Hai, ada yang bisa kami bantu?

[ShopeePay] Apa yang harus saya lakukan jika saldo ShopeePay terpotong atas transaksi pada Merchant yang tidak dikenal?

Apabila menemukan transaksi yang tidak dikenal dan memotong saldo ShopeePay Anda di aplikasi Shopee/aplikasi Shopeepay, harap lakukan hal berikut: 

 

  • Lakukan pengecekan pada riwayat transaksi ShopeePay

  • Kenali jenis transaksi, seperti jenis transaksi jenis pembayaran dalam satu waktu pada Merchant Online & Offline atau jenis pembayaran berlangganan (subscription)

  • Pastikan transaksi tersebut bukan transaksi yang sudah pernah Anda lakukan sebelumnya

 

Jika telah terjadi pemotongan atas transaksi pada Merchant yang tidak dikenal, silakan lakukan pelaporan ke Customer Service untuk penanganan lebih lanjut dengan mengaskes link yang tertera di sini 

 

Tips aman untuk menghindari adanya penyalahgunaan pada saldo ShopeePay:

 

  • Jangan pernah menyerahkan Kode Verifikasi (OTP), PIN, password dan/atau mengirimkan uang ke nomor yang tidak dikenal.

  • Team Shopee & ShopeePay tidak akan pernah meminta Kode Verifikasi (OTP), PIN, atau pun password untuk alasan apa pun.

  • Jika Anda sudah memberikan Kode Verifikasi (OTP), Penipu mungkin akan mencoba mengubah password atau nomor telepon Anda.  Harap selalu pastikan kembali bahwa password dan nomor telepon yang terdaftar sudah benar.

  • Hindari mengakses Link atau Tautan mencurigakan yang tidak dikenal.

  • Hindari berkomunikasi dan/atau bertransaksi di luar aplikasi Shopee atau ShopeePay.

  • Hindari melakukan transaksi scan kode QRIS (barcode) melalui gambar/pesan singkat dan sejenisnya. Anda dihimbau untuk hanya melakukan transaksi pembayaran offline dengan scan kode QRIS code (barcode) di Merchant yang bekerja sama dengan ShopeePay. Untuk memastikan keamanan, Anda dapat melakukan validasi transaksi dengan menghubungi Customer Service.  

  • Lakukan perubahan PIN ShopeePay kamu secara berkala dan hindari menggunakan PIN yang mudah ditebak (misal: 123456 atau 000000) dengan ikuti langkah berikut: Bagaimana cara mengubah PIN ShopeePay saya?

  • Anda juga dapat membatalkan tautan layanan/aplikasi yang terhubung dengan akun ShopeePay mengikuti cara berikut ini

    1. Buka menu Saya

    2. Pilih menu ShopeePay

    3. Pilih menu Pengaturan

    4. Pilih menu Aplikasi/layanan yang terhubung

    5. Pilih layanan yang ingin dibatalkan

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak