Gaming & Konsol

Semua produk

Peralatan Rumah Tangga

Semua produk

Handphone & Aksesoris

Semua produk kecuali sim card

Kebutuhan Harian

Perawatan & Kecantikan

Semua produk kecuali parfum

Kesehatan

Semua produk kecuali obat resep, sarung tangan & masker medis,

Ibu & Bayi

Semua produk kecuali susu formula & makanan bayi, dan susu ibu hamil

Gaya Hidup

Automobiles

Semua produk

Buku & Majalah

Semua produk kecuali e-book

Hobi & Koleksi

Semua produk

Buku & Alat Tulis

Semua produk

Olahraga & Outdoor

Semua produk kecuali baju renang dan diving

Aksesoris & Makanan Hewan Peliharaan

Semua produk kecuali produk makanan hewan peliharaan

Perlengkapan Rumah

Semua produk

 

 

 

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak