Syarat dan Ketentuan ShopeePay QRIS Speaker ("Syarat dan Ketentuan") ini mengatur penggunaan Anda atas ShopeePay QRIS Speaker (sebagaimana didefinisikan di bawah) di bawah layanan penyewaan perangkat bersama dengan perangkat dan/atau layanan pendukungnya yang dapat dikembangkan dan ditawarkan oleh PT AirPay International Indonesia dari waktu ke waktu ("Layanan"). Kami berharap Anda membaca Syarat dan Ketentuan berikut, sehingga Anda mengetahui hak dan kewajiban hukum Anda terhadap kami (secara individu dan kolektif disebut sebagai "ShopeePay", "kami", "kami", atau "milik kami").
Jika Anda tidak setuju dengan bagian manapun dari Syarat dan Ketentuan ini, jangan gunakan ShopeePay QRIS Speaker atau Layanan kami. Dengan mengaktifkan dan/atau menggunakan ShopeePay QRIS Speaker, Anda dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui isi lengkap dari Syarat dan Ketentuan ini, serta kebijakan terkait atau syarat dan ketentuan tambahan yang mungkin kami komunikasikan kepada Anda dari waktu ke waktu.
ShopeePay dapat memperbarui atau mengubah Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu. Penggunaan ShopeePay QRIS Speaker yang berkelanjutan setelah perubahan tersebut merupakan penerimaan Anda terhadap ketentuan yang diperbarui. Jika Anda tidak setuju dengan perubahan tersebut, Anda dapat menghentikan penggunaan ShopeePay QRIS Speaker atau Layanan kami dengan menghubungi kami melalui saluran komunikasi sebagaimana ditentukan dalam Bagian 9. Jika Anda mengakhiri Layanan kami sebelum akhir jangka waktu yang disepakati, Anda tidak berhak atas pengembalian biaya yang telah dibayarkan sebelumnya, termasuk namun tidak terbatas pada Biaya Pemasangan (sebagaimana didefinisikan di bawah). Semua biaya tersebut akan dianggap tidak dapat dikembalikan dalam keadaan apa pun.
1. TENTANG SHOPEEPAY QRIS SPEAKER
a. ShopeePay QRIS Speaker adalah perangkat yang menyediakan notifikasi suara untuk transaksi pembayaran setelah menyelesaikan transaksi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) ("ShopeePay QRIS Speaker"). Untuk tujuan Layanan, setiap aksesori yang menyertai yang disediakan sebagai bagian dari Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada pengisi daya kabel (charger), akan dianggap sebagai bagian dari ShopeePay QRIS Speaker.
b. ShopeePay QRIS Speaker hanya tersedia untuk transaksi QRIS di mana Anda pertama kali terdaftar di ShopeePay sebagai pengakuisisi utama (main acquirer) dan bukan dengan pengakuisisi (acquirer) lainnya.
2. SYARAT DAN KETENTUAN
a. Untuk menggunakan ShopeePay QRIS Speaker, Anda wajib mematuhi ketentuan sebagai berikut, termasuk namun tidak terbatas pada:
(i) memiliki akun dan terdaftar sebagai merchant ShopeePay yang mampu menerima transaksi QRIS;
(ii) memastikan ShopeePay QRIS Speaker menggunakan kartu SIM yang kami sediakan, terhubung ke sumber daya (jika diperlukan oleh model perangkat) untuk fungsi yang optimal, dan bahwa Anda tidak diizinkan untuk melepas atau menggunakan kartu SIM di perangkat apa pun selain ShopeePay QRIS Speaker yang ditunjuk;
(iii) menjaga ShopeePay QRIS Speaker dalam kondisi baik dan aman;
(iv) menggunakan dan memelihara keamanannya sesuai dengan pedoman dan persyaratan yang kami berikan dari waktu ke waktu selama Periode Penggunaan (sebagaimana didefinisikan di bawah);
(v) menggunakan ShopeePay QRIS Speaker semata-mata untuk tujuan yang dimaksudkan sehubungan dengan layanan ShopeePay serta tidak melakukan modifikasi, perusakan atau penyalahgunaan perangkat tanpa izin;
(vi) tidak memindahkan ShopeePay QRIS Speaker dari lokasi toko Anda saat ini ke lokasi lain;
(vii) tidak mencoba memperbaiki sendiri ShopeePay QRIS Speaker yang rusak;
(viii) tidak menggunakan perangkat lain yang menggantikan fungsi ShopeePay QRIS Speaker;
(ix) segera melaporkan kehilangan, pencurian, kerusakan, atau malfungsi ShopeePay QRIS Speaker kepada ShopeePay;
(x) mengembalikan ShopeePay QRIS Speaker ke ShopeePay dalam kondisi kerja yang baik dan bebas dari cacat fisik jika Anda menghentikan penggunaan layanan ShopeePay QRIS Speaker atau tidak lagi menggunakan layanan QRIS dengan ShopeePay sebagai pengakuisisi utama (main acquirer); dan
(xi) mematuhi semua undang-undang, peraturan, dan kebijakan ShopeePay yang berlaku sehubungan dengan penggunaan ShopeePay QRIS Speaker.
b. ShopeePay berhak untuk menangguhkan atau menghentikan penggunaan Anda atas layanan ShopeePay QRIS Speaker kapan saja dengan alasan apa pun, termasuk dugaan penyalahgunaan atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini.
3. KEWAJIBAN
a. ShopeePay QRIS Speaker ini hanya berfungsi sebagai alat konfirmasi dan bukan merupakan bukti satu-satunya atau definitif dari keberhasilan transaksi. Konfirmasi resmi harus didasarkan pada sistem ShopeePay, laporan transaksi atau bukti transaksi lain yang valid. ShopeePay tidak menjamin pengoperasian ShopeePay QRIS Speaker tanpa gangguan atau bebas kesalahan dan menyangkal tanggung jawab apa pun atas gangguan atau kesalahan di luar kendalinya.
b. ShopeePay tidak bertanggung jawab atas kegagalan perangkat yang diakibatkan oleh:
(i) kerusakan fisik karena kelalaian pengguna;
(ii) gangguan konektivitas internet atau listrik;
(iii) penggunaan yang tidak sesuai dengan instruksi perangkat; atau
(iv) peristiwa atau keadaan keadaan di luar kendali wajar ShopeePay.
c. ShopeePay tidak bertanggung jawab atas kerugian langsung atau tidak langsung yang timbul dari ketergantungan Anda sepenuhnya pada ShopeePay QRIS Speaker tanpa verifikasi lebih lanjut dari sistem ShopeePay. Anda dengan ini membebaskan ShopeePay dari tanggung jawab apa pun dan setuju untuk bertanggung jawab atas semua kerugian yang ditimbulkan oleh ShopeePay akibat penyalahgunaan ShopeePay QRIS Speaker oleh Anda, karyawan Anda atau pihak ketiga mana pun.
d. ShopeePay akan menanggung biaya terkait, termasuk namun tidak terbatas pada biaya perbaikan, biaya penggantian, dan biaya logistik untuk mengambil perangkat, hanya jika:
(i) perangkat rusak karena cacat produksi atau selama pengiriman; dan
(ii) Anda melaporkan kerusakan selambat-lambatnya tiga (3) hari kalender sejak tanggal Anda menerima ShopeePay QRIS Speaker dari kurir pengiriman yang ditunjuk.
Di luar kasus yang disebutkan di atas, Anda akan bertanggung jawab penuh atas kehilangan atau kerusakan pada perangkat. Anda harus segera memberi tahu ShopeePay tentang kerusakan atau kerugian apa pun pada ShopeePay QRIS Speaker dan akan bertanggung jawab atas biaya kompensasi apa pun sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.
e. Semua data yang dirujuk dalam Syarat dan Ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada jumlah biaya, kompensasi atas kerusakan dan tanggal Anda menerima ShopeePay QRIS Speaker, dicatat dalam database ShopeePay. Anda dengan ini membebaskan ShopeePay dari setiap klaim atau tindakan hukum dalam bentuk apa pun dari pihak mana pun (termasuk diri Anda sendiri) terkait dengan data yang tercatat dalam database ShopeePay.
4. BIAYA DAN KETENTUAN PEMBAYARAN YANG BERLAKU
a. Setiap biaya yang terkait dengan penggunaan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada biaya pemasangan ("
Biaya Pemasangan"), biaya pemeliharaan ("
Biaya Pemeliharaan"), biaya perbaikan/penggantian ("
Biaya Perbaikan/Penggantian"), biaya suku cadang ("
Biaya Suku Cadang"), tercantum dalam bagian Help Centre dan
Frequently Asked Questions yang tersedia melalui halaman
Biaya ShopeePay QRIS Speaker. Setiap biaya yang terkait dengan penggunaan Layanan sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan belum dipotong Pajak Penghasilan (PPh), sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
b. Setelah pemberitahuan sebelumnya dari ShopeePay, jika Anda gagal membayar Biaya Pemeliharaan selama tiga puluh (30) hari kalender berturut-turut, ShopeePay dapat, atas kebijakannya sendiri, menarik ShopeePay QRIS Speaker dari toko Anda tanpa memerlukan persetujuan Anda lebih lanjut. Dalam hal tersebut, Anda tidak berhak untuk mengajukan klaim hukum apa pun atau meminta kompensasi atas penarikan tersebut.
c. Terlepas dari ketentuan lain dalam Syarat dan Ketentuan ini, ShopeePay tidak bertanggung jawab atas kerugian tidak langsung, konsekuensial, atau insidental yang mungkin Anda alami sehubungan dengan penggunaan ShopeePay QRIS Speaker. Tanggung jawab ShopeePay atas klaim apa pun yang terkait dengan layanan penyewaan ShopeePay QRIS Speaker akan terbatas pada jumlah total Biaya Pemeliharaan yang Anda bayarkan selama lima (5) hari kalender atau jumlah maksimum yang diizinkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, mana yang lebih rendah.
d. Anda harus memesan ShopeePay QRIS Speaker melalui
ShopeePay Official Store. Kecuali dinyatakan lain, Anda bertanggung jawab atas semua biaya yang terkait dengan pemesanan ShopeePay QRIS Speaker, termasuk namun tidak terbatas pada Biaya Pemasangan, Biaya Pemeliharaan, dan biaya terkait lainnya yang mungkin diberitahukan oleh kami dari waktu ke waktu. Pembayaran Biaya Pemasangan diperlukan pada saat memesan perangkat. Biaya Pemeliharaan akan dipotong setiap hari selama Periode Penggunaan dari pendapatan yang tercatat di Dompet Merchant Anda.
e. Anda dengan ini memberi wewenang kepada ShopeePay yang mengelola Dompet Merchant, dengan hak substitusi, untuk mendebit atau mengkreditkan penghasilan Anda atas setiap transaksi termasuk Biaya Pemeliharaan, Biaya Perbaikan/Penggantian, Biaya Suku Cadang, koreksi dan/atau klaim tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda untuk memenuhi kewajiban Anda kepada ShopeePay, pengguna, penerbit uang elektronik lainnya atau penyedia metode pembayaran. Otorisasi ini tetap berlaku terlepas dari alasan apa pun, termasuk yang disebutkan dalam Pasal 1813, 1814 dan 1816 KUH Perdata, selama Anda memiliki kewajiban yang belum dibayar kepada ShopeePay.
f. Anda bertanggung jawab atas dan berkewajiban untuk memberi kompensasi kepada ShopeePay atas ShopeePay QRIS Speaker yang hilang atau rusak tidak dapat diperbaiki dan membayar Biaya Perbaikan/Penggantian yang berlaku. Tapi, kami akan menanggung biaya logistik untuk mengambil perangkat.
g. Anda harus membayar Biaya Perbaikan/Penggantian dan Biaya Suku Cadang dimuka, berdasarkan tagihan yang diterbitkan oleh ShopeePay kepada Anda. Perbaikan, penggantian, penukaran atau penempatan/penggunaan kembali ShopeePay QRIS Speaker hanya akan diproses setelah pembayaran atas Biaya Perbaikan/Penggantian dan Biaya Suku Cadang yang berlaku telah diterima secara penuh oleh ShopeePay. ShopeePay tidak bertanggung jawab atas keterlambatan atau gangguan layanan yang timbul dari kegagalan Anda untuk melakukan pembayaran tepat waktu.
h. Jika Anda gagal membayar Biaya Perbaikan/Penggantian dan Biaya Suku Cadang, ShopeePay berhak untuk mengambil salah satu atau semua tindakan berikut:
(i) menjatuhkan denda keterlambatan pembayaran dalam jumlah yang ditentukan atas kebijakan ShopeePay sendiri;
(ii) memotong atau mengkompensasi (offset) Biaya Perbaikan/Penggantian dan Biaya Suku Cadang yang belum dibayar (termasuk penalti yang berlaku) dari dana apa pun yang harus dibayarkan kepada Anda, termasuk dana yang tercatat di Dompet Merchant Anda, sehingga jumlah akhir yang tercermin dalam Dompet Merchant Anda akan dikurangi dari pemotongan tersebut;
(iii) menangguhkan akses Anda ke layanan ShopeePay QRIS Speaker dan/atau layanan ShopeePay terkait hingga pembayaran penuh diterima;
(iv) mengambil ShopeePay QRIS Speaker dari toko Anda kapan saja, dengan pemberitahuan tertulis sebelumnya kepada Anda; dan/atau
(v) melakukan upaya hukum lain yang tersedia berdasarkan peraturan perundang-undangan atau kontrak yang berlaku.
i. Jika diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anda dapat melakukan pemotongan PPh atas setiap biaya dan jumlah lain yang harus dibayarkan oleh Anda kepada ShopeePay berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini. Jumlah Biaya Pemeliharaan yang diwajibkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, jika ada, wajib dipotong oleh Anda sebagai merchant untuk dan atas nama ShopeePay dari pembayaran yang harus dilakukan kepada ShopeePay, wajib dipotong dan segera disetorkan oleh Anda kepada otoritas pajak yang berwenang. Melalui mekanisme penggantian (reimbursement), ShopeePay akan mengganti jumlah PPh yang telah Anda bayarkan kepada otoritas pajak yang berwenang. Anda harus memberikan bukti pungut resmi atau dokumen pendukung lainnya yang sah yang diterbitkan oleh otoritas pajak yang berwenang kepada ShopeePay, yang cukup untuk memungkinkan ShopeePay mengajukan klaim kredit pajak atas jumlah yang dipotong tersebut terhadap kewajiban pajak penghasilan di yurisdiksi mana pun dalam jangka waktu tiga puluh (30) hari kalender sejak akhir bulan saat pajak tersebut dipotong dan disetorkan oleh Anda kepada otoritas pajak yang berwenang. Namun, Anda tidak akan melakukan pemotongan PPh atas pembayaran kepada ShopeePay, sepanjang ShopeePay telah melampirkan salinan Surat Keterangan Bebas (SKB) atau surat serupa yang diterbitkan oleh otoritas pajak yang berwenang untuk setiap faktur yang dikirimkan kepada Anda, dan surat tersebut masih berlaku pada saat Anda melakukan pembayaran kepada ShopeePay. Anda tidak berkewajiban untuk mengembalikan jumlah pajak yang telah dipotong jika ShopeePay tidak memberikan atau terlambat memberikan SKB pada saat pengiriman faktur. Anda berupaya secara wajar untuk memberikan bukti pemotongan atas pajak tersebut (jika ada) kepada ShopeePay.
5. JANGKA WAKTU DAN PENGAKHIRAN
a. Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku sejak tanggal Anda memberikan persetujuan Anda, sebagaimana tercatat dalam database ShopeePay, dan akan tetap berlaku untuk jangka waktu yang tidak terbatas ("Periode Penggunaan"), kecuali jika ShopeePay atau Anda memberikan pemberitahuan tertulis tentang pengakhiran setidaknya tiga puluh (30) hari kalender sebelum tanggal pengakhiran yang dimaksudkan. Penerapan Pasal 1266 KUH Perdata Indonesia dengan ini dikesampingkan sejauh diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, memungkinkan pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini tanpa putusan pengadilan, semata-mata dengan pemberitahuan tertulis dari ShopeePay atau Anda. Salah satu pihak dapat mengakhiri Layanan dengan memberikan pemberitahuan tertulis tiga puluh (30) hari kalender sebelumnya kepada pihak lain.
b. Berakhirnya Periode Penggunaan tidak akan mempengaruhi hak ShopeePay untuk memungut biaya terutang yang timbul dari penggunaan ShopeePay QRIS Speaker oleh Anda. Semua ketentuan yang terkait dengan kewajiban penagihan dan pembayaran akan tetap berlaku dan berlaku penuh, dan terus berlaku bahkan setelah Periode Penggunaan berakhir.
6. PERNYATAAN DAN JAMINAN
Anda menyatakan dan menjamin bahwa:
a. penandatanganan dan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini telah mendapatkan persetujuan yang sah dan merupakan kewajiban yang sah, legal, dan mengikat, yang dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuannya;
b. semua informasi, dokumen, dan pernyataan yang diberikan kepada ShopeePay adalah benar, akurat, lengkap dan tidak menyesatkan dalam hal material apa pun, dan akan segera diberitahukan kepada ShopeePay tentang setiap perubahannya;
c. semua persetujuan, izin, otorisasi, pengecualian, lisensi, pendaftaran, atau penyampaian dokumen yang diperlukan kepada otoritas pemerintah atau pihak ketiga mana pun, yang diperlukan sehubungan dengan penandatangan, pelaksanaan, dan pemenuhan Syarat dan Ketentuan ini, telah diperoleh dengan benar dan berlaku penuh;
d. penandatanganan, pelaksanaan, dan pemenuhan Syarat dan Ketentuan ini tidak akan melanggar atau bertentangan dengan hukum, aturan, peraturan, putusan, atau perintah yang berlaku yang dikeluarkan oleh pengadilan, tribunal, atau otoritas regulasi mana pun, maupun mengakibatkan pelanggaran atau wanprestasi terhadap perjanjian atau instrumen apa pun yang mengikat Anda;
e. Anda memiliki hak, kekuasaan, dan wewenang hukum penuh untuk mengikatkan diri dan melaksanakan kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini; dan
f. Anda setuju untuk mengganti kerugian dan membebaskan ShopeePay, termasuk anak perusahaan dan afiliasinya, dari dan terhadap segala kerugian, klaim, kerusakan, kewajiban, biaya atau pengeluaran (termasuk biaya hukum) yang timbul dari pelanggaran atas pernyataan dan jaminan yang disebutkan di atas.
7. KEADAAN KAHAR
a. Tidak ada pihak yang bertanggung jawab kepada pihak lain atas kerugian atau kerusakan yang timbul dari keterlambatan atau kegagalan untuk melaksanakan kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, secara keseluruhan atau sebagian, jika keterlambatan atau kegagalan tersebut disebabkan oleh keadaan di luar kendali yang wajar, termasuk namun tidak terbatas pada perang sipil, pemberontakan, pemogokan, kerusuhan, kebakaran, banjir, ledakan, gempa bumi, kecelakaan serius, bencana alam, tindakan atau peraturan pemerintah, epidemi, karantina, atau perselisihan ketenagakerjaan yang mengakibatkan penghentian, perlambatan atau gangguan kerja. Dalam kasus tersebut, kewajiban pihak yang terdampak dan batas waktu pelaksanaan atau pemenuhan yang berlaku akan diperpanjang selama berlangsungnya keadaan kahar tersebut, tetapi hanya sejauh keadaan tersebut secara langsung mempengaruhi kemampuan pihak tersebut untuk melaksanakan kewajibannya.
b. Pihak yang terkena dampak peristiwa force majeure harus memberi tahu pihak lain secara tertulis sesegera mungkin tentang dimulainya dan, jika berlaku, penghentian peristiwa tersebut.
8. HUKUM YANG MENGATUR DAN PENYELESAIAN SENGKETA
Syarat dan Ketentuan ini diatur oleh hukum Republik Indonesia. Jika terjadi sengketa, perselisihan, klaim, atau perbedaan pendapat dalam bentuk apa pun yang timbul antara para pihak sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini, termasuk pelanggaran, penghentian, atau keabsahan Syarat dan Ketentuan ini, atau sehubungan dengan penentuan hal-hal apa pun yang memerlukan penilaian objektif berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini ("Sengketa"), dan Sengketa tersebut telah diberitahukan secara tertulis oleh salah satu pihak kepada pihak lainnya, maka para pihak wajib berupaya untuk menyelesaikan Sengketa tersebut terlebih dahulu melalui diskusi bersama selama jangka waktu tiga puluh (30) hari kalender sejak penerimaan pemberitahuan Sengketa oleh salah satu pihak.
9. TANGGAPAN DAN PEMBERITAHUAN
Jika Anda memiliki keluhan, tanggapan, atau pemberitahuan, Anda dapat menghubungi kami dengan menghubungi:
a. Live Chat Customer Service Shopee; atau
b. 021-39500300.
10. KETENTUAN UMUM
a. Apabila ada ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang dianggap melanggar hukum, tidak berlaku, atau karena alasan apapun tidak dapat diberlakukan berdasarkan hukum dalam suatu yurisdiksi, maka ketentuan tersebut harus dianggap terpisah dari Syarat dan Ketentuan ini, dan tidak akan mempengaruhi keabsahan dan keberlakuan ketentuan lain dalam Syarat dan Ketentuan di yurisdiksi tersebut, maupun keabsahan dan keberlakuan ketentuan yang dianggap melanggar hukum, tidak berlaku atau tidak dapat diberlakukan tersebut berdasarkan hukum yang berlaku di yurisdiksi lain.
b. Kami mencadangkan seluruh hak yang tidak secara tegas diberikan dalam Syarat dan Ketentuan ini.
c. Anda dilarang mengalihkan, memindahkan, atau mensublisensikan ShopeePay QRIS Speaker atau setiap hak yang diberikan kepada Anda berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari ShopeePay.
d. Tidak ada satu ketentuan pun dalam Syarat dan Ketentuan ini yang dapat diartikan sebagai pembentukan hubungan kemitraan, usaha patungan atau hubungan pemberi kerja dan agen, antara Anda dan kami, atau memberikan hak kepada Anda untuk membebankan biaya atau kewajiban apa pun atas nama kami.
e. Kegagalan kami sewaktu-waktu atau pada setiap saat untuk menuntut pelaksanaan ketentuan Syarat dan Ketentuan ini tidak akan mempengaruhi hak kami di kemudian hari untuk memberlakukan ketentuan tersebut, kecuali ketentuan tersebut dikesampingkan secara tertulis.
f. Syarat dan Ketentuan ini disusun semata-mata untuk kepentingan Anda dan ShopeePay, dan bukan untuk kepentingan orang atau entitas lain, kecuali untuk ShopeePay dan afiliasi dan anak perusahaannya, dan masing-masing penerus dan penerima pengalihan hak ShopeePay, afiliasi dan anak perusahaannya).
g. Syarat dan Ketentuan ini, bersama dengan perjanjian, kebijakan, dan dokumen lain yang dirujuk dan diikutsertakan di dalamnya, merupakan keseluruhan perjanjian dan pemahaman antara Anda dan ShopeePay sehubungan dengan ShopeePay QRIS Speaker dan Layanan terkait. Syarat dan Ketentuan ini menggantikan semua perjanjian, pernyataan, pemahaman, negosiasi, atau komunikasi sebelumnya atau yang terjadi secara bersamaan, baik tertulis maupun lisan, yang berkaitan dengan hal yang sama. Para pihak secara tegas mengecualikan seluruh syarat dan ketentuan yang tersirat sejauh diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam membuat perjanjian ini, tidak ada pihak yang mengandalkan pernyataan, jaminan, komitmen, janji, penegasan, atau pernyataan apa pun yang dibuat oleh pihak mana pun, kecuali yang secara tegas tercantum dalam Syarat dan Ketentuan ini. Masing-masing pihak secara tidak dapat dibatalkan dan tanpa syarat melepaskan setiap dan segala hak, klaim, atau upaya hukum yang mungkin timbul sehubungan dengan hal-hal tersebut di atas, kecuali jika secara tegas diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini. Tidak ada ketentuan yang dapat diperkenalkan atau ditafsirkan dengan mengacu pada perjanjian sebelumnya, perjanjian lisan yang terjadi secara bersamaan, atau ketentuan tambahan lain yang tidak secara tegas dicantumkan di sini.
SAYA TELAH MEMBACA SYARAT DAN KETENTUAN INI, DAN MENYETUJUI SELURUH KETENTUAN SEBAGAIMANA TERCANTUM DI ATAS, BERIKUT SETIAP REVISI YANG DIBUAT SETELAHNYA. DENGAN MENGKLIK TOMBOL "DAFTAR SEKARANG" ATAU TINDAKAN LAIN YANG SERUPA SEBAGAIMANA DIATUR DI BAWAH INI, SAYA MEMAHAMI BAHWA SAYA SEDANG MEMBUAT TANDA TANGAN DIGITAL, YANG SAYA MAKSUDKAN UNTUK MEMILIKI KEKUATAN DAN AKIBAT HUKUM YANG SAMA, SEPERTI BILA SAYA MEMBUBUHKAN NAMA SAYA SECARA MANUAL.
Terakhir kali dirubah: 12 Agustus 2025