Hai, ada yang bisa kami bantu?

Bagaimana cara mendaftar menjadi Merchant ShopeePay/ShopeeFood melalui aplikasi Shopee Partner?

Untuk mendaftar menjadi Merchant ShopeePay/ShopeeFood melalui aplikasi Shopee Partner, download aplikasi Shopee Partner di App Store (untuk pengguna Apple) atau Google Play Store (untuk pengguna Android) > pilih Log In/Sign Up dengan SMS > masukkan nomor handphone > masukkan kode verifikasi (OTP) > buat password.

Setelah berhasil masuk, pilih jenis pendaftaran yang sesuai dengan tipe usaha Anda:

  • Jika tipe usaha Anda adalah usaha milik perusahaan (usaha yang tidak dimiliki secara perseorangan dan sudah berbadan hukum terpisah (seperti, tapi tidak terbatas pada PT, CV atau Yayasan)), Anda dapat mengisi formulir berikut.
  • Jika tipe usaha Anda adalah usaha perseorangan (usaha yang dimiliki secara perseorangan dan belum pernah didaftarkan sebelumnya di ShopeePay/ShopeeFood), pilih Mulai Aktivasi > pilih tipe bisnis yang ingin Anda daftarkan > lengkapi data usaha sesuai dengan tipe usaha yang Anda pilih, serta isi data pemilik atau pengguna sesuai dengan data pemilik (bukan kasir dan karyawan) > pilih Kirim.

 

Ketentuan dokumen pendaftaran Merchant ShopeePay/ShopeeFood:

  1. Identitas yang dilampirkan wajib menggunakan KTP/KITAS asli pemilik usaha dan tidak dapat digantikan dengan Surat Keterangan Resi KTP.
  2. Pastikan KTP yang dilampirkan asli (data KTP terdaftar dan sesuai dengan yang ada di Dukcapil), bukan fotokopi, serta tidak rusak. Jika KTP memiliki kerusakan di bagian seperti NIK, pas foto, nama, tempat/tanggal lahir, jenis kelamin, atau alamat, silakan mengajukan pembaruan KTP di instansi terkait. Jika KTP belum dirilis atau hilang, silakan menghubungi instansi terkait.
  3. Dokumen seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Kartu Keluarga (KK) tidak dapat digunakan sebagai pengganti KTP untuk proses pendaftaran, namun Anda dapat melampirkannya sebagai dokumen tambahan pada kondisi berikut:
    1. Jika foto KTP buram, Anda dapat melampirkan KTP dan dokumen tambahan berupa SIM.
    2. Jika tulisan di KTP buram, Anda dapat melampirkan KTP dan dokumen tambahan berupa KK.
  4. NPWP pemilik usaha bersifat opsional. Lampirkan NPWP jika Anda memiliki tarif PB1 (khusus Merchant ShopeeFood). Jika tidak, Anda tidak perlu melampirkannya.
  5. Data rekening seperti nama bank, nomor rekening bank, dan nama pemilik rekening diperlukan untuk pencairan dana usaha.
  6. Jika nama pemilik usaha dan pemilik rekening berbeda, mohon lampirkan keterangan bahwa data yang Anda input adalah benar. Pastikan keterangan terbaca dengan jelas dan tidak buram.
 
⚠️Catatan
  • Proses verifikasi data usaha Merchant ShopeePay/ShopeeFood membutuhkan waktu 1-5 hari kerja. Anda dapat melakukan pengecekan secara berkala melalui aplikasi Shopee Partner atau email untuk mengetahui hasil dan langkah selanjutnya.
  • Untuk Merchant ShopeePay, setelah proses verifikasi berhasil, Anda dapat langsung mengoperasikan bisnis Anda. Untuk Merchant ShopeeFood, Anda perlu meng-input menu, harga, serta jam operasional untuk mengoperasikan bisnis Anda.
  • Pastikan alamat email dan nomor handphone yang didaftarkan belum pernah digunakan pada outlet lain atau sebelumnya pernah terdaftar sebagai Merchant ShopeePay/ShopeeFood.
  • Pastikan nomor handphone yang didaftarkan tidak dalam masa tenggang atau merupakan nomor tidak aktif sehingga tidak bisa digunakan untuk menerima SMS.
  • Anda tidak akan dikenakan biaya apapun saat melakukan pendaftaran sebagai Merchant ShopeePay/ShopeeFood melalui aplikasi Shopee Partner. Hati-hati dengan tindak penipuan. Kami tidak bekerja sama dengan pihak mana pun dalam pendaftaran Mitra Usaha.
  • Anda dapat memilih 2 (dua) tipe bisnis, ShopeePay ataupun ShopeeFood, dengan rincian sebagai berikut:
    • ShopeePay berlaku di seluruh Indonesia.
    • Jika Anda memilih bisnis ShopeeFood, mohon pastikan Anda berada di lokasi layanan ShopeeFood. Apabila icon bisnis ShopeeFood tidak dapat ditekan, hal ini menandakan bahwa lokasi bisnis Anda belum berada di wilayah layanan ShopeeFood.

 

Pelajari lebih lanjut mengenai panduan registrasi mandiri Merchant ShopeePay & ShopeeFood. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Customer Service Shopee melalui Live Chat pada Pusat Bantuan di aplikasi Shopee.

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak