Selamat Datang di Shopee Mall. Shopee Mall adalah layanan tambahan di Shopee, dimana Pembeli yang terdaftar di Shopee dapat menikmati hak dan keistimewaan sebagaimana dijelaskan dalam Persyaratan Layanan Shopee Mall ini (bersama dengan Persyaratan Penjualan (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) disebut sebagai "Persyaratan Layanan Shopee Mall") saat membeli Produk-Produk Mall (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) di Shopee Mall dari salah satu Penjual yang berpartisipasi, yang telah diseleksi secara cermat oleh Shopee (Penjual tersebut disebut sebagai "Penjual Mall", dan Pembeli tersebut disebut sebagai "Pembeli Mall"). Jika Anda adalah Pembeli Mall, saat Anda melakukan pembelian di Shopee Mall, Anda akan dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan yang dijelaskan dalam Persyaratan Layanan Shopee Mall ini. Demikian pula jika Anda adalah Penjual Mall, dengan terus berpartisipasi di Shopee Mall, Anda akan dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan yang dijelaskan dalam Persyaratan Layanan Shopee Mall ini. Persyaratan Layanan Shopee Mall ini merupakan tambahan dari Persyaratan Layanan dan Kebijakan Shopee lainnya, yang mana Persyaratan Layanan Shopee Mall ini merupakan bagian darinya – sila baca Persyaratan Layanan dan Kebijakan Shopee lainnya yang tersedia di Situs, karena keduanya berisi informasi penting mengenai hak dan kewajiban Anda. Istilah-istilah yang digunakan dalam Persyaratan Layanan Shopee Mall ini yang tidak didefinisikan di sini, akan memiliki arti sebagaimana diberikan dalam Persyaratan Layanan dan/atau Kebijakan Shopee yang berlaku. Seluruh syarat dan ketentuan yang diuraikan dalam Persyaratan Layanan Shopee Mall ini dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan Shopee, sesuai dengan Persyaratan Layanan.
1. MELAKUKAN PEMESANAN
1.1. Saat Anda melakukan pemesanan untuk membeli produk di Shopee Mall (bersama dengan Produk Shopee (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) disebut sebagai “Produk Mall”), pesanan Anda dianggap sebagai suatu penawaran untuk membeli produk-produk dari Penjual Mall. Penjual Mall memiliki kebijakan mutlak untuk menolak pesanan Anda tanpa alasan apapun. Pesanan Anda diterima ketika Penjual Mall memberitahukan Anda bahwa Penjual Mall telah menerima pesanan Anda. Setiap pesanan yang diterima oleh Penjual Mall merupakan suatu perjanjian yang terpisah.
1.2. Stok Produk-Produk Mall yang dibeli secara online mungkin saja tidak tersedia bahkan setelah pesanan dikonfirmasi. Apabila Penjual Mall tidak dapat memenuhi pesanan Anda, Penjual Mall dapat menghubungi Anda untuk menawarkan produk alternatif atau pengembalian dana jika memungkinkan.
1.3. Anda tidak dapat membatalkan pesanan Anda setelah Penjual Mall menerima pesanan Anda. Penjual Mall berhak untuk membatalkan setiap pesanan dan mengembalikan dana sesuai dengan harga produk yang telah Anda bayarkan tanpa bunga (sebagai pengganti dari pengiriman atau persediaan produk-produk tersebut), bahkan setelah Penjual Mall telah mengirimkan surel kepada Anda yang menyatakan bahwa pesanan dan pembayaran Anda telah diterima oleh Penjual Mall.
1.4. Harga dari setiap Produk Mall (kecuali jika terjadi kesalahan) sesuai dengan yang ditampilkan di toko pada Platform (“Toko”). Apabila Penjual Mall menemukan suatu kesalahan pada harga Produk Mall yang telah Anda pesan, Penjual Mall akan memberitahukan Anda secepatnya dan memberikan pilihan apakah Anda akan tetap melanjutkan pesanan Anda dengan harga yang benar atau membatalkan pesanan Anda. Apabila Penjual Mall tidak dapat menghubungi Anda, pesanan Anda akan dianggap dibatalkan, dan (apabila pembayaran telah diterima oleh Penjual Mall), uang Anda akan dikembalikan.
2. RESIKO
2.1 Resiko kerusakan, atau kehilangan, atas Produk Mall akan beralih kepada Anda pada saat pengiriman.
2.2 Terlepas dari pengiriman dan pengalihan resiko atas Produk Mall atau ketentuan lainnya dalam Persyaratan Layanan Shopee Mall ini, hak milik atas Produk Mall tersebut tidak akan berpindah kepada Anda sampai Penjual Mall telah menerima uang tunai atau Penjual Mall telah menerima pembayaran dengan harga penuh dari Produk Mall di rekening Penjual Mall.
3. KEBIJAKAN PENGEMBALIAN DANA DAN PENGEMBALIAN BARANG SHOPEE MALL
3.1. Pembeli Mall dapat mengajukan pengembalian dana dan/atau pengembalian barang atas Produk Mall dengan mengajukan permohonan pengembalian barang di halaman pembelian Anda (“Permohonan Pengembalian Barang”) dalam jangka waktu maksimal tujuh hari (7) hari kalender setelah tanggal Produk Mall tersebut pertama kali tersedia untuk diterima oleh Pembeli Mall ("Periode Pengembalian Barang Secara Cuma-cuma"). Umumnya, tanggal tersebut adalah tanggal dimana Pembeli Mall menerima pengiriman Produk Mall; namun, jika Pembeli Mall tidak menerima Produk Mall tersebut karena ketidakhadiran Pembeli Mall di alamat tujuan atau kesalahan Pembeli Mall dalam memasukkan alamat tujuan yang tepat, tanggal tersebut adalah tanggal pertama kali dilakukan upaya pengiriman. Setelah mengajukan Permohonan Pengembalian Pembeli Mall wajib melengkapi slip pengembalian barang/pengembalian dana yang dilekatkan pada paket ("Resi Pengiriman Pengembalian Barang") dan mengembalikan Produk Mall kepada Shopee dalam jangka waktu sebagaimana diatur dalam Bagian 1.2 di bawah ini.
3.2. Harap diperhatikan bahwa Pembeli Mall harus memastikan bahwa Produk Mall tersebut diterima di lokasi yang ditentukan oleh Shopee dalam jangka waktu lima belas (15) hari setelah permohonan pengembalian barang diajukan dan dalam kondisi sebagai berikut:
Jika ada persyaratan tambahan yang berlaku untuk Produk Mall tertentu, Shopee akan menginformasikannya kepada Anda melalui Situs, SMS atau surel. Persyaratan untuk Barang Mall yang akan dikembalikan selanjutnya disebut sebagai “Kondisi Pengembalian Barang”.
3.3. Saat mengembalikan Produk Mall, Pembeli Mall harus memasukkan Resi Pengiriman Pengembalian Barang. Resi Pengiriman Pengembalian Barang akan dimasukkan di dalam paket Produk Mall yang dikirimkan kepada Pembeli Mall. Resi Pengiriman Pengembalian Barang juga akan berisi alamat pengembalian Produk Mall. Semua Produk Mall yang dikembalikan dapat dikembalikan melalui jasa logistik apapun yang ditentukan oleh Pembeli Mall. Sesuai dengan syarat dan ketentuan dari Shopee, Shopee akan menanggung biaya pengembalian Produk Mall ke lokasi yang ditentukan oleh Shopee apabila jasa logistik yang digunakan oleh Pembeli Mall untuk mengembalikan Produk Mall tersebut adalah POS Indonesia. Harap diingat bahwa kondisi barang yang akan dikembalikan menjadi tanggung jawab masing-masing jasa logistik yang dipilih oleh Pembeli Mall setelah barang tersebut diterima oleh jasa logistik yang bersangkutan untuk dikirimkan ke lokasi pengembalian yang ditentukan oleh Shopee.
3.4. Shopee berhak menolak permohonan dalam hal Permohonan Pengembalian Barang diajukan melewati jangka waktu Periode Pengembalian Barang Secara Cuma-cuma atau Produk Mall diterima setelah lewat dari lima belas (15) hari sejak Permohonan Pengembalian Barang diajukan.
3.5. Persetujuan atas permohonan pengembalian dana dan pengembalian barang akan diberikan oleh Shopee atas kebijakannya sendiri, setelah mengkaji Resi Pengiriman Pengembalian Barang yang telah diisi lengkap dan memeriksa kondisi Produk Mall yang dikembalikan kepada Shopee. Produk Mall yang dikembalikan kepada Shopee harus sekurang-kurangnya memenuhi ketentuan Kondisi Pengembalian Barang sebagaimana tercantum dalam Bagian 1.2.
3.6. Jika ada Produk Mall yang dikecualikan dari Kebijakan Pengembalian Dana dan Pengembalian Barang sebagaimana dijelaskan dalam Persyaratan Layanan Shopee Mall ini, Shopee akan melakukan upaya yang wajar untuk mengumumkan informasi tersebut pada Situs kami atau menginformasikannya kepada Pembeli Mall; namun, harap diperhatikan bahwa kebijakan kami dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan, dan Produk Mall tertentu dapat dikecualikan setelah Pembeli Mall membelinya. Setiap Produk Mall yang dikecualikan dari Kebijakan Pengembalian Dana dan Pengembalian Barang sebagaimana dijelaskan dalam Persyaratan Layanan Shopee Mall ini disebut sebagai "Produk Yang Dikecualikan".
3.7. Shopee berhak untuk (a) menambahkan atau mengubah daftar Produk Yang Dikecualikan dan/atau Kondisi Pengembalian Barang dan (b) mengubah, menghentikan atau menangguhkan Kebijakan Pengembalian Dana dan Pengembalian Barang sebagaimana dijelaskan dalam Persyaratan Layanan Shopee Mall ini (termasuk lamanya Periode Pengembalian Secara Cuma-cuma), dalam setiap kasus, kapan saja, berdasarkan kebijakannya sendiri.
3.8. Atas kebijakannya sendiri, Shopee dapat menolak Produk Mall yang dikembalikan (dan permohonan pengembalian dana dan pengembalian barang terkait):
● yang merupakan Produk Yang Dikecualikan;
● yang tidak memenuhi Kondisi Pengembalian Barang;
● apabila Permohonan Pengembalian Barang diajukan melewati jangka waktu Periode Pengembalian Barang Secara Cuma-cuma atau Produk Mall diterima setelah lewat dari lima belas (15) hari sejak Permohonan Pengembalian Barang diajukan; atau
● jika Produk Mall dikembalikan dengan cara yang tidak sesuai dengan Bagian 1.2 di atas.
Harap diperhatikan bahwa ketetapan Shopee akan didasarkan pada daftar syarat kondisi yang berlaku pada saat ketetapan tersebut (termasuk daftar Produk Yang Dikecualikan, Kondisi Pengembalian Barang dan Periode Pengembalian Barang Secara Cuma-cuma), dan karenanya, sesuai dengan Bagian 1.6 di atas, daftar Produk Yang Dikecualikan, Kondisi Pengembalian Barang dan/atau lamanya Periode Pengembalian Secara Cuma-cuma tersebut mungkin berbeda dengan daftar Produk Yang Dikecualikan, Kondisi Pengembalian Barang dan/atau lamanya Periode Pengembalian Secara Cuma-cuma yang berlaku pada saat Pembeli Mall mengajukan Permohonan Pengembalian Barang dan/atau mengembalikan Produk Mall.
Jika Shopee menolak permohonan pengembalian dana dan pengembalian barang, Shopee akan mengatur pengiriman Produk Mall tersebut ke alamat Pembeli Mall yang bersangkutan ke mana Produk Mall awalnya dikirimkan, dan Shopee akan berhak untuk meminta kompensasi dari Pembeli Mall untuk segala biaya yang timbul dalam pengiriman kembali Produk Mall tersebut kepada Pembeli Mall.
3.9. Shopee berhak menghentikan akses Pembeli Mall ke Shopee Mall, jika Shopee mencurigai adanya penyalahgunaan Kebijakan Pengembalian Dana dan Pengembalian Barang sebagaimana dijelaskan dalam Persyaratan Layanan Shopee Mall ini, dan, dalam hal Shopee menganggap hal tersebut patut, Shopee mungkin juga akan mengenakan penalti (termasuk pemulihan biaya atau ongkos yang timbul sebagai akibat dari penyalahgunaan tersebut).
3.10. Kebijakan Pengembalian Dana dan Pengembalian Barang untuk Produk-produk Mall yang dijelaskan dalam Persyaratan Layanan Shopee Mall ini merupakan tambahan dari Kebijakan Umum Pengembalian Dana dan Pengembalian Barang sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Pengembalian Dana dan Pengembalian Barang. Dalam hal terdapat ketidaksesuaian antara keduanya, Kebijakan Pengembalian Dana dan Pengembalian Barang sebagaimana dijelaskan dalam Persyaratan Layanan Shopee Mall ini yang akan berlaku berkenaan dengan Produk-produk Mall.
4. SYARAT DAN KETENTUAN PENJUAL MALL
4.1 Jika Anda adalah Penjual Mall, Anda seharusnya menerima pemberitahuan tertulis terpisah dari Shopee, yang memberitahukan pilihan Anda untuk berpartisipasi di Shopee Mall. Jika sewaktu-waktu Anda memutuskan untuk tidak berpartisipasi di Shopee Mall, mohon memberitahukannya kepada Shopee secara tertulis; jika tidak, Anda akan dianggap telah memilih untuk melanjutkan partisipasi Anda di Shopee Mall, dan telah menyetujui syarat dan ketentuan yang tercantum dalam Persyaratan Layanan Shopee Mall ini.
4.2 Masing-masing Penjual Mall menjamin bahwa Produk Mall yang ditawarkannya di Shopee Mall dan yang benar-benar dikirimkan ke Pembeli Mall (a) sesuai dengan (i) hukum yang berlaku dan (ii) spesifikasi yang tercantum (dan tersedia bagi Pembeli Mall) di Situs, termasuk setiap dan seluruh garansi produk, spesifikasi, gambar, contoh, kriteria kinerja serta segala persyaratan mutu, keamanan dan kebersihan yang berlaku, dan (b) bebas dari cacat. Masing-masing Penjual Mall mengerti dan setuju untuk bertanggung jawab atas setiap ketidaksesuaian atau cacat dalam, atau penarikan produk secara besar-besaran atau individual atas Produk Mall, dan akan membebaskan Shopee dari segala kerugian yang berkaitan dengan hal tersebut di atas.
4.3 Jika Penjual Mall terbukti telah menawarkan atau menjual Produk Mall yang dilarang berdasarkan Kebijakan Produk yang Dilarang dan Dibatasi di Shopee Mall, Shopee berhak, atas kebijakannya sendiri, menghapus Produk yang melanggar tersebut dari Shopee Mall, dan melakukan pengembalian dana (dan pengaturan apapun) kepada Pembeli Mall yang telah membeli Produk Mall tersebut (bahkan jika Pembeli Mall tidak mematuhi salah satu dari persyaratan yang dijelaskan dalam Bagian 1 di atas), dalam hal ini Pembeli Mall setuju untuk mengganti biaya yang telah dikeluarkan oleh Shopee untuk semua pengembalian dana tersebut (termasuk biaya dan ongkos yang terkait dengan pengembalian dana tersebut) dan memberi kuasa kepada Shopee untuk memotong jumlah tersebut dari jumlah yang dibayarkan kepada Penjual Mall atau mengambil tindakan lain yang dianggap patut oleh Shopee atas kebijakannya sendiri.
Tanpa mengenyampingkan ketentuan lain yang tercantum di dalam Kebijakan Produk yang Dilarang dan Dibatasi, Penjual Mall mengerti dan memahami bahwa setiap produk yang mengandung tembakau dan zat nikotin, termasuk namun tidak terbatas pada produk rokok, rokok elektronik, vape, atau setiap aksesori dan perangkat pendukung produk rokok elektronik yang mengandung nikotin (“Produk Tembakau”) tidak diperbolehkan untuk dijual pada Shopee Mall. Shopee juga berhak menurunkan Produk Tembakau dari platform Android/iOS sesuai dengan ketentuan Google Play Store dan/atau Apple App Store.
4.4 Keputusan Shopee untuk menyetujui pengembalian dana atau pengembalian Produk Mall sesuai dengan Bagian 1 di atas mengikat terhadap Penjual Mall yang bersangkutan. Penjual Mall setuju untuk mematuhi dan melakukan segala hal yang diperlukan untuk memenuhi maksud permohonan Pembeli Mall untuk pengembalian dana atau pengembalian barang yang disetujui oleh Shopee.
4.5 Shopee akan menyediakan Resi Pengiriman Pengembalian Barang kepada Penjual Mall tanpa biaya tambahan kepada Penjual Mall, dan masing-masing Penjual Mall akan bertanggung jawab untuk mencetak dan menyediakan Resi Pengiriman Pengembalian Barang yang sesuai kepada Pembeli Mall, saat menyelesaikan pesanan pembelian yang dibuat oleh Pembeli Mall di Shopee Mall.
4.6 Untuk permohonan pengembalian dana atau pengembalian barang yang disetujui oleh Shopee, Shopee akan mengatur pengiriman Produk Mall yang dikembalikan ke alamat yang diberikan Penjual Mall pada saat registrasi dan telah terdaftar di Situs, tanpa biaya tambahan, kepada Penjual Mall tersebut, asalkan alamat tersebut berada di negara tempat Produk Mall tersebut didaftarkan untuk dijual di Situs ("Alamat Lokal"). Jika Penjual Mall tidak memberikan Alamat Lokal untuk pengembalian Produk Mall yang dikembalikan, atau tidak menerima pengiriman Produk Mall yang dikembalikan dalam jangka waktu yang wajar (sebagaimana ditetapkan oleh Shopee), Shopee berhak menjual Produk Mall tersebut dengan cara apa pun yang dianggap patut oleh Shopee, dan Penjual Mall dianggap telah kehilangan seluruh haknya atas Produk Mall tersebut.
4.7 Untuk pengembalian dana atau pengembalian barang yang ditolak oleh Shopee dimana Produk Mall yang bersangkutan diterima oleh Shopee, Shopee akan mengatur pengiriman Produk Mall tersebut ke alamat Pembeli Mall yang bersangkutan, sesuai dengan ketentuan Bagian 1.8 di atas.
5. BIAYA-BIAYA
5.1 Untuk setiap Produk Mall yang dijual di Situs, Penjual Mall mengakui dan setuju untuk membayar kepada Shopee suatu (i) biaya administrasi berdasarkan Kategori Produk dari Produk Mall (sebagaimana didefinisikan di bawah) (“Biaya Administrasi”); dan (ii) biaya pembayaran untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh Penjual Mall melalui Platform Shopee (“Biaya Pembayaran”), kecuali disepakati lain antara Shopee dan Penjual Mall.
5.2 “Kategori Produk” berarti klasifikasi produk dari Produk Mall yang dijual di Situs sebagaimana ditentukan oleh Shopee semata-mata atas diskresi Shopee. Apabila Penjual Mall meletakan Produk Mall di Kategori Produk yang tidak tepat, Shopee berhak untuk memindahkan Produk Mall ke dalam Kategori Produk yang tepat
5.3 Biaya Administrasi yang dibayarkan untuk Produk Mall akan dihitung sebagai berikut:
Biaya Administrasi = (Harga original Produk Mall – total potongan dan voucher dari Penjual Mall) x % biaya berdasarkan Kategori Produk dari Produk Mall (yang akan dipublikasikan Shopee dari waktu ke waktu) |
5.4 Untuk setiap Produk Mall yang dijual di Situs, Penjual Mall mengakui dan setuju untuk membayar kepada Shopee Biaya Pembayaran dengan besaran 1,8% (satu koma delapan persen) yang dapat diubah dari waktu ke waktu oleh Shopee yang berlaku rata untuk seluruh Kategori Produk, kecuali disepakati lain antara Shopee dan Penjual Mall.
5.5 Biaya Pembayaran yang dibayarkan untuk Produk Mall akan dihitung sebagai berikut:
Biaya Pembayaran = (Harga original Produk Mall – diskon Produk Mall dan/atau voucher diskon dari Penjual Mall X Biaya Pembayaran 1,8% (yang dapat diubah oleh Shopee dari waktu ke waktu) |
Efektif sejak tanggal 1 Agustus 2024, Shopee akan memberlakukan batas maksimal atas Biaya Pembayaran yang harus dibayarkan Penjual Mall yakni sebesar Rp50.000 (lima puluh ribu Rupiah) per kuantitas produk (“Batas Maksimal Biaya Pembayaran”). Batas Maksimal Biaya Pembayaran ini tidak mengesampingkan atau mengubah persentase Biaya Pembayaran yang disebutkan pada Pasal 5.4 di atas maupun formula perhitungan Biaya Pembayaran yang disebutkan pada pasal ini.
5.6 Kecuali ditentukan terpisah di dalam Persyaratan Layanan Shopee Mall ini, masing-masing pihak memahami dan sepakat akan bertanggung jawab untuk pembayaran pajak masing-masing yang timbul dari pelaksanaan Persyaratan Layanan Shopee Mall ini dan untuk persyaratan administratif yang berkaitan dengan pajak tersebut berdasarkan hukum yang berlaku di Republik Indonesia. Dalam hal terdapat perubahan ketentuan hukum yang berlaku berkaitan dengan pajak, maka para pihak sepakat untuk mengikuti perubahan ketentuan hukum tersebut.
5.7 Biaya Administrasi dan Biaya Pembayaran di atas sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Shopee akan memungut PPN sesuai dengan besaran yang diatur dalam peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia, yang dapat diubah sewaktu-waktu dari Biaya Administrasi dan Biaya Pembayaran yang ditagihkan dengan menerbitkan faktur pajak kepada Penjual Mall sesuai dengan ketentuan yang belaku. Penjual Mall bertanggung jawab atas pajak-pajak yang terutang atas penjualan produknya berdasarkan hukum dan peraturan yang berlaku di Republik Indonesia.
5.8 Apabila setiap jumlah yang diwajibkan oleh peraturan perpajakan yang berlaku (apabila ada), untuk dipotong oleh Penjual Mall dari pembayaran kepada Shopee, termasuk Pajak Penghasilan Pasal 23 (PPh 23) terutang sebesar 2% (dua persen), akan dibayarkan terlebih dahulu oleh Penjual Mall ke Otoritas Perpajakan yang berwenang. Melalui mekanisme penggantian, Shopee akan membayarkan kembali PPh 23 terutang setelah Penjual Mall menyediakan bukti pemotongan pajak yang sah atau bukti lain yang sesuai yang diterbitkan oleh otoritas pajak kepada Shopee dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari sejak PPh 23 tersebut dipotong dan dibayarkan oleh Penjual Mall ke Otoritas Perpajakan yang berwenang.
5.9 Apabila Penjual Mall berpartisipasi dalam suatu Program Berbayar dan diwajibkan untuk melakukan pemotongan PPh 23 atau pajak penghasilan lainnya (jika ada) ketika melakukan pembayaran kepada Shopee, maka Penjual Mall wajib untuk mengirimkan bukti potong pajak maksimal 90 (sembilan puluh) hari sejak tanggal pemotongan pajak yang Penjual Mall lakukan ketika melakukan pembayaran kepada Shopee.
5.10 Penjual Mall mengakui dan setuju bahwa Shopee dapat sewaktu-waktu membebankan biaya penalti kepada Penjual Mall dalam hal Penjual Mall memiliki tunggakan Biaya Administrasi kepada Shopee, atau biaya-biaya lain yang dibebankan kepada Penjual atas layanan yang diberikan oleh Shopee kepada Penjual, termasuk namun tidak terbatas pada layanan pemasaran, back margin, dan layanan lainnya (apabila ada) (“Biaya Penalti”). Jumlah Biaya Penalti akan diberitahukan oleh Shopee melalui suatu media komunikasi yang dapat ditentukan oleh Shopee, termasuk namun tidak terbatas pada push notification, komunikasi telepon, atau surat pemberitahuan tertulis yang dapat disampaikan melalui pos ke alamat Penjual Mall atau surat elektronik ke alamat e-mail Penjual Mall.
5.11 Dalam hal Penjual Mall dikenakan Biaya Penalti, Shopee akan mengirimkan pemberitahuan kepada Penjual Mall sesuai dengan ketentuan di dalam pasal 4.12 di atas. Penjual Mall wajib menyelesaikan pembayaran dalam jangka waktu yang disebutkan oleh Shopee pada pemberitahuan terkait tagihan yang dikirimkan oleh Shopee kepada Penjual.
5.12 Dalam hal terdapat perubahan terhadap Biaya Administrasi dan/atau Biaya Pembayaran, Shopee akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Penjual Mall sebelum perubahan terhadap biaya-biaya tersebut berlaku.
5.13 Dalam hal Penjual Mall mengikuti salah satu program berbayar untuk tujuan pengiklanan, pemasaran, promosi, atau publikasi apapun yang diadakan oleh Shopee (“Program Berbayar”) sehubungan dengan kegiatan pemasaran dan Penjual Mall gagal untuk berpartisipasi sepanjang keseluruhan periode Program Berbayar tersebut, Penjual Mall wajib untuk menyelesaikan segala kewajibannya, termasuk namun tidak terbatas pada kewajiban moneter kepada Shopee yang telah timbul sampai pada tanggal efektif pengakhiran perjanjian terkait Program Berbayar tersebut.
5.14 Apabila Penjual Mall berpartisipasi di dalam sebuah Program Berbayar dengan Shopee dimana Penjual Mall memiliki kewajiban pembayaran dan/atau pemotongan PPh 23 kepada Shopee dan Penjual Mall terlambat atau lalai, termasuk namun tidak terbatas pada untuk (i) melakukan pembayaran dengan tepat waktu sesuai dengan yang diatur pada persyaratan layanan program yang bersangkutan atau ,(ii) tidak mengirimkan bukti potong pajak lebih dari 90 (sembilan puluh) hari sejak tanggal pemotongan pajak yang Penjual Mall lakukan ketika melakukan pembayaran dari Shopee, bahkan setelah Shopee memberikan peringatan kepada Penjual Mall, Penjual Mall memahami dan menyetujui bahwa Shopee berhak mengambil tindakan-tindakan berikut ini, dan Penjual Mall memberikan kuasa kepada Shopee untuk, melakukan setiap upaya yang dibutuhkan oleh Shopee untuk mendapatkan pelunasan kewajiban pembayaran, termasuk namun tidak terbatas untuk:
(i) membekukan Akun Penjual Penjual Mall untuk sementara atau seterusnya sampai Shopee mendapatkan pembayaran penuh atau menerima bukti potong pajak dari Penjual Mall,
(ii) menahan setiap pembayaran kepada Penjual (apabila ada),
(iii) melakukan pendebetan Saldo Penjual milik Penjual Mall sesuai dengan jumlah pembayaran yang belum Penjual Mall lunasi atau sesuai dengan jumlah pemotongan PPh 23 yang sudah dilakukan oleh Penjual Mall,
(iv) apabila berlaku, melakukan perjumpaan utang (set off) atas account receivables dan account payable antara yang dimiliki Penjual dan Shopee sesuai dengan jumlah yang terutang oleh Penjual ke Shopee berdasarkan suatu perjanjian terpisah yang ditandatangani oleh Penjual dan Shopee,
(v) atau melakukan tindakan-tindakan lain yang mungkin belum disebutkan di dalam Perjanjian ini, yang dapat dilakukan oleh Shopee untuk mendapatkan pembayaran sepanjang diijinkan oleh hukum sesuai dengan standard prosedur yang berlaku di Shopee.
5.15 Untuk menghindari keraguan, ketentuan pada Pasal 5.14 juga akan berlaku bagi Penjual Mall yang juga merupakan penjual ritel berdasarkan perjanjian beli putus yang ditandatangani secara terpisah oleh Penjual Mall dengan Shopee.
6. KEBIJAKAN SHOPEE MENGENAI KEASLIAN PRODUK
6.1 Semua produk yang didaftarkan untuk dijual oleh Penjual Mall harus 100% asli.
6.2 Produk palsu dilarang didaftarkan untuk dijual di Shopee Mall. Istilah "pemalsuan" meliputi produk yang dibuat secara persis meniru merek yang ada, dengan maksud mengecoh atau menipu, dan mencakup, namun tidak terbatas pada:
● Produk yang melanggar hukum negara setempat di mana produk tersebut dijual;
● Produk palsu atau replika dari produk resmi yang ada;
● Produk yang tidak pernah diproduksi oleh suatu merek tertentu;
● Produk yang harganya jauh di bawah harga pasar;
● Produk yang memuat merek dagang terdaftar pada produknya, kemasannya atau di mana pun yang terkait dengan produk, secara tanpa hak dari pemilik merek dagang;
● Produk yang mengandung elemen desain khusus (misalnya karakter kartun atau kombinasi warna/colourways) yang dilindungi oleh merek dagang; secara tanpa hak dari pemilik merek dagang;
● Produk yang memiliki kemiripan sedemikian rupa dengan produk lainnya (misalnya replika barang bermerek, dengan atau tanpa logo yang diubah) secara tanpa hak dari pemilik merek dagang;
● Produk yang tidak memiliki merek dagang yang tampak pada gambar produk yang didaftarkan untuk dijual, namun produk yang dikirimkan memuat merek dagang; dan
● Penggunaan foto pada produk yang didaftarkan untuk dijual yang memuat merek dagang dari suatu merek.
6.3 Merek produsen perlengkapan asli (original equipment manufacturers – “OEM”) diizinkan, selama tidak ada logo merek resmi yang ditampilkan pada setiap gambar produk OEM, dan tidak ada nama merek resmi yang tercantum pada bagian mana pun dari informasi produk.
6.4 Jika diminta oleh Shopee, Penjual Mall akan segera memberikan dokumentasi kepada Shopee yang membuktikan (memenuhi persyaratan wajar yang ditetapkan oleh Shopee) keaslian Produk Mall, termasuk, namun tidak terbatas pada, faktur penjualan produsen, perjanjian distribusi resmi dan/atau sertifikat keaslian ( "Bukti Keaslian").
6.5 Jika Penjual Mall tidak dapat memberikan Bukti Keaslian, Penjual Mall wajib:
(a) menerima pengembalian Produk Mall dari Pembeli Mall;
(b) mengembalikan dana kepada Pembeli Mall sebesar dua kali lipat dari jumlah yang dibayarkan oleh Pembeli Mall untuk Produk Mall tersebut, atau, jika Shopee telah mengembalikan dana sejumlah tersebut kepada Pembeli Mall, Penjual Mall akan mengembalikan jumlah tersebut kepada Shopee;
(c) bertanggung jawab untuk mengganti kerugian Shopee atas biaya, pengeluaran, kerugian dan kewajiban lainnya yang diderita atau dikeluarkan oleh Shopee (termasuk, namun tidak terbatas pada, penurunan nilai aset tidak berwujud) sebagaimana ditetapkan berdasarkan kebijakan Shopee sendiri.
6.6 Dalam hal Shopee, atas kebijakannya sendiri, menetapkan bahwa Penjual Mall telah melanggar ketentuan Bagian 6, Shopee dapat mengambil segala tindakan yang tepat, termasuk, namun tidak terbatas pada menghapus Produk Mall palsu dari Situs, melarang publikasi atas barang yang sama atau serupa dan/atau membatasi, membekukan atau menghentikan akun Penjual Mall Shopee dan/atau akses ke Shopee Mall. Kewajiban dan tanggung jawab Penjual Mall berdasarkan Persyaratan Layanan ini tidak akan terpengaruh oleh pembatasan, pembekuan atau penghentian akun Penjual Mall.
7. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
7.1 Seluruh konten yang tercantum dalam atau tersedia melalui Toko, termasuk namun tidak terbatas pada informasi, komunikasi, perangkat lunak, grafik, gambar, video dan suara (“Materi”), termasuk seluruh hak cipta dan hak kepemilikan lainnya, adalah milik Penjual Mall, penyedia konten dan/atau pihak ketiga pemberi lisensinya. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.
7.2 Materi-materi tersebut tidak boleh diperbanyak, dimodifikasi, dialihkan, didistribusikan, dipublikasikan kembali, diunduh, diposting atau dikirimkan dalam bentuk apapun atau dengan cara apapun termasuk namun tidak terbatas secara elektronik, mesin fotokopi atau rekaman tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Penjual Mall. Anda juga tidak diperbolehkan, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Penjual Mall, memasukkan hyperlink ke Toko kami pada situs web manapun atau melakukan duplikasi (mirror) Materi pada server atau situs web lainnya. Tanpa mengesampingkan hal-hal yang disebutkan sebelumnya, Anda setuju bahwa Materi-Materi yang terkandung dalam atau tersedia melalui Toko tidak boleh digunakan untuk tujuan komersial atau didistribusikan secara komersial.
7.3 Merek dagang, merek jasa, nama dagang dan logo (“Merek Dagang”) yang digunakan atau muncul pada Toko adalah milik Penjual Mall, afiliasinya atau pihak ketiga pemberi lisensinya. Anda tidak diperbolehkan, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Penjual Mall, untuk menggunakan Merek Dagang manapun sebagai suatu hyperlink yang mengarahkan ke Toko kami atau ke situs web lainnya.
8. SYARAT DAN KETENTUAN PRODUK SHOPEE
8.1 Syarat dan ketentuan dalam bagian ini (“Persyaratan Penjualan”) akan berlaku untuk setiap Produk Mall yang dijual secara langsung oleh Shopee dalam kapasitasnya sebagai Penjual Mall (“Produk Shopee”). Jika Anda membeli Produk Shopee, Anda akan dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan yang dijelaskan dalam Persyaratan Penjualan ini, beserta syarat dan ketentuan lainnya yang diuraikan dalam Daftar Produk Shopee, kapanpun Anda melakukan pembelian Produk Shopee manapun.
8.2 Tanggung Jawab
a. Shopee mengecualikan seluruh pernyataan, jaminan, kondisi dan persyaratan sepanjang diizinkan oleh hukum, termasuk bahwa kualitas Produk Shopee akan memenuhi kebutuhan atau ekspektasi Anda setelah adanya penyalahgunaan, keausan normal (normal wear and tear), kesalahan dalam penanganan produk, penggunaan yang salah dan/atau penyimpangan dari instruksi tertulis.
b. Seluruh Produk Shopee dan data atau informasi yang tercantum pada Toko terkait diberikan atau disediakan secara “sebagaimana adanya” dan “sesuai ketersediaannya”.
c. Jika produsen atau distributor dari Produk Shopee telah menerbitkan garansi terkait dengan Produk Shopee tersebut, maka Anda dengan ini setuju untuk menghubungi produsen atau distributor tersebut atas setiap klaim terkait dengan garansi tersebut, dan untuk menjamin, melindungi dan membebaskan kami, dan karyawan, direktur, agen dan pemasok kami, dari klaim tersebut.
d. Dalam keadaan apapun, dan terlepas dari hal-hal yang terkandung dalam syarat dan ketentuan ini, jumlah kewajiban maksimum Shopee di dalam kontrak, di luar kontrak (termasuk kelalaian atau pelanggaran kewajiban hukum) atau yang muncul akibat dari atau sehubungan dengan pesanan dan/atau pembelian Produk Shopee Anda akan terbatas pada harga Produk Shopee yang dipesan dan/atau dibeli dari Toko kami.
e. Untuk menghindari keraguan, Shopee dalam kondisi apapun tidak bertanggung jawab atas kematian, kecelakaan, kerugian yang bersifat langsung, tidak langsung, khusus, yang bersifat denda, insidental, sebab-akibat, atau kerugian yang bersifat tidak langsung lainnya atau biaya-biaya apapun yang ditanggung atau dikeluarkan oleh Anda yang muncul akibat dari atau sehubungan dengan:
(i) akses, penggunaan atau kegagalan dalam mengakses atau menggunakan Toko kami, atau kebergantungan pada Materi-Materi dan/atau setiap informasi yang tercantum dalam Toko kami;
(ii) setiap kesalahan penanganan dan/atau penyalahgunaan atas Produk Shopee oleh Anda atau orang lain;
(iii) penggunaan Produk Shopee oleh Anda atau orang lain dengan cara apapun, baik yang terduga maupun tidak terduga, dan Anda secara tegas meyakini seluruh risiko yang berkaitan dengan penggunaan dan penyimpanan seluruh Produk Shopee pada saat pengiriman;
(iv) setiap keterlambatan dalam pengiriman atau pembatalan pesanan atau pengembalian dana;
(v) setiap sistem, server atau kegagalan koneksi, kesalahan (error), kelalaian, gangguan, keterlambatan transmisi, atau virus komputer;
(vi) setiap penggunaan atau akses ke situs web lainnya yang tertaut ke Toko kami, bahkan jika kami atau agen atau karyawan kami diberitahukan mengenai adanya kemungkinan kerusakan, kerugian dan/atau biaya-biaya tersebut. Setiap hyperlink yang mengarahkan ke situs web lainnya tidak ditujukan untuk mempromosikan situs web tersebut dan situs web tersebut seharusnya hanya digunakan atau diakses di situs dengan risiko Anda sendiri. Dalam kondisi apapun, kami tidak akan dianggap memiliki keterkaitan atau afiliasi dalam cara apapun dengan setiap merek dagang atau merek jasa, logo, emblem atau perangkat lainnya yang digunakan atau muncul pada situs web yang tertaut ke Toko kami; atau
(vii) setiap pelaksanaan hak oleh kami berdasarkan Persyaratan Penjualan, Persyaratan Layanan ini, Kebijakan dan hak-hak lainnya menurut Undang-Undang.
8.3 Ganti Rugi: Anda sepenuhnya setuju untuk menjamin, melindungi dan membebaskan kami, dan karyawan, direktur, agen dan pemasok kami, secepatnya ketika dibutuhkan dari seluruh tuntutan, kewajiban, kerusakan, kerugian, biaya dan pengeluaran, termasuk biaya hukum, yang muncul akibat dari setiap (i) pelanggaran atas Persyaratan Penjualan ini, (ii) kewajiban yang muncul akibat dari penggunaan Toko kami, dan (iii) pelanggaran hukum atau pelanggaran atas hak-hak pihak ketiga, termasuk pelanggaran kekayaan intelektual terkait dengan konten yang Anda posting atau kirim pada atau melalui Toko kami, yang dilakukan oleh Anda atau orang lain yang mengakses Toko kami dengan menggunakan akun Anda dan/atau informasi pribadi Anda.
8.4 Dari waktu ke waktu, Toko kami juga dapat memasukkan tautan-tautan ke situs web lainnya. Tautan-tautan ini disediakan untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan informasi lebih lanjut. Tautan tersebut disediakan bukan untuk mempromosikan situs web lainnya. Kami tidak bertanggung jawab atas konten dari situs web tersebut. Kami tidak menyatakan atau menjamin bahwa situs web tersebut tidak melanggar hak kekayaan intelektual milik siapapun. Kami tidak memberi kuasa untuk memperbanyak materi yang tersedia pada situs web lainnya.
9. KETENTUAN KHUSUS PENJUAL APOTEK
9.1 Ketentuan di dalam Bagian 9 adalah ketentuan khusus untuk Merchant Apotek. Untuk menghindari keragu-raguan:
“Merchant Apotek” berarti Penjual Mall yang menjual produk farmasi.
“Produk Farmasi” berarti produk-produk kesehatan, dan obat OTC (lingkaran hijau dan biru) dan obat resep (lingkaran merah) yang diperbolehkan untuk dijual oleh Merchant Apotek berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
9.2 Untuk dapat menjadi Merchant Apotek, Penjual Mall wajib:
(a) Memiliki izin Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (“PSEF”) yang masih berlaku;
(b) Merupakan apotek resmi dan berizin Surat Izin Apotek (“SIA”) & Surat Izin Praktek Apoteker (“SIPA”) yang masih berlaku;
(c) Memenuhi standar pelayanan kefarmasiaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
(d) Memiliki apoteker penanggung jawab, yang memiliki tugas untuk, termasuk namun tidak terbatas pada membalas chat dari Pembeli Mall sehubungan dengan pembelian Produk Farmasi, melalui fitur chat yang terdapat pada Platform;
(e) Hanya menjual Produk Farmasi yang boleh diperjualbelikan melalui Platform menurut peraturan perundang-undangan; dan
(f) Memenuhi seluruh ketentuan lain yang diwajibkan undang-undang untuk dapat menjual Produk Farmasi pada Platform.
9.3 Merchant Apotek menjamin bahwa Produk Farmasi yang ditawarkan dan dibeli oleh Pembeli di Platform:
(a) sesuai dengan (i) peraturan perundang-undangan yang berlaku, (ii) benar-benar tersedia bagi Pembeli dan sesuai dengan spesifikasi yang tercantum di Platform, termasuk setiap dan seluruh spesifikasi, gambar, contoh, serta segala persyaratan mutu, keamanan dan kebersihan yang berlaku;
(b) Wajib memiliki izin edar serta memenuhi persyaratan cara pembuatan dan distribusi obat yang baik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan
(c) bebas dari cacat.
9.4 Merchant Apotek wajib untuk menginformasikan dengan benar:
a. Nama Apotek sesuai izin;
b. SIA dan nama Pemilik Merchant Apotek;
c. Nama Apoteker penanggung jawab dan Nomor SIPA Penanggung Jawab;
d. Alamat dan Nomor Telepon Merchant Apotek;
e. Lokasi Sistem Pemosisian Global; dan
f. Nama dagang/generik, zat aktif, kekuatan, isi kemasan dan nomor izin edar produk,
g. Dokumen lainnya yang diwajibkan oleh Ketentuan Peraturan Perundang-undangan mengenai Penjualan Obat secara daring.
9.5 Pengiriman obat yang dilakukan oleh Apotek kepada Pembeli wajib memastikan, (i) mengirimkan produk dalam wadah tertutup, (ii) menjamin keamanan dan mutu produk, (iii) menyertakan informasi produk, label dan/atau informasi penggunaan obat di dalam box/plastik kiriman, (iv) menyertakan nama, alamat, nomor telepon dan paraf petugas Apotek pengirim, (v) menjaga kerahasiaan isi pengiriman, dan (vi) memastikan obat yang dikirim sampai pada tujuan.
9.6 Berikut adalah hal-hal yang dilarang untuk Merchant Apotek:
(a) Merchant Apotek dilarang untuk melayani dan mengedarkan secara daring obat yang termasuk ke dalam: (i) obat golongan keras, (ii) obat golongan Narkotika, Psikotropika, Zat Aditif (NAPZA), (iii) obat golongan Obat-Obat Tertentu (OOT), Prekursor dan Obat yang sering disalahgunakan, (iv) obat untuk disfungsi ereksi, (v) sediaan injeksi selain insulin untuk penggunaan sendiri, (vi) sediaan implan yang penggunaannya memerlukan bantuan tenaga kesehatan dan, (vii) obat yang tidak memiliki Nomor Izin Edar.
(b) Merchant Apotek dilarang melakukan kegiatan promosi dan iklan untuk obat termasuk melakukan diskon harga obat dan melakukan bundling obat dengan produk lainnya.
9.7 Masing-masing Merchant Apotek mengerti dan setuju untuk bertanggung jawab penuh atas setiap kegiatan, transaksi, penjualan Produk Farmasi yang dilakukan oleh Merchant Apotek di Platform, termasuk namun tidak terbatas pada kondisi Produk Farmasi, perizinan terkait, setiap ketidaksesuaian atau cacat dalam, atau penarikan produk secara besar-besaran atau individual atas Produk Farmasi, dan oleh karenanya membebaskan dan/atau melepaskan Shopee dari setiap tuntutan, klaim, gugatan, dari pihak ketiga manapun termasuk Pembeli, pemilik merek dagang, dan/atau pihak ketiga lainnya dan menanggung segala kerugian yang berkaitan dengan hal tersebut di atas
10. PERLINDUNGAN DATA
10.1 Setiap data pribadi yang Anda kirimkan kepada kami akan dikumpulkan, digunakan dan/atau diungkapkan sehubungan dengan Kebijakan Privasi kami.
11. KETENTUAN UMUM
11.1 Dalam hal terdapat perubahan pada kepemilikan atau organisasi Penjual Mall, Penjual Mall wajib dengan segera menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Shopee mengenai perubahan tersebut termasuk juga perubahan-perubahan lain sehubungan dengan perubahan kepemilikan atau organisasi tersebut, yang termasuk namun tidak terbatas pada alamat email untuk korespondensi, rincian Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP, alamat, rincian penagihan, dan lain sebagainya (“Informasi Penting”), dan perubahan dalam pembuatan atau produksi Produk sebagaimana diatur dalam Perjanjian ini.
i. Sehubungan dengan perubahan Informasi Penting sebagaimana dimaksud di atas, Penjual wajib memberikan pemberitahuan tertulis melalui email dengan menggunakan format yang telah diberitahukan kepada Penjual secara terpisah.
ii. Atas perubahan Informasi Penting yang diberitahukan oleh Penjual kepada Shopee sebelum tanggal 27 per bulannya, maka atas perubahan Informasi Penting tersebut akan dimasukkan ke dalam dokumen tagihan dan faktur pajak pada bulan berikutnya.
iii. Atas perubahan Informasi Penting yang diberitahukan oleh Penjual kepada Shopee setelah tanggal 27 per bulannya, maka atas perubahan Informasi Penting tersebut akan dimasukkan ke dalam dokumen tagihan dan faktur pajak pada 2 (dua) bulan berikutnya.
11.2 Keterlambatan atau kegagalan dalam pelaksanaan kinerja yang ketat atas ketentuan manapun dalam Persyaratan Layanan ini tidak dianggap sebagai suatu pengesampingan atas hak dan upaya hukum yang dimiliki Penjual Mall. Ketidakabsahan dari ketentuan manapun dalam syarat dan ketentuan ini tidak memengaruhi keabsahan atau keberlakuan dari ketentuan lainnya.
11.3 Syarat atau ketentuan, atau bagian darinya, yang dinyatakan atau ditetapkan melanggar hukum, tidak sah, dilarang atau tidak dapat diberlakukan berdasarkan hukum yang berlaku dalam yurisdiksi manapun akan dianggap tidak berlaku sepanjang bahwa penetapan tersebut tidak membatalkan, mengurangi keabsahan atau menyebabkan tidak berlaku, syarat atau ketentuan lainnya dalam Persyaratan Layanan Shopee Mall ini, dan penetapan tersebut dalam yurisdiksi manapun tidak akan membatalkan, mengurangi keabsahan atau menyebabkan tidak berlakunya kondisi tersebut dalam yurisdiksi lainnya.
11.4 Penjual Mall tidak bertanggung jawab kepada Anda atas kerugian atau kerusakan yang berakibat dari keterlambatan atau kegagalan dalam menjalankan kewajiban-kewajiban Penjual Mall berdasarkan Persyaratan Layanan Shopee Mall ini, baik seluruhnya maupun sebagian, ketika hal tersebut terjadi disebabkan oleh hal-hal di luar kendali kami, termasuk namun tidak terbatas pada perang saudara, pemberontakan, demo, huru-hara, kebakaran, banjir, ledakan, gempa bumi, kecelakan besar atau bencana alam lainnya, peraturan pemerintah, wabah, karantina atau mogok kerja yang mengakibatkan penghentian, perlambatan atau gangguan kerja. Dalam hal yang sama, kewajiban-kewajiban Penjual Mall dalam Persyaratan Layanan ini akan diperpanjang selama periode terjadinya kondisi tersebut hanya agar kewajiban-kewajiban tersebut dapat dilaksanakan berdasarkan Persyaratan Layanan Shopee Mall ini.
11.5 Pasal 2 (Melakukan Pemesanan), 6 (Kekayaan Intelektual), 7 (Syarat dan Ketentuan Produk Shopee), 8 (Perlindungan Data), dan 9 (Ketentuan Umum) akan terus berlaku setelah berakhirnya masa waktu atau pengakhiran dari Persyaratan Layanan ini.
11.6 Persyaratan Layanan Shopee Mall ini dan setiap hak, kewajiban dan lisensi yang diberikan berdasarkan Persyaratan Layanan ini tidak dapat dipindahkan atau dialihkan oleh Anda, namun dapat dipindahkan atau dialihkan oleh kami tanpa batasan.
11.7 Seseorang yang bukan merupakan pihak dalam setiap perjanjian yang diatur oleh Persyaratan Layanan Shopee Mall ini tidak berhak untuk melaksanakan salah satu dari ketentuan dalam perjanjian tersebut.
11.8 Persyaratan Layanan Shopee Mall ini diatur oleh dan ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia. Anda setuju untuk tunduk pada yurisdiksi dalam pengadilan di wilayah Republik Indonesia terkait dengan dan/atau sehubungan dengan Persyaratan Layanan Shopee Mall ini.
Terakhir diubah: 31 Juli 2024