Hai, ada yang bisa kami bantu?

Apa itu Biaya Kemasan?

Biaya Kemasan adalah biaya tambahan yang dikenakan kepada Pelanggan ShopeeFood agar pesanan dapat dikemas secara baik dan layak, sesuai standar pengemasan yang berlaku agar  dapat menjaga kualitas makanan saat dikirimkan kepada Pelanggan. 


Biaya Kemasan akan dicatat sebagai pendapatan Anda. Kami mohon kerja samanya untuk memastikan kelayakan kemasan yang diberikan kepada pelanggan yang membayar biaya ini.


Nominal Biaya Kemasan:

  • Anda dapat mengajukan nominal Biaya Kemasan yang sama atau lebih rendah dari toko offline atau toko online di aplikasi pengantaran makanan Anda lainnya.
  • Pengajuan dari nominal Biaya Kemasan dapat dilakukan melalui Formulir Perubahan Konten ShopeeFood atau menghubungi tim Sales ShopeeFood. Tim ShopeeFood akan melakukan validasi dari nominal yang diajukan, disesuaikan dengan bukti dari Kemasan yang dimiliki oleh pihak Merchant.

Cara mengajukan Biaya Kemasan:

  • Anda dapat menghubungi  tim Business Development ShopeeFood atau mengisi Formulir Perubahan Konten ShopeeFood.
  • Sertakan lampiran sebagai berikut:
    • Foto dari kemasan.
    • Bukti atas Biaya Kemasan di toko offline Anda ataupun toko online Anda (di aplikasi pengantaran makanan lainnya).
  • Data Anda akan divalidasi maksimal 14 hari kerja.
  • Jika disetujui, maka Biaya Kemasan akan dikenakan ke Pelanggan untuk setiap pesanan dalam halaman checkout ShopeeFood maksimal 14 hari kerja setelah pengajuan.
  • Biaya Kemasan yang diberlakukan juga akan tertera pada laporan penyelesaian pesanan yang diterima oleh Merchant.
 
⚠️ Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam hal pengajuan Biaya Kemasan:
  • Pengajuan disetujui jika nominal biaya sama atau lebih rendah dari Biaya Kemasan yang tertera di lampiran yang Anda berikan.
  • Jika Biaya Kemasan Anda tidak tertera di halaman checkout ShopeeFood atau pada settlement report dalam 14 hari, maka pengajuan Anda tidak disetujui. Mohon menghubungi tim Business Development ShopeeFood atau Customer Service Shopee.
  • Pengajuan tidak disetujui, jika:
    • Anda hanya melampirkan salah satu bukti.
    • Biaya Kemasan yang Anda ajukan lebih tinggi daripada Biaya Kemasan pada lampiran Anda.
    • Foto kemasan tidak valid (bukan foto kemasan asli atau mengambil foto dari sumber lain).

 

Tampilan pada Formulir Perubahan Konten:

  1. Isi data yang diperlukan (email, nama Merchant, nomor handphone yang terdaftar).

1.png


  1. Pilih tipe pengajuan Perubahan Konten ShopeeFood.


2.png 


  1. Pilih tipe request perubahan untuk 1 outlet atau perubahan untuk beberapa outlet.


3.png


  1. Isi nama Outlet dan Store ID, lalu pilih tipe perubahan Perubahan Biaya Kemasan.

 

4.png


  1. Ajukan Biaya Kemasan dengan melampirkan bukti foto kemasan dan bukti atas biaya kemasan di toko offline Anda ataupun di toko online Anda (aplikasi pengantaran makanan lainnya).

5.png

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak