Jika Anda menerima pesanan yang tidak Anda pesan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:
- Anda dapat memeriksa pada halaman riwayat pesanan dengan pilih Saya > pilih Lihat Riwayat Pesanan pada aplikasi Shopee, untuk memastikan apakah Penjual mengirimkan pesanan yang salah dan pastikan Anda tidak melakukan pemesanan pada akun Shopee Anda. Namun, apabila Anda telah membuat pesanan di akun Shopee tanpa sepengetahuan Anda, mungkin akun Anda telah di retas.
- Periksa kembali apakah anggota keluarga / teman Anda telah mengirimkannya sebagai hadiah, atau memesan barang tersebut atas nama Anda.
- Jika tidak ada satu pun dari hal di atas:
- Untuk paket dari jasa kirim selain SPX Express: Hubungi jasa kirim untuk memastikan apakah ada kesalahan pengiriman yang dilakukan kurir.
- Untuk paket dari jasa kirim SPX Express: Hubungi Customer Service Shopee untuk bantuan lebih lanjut.
- Untuk pesanan COD (Bayar di Tempat) apabila Anda belum melakukan pembayaran ke kurir, Anda bisa menolak pesanan tersebut saat kurir datang mengantar.
- Untuk pesanan COD (Bayar di Tempat) apabila Anda sudah melakukan pembayaran ke kurir, silakan menghubungi Customer Service Shopee untuk bantuan lebih lanjut.
- Jika Anda mencurigai bahwa paket tersebut berisi barang ilegal, Anda dapat melaporkannya kepada pihak berwajib/polisi sesegera mungkin.
- Anda berhak untuk membuang barang tersebut dan tidak perlu mengembalikan paket ke Shopee atau penjual jika disarankan oleh pihak berwajib/polisi.
Untuk melindungi diri Anda lebih lanjut setelah menerima paket yang tidak Anda pesan, silakan ikuti langkah berikut:
- Ubah password akun Shopee Anda sebagai tindakan pencegahan.
- Pantau atau periksa kembali tagihan kartu kredit, laporan rekening bank, akun Shopee, dan akun ShopeePay Anda untuk setiap transaksi yang tidak sah.
- Jangan pernah membayar paket yang tidak Anda pesan.
- Hindari berbagi informasi pribadi seperti alamat rumah Anda dengan orang asing atau pihak yang tidak berkepentingan.
Shopee mengambil sikap tegas terhadap kegiatan penipuan dan akan mengambil tindakan tegas terhadap setiap individu yang telah melanggar kebijakan Anti-Brushing.
⚠️Catatan
Order Brushing/pesanan palsu merupakan tindakan yang dibuat oleh Penjual yang membuat pesanan palsu untuk menghasilkan angka penjualan yang lebih tinggi. Paket dari pesanan palsu ini dapat dikirim ke pembeli yang tidak disadari.