Hai, ada yang bisa kami bantu?

Bagaimana proses pengembalian dana secara manual jika status pesanan gagal di sisi Merchant ShopeePay, namun status pembayaran ShopeePay/SPayLater berhasil?

Pengajuan pengembalian dana secara manual akan dibantu oleh tim ShopeePay dengan mekanisme sebagai berikut: 

  1. Merchant menerima keluhan dari Pembeli, pembayaran pada Merchant gagal namun ShopeePay Pembeli sudah terpotong: Pembeli terpotong (1X) namun Merchant tidak menerima pelepasan dana (0X) dan Pembeli terima produk (0X), maka Merchant mengajukan pengembalian dana secara manual tanpa pendebitan ke Merchant.
  2. Merchant menerima keluhan dari Pembeli, pembayaran pada Merchant gagal namun ShopeePay Pembeli sudah terpotong dan Pembeli membayar kembali menggunakan metode pembayaran lain: Pembeli terpotong (2X) namun Merchant hanya menerima pelepasan dana (1X) dan Pembeli terima produk (1X), maka Merchant mengajukan pengembalian dana secara manual tanpa pendebitan ke Merchant.
  3. Merchant menerima keluhan dari Pembeli, pembayaran pada Merchant berhasil namun produk yang di jual tidak tersedia (habis): Pembeli terpotong (1X), Merchant menerima pelepasan dana (1X), dan Pembeli terima produk (0x) maka Merchant mengajukan pengembalian dana secara manual dan dilakukan pendebitan ke Merchant.
  4. Merchant menerima keluhan dari Pembeli, pembayaran pada Merchant salah nominal (overpaid) dan meminta pengembalian dana atas selisihnya: Pembeli terpotong (1X), Merchant menerima pelepasan dana (1X),  dan Pembeli terima produk (1X) maka Merchant mengajukan pengembalian dana secara manual dan dilakukan pendebitan ke Merchant (partial refund).
  5. Merchant mengajukan pengembalian dana atas transaksi SPayLater karena alasan pengembalian/return barang, barang yang dibeli oleh Pembeli rusak, barang yang dibeli Pembeli tidak sesuai, dan transaksi gagal.

Adapun pengajuan manual payout jika transaksi gagal dan Merchant sudah memberikan produk ke Pembeli.

  • Merchant mengeluhkan tidak menerima pembayaran dari Pembeli dan tidak menerima pelepasan dana dari Shopeepay namun sudah memberikan produk: Pembeli terpotong (1X) dan Merchant menerima pelepasan dana (0x), maka Merchant mengajukan manual payout.

Berikut cara pengajuan pengembalian dana secara manual melalui Customer Service Shopee

  • Merchant dapat menghubungi CS melalui layanan Telepon dan Live chat di Pusat Bantuan Aplikasi Shopee atau di 021-80600991 dengan melampirkan:
  • Nama Merchant
  • Nomor transaksi
  • Nomor referensi
  • Tanggal dan jam transaksi
  • Nominal transaksi
  • Screenshot layar history transaksi
  • Detail transaksi
  • Semua permintaan pengembalian dana akan dicek oleh Tim Shopee dengan estimasi 3-5 hari kerja dan akan ditentukan apakah disetujui atau ditolak.
  • Jika pengembalian dana disetujui maka tim Customer Service Shopee akan melakukan proses pendebitan (jika Merchant sudah menerima pelepasan dana) dan penyesuaian ke ShopeePay Pembeli dengan estimasi 1-3 hari.
  • Hasil pengecekan dan proses pengembalian dana akan diinfokan oleh tim Customer Service Shopee melalui email.

⚠️Catatan 

  • Estimasi pengembalian dana dapat tertunda jika dana yang ada di merchant wallet tidak cukup/tidak ada.
  • Merchant dilarang memberikan produk jika transaksi belum berhasil atau gagal di salah satu pihak. Jika transaksi gagal di Merchant, silakan Merchant/Pembeli menghubungi kontak Shopee untuk pengembalian dana.
  • Jika dari sisi Pembeli memaksa ingin menerima produk tersebut, Merchant bisa mengarahkan untuk melakukan pembayaran kembali dengan metode pembayaran lain, dan Merchant dapat mengajukan pengembalian dana manual untuk pembayaran yang gagal sebelumnya.
  • Semua proses pengembalian dana ShopeePay dan limit SPayLater dilakukan oleh Shopee, Merchant dilarang untuk melakukan proses pengembalian dana secara manual ke Pembeli.
  • Pengembalian dana akan diproses sesuai dengan metode pembayaran Pembeli, berikut informasi pengembalian dana sesuai metode pembayaran: 
  • Jika pembayaran menggunakan ShopeePay, maka dana akan dikembalikan ke ShopeePay Pembeli.
  • Jika pembayaran menggunakan ShopeePay + Koin, maka dana akan dikembalikan ke ShopeePay + koin Pembeli.
  • Jika pembayaran menggunakan SPayLater, maka dana akan dikembalikan ke limit SPayLater Pembeli.
  • Jika pembayaran menggunakan SPayLater dan menggunakan tenor cicilan, namun Pembeli sudah membayar cicilan pertama, maka dana akan dikembalikan ke limit SPayLater dan cicilan yang sudah dibayarkan akan dikembalikan ke rekening bank yang terdaftar dengan akun Shopee Pembeli.
  • Jika transaksi yang dilakukan oleh Pembeli mendapatkan Cashback koin maka, saat permintaan pengembalian dana manual koin yang sudah didapat oleh Pembeli akan ditarik kembali.
Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak