Ada beberapa kendala yang mungkin Anda temui terkait jaringan internet pada mesin EDC Anda, diantaranya sebagai berikut:
Jaringan Internet mesin EDC Anda melemah, hal ini ditandai dengan bar sinyal EDC Anda melemah (naik turun & simbol bar berubah menjadi G atau E). Ada 2 kemungkinan kendala eksternal dan kendala internal :
Kendala Eksternal, disebabkan oleh area Anda tidak dijangkau oleh jaringan operator yang disebabkan oleh cuaca buruk → Anda dapat menunggu hingga jaringan operator kembali normal.
Kendala Internal, disebabkan karena beberapa kemungkinan seperti kesalahan pada aplikasi dan software yang mengakibatkan sinyal lemah → Coba lakukan beberapa langkah berikut:
Aktifkan mode pesawat sementara.
Lakukan clear cache.
Restart perangkat EDC Anda.
Petunjuk melakukan clear cache 👉
Pilih *Settings* (dari menu utama di EDC)
Cari dan pilih *Apps*
Cari dan pilih *Shopee Partner*
Kemudian pilih *Storage* lalu tekan *Clear cache dan Clear data*
(pastikan clear cache terlebih dahulu, kemudian clear data)
Melebihi pemakaian kuota, setiap pengguna EDC ShopeePay diberikan kuota pemakaian untuk mengakses aplikasi Shopee Partner. Jika kuota habis maka bar sinyal Anda akan berubah menjadi G atau E → Silakan menghubungi CS ShopeePay melalui live chat untuk memperbarui kuota internet Anda.
**Sebagai informasi kami akan melakukan refresh kuota internet Anda setiap tanggal 1 di awal bulan.
Simcard Anda belum terpasang dengan benar, Hal ini ditandai tidak ada bar jaringan dan muncul informasi “Jaringan tidak tersedia” → Silakan pastikan pemasangan simcard sudah benar.
Petunjuk cara pemasangan SIM Card di EDC dengan benar:
Matikan mesin EDC dengan cara menekan dan tahan tombol power, kemudian akan muncul pilihan reboot & power off > pilih power off.
Lepas tutup bagian belakang mesin EDC.
Bersihkan SIM Card atau tempat pemasangan kartu dengan kain / tisu.
Pastikan SIM Card Anda tidak terbalik dan mengikuti arah pemasangan kartu.
Nyalakan kembali EDC Anda dengan cara menekan dan tahan tombol power sekitar 5-6 detik.
4. EDC terhubung dengan WiFi namun muncul “Jaringan tidak tersedia” → segera periksa perangkat koneksi ke WiFi Anda dan jika ada masalah jaringan Anda dapat menunggu hingga jaringan WiFi Anda kembali normal.
Jika kendala ini sering terjadi dan menghambat transaksi di toko Anda, Anda dapat melakukan pergantian mode integrasi Anda dari EDC ke QR Static, silakan membuka artikel > Bagaimana Jika ingin melakukan penggantian EDC ke QR Static?