Hai, ada yang bisa kami bantu?

Peraturan Komunitas

Kami bertujuan membangun komunitas yang bersahabat dan positif di Shopee. Oleh karena itu kami membuat Peraturan Komunitas sebagai petunjuk bagi semua pembeli dan penjual agar tetap terjaga lingkungan online yang aman dan menyenangkan dalam kegiatan transaksi. Melalui petunjuk ini Anda dapat mengetahui hal yang disarankan dan dilarang di Shopee! Dengan menggunakan Shopee, Anda berarti sudah menyetujui Syarat Layanan kami. Kami berkomitmen untuk menjaga lingkungan komunitas yang aman dengan adanya kerja sama dari semua pihak.

 

Hal yang Disarankan

 

1. Berjualan, bukan memasang iklan

Shopee dirancang sebagai tempat untuk membantu transaksi antara pembeli dan penjual, bukan platform untuk memasang iklan. Oleh karena itu, semua produk yang Anda daftarkan harus berupa produk yang ingin Anda jual.

Berikut adalah beberapa contoh dari iklan : 

  • Menghubungkan halaman produk Anda ke situs web yang lain.
  • Deskripsi produk atau gambar yang mengarahkan pembeli untuk menghubungi Anda via platform lain seperti Whatsapp atau Facebook dan platform komunikasi lainnya (Kami mengerti pentingnya komunikasi antara pembeli dan penjual. Oleh karena itu, Shopee telah menyediakan fitur Chat & Tawar untuk memfasilitasi hal tersebut).

 

2. Buat daftar tampilan toko Anda terlihat lebih menarik 

Pembeli akan lebih tertarik jika Anda menggunakan kualitas foto yang bagus dalam daftar produk tokomu. Tunjukkan keahlian Anda dalam mengambil foto dan berikan foto dengan kualitas terbaik – lihat tips dari Shopee disini. Mulailah memberikan informasi tentang produk secara akurat dengan mencantumkan deskripsi produk secara detil! Informasi yang lengkap membantu pembeli untuk berbelanja dengan aman. Melayani pembeli dengan sepenuh hati dapat memberikan kesempatan toko Anda untuk memperoleh rating yang bagus dan mendapatkan masukan yang baik dari para pembeli.

 

3. Jadilah penjual dan pembeli yang sopan

Kami ingin menjaga lingkungan yang aman bagi setiap orang untuk menikmati pengalaman menyenangkan dalam berbelanja mobile. Pastikan konten Anda agar tetap pantas dan sesuai dengan norma - hal ini berarti tidak mengandung bahasa atau kata-kata vulgar, kata-kata kasar, spam dan lain-lain. Sebagai komunitas di Shopee, kami meminta setiap pengguna untuk saling menghormati dan berkelakuan baik. Baik penjual maupun pembeli, ikuti petunjuk di sini untuk memastikan transaksi yang aman dan menyenangkan bagi setiap orang!

 

4. Jagalah reputasi toko Anda

Ciptakanlah pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pembeli Anda dengan membalas pesan mereka secara cepat dan tepat. Pembeli dengan tingkat kepuasan yang tinggi akan lebih cenderung untuk berbelanja lagi dan memberikan penilaian yang bagus untuk toko Anda. Jagalah reputasi toko Anda dengan menyiapkan stok barang yang cukup dan mengirimkan pesanan secara tepat waktu. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya pembatalan pesanan maupun pengembalian barang/ dana. Untuk memastikan bahwa setiap pengguna memiliki pengalaman berbelanja yang menyenangkan, Shopee akan mengirimkan notifikasi peringatan kepada penjual yang memiliki reputasi toko yang buruk. Pada beberapa kasus tertentu, Shopee dapat memberhentikan fitur-fitur eksklusif dari toko Anda (contoh: program gratis ongkir, penjual terpilih Shopee), menurunkan peringkat pencarian produk Anda, membatasi atau menangguhkan akses ke akun toko Anda.

 

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga reputasi toko Anda:

  • Pantau serta perbaharui stok barang Anda setidaknya satu kali dalam sehari
  • Berikan deskripsi produk secara detil dan jelas, dilengkapi dengan foto asli dari produk yang Anda jual. 
  • Tanggapi pesan pembeli secara cepat dan tepat waktu. 
  • Pastikan kondisi barang Anda dalam keadaan baik sebelum pengiriman dilakukan. 
  • Pesanan secara hati-hati untuk menghindari kerusakan dalam pengiriman 
  • Respon permintaan pengembalian barang/ dana secara cepat Jika Anda ingin membatalkan pesanan dikarenakan kejadian-kejadian yang tidak terduga, pastikan untuk segera memberitahukan pembeli dengan memberikan alasan yang jelas

 

Hal yang Dilarang

 

1. Melanggar Ketentuan Umum Produk Shopee

Produk yang dijual di Shopee harus menampilkan informasi yang jelas dan dapat dimengerti. Mohon untuk hanya menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris untuk setiap produk yang dijual, karena sistem kami akan menghapus produk yang menggunakan bahasa lain demi kenyamanan pengguna. Kami juga akan membatasi jenis produk yang dapat diperjualbelikan di Shopee sesuai Kebijakan Barang yang Dilarang dan Dibatasi.

 

2. Nama dan rincian produk tidak relevan

Kami ingin seluruh pengguna Shopee mendapatkan informasi yang relevan ketika membuka sebuah halaman produk. Pastikan agar Foto, Nama dan Deskripsi Produk anda sesuai dan benar benar menampilkan produk yang ingin dijual.  Setiap halaman produk hanya dapat digunakan untuk menjual satu jenis benda dan satu merk saja, kecuali jika produk yang dijual memang merupakan produk yang dijual secara paketan(bundling).

 

3.  Foto produk yang mengandung unsur pornografi

Shopee merupakan platform yang dapat diakses oleh siapapun dan kami ingin menjaga kenyamanan seluruh pengguna. Anda dilarang mengunggah foto yang terlalu vulgar dan tidak sopan seperti foto yang menampilkan bagian dari alat kelamin manusia.

 

4. Mencantumkan kata-kata spam

Shopee melarang penggunaan kata-kata spam agar pengguna dapat mencari produk dengan mudah. Kata-kata spam merupakan kata yang tidak relevan atau tidak berkaitan dengan produk yang dijual. Menambahkan nama merek, kata kunci atau hashtag yang tidak relevan akan menghambat proses pencarian produk, serta dapat menyebabkan produk dihapus atau diblokir oleh sistem kami.

Contoh kata-kata spam yang dilarang:

  • Menggunakan berbagai merek dalam satu nama produk. Contoh: Sepatu Olahraga Nike Adidas Puma Reebok Under Armour. 
  • Menggunakan kata kunci yang tidak relevan pada nama produk. Contoh: Jual sepatu celana jilbab gamis bagus. Selalu pastikan nama produk hanya memuat satu jenis barang yang sesuai dengan produk. 
  • Mencantumkan merek lain pada deskripsi produk selain produk yang dijual. Contoh: Produk kami merupakan produk terbaik yang setara dengan produk Adidas, Nike, Puma, Vans dan sebagainya. 
  • Mencantumkan angka atau huruf yang tidak relevan pada nama produk. Contoh: Kardigan Cotton On 234976779788666 atau Tas Consina QWERTYYIOPOPAS. 
  • Mencantumkan pengulangan kata berlebihan di nama produk. Contoh: Sepatu diskon diskon. 
  • Mencantumkan atribut merek yang salah atau tidak sesuai. Contoh: Jika produk yang dijual adalah Adidas, pastikan atribut dicantumkan dengan benar, bukan merek lain yang tidak relevan.

 

5. Mengupload produk duplikat

Produk dikatakan sebagai duplikat apabila produk diupload berkali-kali tanpa ada perbedaan signifikan di antara mereka. Pengguna dilarang untuk mengupload produk duplikat dari akun manapun, termasuk apabila pengguna membuat akun berbeda untuk menjual produk yang sama dan berjualan dengan akun duplikat. Hal ini dapat menyebabkan produk Anda diblokir secara otomatis oleh sistem kami.

 

6. Menggunakan halaman produk lama untuk mengunggah produk baru

Halaman produk yang sudah memiliki penilaian dilarang keras digunakan untuk menjual produk yang berbeda.

Berikut contoh dari penyalahgunaan halaman produk:

  • Produk yang pertama dijual adalah sepatu wanita dengan banyak penilaian dari Pembeli. Saat stok sepatu wanita sudah habis atau produk sudah tidak dijual, Penjual mengubah foto, nama dan deskripsi sepatu wanita dengan tas wanita. Dengan demikian, tas wanita tersebut langsung memiliki banyak penilaian yang sebenarnya adalah penilaian untuk sepatu wanita. Hal ini menyebabkan penilaian menjadi tidak akurat.

Apabila Shopee mendeteksi hal tersebut, produk Anda akan dibatasi. Anda dapat mengembalikan rincian halaman produk ke produk awal paling lambat dalam 3 (tiga) hari atau produk akan dihapus.

 

7. Manipulasi harga

Memanipulasi harga adalah sebuah pelanggaran dalam peraturan Shopee contohnya: mendaftarkan sebuah produk dengan harga yang sangat rendah dengan tujuan bukan untuk dijual ataupun dibeli oleh pengguna Shopee. Hal ini dapat menyebabkan produk Anda diblokir secara otomatis oleh sistem kami.

 

8. Mengarahkan Pembeli untuk transaksi di luar Shopee

Dilarang keras untuk mengarahkan Pembeli untuk melakukan transaksi di luar Shopee, seperti dengan mencantumkan nama, logo dan link tempat jual beli lain pada nama/ deskripsi produk/ toko Anda. Hal ini dapat menyebabkan produk Anda dihapus atau diblokir oleh sistem kami. Anda juga dilarang mencantumkan kontak pribadi seperti nomor handphone, whatsapp, maupun platform media sosial lain.

 

9. Pemalsuan identitas

Penipuan dan pemalsuan identitas adalah pelanggaran berat di Shopee. Hargai hak orang lain dan tuliskan dengan jelas Jika Anda menggunakan foto orang lain (bukan foto sebenarnya).

Berikut adalah contoh pemalsuan identitas:

  • Mengumpulkan dan menggunakan data orang lain tanpa sepengetahuan mereka (seperti data diri, foto, dan data pribadi lainnya).
  • Menyalahgunakan identitas orang lain untuk meningkatkan kredibilitas akun Anda.

Bantu kami untuk menciptakan komunitas yang kuat! Jika Anda menemukan pemalsuan identitas atau hal yang dijelaskan di atas, segera hubungi kami melalui Live Chat atau Telepon Kami.

 

10. Barang palsu dan imitasi

Hanya produk asli yang dapat didaftarkan di Shopee. Perlu diperhatikan bahwa barang-barang palsu adalah ilegal dan dilarang di Indonesia. Shopee berhak untuk melaporkan dan menghapus barang-barang yang terbukti palsu.

 

11. Penggunaan logo Shopee tanpa izin

Setiap penggunaan logo/ watermark Garansi Harga Termurah dan/ atau logo terkait Shopee lainnya untuk tujuan promosi dan/ atau tujuan marketing lainnya harus mendapatkan izin resmi dari pihak Shopee. Shopee berhak melakukan penghapusan dan/ atau penyesuaian konten, termasuk membatasi akun pengguna apabila diperlukan, untuk setiap penggunaan logo/ watermark Garansi Harga Termurah dan/atau logo terkait Shopee lainnya yang terdeteksi tidak memiliki izin.

Sehubungan dengan penggunaan logo Shopee, Penjual dilarang untuk melakukan hal-hal di bawah ini;

  1. Penjual dilarang menggunakan gambar apa pun milik Shopee sebagai logo toko (termasuk logo, maskot, konten marketing, dll).
  2. Penjual dilarang menggunakan unsur Shopee apa pun yang dapat memberi kesan bahwa toko Anda merupakan afiliasi Shopee sehingga menyesatkan Pembeli.
  3. Penjual dilarang mencantumkan nama, logo, link situs/aplikasi belanja lain di luar Shopee maupun kontak pribadi (no. handphone, no. WhatsApp, alamat, atau media sosial lain) dalam logo toko Anda.
  4. Penjual dilarang menggunakan foto produk yang dilarang dijual di Shopee dalam logo toko Anda. Pelajari lebih lanjut terkait kebijakan barang yang dilarang dan dibatasi.

12. Menjual jasa

Shopee tidak mengizinkan pengguna untuk menjual jasa dalam bentuk apapun.

 

13. Kebijakan pengembalian barang

Penjual diperbolehkan untuk menetapkan kebijakan pengembalian barang sendiri selama tidak berlawanan dengan Kebijakan Pengembalian Barang Shopee.

 

14. Pelanggaran terhadap syarat layanan dan penipuan

Semua kode voucher dan Gratis Ongkir, diberikan kepada Penjual untuk membantu meningkatkan dan mengembangkan penjualan pengguna. Hal-hal di bawah ini dilarang keras dilakukan pada platform kami:

  • Pemalsuan informasi penjualan
  • Penyalahgunaan diskon produk dan Gratis Ongkir
  • Penyalahgunaan Voucher
  • Penipuan dalam bentuk apapun

 

15. Mengganggu aktivitas berjualan pengguna lain

Shopee berhak membekukan akun dan/ atau membatalkan transaksi dan/ atau memberikan poin penalti apabila pengguna ditemukan melakukan tindakan yang mengganggu aktivitas berjualan pengguna lain.

Kami memantau semua akun pengguna dan memastikan bahwa pengguna mematuhi semua peraturan komunitas kami. Pelanggaran terhadap peraturan ini dapat berdampak namun tidak terbatas pada tindakan di bawah ini:

  • Penghapusan akun pengguna secara permanen
  • Pembekuan dana Garansi Shopee untuk investigasi jika diperlukan
  • Gugatan perdata dan/atau pemberian ganti rugi materiil dan immaterial

 

16. Panduan Komunitas Shopee

Anda dapat mengakses Panduan Komunitas Shopee melalui Panduan Komunitas Shopee

Setiap orang memiliki peranan penting dalam menjaga keamanan komunitas Shopee. Shopee terbuka bagi setiap orang untuk menggunakan platform Shopee dalam transaksi jual-beli. Dengan sikap saling menghargai, kita dapat menciptakan komunitas terbaik dalam berbelanja mobile. Jika Anda menemukan pelanggaran, Anda dapat memberitahu tim Shopee dengan melaporkan produk atau pengguna tersebut di sini. Perlu diperhatikan bahwa hal ini tidak menjamin penghapusan akun atau produk karena masih akan diproses melalui kebijakan Shopee.

 

Feedback dari Anda sangat penting bagi kami! Jika Anda memiliki saran dan masukan untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih baik di Shopee, hubungi kami melalui Live Chat atau Telepon Kami.

 

Terakhir diubah : 6 Mei 2024

 

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak