Program Hemat Biaya Kirim (“Program”) adalah program di Shopee di mana Penjual yang Memenuhi Syarat (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) yang disetujui oleh Shopee (masing-masing disebut “Penjual yang Berpartisipasi”) akan dapat menikmati fitur layanan dan penghematan tertentu yang dijelaskan dalam Syarat dan Ketentuan Layanan: Program Hemat Biaya Kirim ini (“Syarat Layanan Program”) ketika Pembeli melakukan pemesanan di Shopee.
Dengan bergabung dalam Program (dan terus berpartisipasi dalam Program), Anda dianggap menyetujui syarat dan ketentuan yang dijelaskan dalam Syarat Layanan Program ini.
Syarat Layanan Program ini melengkapi Syarat Layanan Shopee, Kebijakan Privasi, Kebijakan Pengembalian Barang dan Dana, serta Kebijakan Shopee lainnya dimana Syarat Layanan Program ini merupakan bagian daripadanya.
Istilah-istilah dalam huruf kapital yang digunakan dalam Syarat Layanan Program ini yang tidak didefinisikan di sini akan mempunyai arti sebagaimana diberikan pada Syarat Layanan Shopee dan/atau Kebijakan Shopee yang berlaku. Seluruh syarat dan ketentuan yang dijelaskan dalam Syarat Layanan Program ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan Shopee dan keberlanjutan keikutsertaan Penjual yang Berpartisipasi dalam Program ini dianggap penerimaan Penjual yang Berpartisipasi atas perubahan tersebut. Definisi berikut berlaku pada Syarat Layanan Program ini:
"Produk": produk yang dibeli dimana Pembeli dapat mengajukan pengembalian barang dan/atau pengembalian dana (sesuai dengan Kebijakan Shopee dari waktu ke waktu)
"Pesanan yang Memenuhi Syarat" berarti setiap pesanan yang dibuat di Situs yang:
memenuhi nilai pesanan minimum (jika ada) yang mungkin diberitahukan oleh Shopee kepada Penjual yang Berpartisipasi secara tertulis dari waktu ke waktu;
dibuat ketika Penjual terkait terdaftar dalam Program; dan
dikirimkan oleh Penjual yang Berpartisipasi kepada Pembeli.
"Permintaan Pengembalian Barang dan/atau Pengembalian Dana" permintaan Pembeli untuk mengembalikan barang dan/atau mengembalikan dana Produk sesuai dengan Kebijakan Pengembalian Barang dan Dana.
“Kebijakan Shopee” berarti seluruh syarat dan ketentuan penggunaan Situs termasuk (namun tidak terbatas pada) Syarat Layanan Shopee yang tercantum di https://help.shopee.co.id/portal/article/71187
dan Kebijakan Privasi.
“Kebijakan Privasi” berarti kebijakan privasi Shopee sebagaimana tercantum di https://help.shopee.co.id/portal/article/71188.
Jangka Waktu Program
Penjual dapat mendaftarkan tokonya dalam Program melalui Pusat Penjual Shopee kapan saja dan secara real-time. Shopee akan memberikan konfirmasi kepada Penjual jika Penjual berhasil mendaftar pada Program.
Program akan dimulai pada saat toko Penjual menjadi terdaftar dalam Program. Penjual dianggap telah menyetujui untuk berpartisipasi dalam Program dan menyetujui Syarat Layanan Program ini bersamaan dengan pendaftaran Penjual dalam Program.
Penjual yang tidak lagi ingin berpartisipasi dalam Program dapat memilih keluar dari Program melalui Pusat Penjual Shopee.
Kelayakan
Program ini tersedia untuk semua Penjual Shopee, kecuali penjual Lintas Batas (Cross Border) (“Penjual yang Memenuhi Syarat”). Sekalipun demikian, kategorisasi dan kelayakan Penjual dapat ditentukan dan/atau diubah oleh Shopee atas kebijakannya sendiri dari waktu ke waktu. Shopee tidak mempunyai kewajiban apa pun untuk memberikan alasan apa pun kepada Penjual atas keputusan Shopee tersebut.
Layanan dan manfaat dalam Program hanya berlaku untuk pesanan (dan, untuk menghindari keraguan, pengembalian yang diproses berdasarkan Permintaan Pengembalian Barang dan/atau Dana) yang dikirimkan menggunakan opsi pengiriman Layanan Pengiriman yang Didukung Shopee.
Biaya Program
Shopee membebankan biaya layanan kepada Penjual yang Berpartisipasi yang terdaftar dalam Program (“Biaya Program”) untuk setiap Pesanan yang Memenuhi Syarat.
Biaya Program ditanggung oleh Penjual yang Berpartisipasi dan dapat bervariasi antar Penjual yang Berpartisipasi (sebagaimana ditentukan oleh Shopee dari waktu ke waktu, atas kebijakannya sendiri). Shopee berhak mengubah tarif Biaya Program pada setiap waktu berdasarkan kebijakannya sendiri. Semua Penjual yang terdaftar dalam Program dapat mengunduh resi Biaya Program melalui Seller Centre.
Biaya Program berlaku sebagai tambahan atas biaya lainnya berdasarkan Syarat Layanan dan/atau Kebijakan Shopee, sebagaimana berlaku.
Biaya Program sudah termasuk pajak pertambahan nilai. Setiap Penjual yang Berpartisipasi bertanggung jawab atas pembayaran kewajiban pajaknya sendiri yang timbul dari keikutsertaannya dalam Program sebagaimana diwajibkan berdasarkan undang-undang perpajakan yang relevan.
Penjual yang Berpartisipasi setuju bahwa Biaya Program yang harus dibayarkan kepada Shopee bebas dari semua pemotongan pajak dan jika pemotongan pajak tersebut diperlukan, Penjual yang Berpartisipasi akan membayar Biaya Program dalam jumlah penuh dan meminta pengembalian jumlah pajak yang dipotong kepada Shopee sesuai dengan kebijakan shopee. Dalam hal Shopee telah memberikan kepada Penjual salinan surat keterangan pembebasan pajak atau surat lain yang dipersamakan dengan itu dari kantor pajak yang berwenang, yang masih berlaku pada saat Penjual melakukan pembayaran apa pun terkait Program ini kepada Shopee, maka Penjual tidak akan melakukan pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 23 atau tidak akan menerima pengembalian jumlah Pajak Penghasilan Pasal 23 yang telah dipotong, sehubungan dengan pembayaran Biaya Program kepada Shopee.
Biaya Program akan dibebankan oleh Shopee melalui metode yang mungkin diberitahukan oleh Shopee dari waktu ke waktu, termasuk dengan (i) memotong Biaya Program dari Uang Pembelian Pembeli setelah selesainya setiap Pesanan yang Memenuhi Syarat dan mengirimkan sisanya kepada Penjual yang Berpartisipasi sesuai dengan Bagian 13.2 dari Syarat Layanan, atau (ii) mengurangi keseluruhan Biaya Program sehubungan dengan semua Pesanan yang Memenuhi Syarat yang diselesaikan dalam bulan kalender tertentu dari uang yang harus dibayarkan kepada Penjual yang Berpartisipasi.
Untuk menghindari keraguan:
Biaya Program akan dibebankan pada semua Pesanan yang Memenuhi Syarat meskipun Penjual yang Berpartisipasi tidak lagi terdaftar dalam Program pada saat Pesanan yang Memenuhi Syarat diselesaikan, dan/atau Permintaan Pengembalian Barang dan/atau Dana yang berhasil telah diajukan sehubungan dengan Pesanan yang Memenuhi Syarat tersebut; dan
Biaya Program berlaku sebagai tambahan atas biaya lainnya berdasarkan Syarat Layanan dan/atau Kebijakan Shopee, sebagaimana berlaku.
Fitur Program
Penjual mengakui dan memahami bahwa:
Pembeli dapat mengajukan pengembalian barang dan/atau pengembalian dana atas Produk dari waktu ke waktu sesuai dengan Kebijakan Pengembalian Barang dan/atau Dana dan Kebijakan Shopee lainnya; dan
sesuai dengan Kebijakan Pengembalian Barang dan/atau Dana (dan Kebijakan Shopee lainnya), Penjual mungkin diharuskan menanggung biaya pengiriman tertentu, termasuk biaya pengembalian (Reverse Shipping Fee atau “RSF”) dan biaya pengiriman awal (Forward Shipping Fee atau “FSF”).
Untuk menghindari keraguan, RSF mengacu pada biaya pengiriman yang diperlukan untuk mengangkut Produk dari Pembeli langsung ke Penjual (atau ke gudang terkait sesuai dengan Kebijakan Pengembalian Barang dan/atau Dana Shopee) pada permintaan Pengembalian Barang dan/atau Dana, dan FSF mengacu pada biaya pengiriman awal untuk mengangkut Produk dari Penjual ke Pembeli.
Penghematan Biaya Pengiriman
Dalam Program ini, Shopee akan mengelola permintaan pengembalian barang dan/atau dana dan proses pengembalian barang dan/atau dana atas Pesanan yang Memenuhi Syarat. Penjual yang Berpartisipasi tidak diharuskan untuk menanggung FSF, dan jika pengembalian Produk diperlukan, RSF, atas setiap Permintaan Pengembalian Barang dan/atau Dana yang disetujui dan dikonfirmasi yang timbul dari setiap Pesanan yang Memenuhi Syarat, dengan tunduk pada Syarat Layanan Program ini dan pada setiap pembatasan (termasuk pembatasan yang dimaksudkan untuk mencegah aktivitas penipuan atau penyalahgunaan tabungan) sebagaimana mungkin diberitahukan oleh Shopee kepada Penjual yang Berpartisipasi secara tertulis, dari waktu ke waktu (“Penghematan FSF” dan “Penghematan RSF”, yang secara kolektif disebut sebagai “Penghematan Biaya Kirim”). Shopee dapat menerapkan Penghematan Biaya Kirim melalui metode yang diberitahukan kepada Penjual yang Berpartisipasi dari waktu ke waktu.
Untuk menghindari keraguan:
Penghematan Biaya Kirim hanya berlaku untuk Pesanan yang Memenuhi Syarat yang dibuat oleh Pembeli melalui Platform Shopee saat Penjual terdaftar dalam Program (kecuali bahwa Penghematan Biaya Pengiriman dapat diterapkan setelah akhir Jangka Waktu Program selama Permintaan Pengembalian Barang dan/atau Dana yang relevan muncul dari Pesanan yang Memenuhi Syarat yang dibuat selama Jangka Waktu Program ketika Penjual adalah Penjual yang Berpartisipasi, meskipun Penjual yang Berpartisipasi bukan lagi terdaftar dalam Program pada saat Penghematan Biaya Kirim diterapkan).
Penghematan Biaya Kirim hanya mencakup FSF dan RSF yang ditanggung Penjual berdasarkan permintaan Pengembalian Barang dan/atau Dana, dan tidak mencakup biaya pengiriman lainnya.
Jika terjadi pengembalian dana sebagian (yaitu dimana seluruh nilai pembelian Produk tidak dikembalikan kepada Pembeli) maka Penghematan Biaya Kirim tidak akan berlaku untuk Pesanan yang Memenuhi Syarat tersebut.
Jika terdapat pengembalian barang dan dana sebagian (yaitu ketika Produk dikembalikan ke Penjual namun seluruh nilai pembelian Produk tidak dikembalikan ke Pembeli), maka hanya Penghematan RSF yang akan berlaku untuk Pesanan yang Memenuhi Syarat tersebut (sehingga tidak ada Penghematan FSF akan berlaku).
Shopee dapat sewaktu-waktu menangguhkan Penghematan Biaya Kirim dan membebankan seluruh Biaya Pengiriman (atau bagian daripadanya) jika dan ketika Shopee menentukan (atas kebijakannya sendiri dan mutlak) bahwa Penjual yang Berpartisipasi telah terlibat dalam aktivitas dan/atau transaksi yang menipu atau mencurigakan atau melanggar Kebijakan Shopee.
Penghematan Biaya Kirim hanya akan berlaku jika Pembeli mengajukan pengembalian barang dan/atau dana yang bersangkutan sesuai dengan ketentuan Kebijakan Pengembalian Barang dan/atau Dana dan dalam Masa Garansi Shopee dan Permintaan Pengembalian Barang dan/atau Dana telah diterima dan dikonfirmasi oleh Penjual, sehingga statusnya Pengembalian Barang dan/atau Dana selesai.
Program tidak berlaku untuk Permintaan Pengembalian Barang dan/atau Dana yang disebabkan oleh ( i ) jasa pengiriman (ii) barang rusak dan/atau cacat, (iii) barang tidak diterima (non-receipt), (iv) barang Penjual yang mengikuti Garansi Bebas Pengembalian dan termasuk pada kategori yang terdaftar pada Garansi Bebas Pengembalian; dan alasan-alasan lain yang mungkin ditentukan oleh Shopee dari waktu ke waktu.
Jika Permintaan Pengembalian Barang dan/atau Dana tidak diselesaikan dan dikonfirmasi oleh Shopee setelah jangka waktu 90 hari sejak dan termasuk tanggal penempatan Pesanan yang Memenuhi Syarat, Penghematan Biaya Kirim tidak akan berlaku.
Dalam Program ini, dan berdasarkan kebijakan Shopee sendiri, Penghematan Biaya Kirim maksimum (yang digabungkan untuk mencakup FSF dan RSF) akan dibatasi sebesar Rp 300.000 per Pesanan yang Memenuhi Syarat. Dalam hal Penghematan Biaya Kirim melebihi batas maksimum sebagaimana disebut di atas, Shopee hanya akan menanggung Penghematan Biaya Kirim sebesar batas Rp300.000 di atas dan sisanya akan ditanggung oleh Penjual yang Berpartisipasi.
Manfaat Layanan Manajemen Program
Dalam Program ini, Shopee akan mengelola laporan akun Penjual yang Berpartisipasi dan secara otomatis mencantumkan Penghematan RSF dan Penghematan FSF untuk Pesanan yang Memenuhi Syarat (jika berlaku) dalam laporan akun yang relevan. Penjual yang Berpartisipasi tidak diwajibkan untuk memberikan pengiriman manual kepada Shopee untuk Penghematan Biaya Kirim atas Permintaan Pengembalian Barang dan/atau Dana apa pun yang timbul untuk Pesanan yang Memenuhi Syarat.
Penghentian
Masing-masing Penjual mengakui dan menyetujui bahwa Shopee, karena alasan apa pun, atas kebijakannya sendiri, dapat menangguhkan atau mengakhiri partisipasi Penjual yang Berpartisipasi mana pun dalam Program (atau bagian daripadanya) yang berlaku segera, tanpa pemberitahuan atau tanggung jawab atau kompensasi kepada Penjual yang Berpartisipasi tersebut, dan tanpa mengurangi Hak dan/atau upaya hukum Shopee atas pelanggaran apa pun yang dilakukan Penjual yang Berpartisipasi terhadap Syarat Layanan Program ini dan/atau Kebijakan Shopee lainnya . Alasan tindakan tersebut dapat mencakup, namun tidak terbatas pada:
Penjual yang Berpartisipasi melanggar salah satu Syarat Layanan Program ini , Kebijakan Shopee, atau perjanjian lain apa pun yang mungkin dimiliki Penjual yang Berpartisipasi dengan Shopee;
Penjual yang Berpartisipasi telah memberikan informasi yang tidak benar, palsu, atau tidak lengkap kepada Shopee;
Shopee berpandangan bahwa Penjual yang Berpartisipasi telah menyebabkan kerugian (atau kemungkinan akan menyebabkan kerugian dalam waktu dekat) terhadap Shopee atau personelnya , atau terlibat dalam aktivitas dan/atau transaksi yang berpotensi menimbulkan penipuan atau mencurigakan.
Pembaruan terakhir: 14 Mei 2024