Hai, ada yang bisa kami bantu?

[Pengembalian Barang/Dana] Bagaimana cara mengajukan pengembalian barang/dana?

Anda dapat mengajukan pengembalian barang/dana dengan cara berikut:

Melalui aplikasi Shopee (setelah pesanan tiba)
Pilih tab Saya > pilih Dikirim > pilih pesanan > pilih Pengembalian Barang/Dana > pilih alasan pengajuan > pilih Alasan > pilih alasan yang sesuai > pilih Konfirmasi > isi Deskripsi (jika ada) > upload foto/video bukti pendukung > pilih Kirim
 
12. 73212.gif
 
Melalui aplikasi Shopee (sebelum pesanan tiba/pembatalan dalam perjalanan) 
Pada halaman Rincian Pesanan, pilih Ajukan Pengembalian > pilih alasan pengembalian > pilih Konfirmasi > pilih Kirim. Saat ini, pengajuan hanya dapat dilakukan dari toko Dikelola Shopee (secara bertahap) yang dikirim dengan SPX Standard.
 
⚠️️Catatan
  • Pengajuan hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali setelah status pesanan berubah menjadi Dikirim hingga sebelum melewati tanggal perkiraan pesanan tiba di halaman Rincian Pesanan.
  • Pengajuan hanya dapat dilakukan untuk seluruh produk dalam pesanan.
  • Pengajuan akan ditinjau dalam waktu 1 (satu) hari kerja. Jika disetujui, maka pengembalian dana akan diproses sesuai metode pembayaran pada pesanan. Jika ditolak, maka Anda dapat menunggu pesanan tiba dan mengajukan pengembalian barang/dana setelah pesanan tiba. 
 
Melalui situs Shopee
Pilih Pesanan Saya > pilih Dikirim > pilih pesanan > pilih Ajukan Pengembalian > pilih alasan pengajuan > pilih produk yang diajukan pengembalian > pilih Lanjutkan > pilih Alasan > pilih alasan yang sesuai > isi Deskripsi (jika ada) > upload foto/video bukti pendukung > pilih Kirim.
 
Solusi yang tersedia tergantung alasan pengembalian barang/dana yang Anda pilih:
 
Alasan pengembalian.png
 
⚠️️Catatan
  • Informasi yang perlu Anda isi dalam pengajuan pengembalian barang/dana dapat berbeda-beda, tergantung alasan pengembalian yang dipilih (Contoh: Anda tidak perlu menyertakan bukti untuk pengajuan pengembalian barang/dana dengan alasan Semua pesanan tidak sampai & Berubah Pikiran (Bebas Pengembalian)).
  • Seluruh langkah pengajuan permintaan pengembalian barang/dana adalah sama dan hanya berbeda dalam hal bukti pendukung.
  
Waktu proses pengembalian barang/dana
  • Produk Shopee Mall: Pengembalian barang/dana akan diproses dalam waktu 3-5 hari kerja setelah pesanan yang dikembalikan sampai di alamat Penjual.
  • Produk non-Shopee Mall: Pengembalian barang/dana akan diproses dalam 7 hari sejak penginputan resi atau maks. 2 (dua) hari sejak status pengiriman terkirim (jika menggunakan resi dari Shopee).
 
Hasil pengajuan Anda akan diinformasikan melalui notifikasi aplikasi Shopee dan email.
  
⚠️️Catatan
  • Untuk produk yang dibeli di Shopee Mall, Anda dapat mengajukan Pengembalian Barang dan/atau Dana maksimal 15 hari setelah Pesanan Tiba atau sebelum/sesudah Pembeli klik Pesanan Selesai
  • Untuk produk yang dibeli di toko non Shopee Mall, Anda dapat mengajukan pengembalian barang/dana maksimal 7 hari setelah Pesanan Tiba atau sebelum/sesudah Pembeli klik Pesanan Selesai
  • Untuk produk yang dibeli di toko lainnya, Anda dapat mengajukan pengembalian barang/dana maksimal 2 hari setelah pesanan sampai
  • Anda hanya dapat mengajukan pengembalian barang/dana sebanyak 5 (lima) kali pada satu nomor pesanan/order yang sama. Setelah itu, tombol Ajukan Pengembalian akan diblokir dan Anda akan mendapatkan notifikasi yang menyatakan bahwa pengajuan pengembalian telah mencapai batas maksimal.
  • Dalam menuliskan nominal pengajuan, pastikan Anda hanya menggunakan angka tanpa titik/koma (Contoh: Rp200000) dan maksimal sesuai dengan harga produk. Jika terjadi kesalahan dalam pengajuan nominal, maka Anda dapat melakukan konfirmasi kepada Penjual melalui mediasi secara personal.
  • Jika Anda melakukan pembelian dengan Voucher, Anda akan mendapatkan pengembalian dana sebesar harga produk setelah dikurangi dengan nilai Voucher.
Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak