Hai, ada yang bisa kami bantu?

[Pengembalian Barang/Dana] Mengapa status permintaan pengembalian barang/dana saya tertunda?

Anda akan mendapatkan banner pada halaman Saya apabila pengembalian barang/dana tertunda. Anda juga dapat memilih tujuan pengembalian dana melalui ShopeePay atau Rekening Bank yang terdaftar.

Selain itu, status permintaan pengembalian barang/dana Anda tertunda karena beberapa alasan berikut:

 

  • Belum menambahkan Rekening Bank

Anda bisa menambahkan Rekening Bank terlebih dahulu pada halaman Ajukan Pengembalian Barang/Dana > pilih Tambah Metode Pengembalian Dana >  pilih Tambah Rek. Bank > masukkan nama bank dan No. Rek/Virtual Account > pilih Cek Rekening Bank.

Setelah berhasil ditambahkan, rekening bank tersebut akan menjadi rekening bank utama. Pengembalian dana akan selesai dalam waktu maks. 5 hari kerja ke Rekening Bank.

 

  • Belum mengaktivasi ShopeePay

Pengembalian dana Anda akan diproses melalui Rekening Bank apabila belum melakukan aktivasi ShopeePay. Anda bisa Aktivasi ShopeePay pada halaman Ajukan Pengembalian Barang/Dana > pilih Aktifkan Sekarang > centang Syarat dan Ketentuan yang berlaku > pilih Lanjutkan.

 

[2]-Req-No-232-2023-GIF.gif

 

Setelah berhasil mengaktivasi ShopeePay, Anda akan melihat status Pengembalian Dana Diproses pada halaman Rincian Pengembalian Barang. Pengembalian dana akan selesai dalam waktu maks. 1 hari kerja.

 

Jika Anda tidak memiliki Rekening Bank yang terdaftar dan belum Aktivasi ShopeePay, Anda bisa menambahkan Rekening Bank atau aktivasi ShopeePay pada halaman Ajukan Pengembalian Barang/Dana > pilih Tambah Metode Pengembalian Dana > pilih Tambah Rek. Bank atau Aktifkan Sekarang untuk aktivasi ShopeePay > centang Syarat dan Ketentuan yang berlaku untuk aktivasi ShopeePay > pilih Lanjutkan.

 

  • Limit saldo ShopeePay tidak cukup atau melebihi limit akumulasi saldo masuk per bulan

Pastikan limit saldo ShopeePay Anda cukup dan tidak melebihi limit akumulasi saldo masuk per bulan agar pengembalian dana dapat diproses ke ShopeePay. Jika limit saldo ShopeePay Anda tidak cukup atau melebihi limit, Anda bisa menambahkan metode pengembalian dana lainnya pada halaman Ajukan Pengembalian Barang/Dana > pilih Tambah Metode Pengembalian Dana > pilih Tambah Rek. Bank > masukkan nama bank dan No. Rek/Virtual Account > pilih Cek Rekening Bank.

 

[4]-Req-No-232-2023-GIF.gif

 

Pelajari selengkapnya mengenai batasan saldo ShopeePay.

 

  • Rekening Bank yang terdaftar tidak sah

Anda bisa mengubah rekening bank yang terdaftar dengan memilih Ubah Rekening Bank pada halaman Pesanan Saya > atau pilih Ubah Rek. Bank pada halaman Rincian Pengembalian Barang/Dana > pilih Ubah > masukkan no. rekening dan bank yang ingin ditambahkan.

 

Setelah berhasil menambahkan rekening bank yang baru, Anda perlu untuk mengatur rekening bank baru tersebut menjadi rekening bank utama dengan pilih Saya pada halaman utama aplikasi Shopee > pilih ikon Pengaturan ⚙️ > pilih Kartu/Rekening Bank > pilih Rekening Bank > pilih Atur sebagai Rekening Bank utama.

 

[3]-Req-No-187-2023-GIF.gif

 

Apabila Anda sudah mengatur rekening bank menjadi rekening bank utama, pengembalian dana akan selesai dalam waktu maks. 5 hari kerja ke Rekening Bank.

 

⚠️Catatan

Notifikasi pengembalian barang/dana tertunda akan Anda terima apabila:

  • Belum mengaktifkan ShopeePay dan tidak memiliki Rekening Bank.
  • Jumlah pengembalian dana melebihi limit ShopeePay yang dimiliki.
  • Belum mengaktifkan ShopeePay dan memiliki rekening bank yang ditolak.
Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak