Hai, ada yang bisa kami bantu?

[Chat] Apa itu Pelanggaran Chat?

Pelanggaran Chat adalah aktivitas komunikasi Pengguna yang melanggar Kebijakan Shopee. Pelanggaran chat bisa terjadi saat Pengguna berkomunikasi melalui Portal Fitur Chat.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kepada seluruh Pengguna, Shopee akan menindaklanjuti Pengguna jika melakukan pelanggaran sebagai berikut:

 

  1. Mengirim chat yang tidak pantas, kasar, atau mengandung unsur SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan).

  2. Mengirim chat pornografi atau pelecehan seksual.

Contoh:

    • Mengirimkan pesan dalam bentuk teks, gambar, atau video yang tidak senonoh, bersifat cabul, atau merendahkan secara seksual.

    • Meminta Pengguna lain untuk mengirimkan pesan dalam bentuk teks, gambar, atau video yang tidak senonoh, bersifat cabul, atau merendahkan secara seksual.

  1. Mengirim chat berisi ancaman menyebarkan data pribadi

  2. Mengirim chat berisi spam seperti gambar jasa layanan, QR mengarahkan transaksi keluar shopee, dsb.

 

Berikut ini penalti yang didapatkan jika Anda melakukan pelanggaran chat:

Pelanggaran Chat

Penalti

Mengirim chat yang mengandung unsur SARA, kasar atau ancaman

Notifikasi peringatan

Mengirim chat berisi ancaman menyebarkan data pribadi

Pembatasan/Pemblokiran akun 

Mengirim chat berisi spam

Pembatasan/Pemblokiran akun 

Mengirim chat mengandung unsur pornografi atau pelecehan seksual

Pemblokiran akun Shopee*

 

*Pemblokiran akun Shopee: Anda tidak dapat mengakses akun Anda yang diblokir.

 

Menyelesaikan Pemblokiran Akun Shopee Akibat Pelanggaran Chat

Jika akun Shopee Anda ditemukan melanggar kebijakan pelanggaran chat, maka akun Anda akan diblokir. 

Anda dapat menghubungi Customer Service Shopee dengan melampirkan bukti tindakan Anda dan mengisi surat pernyataan sebagai salah satu syarat pengajuan untuk menyelesaikan pemblokiran akun Shopee, sehingga Anda dapat beraktivitas dan berbelanja kembali di Shopee.

 

⚠️Catatan

  • Setelah melampirkan surat pernyataan, tim Customer Service Shopee akan menghubungi Anda melalui email atau telepon dalam waktu 2x24 jam untuk menjelaskan dan membantu lebih lanjut dalam menyelesaikan masalah pelanggaran ini.

  • Pastikan Anda tidak melakukan pelanggaran yang sama setelah menyelesaikan pengajuan pemulihan akun. Jika melakukan pelanggaran chat kembali, maka akun Shopee Anda akan dibatasi secara permanen.

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak