Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengemas paket yang akan dikembalikan dengan benar:
- Pastikan produk dikembalikan dalam kondisi seperti saat diterima, berikut dengan kelengkapannya, seperti:
- Kemasan asli
- Tag
- Buku manual
- Sertifikat atau kartu garansi
- Hadiah gratis
- Semua aksesoris yang disertakan dengan produk
- Kemas produk yang akan dikembalikan dengan aman dalam kemasan aslinya (seperti kotak karton atau polymailer dengan bubble wrap) untuk melindunginya dari kerusakan saat dikirim kembali ke Penjual. Jika kemasan asli rusak, Anda dapat menggunakan kemasan Anda sendiri untuk pengembalian paket.
- Pastikan Anda sudah mengemas paket dengan rapi dan aman agar pengembalian Anda diproses dengan baik.
Mohon pastikan Anda mengikuti panduan pengemasan berikut:
Untuk barang yang mudah pecah atau rusak, Anda disarankan untuk menggunakan stiker dan menempelkan label/stiker atau menulis “Fragile” sebagai pengingat tambahan kepada kurir untuk menangani paket Anda dengan hati-hati.
- Setelah pengemasan, mohon untuk tempel atau tulis nomor resi dengan rapi dan jelas di kemasan luar/kotak kardus.
Untuk membantu Shopee memproses pengembalian produk lebih cepat, Anda dapat menyertakan catatan dalam paket dengan informasi berikut:
- Username Shopee Anda
- Nomor pesanan
- Alasan pengembalian (contoh: bagaimana produk rusak, tidak berfungsi, atau berbeda dari yang Anda pesan)
⚠️Catatan
- Shopee tidak akan bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi pada paket yang Anda kembalikan karena pengemasan yang tidak sesuai standar.
- Harap perhatikan bahwa paket Anda mungkin melewati beberapa titik kontak selama pengiriman (contoh: pemuatan, pembongkaran, atau penyortiran) dan paket tersebut harus dikemas sesuai standar untuk menghindari kerusakan dalam proses pengiriman.